-->

Sponsor Mascota

17 Jenis Ikan Cupang Paling Mempesona dan Cantik Sebagai Peliharaan

Ikan cupang termasuk ikan galak & senang sekali meradak. Cupang termasuk  jenis ikan air tawar dan kadang tinggal di dalam sebuah parit yang terdapat genangan. Beberapa varietas ikan cupang punya rona badan yang mempesona.


Buat kalian yang mencari penawar atau kegiatan yang bisa mengurangi stress, ada baiknya kalian coba pelihara ikan hias, salah satunya ikan cupang. Beberapa penelitian bilang bahwa memelihara ikan hias bisa mengurangi stress. Mendengar suara gemercik air & memandangi dari warna-warni ikan membuat pikiran jadi lebih rileks.


Memelihara ikan hias, khususnya ikan cupang, enggak begitu sukar. Kalian cukup membeli aquarium dan membeli pakan berupa pelet. Plus, ikan cupang juga lumayan gampang buat dibeli. 


Soalnya, ikan dengan rona yang menarik tersebut berasal di Asia Tenggara. Kalian tinggal datang ke toko atau pasar ikan hias atau membelinya di toko online.


Sudah dari dahulu, varietas ikan cupang klasifikasinya terpisah menjadi 3, diantaranya adalah cupang dari alam liar, cupang hias yang terkenal akan keindahan fisik & buat menjadi aduan. Buat mengetahui lebih mendalam mengenai si petarung elok ini, saatnya kalian simak jenis-jenis ikan cupang mana saja yang beken sekarang ini !


1. Jenis Cupang Halfmoon

jenis cupang halfmoon

Percis sekali dengan panggilannya, ikan cupang halfmoon mempunyai organ sirip serta buntut yang seakan-akan berpadu dan punya formasi setengah bundaran. Ikan cupang Halfmoon ini sangat beken dan banyak sekali yang peliharanya karena ke elokan tubuhnya.


Pilihan warna juga enggak kalah atraktif, mulai dari merah terang, kuning, bahkan sampai ada yang full putih. Ikan cupang halfmoon ini hasil kawin silang yang dilakukan oleh pembudidaya asal USA, yang kalau enggak salah bernama Peter Goettner ini, biasa di hargai dari  40.000 untuk yang masih kecil. 


Sementara, buat yang sudah besar atau yang sudah bisa menjadi induk harga ikan cupang halfmoon berkisar 80 ribu rupiah sampai 1OO ribu rupiah.


2. Cupang Crown Tail

cupang crown tail

Cupang berikutnya yang kita bahas adalah crown tail. Cupang ini nyatanya sudah terkenal sampai seluruh penjuru dunia karena ragam bentuk serta kecantikannya. dipanggil crown tail atau buntut mahkota, karena saat kalian melihatnya terbalik ke bagian atas, sirip yang lancip-lancip itu seakan-akan kelihatan layaknya sebuah mahkota yang biasa dipakai oleh raja.


Ikan cupang ini sekarang sedang diburu oleh penghobiest dan masyarakat awam, karena bisa dibilang termasuk varietas yang jarang atau susah didapatkan. Ikan yang pernah diperlombakan di ajang dunia, lebih tepatnya di perlombaan IBC. IBC adalah ajang perlombaan international buat cupang.


Buat Ikan dari budidaya para peternak Jakarta ini memiliki harga jual yang masih anakan dihargai 15 ribu rupiah. Sementara, untuk  harga yang sudah besar apalagi sudah pernah juara dijual sekitar 60 ribu rupiah sampai ada yang menghargai 300 ribu rupiah.


3. Jenis Ikan Cupang Aduan : Plakat

jenis ikan cupang aduan

Ikan cupang plakat suka dibuat sebagai ikan aduan. Akan tetapi, enggak bisa dibilang sedikit sekarang ini penggemarnya yang senang memelihara si plakat ini. biarpun punya lekuk badan yang gemulai, ikan cupang plakat punya bentuk sirip yang kelihatan tegas serta kokoh.


Manuver ikan cupang plakat memang enggak bisa dibilang cantik akan tetapi lebih menonjolkan karakter sangar. Ikan Cupang Plakat namanya didapatkan dari penyebutan bahasa Thailand yang punya makna petarung. 


Walaupun mempunyai tampilan yang sangar & dipanggil petarung, ikan ini tetap punya sirip yang terlihat gemulai seperti yang sudah kita bahas di atas. Ikan Cupang Plakat Dewasa dibandrol mulai dari harga 200 ribu. Dan ikan cupang Plakat yang pernah menang perlombaan bisa dibanderol harga sampai dua juta rupiah di pasaran.


4. Cupang Double Tail

cupang double tail

Punya sebutan double tail karena pada penggalan buntutnya terbagi menjadi dua, seperti bercabang jadi dua bagian. Ikan cupang double tail sangat susah dikawinkan. Makanya, keberadaannya juga susah buat didapat di market dan sangat jarang. Cupang double tail termasukk jenis ikan cupang sangat mahal.


Perlu diingat siripnya yang cabang 2 ini bukan karena cacat atau cacat genetik, akan tetapi hasil dari pemijahan antar induk cupang dengan varietas berbeda.


5. Ikan Cupang HMPK

ikan cupang hmpk

Ikan cupang HMPK adalah hasil pemijahan dari ikan cupang varietas plakat serta half moon lalu penyebutannya disingkat jadi HMPK agar lebih gampang. HMPK sering mendapatkan tepuk tangan karena penampakan serta rona yang cantik nan anggun.


6. Jenis Ikan Cupang Terbesar : Giant

jenis ikan cupang terbesar

Ikan cupang perawakan dengan fisik bongsor ini sukses di budidaya dari Negara Thailand. Size paling besarnya dapat menyentuh angka 12 centimeter, terbilang jauh gede dari jenis cupang yang ada dan yang sudah kita bahas di artikel ini. Berkat size fisik yang bongsor, ikan cupang giant enggak dapat bergerak lincah bila di compare dengan varietas lainnya.


Cupang Giant dapat dikategorikan sebagai cupang galak. Ikan hias yang awalnya berasal dari perairan serta danau wilayah Thailand. Ikan cupang giant anakan umum dijual dengan harga yang lumayan. Start 25 ribu rupiah, dan untuk indukan dijual pada harga 90 ribu rupiah.


7. Cupang Big Ear

cupang big ear

Varietas cupang ini dipanggil oleh para penghobiest sebagai cupang dumbo. Punya organ sirip telinga yang kelihatan lebar layaknya sepasang sayap. Cupang bigear termasuk dengan variant ikan cupang baru didapatkan & sudah umum juga dikembangbiakan di dalam negri.


8. Ikan Cupang Sawah

ikan cupang sawah

Cupang liar atau cupang sawah tergolong cupang yang belum pernah dicoba dikawinkan ke varietas yang berbeda, serta ikan ini belum pernah mendapatkan campur tangan manusia. Mempunyai motif pada tubuh berupa salur kuning serta rona biru. Harga ikan cupang sawah ini sangat beragam.


Jika kelihatan punya penampakan yang elok apalagi ternyata masih sangat jarang maka bisa lumayan tinggi harganya. Akan tetapi, bila ternyata sudah banyak harganya pun bisa sangat murah malahh enggak punya nilai yang berarti.


9. Ikan Cupang Paradise

ikan cupang paradise

Cupang paradise atau nama latinnya macropodus opercularis, awalnya didapati di perairan Pulau Sumatra, Kalimantann & Sulawesii. Karakter ikan ini yang terlihat sangat jelas berada pada buntutnya yang bercabang, Rona dengan kombinasi salur-salur tegak dengan tambahan rona light green.


10. Jenis Ikan Cupang Sarawak

jenis ikan cupang sarawak

Karakter special dari cupang varietas ini adalah punya semacam salur yang terletak pada samping kanan dan kiri ikan dari penggalan kepala sampai ujung buntut. Cupang Sarawak umumnya sangat gampang beradaptasi di habitat liar.


Cupang jenis ini juga sangat gampang buat bertahan hidup dengan nyaman di teritori dengan air yang punya tekanan besar. Varietas ikan alam yang satu ini mempunyai rona yang terlihat simpel dan transparant.


11. Ikan Cupang Surga

ikan cupang surga

Jenis ikan cupang surga ini punya karakteriistik yang lumayan percis dengan cupang paradise. 


Mempunyai rona sedikit coklat dan bagian sirip terlihat jenjang, cupang varietas ini dapat kalian jumpai di wilayah Asia bagian Tenggara khususnya di pulau Jawa, serta sumatera. Sizenya dapat menyentuh angka 10 centimeter, lumayan lebar buat size cupang.


12. Ikan Cupang Gold

ikan cupang emas

Ikan cupang gold sekarang ini sudah menjadi primadona. Lihat saja fisiknya punya warna mengkilap layaknya sebuah perhiasan. Awalnya cpang satu ini sering didapati di sawah, parit, batang air, serta kawasan rawa. Punya nama internasional yang keren yaitu betta unimaculata yang punya arti ronanya sedikit keemasan.


13. Ikan Cupang Fancy

ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy mempunyai size bagian sirip yang enggak lapang layaknya varietas ikan cupang half moon, cuma varietas ikan cupang ini punya rona yang kelihatan elok. 


Ikan ini terbilang beken karena perpaduan rona yang terdegradasi layaknya sebuah karya seni painting yang kelihatan menawan yang membikin harganya melambung tinggi.


Nah, ikan yang ini nihh dibilang ikan cupang dengan kwalitas mantap punya. Ikan yang kali pertama diperkenalkan oleh pembudidaya asal Thailand ini, buat masalah harga saat masih anakan termasuk tinggi mulai dari 100 ribu rupiah. 


Saat sudah menjadi indukan, cupang Fancy bisa menyentuh harga di 300 ribuan ke atas. Dan jika ikan cupang Fancy sudah pernah menang kejuaraan dikasih harga yang fantastis sekitar 2 juta rupiah.


14. Cupang Veiltail

cupang veiltail

Jenis cupang veiltail punya shape tubuh yang sedikit kelihatan percis dengan half moon atau double tail. yang menjadi ciri pembeda Ikan cupang veiltail dengan half moon atau double tail adalah dari kekuatan buntutnya.


Waktu dahulu ikan cupang veiltail ini sangat biasa disukai orang karena gampang buat memilikinya, akan tetapi karena sekarang sudah makin marak aja ikan cupang yang dari hasil kawin silang, veiltail mulai perlahan tersingkirkan.


15. Ikan Cupang Coccina

ikan cupang coccina

Tubuhnya memiliki shape tabung dilengkapi juga dengan rona maroon, mulai dari sirip sampai penggalan kepala. 


Penampakan kepalanya yang membulat jenjang dengan rona silver sedikit agak kuning. Sirip dibagian insang kelihatan tembus pandang dan memerah, serta organ sirip yang polos serta jenjang.


Sebutan yang enggak kalah beken dari si ikan cupang ini adalah cupang Belgi Bangkok.


16. Cupang Slayer

cupang slayer

Banyak yang belum mengetahui, bahwa ikan Cupang Slayer termasuk kawin silang antara ikan cupang varietas Half moon dan crown tail. Dan juga, Ikan cupang Slayer pernah menjadi trend di sekolahan sd, anak-anak membeli cupang Slayer hanya buat buat aduan dengan cupang slayerr lainnya. 


Untuk harga cupang Slayer juara diberi harga sekitar 300 ribu Rupiah. Tetapi, buat cupang Slayer yang masih anakan di beri harga sekitar 25 ribu rupiah.


17. Jenis Cupang Koi

jenis cupang koi

Cupang Koi sudah ada dari akhir 2018, telah menjadi primadona berbarengan dengan ikan cupang fancy sampai sekarang. Punya rona pada tubuhnya layaknya seekor ikan koi yang membikin ikan ini sangat laku dimarket.


Ikan cupang varietas ini banyak yang bilang percis dengan cupang fancy. Yang menjadi pembeda dengan cupang fancy / marbel berada pada pattern tubuhnya & jumlah warnanya. 


cupang koi punya pattern yang hampir percis dengan koi otentik, sedangkan cupang fancy / marbel memiliki rona lebih bervariasi dibanding koi yaitu terdapat 3 atau malah bisa lebih & patternnya enggak percis ikan koi otentik.


Itulah 17 jenis ikan cupang yang perlu kalian ketahui. Sangat elegan nan anggun bukan, di balik karakternya yang punya sifat galak, Ikan ini sangat pas dijadikan peliharaan di rumah. 


Apabila kalian sedang menginginkan hewan yang enggak terlalu menghabiskan biaya banyak untuk merawatnya sangat cocok pelihara ikan cupang ini.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota