-->

Sponsor Mascota

10 Jenis Ikan Predator Air laut Paling Ganas

ikan predator air laut - Banyak orang di seluruh dunia sangat bergantung pada ikan atau produk yang berbahan dasar dari ikan untuk dikonsumsi dan mata pencaharian mereka. Lebih dari 30.000 spesies beragam berada di laut dan perairan bumi.


Keindahan banyak spesies ikan disorot di toko ikan hias air laut, akuarium dan koleksi rumah. Namun, beberapa spesies mungkin sangat jarang yang pelihara atau dilarang. Ada yang bisa menyerang manusia, sementara yang lain mungkin mempunyai racun mematikan jika ditangani secara sembarangan atau diolah dengan tepat untuk dikonsumsi.


Beberapa spesies disebut menyeramkan karena bentuk penampakannya dan cerita dari mulut ke mulut. Namun, ada juga yang kelihatan mengemaskan, dapat sangat mengancam dengan cara yang sangat pribadi.


Baca Juga: Perawatan Akuarium Air Laut Paling Mudah untuk Pemula


Berikut 10 jenis ikan predator air laut paling mematikan di dunia yang sudah di rangkum dari berbagai sumber:


1. Red Lion fish

red lion fish


Red Lion fish ikan hias predator air laut ini beken duri sirip beracun mereka, yang dapat memberikan luka tusuk yang menyakitkan, meski jarang fatal. Ikan ini mempunyai sirip dada yang besar dan duri sirip punggung panjang, dan setiap spesies mempunyai pattern garis-garis hitam layaknya seekor zebra.


Waktu merasa terancam, ikan tersebut akan membuka siripnya dan jika semakin parah, ia tidak akan ragu buat menyerang menggunakan duri punggungnya.


Red lion fish merupakan salah satu spesies paling terkenal dan hidup di ekosistem Terumbu Pasifik Selatan. Ia memanfaatkan kamuflase dan refleks sangat cepat untuk memburu mangsanya, terutama ikan dan udang.


Jika manusia sampai terkena sengatannya, itu tidak akan sampai fatal, namun akan sangat terasa sakit dan bisa membuat mual dan nafas menjadi sulit.


Kalau kamu terarik untuk menyelam bersama red lion fish, kamu bisa datang ke Karibia dan nikmati temperatur air yang hangat dan pemandangan alam yang sangat cantik.


2. Belut Moray Termasuk Ikan Predator Air Laut

Belut Moray Termasuk Ikan Predator Air Laut



Belut moray bisa dibilang sebagai ikan predator air laut paling berbahaya, ia sangat ganas waktu merasa terganggu dan nggak ragu untuk menyerang manusia. Rahang belut moray terdapat gigi yang kuat dan runcing, memungkinkan mereka untuk menerkam mangsanya dan membuat luka yang fatal. 


Baca Juga: Fakta Doctorfish Ikan Laut yang Menjadi Dokter Para Ikan


Di bumi terdapat 80 spesies belut moray. Mereka banyak tinggal di wilayah tropis dan subtropis yang airnya dangkal dan senang sembunyi di antara bebatuan dan di terumbu karang. 


Bila kamu ingin menemuinya, kamu bisa menyelam di wilayah mesir, meksiko dan belize.


3. Tiger Fish

tiger fish predator



Tiger fish populer dengan giginya yang sangat tajam yang bisa membuat luka serius buat para perenang yang tidak menaruh curiga. Mereka bisa kita tandai dengan pola garis yang memanjang seperti harimau, dengan gigi runcing. Sebaiknya kamu harus langsung menghindar waktu melihatnya.


Tigerfish bisa kamu dapati dengan mudah di wilayah Afrika, perairan Zambia, dan di Kongo. 


4. Ubur-ubur Kotak Juga Ikan Predator Air Laut

ubur-ubur kotak ikan predator air laut



Ubur-ubur kotak merupakan salah satu ikan peredator air laut berbahaya serta mempunyai racun yang sangat berbahaya. Racunnya dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit, sementara bekas sengatannya akan meninggalkan bekas seumur hidup.


Ubur-ubur Kotak memakai racunnya untuk menyerang aktivitas jantung. waktu disengat, detak jantung korban akan rendah, rasa dari sengatannya sangat menyakitkan, dan bila tidak segera ditolong akan menyebabkan kematian.


Baca Juga: Royal Gramma Basslet Ikan Hias Air Laut Cantik


Kamu bisa bertemu dengan ubur-ubur kotak ini bila menyelam di laut Jepang, Australia, serta teluk Meksiko.


5. Ikan Candiru

Ikan Candiru



Ikan yang tidak mempunyai sisik ini dapat kamu temui di Sungai Amazon. Ikan Candiru punya makanan favorit yaitu darah. Ya, kamu tidak salah baca, ia benar suka memakan darah. Ikan kecil ini sering didapati dalam rongga insang ikan lain, menggerogoti mereka. 


Percaya tidak percaya, itu bukan bagian yang paling menyeramkan. Ikan predator air laut ini juga diketahui suka menyerang manusia. Ia masuk ke dalam tubuh lewat uretra, duri pendek dan insang membuat peradangan, rasa sakit, perdarahan dan bahkan menyebabkan kematian. 


Mascota tidak menyarankan untuk menyelam bersama dengan ikan candiru ini. Namun predator ini bisa didapati di wilayah Amazon Negara Brazil, Bolivia, Ekuador, serta Peru. 


6. Stone Fish

Stone Fish



Stone fish habitat aslinya berada di perairan tropis Indo-Pasifik, yang dimana mereka suka berada di perairan dangkal. Ikan predator air laut ini termasuk ikan lamban yang menetap di dasar laut yang sangat sangat susah untuk dilihat karena hampir menyatu dengan lingkungannya. 


Waktu tidak sengaja terinjak, ia akan memasukan racun dalam jumlah besar ke korbannya. Luka karena racun dari Stonefish sangat menyakitkan dan bisa sangat fatal.  Kamu bisa mendapati stonefish di wilayah Pasifik dan Samudra Hindia. 


7. Piranha

ikan piranha



Piranha merupakan ikan predator air laut yang sangat terkenal di dunia. Sering muncul dalam film hollywood, piranha mempunyai reputasi yang jelek. Punya gigi yang sangat tajam, piranha punya kekuatan gigitan yang rata-rata 20 sampai 30 kali lipat berat badannya. 


Baca Juga: Fakta Menarik Ikan Wrasse yang Punya Warna Menarik!


Hasilnya, mereka dapat melahap bahkan hewan paling besar hanya dalam hitungan menit. Kamu bisa mendapati ikan piranha di wilayah Jepang. 


8. Belut Listrik

belut listrik



Belut listrik merupakan ikan predator air laut panjang Amerika Selatan yang yang bisa menyerang menggunakan sengatan listrik yang kuat untuk mengejutkan mangsanya. Belut listrik bisa mencapai ukuran 2,75 meter dengan berat 22kg. 


Ia termasuk perenang yang lambat, ia lebih suka dengan air tawar yang bergerak lambat di mana ia dapat naik ke permukaan setiap beberapa menit untuk mencari udara. 


Listrik yang dapat di hasilkan belut ini sekitar 330 sampai 650 volt, lumayan kuat untuk melukai manusia. belut listrik dapat di temui di wilayah Amerika Selatan serta di lembah Amazon.


9. Puffer Fish atau Ikan Buntal

puffer fish atau ikan buntal



Puffer fish, juga punya panggilan lain yaitu swellfish atau blowfish, dapat mengembangkan badannya waktu merasa terganggu. Ikan puffer punya zat yang sangat beracun yang disebut tetrodotoxin, yang berada di organ hati, ovarium, usus dan kulitnya. Racun tetrodotoxin bisa merusak otak korbannya dan dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan dan yang paling fatal kematian.


Ikan ini sangat kuat dari segi fisik, karena kulitnya yang tajam, dan mempunyai naluri bertahan hidup yang mantap. Mereka tergolong ikan sangat beracun yang dapat di temui di perairan Indonesia. Habitat aslinya berada di perairan tropis, membuat Indonesia sebagai lingkungan terbaik buat menyelam bersama ikan buntal.


10. Ikan Predator Air Laut Paling Berbahaya: Hiu Putih Besar

Ikan Predator Air Laut Paling Berbahaya



Hiu Putih Besar tidak perlu penjelasan panjang lebar, karena ia merupakan salah satu ikan predator air laut paling populer dan kuat di dunia. Jika terjadi serangan, hiu putih besar condong menggigit korbannya dengan satu gigitan dan lalu mundur.


Baca Juga: Ikan Damselfish Si Cantik Namun Terkenal Agresif


Dalam kasus di mana gigitannya sangat kuat, bisa menyebabkan kerusakan jaringan atau organ yang fatal serta bisa menyebabkan kematian. 


Ada berbagai macam tempat, dimana kamu dapat menyelam bersama hiu putih besar, diantaranya adalah: Kepulauan Neptunus, Australia, bahama, Gansbaai, Isla Guadelupe, Meksiko, Pulau Stewart, Selandia Baru, Pantai Macan, Afrika Selatan, dan Bahama.  

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota