-->

Sponsor Mascota

8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi

Ikan Peacock Bass biasa di panggil juga ikan Pbass / Pibas tergolong jenis ikan predator air tawar yang sangat di buru oleh penghobi. Jenis ikan hias air tawar ini termasuk punya penampakan paling besar di dalam keluarga cichlidae. Pbass faktanya berakar dari daerah yang terdapat arus sungai di daratan Amerika.


jenis ikan peacock bass


Terdapat beberapa tipe atau model ikan peacock Bass, yang sangat sering ditemui adalah Monoculus, Occelaris & Orinocoo. Biarpun ikan Pbass penampakannya kelihatan sangar tetapi, warna green dengan sedikit tambahan kuning keemasan yang menawan yang akhirnya membikin penghobi aquarist air tawar akhirnya naksir pada ikan predator satu inii.

Jenis Ikan Peacock Bass yang Sering di Cari Para Penghobi


1. Ikan Peacock Bass Monoculus

ikan peacock bass monoculus


Ikan peacock bass monoculus ini tergolong ikan pbass yang benar-benar beken di luar negeri dan juga sangat terkenal di dalam negeri sendiri. Ikan pbass monoculus memiliki tanda atau pattern salur-salur kebawah dari bagian punggung.


Ikan pbass mono ini sangat pas buat kalian yang masih newbie atau yang kepingin mencoba merawat ikan pbass karena jeniss ini gampang ditemukan dan juga untuk masalah harga enggak terlalu menguras kantong. Harga ikan peacock bass mono ini mulai dari 20 ribu Rupiah untuk size yang masih anakan. Harganya terbilang enggak mahal karena ikan pbass jenis ini sudah umum sekali dibudidaya di Indonesia. Selain harganya yang enggak mahal ikan ini benar-benar kece menurut saya pribadi.

2. Peacock Bass Orinoco

peacock bass orinoco


Pbass orinoco punya penampakan sangatlah menawan. Warna yang ada di badan pbass orinoco lebih menonjolkan warna hijau dan ikan peacock bass orinoco punya motif seperti sebuah titik bewarna hitam layaknya tompel di badannya.

Jenis ikan predator Cichla orinocensis punya ruang lingkup yang asli di perairan batang air Orinoco dan Rio Negro di daratan Amerika. Skala badan saat menginjak umur sudah dewasa dapat menyentuh 50 centimeter.

Bila di perhatikan sebentar ikan pbass Orinoco ini persis sekali sama Cichla Oscelaris cuma memiliki pembeda yang terletak pada marking yang mengarah pipi, ikan ini enggak memilikinya. Ikan orinoco ini dapat menyentuh bobot sampai 6 kilogram.

3. Ikan Peacock Bass Kelberi 

ikan peacock bass kelberi


Pbass kelberi punya karakter sangat khas dengan warna kuningan cerah dan terdapat pattern titik-titik kecil dibagian badannya, tipe ikan kelberi yang sangat mahal adalah peacock bass kelberi golden bahia. Bila kalian membandingkan dari segi harga ikan kelberi yang biasa dengan kelberi golden bahia pastinya sangat berbeda jauh.

4. Peacock Bass Azul

peacock bass azul


Pbass azul mempunyai penampakan yang lebih anteng di banding pbass jenis yang lain. pbass azul memiliki karakter berupa pattern garis dibadannya dan sirip berwana agak kebiruan.


5. Ikan Pbass Xingu

ikan pbass xingu


Peacock bass xingu ini memiliki corak kelihatan lebih pudar dibanding pbass jenis yang lain. 

6. Peacock Bass Temensis

peacock bass temensis


Ikan pbass temensis ini termasuk jenis ikan pbass yang bisa berkembang sampai ukuran satu meter dengan size maksimum. Bila kalian memutuskan ingin memelihara ikan pbass temesis kalian harus menyediakan aquarium ukuran besar, supaya si temesis dapat bergerak leluasa.


Cichla temensis ini memang tergolong ikan pibas paling besar, sangat bertenaga, dan paling garang dari semua jenis pbass yang lainnya. Di tempat tinggal aslinya ikan ini terkenal sangat galak dalam memburu mangsa, bahkan dengan agresif bisa menyerang sampai ke permukaan air.

Cichla temensis awalnya di temukan di perairan Orinoco Amazon & hampir semua wilayah perairan black water amazon. Black water adalah sejenis perairan dengan aliran yang enggak deras yang mengalir melewati rawa hutan atau wilayah basah.

7. Ikan Pbass Pinima

ikan pbass pinima


Pbass pinima memiliki karakter berupa tanda seperti terlihat random dan warna pada siripnya adalah kebiruan. Pbass pinima bisa sampai ukuran panjang badan maksimum sekitar 56 centimeter.

8. Peacock Bass Intermedia

peacock bass intermedia

Jenis peacock bass intermedia ini punya pattern yang terlihat saling sambung layaknya garis. Panjang ikan pbass yang satu ini dapat menyentuh angka 55 centimeter. Ikan Cichla Intermedia umumnya dapat berkembang sampai kira-kira 45 centimeter.


Karakter unik Royal Peacock Bass ini adalah punya pattern berupa delapan salur berwarna hitam di keseluruhan badannya. Dan juga punya tanda dengan warna gelap yang panjang di bagian tengah badannya. Intermedia Cichla cuma bisa ditemui di perairan Orinoco, persisnya pada perairan Rio Negro termasuk anak sungainya.

Pakan Ikan Peacock Bass

pakan ikan peacock bass


pakan untuk pbass yang paling tepat supaya cepat besar kalian bisa memberikan ikan ukuran kecil, dapat memakai ikan lele anakan atau ikan mas yang kecil. Sedangkan buat menaikan warna ikan pbass agar semakin bagus bisa mencoba trik ini dengan memberikan udang yang masih segar.

Harga Ikan Pbass

harga ikan pbass


Harga ikan pbass yang ada di pasaran sangat beragam, tergantung tipe atau jenis dan skala badannya. Ikan pbass yang paling murah di pasaran adalah peacock bass mono & yang paling mahal mungkin peacock bass temensis. Pbass ini dapat dihargai mahal bisa ternyata di datangkan langsung dari luar negeri atau memiliki warna yang ada di badannya benar-benar bagus.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota