-->

Sponsor Mascota

19 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Di Pelihara Bagi Para Newbie !

Sebenarya pelihara ikan hias aiir tawar sekarang ini jadi hobby yang amat mengasyikan. Apalagi bila kalian membandingkan dengan hewann lain, varietas ikan hias airr tawar terbilang enggak begitu merepotkan untukk kalian. 


Cukup dengan modal akuarium serta pakan olahan berupa pelet, Kalian sudah sangaat mencukupi takaran untukk nutrisi harian ikan hias kesayangan kalian.


Buat kalian yang sekarang ini tergolong newbie atauu baru yang mau start hobby ini, yuk disimak jenis ikan hiias air tawar yang terbilang enggak repot buat dipelihara karena ketahanan fisik & cara merawatnya yang enggak pake ribet. Yuk, bahas lebih mendalam!

1. Jenis Ikan Cupang Hias Air Tawar

jenis ikan cupang hias air tawar


Ada yang belum mengenal ikan hias air tawar satu ini? Ikan cupang yang nyatanya masih satu keluarga dengan ikan gurame ini punya bermacam bentuk serta rona yang cantik, dengan buntut yang panjang berkibas indah nan elok. 


Enggak cuma menawan, buat urusan perawatann ikan ini terkenal gampang. Ikan cupang enggak perlu wadah atau aquarium dengan size gede & juga tambahan alat penyuplai oksigen buat bertahan hidup.


Ikan hias air tawar yang tahan banting ini punya karakteristik yang galak, & juga ke sesama varietas ikan cupang, mengharuskan kalian buat selalu pisahkan ikan ini dengan yang lain maupun satu varietas karena sifatnya yang senang mempertahankan wilayahnya.


Soal pakan, kalian dapat kasih anak nyamuk atau jentik, cacing sutra, atau bisa juga cacing rambut yang termasuk makanan favorit dari si cupang.

2. Ikan Guppy Jenis Air Tawar

ikan guppy jenis air tawar


Ngomongin tentang ikan yang sedikit & enggak pake ribet ngerawatnya, enggak afdol dirasa jika enggak membahas si imut ikan guppy. Ikan dengan berperawakan tubuh mungil dan punya buntut serta sirip yang beragam rona ini memang beken, enggak cuma karena penampilan fisiknya aja tapi juga masalah ngerawatnya yang gampang.


Bahkan, jika ikan guppy sudah merasa aman dengan tempatnya, mereka dapat dengan gampang punya anak, loh.

3. Ikan Molly Air Tawar

ikan molly air tawar


Tidak agresif, elok, dan gampang dirawat adalah alasan jelas Ikan Molly punya banyak fans. size badan tergolong mungil serta membulat sehingga banyak yang bilang ikan hias air tawar satu ini lucu. Rona yang beraneka ragam juga dapat menjadi magnet tersendiri.


Ikan ini juga punya imunitas yang strong dan mampu bertahan biarpun enggak dilengkapi alat menggelembungkan oxygen dalam wadah atau aquarium.

4. Ikan Ekor Pedang Air Tawar

ikan ekor pedang air tawar


Ikan pedang mempunyai karakter rona yang merah terang dan organ sirip yang runcing menjuntai percis dengan sebilah pedangg buat si jantan dari ikan ini. 


Untuk pelihara ikan pedang terbilang sangat gampang. Cukup punya akuariumm serta pakan olahan berupa pelett, ikan hias air tawar ini dapat bertahan meski tanpa alat pembuat oxygen buatan, loh.

5. Ikan Hias Air Tawar Tetra

ikan hias air tawar tetra


Ikan Tetra punya berbagai varietas & tergolong ikan hias air tawar dengan tubuh yang kecil juga. Yang menjadi pembeda setiap varietas ikan tetra ini dapat diperhatikan lewat rona di badannya.

Ikan hias air tawar yang satu ini nihh sangat menawan jika dimiliki dalam kuantitas yang banyak karena kepribadiannya yang senang berkelompokk.


Enggak cuma gampang buat ngerawatnya, dari segi harga pun  ikan Tetra juga enggak sampai menguras kantong. Tapi perlu diingat, buat varietas yang jarang atau langka, harga ikan hias ini dapat menyentuh angka 1 juta lebih seekornya, fantastis!.

6. Ikan Hias Black Ghost

ikan hias black ghost


Terbilang kondang di dalam negri, siapa yang bakalan menyangka ikan black ghost atau hantu hitam faktanya ikan yang berasal dari perairan Amazon & Surinamee. Ronanya yang full black serta penampakannya terlihat gepeng dengan organ sirip yang jenjang akhirnya diberi panggilan ikan black ghost.


Masalah pakan, si black ghost enggak pake ribet deh. Ia senang makan encuk & seranggaa air dengan size kecil. Pelet ikan atau pakan olahan pun juga dapat jadi opsi yang simple buat kalian yang sibuk atau enggak mau ribett.

7. Ikan Hias Oscar

ikan hias oscar


Buat kalian yang mendambakan punya ikan hias yang terlihat sangar, ikan oscar bisa kalian jadikan pilihan yang bagus. Shape atau penampakan dari si oscar kelihatan layaknya seekor nila, akan tetapi dengan tambahan rona & perpaduan sisik yang berwarna jadi kelihatan cantik saat dipandang.


Ikan yang merupakan tipe karnivora & punya karakter galak sehingga bagusnya kalian enggak menggabungkan ikan oscar dengan ikan yang lainnya dalam satu akuarium, yaa.

8. Ikan Manfish Air Tawar

ikan manfish air tawar


Ikan manfish beken dengan nama lain yaitu angelfish adalah ikan hias air tawar yang sangat cocok buat kalian yang sedang menginginkan ikan hias dengan looks anggun.


penampakan badan yang terlihat gepeng serta tambahan organ sirip yang jenjang menjuntai membikin ia kelihatan keren, serta manuver yang kalem pasti membikin siapapun yang memandangnya ikut merasakan vibes yang tenang.

9. Ikan Hias Platy

ikan hias platy


Sekejap bila kalian lihat ikan platy mempunyai penampakan & looks mirip dengan ikan molly. Akan tetapi, ikan hias air tawar yang inii punya rona yang lebih cerah.


Ikan ini enggak cuma gampang buat merawatnya tapi juga enggak galak. Buat masalah harga, ikan ini juga enggak membuat kantong kalian jebol, loh.

10. Ikan Hias Komet

ikan hias komet


Memiliki penyebutan dalam bahasa latin yaitu Carassius auratus, ikan komet termasuk ikan hias air tawar yang sekarang ini sedang dicari oleh penghobi. 


Selain karena masalah dalam perawatan yang enggak susah serta ketahan fisik yang strong, karakternya juga enggak galak membikin ikan komet bisa menjadi teman yang dirasa pas buat para ikan hias lain dalam satu lingkungan aquarium.


Kecantikan dari ikan hias air tawar satu ini mempunyai perpaduan rona terbilang sangat banyak mulai dari red, full white, yellow, full black dengan pattern abstrakk yang elegan.

11. Ikan Hias Lemon

ikan hias lemon


Karakter dari ikan hias air tawarr ini adalah meliliiki rona yellow percis sebuah lemonn. Ikan lemonn dalam bahasa lattin Neolamprologuus leleupii ini punya imunitas fisik yang lumayan strong jadi terasa pas sekali buat dimiliki oleh kalian yang masihh newbie atau yang masih baru memulai pelihara ikan hias.


Perlu kalian ketahui, ikan lemon tergolong ikan galak jadi kalian jangan sampai mengkombinasikannya dengan ikan varietas lain dalam 1 wadah atau aquariumm. Jika ia sampai bertemu ikan lain, apalagi yang punya size badan lebih mungil, ikan lemon enggak akan malu buat memangsa ikan tersebut!

12. Ikan Bala Air Tawar

ikan bala air tawar


Ikan Bala umum dipanggil juga sebagai bala shark karena penampakannya yang sedikit agak percis dengan hiu sungguhan. Tapi, kalian enggak harus cemas karena ikan hias ini enggak galak seperti ikan hiu dan juga lingkungan aslinya berada di perairan tawar.


Ikan hias air tawar ini punya siisik & organ siripp dengan rona silver yang contrast dengan rona black dan white jadi membikin sangat menawan waktu di taruh di sebuah akuarium di rumah kalian. Di lingkungan yang otentik, ikan ini bisa berkembang sampai dengan 35 centimeter, loh.

13. Ikan Hias Air Tawar Kumpai

ikan hias air tawar kumpai


Ikan kumpai tergolong ikan hias air tawarr yang sangat dicari oleh masyarakat umum di dalamm negri karena buat ngerawatnya yang terbilang  gampang enggak pakai ribett. Ikan ini dapatt kalian pelihaara berbarengan dengan ikan Koii karena varietasnya yang percis & faktanya masih dalam 1 family.


Tapi harus diingat, kalau dilihat secara seksama koi punya fisik terlihat lebih slim dan punya rona yang agak kelihatan pucatt. alternatif buat warnanya enggak begitu beragam, yaitu white dengan aksen gold, broken white, & orange.

14. Jenis Ikan Air Tawar Koi

jenis ikan air tawar koi


Ikan dengan penyebutan dalam bahasa lattin Cyprinuss Carpio ini sepertinya enggak lagi dijelaskan dengan panjang lebar, yaa. Coba deh kalian cek di beberapa kolam ikan punya tetangga rumah kalian, mereka pasti punya setidaknya tiga sampai empat ekor!


Yang menjadi alasan mengapa ikan ini sangat sekali disukai di Indonesia karena pattern rona yang beragam serta terlihat elegan & biaya pemeliharaannya yang enggak begitu mahal. Ikan Koi bisa bertahan hidup di perairan keruh dan jernih, loh. Asalkan tetap dikasih makan!

15. Ikan Hias Palmas

ikan hias palmas


Ikan Palmas sebenarnya lebih beken dipanggil dengan nama ikan Bichir atau ikan yang punya organ sirip terkenal banyak ini tergolong ke family Polypteridae. 

Ikan Polypteridae merupakan beragam ikan yang berawal dari batang air benua africa, dan tergolong juga species yang susah di cari di dalam negeri.


orang-orang bilang bahwa ikan ini mirip dengan naga, akhirnya para penghobiest ikan hias  banyak memanggilnya menjadi ikan naga. 

Selain motifnya yang kelihatan seperti binatang melata yaitu seekor ular, karakteristik yang bisa ditemui adalah skill yang bisa bertahan hidup tanpa air selama kurang lebih beberapa detik malah sampai menit !

16. Ikan Hias Arapaima Air Tawar

ikan hias arapaima air tawar


Ikan Araipamaa merupakan ikan air tawar yang terbiasa tinggal di wilayah tropic yang berakar dari kawasan USA. Ikan ini faktanya pernah viral di Indo karena sizenya yang bisa berkembang sampai dengan dua setengah meter dengan bobot yang mencapai 1 kwintal!


Ikan Araipama bisa pas dirawat dalam sebuah kolam yang cukup besar di halaman karena memelihara yang gampang & enggak butuh banyak anggaran. Tetapi sangat sayang, pesebaran ikan ini di habitat aslinya makin hari makin berkurang saja, sehingga mengakibatkan di market juga susah buat masuk.


Apalagi di Negara Brasil, Kalian harus membutuhkan ijin khusus untuk mendapatkan ikan ini.

17. Ikan Hias Wakin

ikan hias wakin


Jenis ikan hiass air tawar yang akan kita bahas selanjutnya ini dapat kalian pelihara dalam sebuah kolaam di halaman tempat tinggal kalian. Ikan wakin punya banyakk pattern yang menawan pada badannya, namun rata-rata dari mereka cuma punya rona red & white sebagai rona elementer.


Itulah alasan kenapa ikan Wakin yang punya rona berbeda dihargai lebih tinggi karena susah sekali didapat. Pergerakan ikan Wakin termasuk gesit, sehingga enggak akan cocok kalian pelihara pada sebuah akuarium dan cuma bagus di pelihara dikolam.

18. Ikan Sapu-Sapu Ikan yang Suka Bersih-Bersih

ikan sapu sapu


Ikan sapu-sapu yang kalian kenal memang bukan tergolong ikan hias air tawar, tapi kelebihannya bisa membantu bersih-bersih tempat tinggalnya, bisa sangat berguna jika dipelihara dikolam atau akuarium.


Ikan sapu-sapu akan menyantap lumut serta alga yang tumbuh serta melekat pada pinggiran kolam, jadi membikin kolam menjadi bersih. Enggak cuma itu, ikan sapu-sapu ternyata punya motif beragam, loh.


Rona hitam yang kental yang biasa kita temui bukanlah satu-satunya rona yang ia miliki. Kalian dapat membeli ikan sapu-sapu dengan pattern layaknya seekor macan, totol, dan ada yang kelihatan seperti pattern zig-zag!

19. Ikan Hias Blue Ram

ikan hias blue ram


Ikan hias aiir tawarr blue ram merupakan dari familly Cichlids dengan size kecil. Varietas ikan hiias ini terbilang lumayan gampang buat dipeliharaa karena karakternya yang kalem & enggak gampang menjadi stress.


Rona sisik pada blue ram sangat terang berformasi pattern salur terang metalic yang dapat memantulkan sinar lampu atau matahari jika diletakan di kolam luar ruangan. Cocok banget pastinya buat dipelihara sebagai pelengkap dekorasi di rumah!

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota