-->

Sponsor Mascota

14 Jenis dan Cara Merawat Ikan Oscar yang Garang Tetapi Menawan

Jenis ikan Oscar atau yang bernama latinnya Astronotus ocellatus termasuk varietas ikan cichlid dan kelompok keluarga Cichlidae. Tetapi sekarang ini sudah banyak sekali opsi Oscar yang tersedia di market, pada mulanya hanya ada 3 varietas Oscar, yaitu Red, Albinoo, & tigerr. Semua varietas yang ada sekarang adalah hasil pemijahan dengan cara kawin silangg.

Species ini telah muncul pertama dan dijelaskan secara mendalam pada abad ke 20. Ikan hias air tawar ini muncul kali pertama ditemukan di kaki bukit perairan Amazon, batang air Parana, Sungai Paraguai, & wilayah Rio Negro. 

Dari waktu itu ia mulai dikenalkan ke negara lain dan seluruh negara, termasuk USA, Tiongkok, dan Negara Australi. Di lingkungan aslinya, South America, ikan ini dibilang punya peranan sangat penting buat industry perikanan komersil dan dagingnya sangat dihargai tinggi.

Dari jaman dahulu juga ikan oscar sudah dibilang ikan yang pintar. Jika ia sudah bisa beradaptasi dengan tempat tinggal yang baru dan sudah kerasan di akuarium, ia pasti akan merasa curious. 

Ia akan berenang mendekat ke bagian pinggir akuarium dan cuma mengambang disana dengan sangat berhati-hati sambil memperhatikan kita sebagai owner sedang melakukan apa. Pasti kalian akan menyadari bahwa ia mempunyai karakter yang sangat khas bila di banding ikan lain.


Yang menjadi ciri khas mereka adalah rona pada badan yang sangat beragam, yang akhirnya membikin jenis ikan oscar menjadi ikan hias air tawar sangat beken. Jika kalian kepingin merawat Oscar, kalian enggak akan sudah menemukan di market karena sekarang sudah sangat umum dijual di market ikan hias, pembudidaya, atau marketplace di internet.

Dan saatnya kita membahas lebih dalam klasifikasi ikan Oscar paling beken yang harus kalian ketahui sebelum ingin memeliharanya.

1. Ikan Tiger Oscar

ikan tiger oscar


Tiger Oscar termasuk varietas ikan oscar yang sangat terkenal dipasaran. Varietas yang sangat cantik ini bisa dibedakan dari motif pada sisik mereka yang mirip dengan motif pada kulit seekor macan. Umumnya motif ini berada berdekatan dengan bagian buntut, tetapi kadang-kadang ada yang sampai mengcover keseluruhan badannya.

Rata-rata badan tiger oscar dihiasi dengan rona full black dengan pattern merah atau orange yang cemerlang. Kadang-kadang ia juga mempunyai salur dengan rona hitam di pangkal badan mereka. Kombinasi rona ini membikinnya kelihatan layaknya sebongkah batu dari pegunungan lava yang masih hidup yang bergerak lincah di aquarium kalian. Dan buat masalah size nya, Ia dapat berkembang sampai 40 cm.

2. Super Red Chili Oscar

super red chili oscar


Ini juga termasuk varietas iconic lainnya. Red Oscar bisa dilihat lewat penampakan 2 rona yang kelihatan cantik. Warna di keseluruhan badan mereka adalah kombinasi antara black dan red yang anggun. 2 rona tersebut berpadu di antara daerah belakang badan mereka dan peralihan wana yang bisa kita bilang sangat halus.


Sirip mereka akan bertransformasi menjadi lebih hitam dari waktu ke waktu. Sangat persis dengan tiger oscar, bagian organ mata mereka punya tepian dengan warna orange dan kelihatan sedikit agak nonjol ke bagian atas kepala. untuk sizenya biasa, yaitu 30 sampai 40 cm.

3. Ikan Oscar Albino

ikan oscar albino


Ikan oscar albino yang keseluruhan warna di tubuhnya adalah white dengan dihiasi sebuah pattern yang berbeda-beda. Ia mempunyai semacam jari-jari orange atau red yang saling terhubung yang didapati pada ujung badan.

Kerapatan dan kerumitan pattern yang sangat beragam setiap spesies. Enggak akan ada yang terlihat sama persis, dan itulah yang membikin species ini terasa benar-benar atraktif. Biarpun kalian mungkin pernah mengetahui Albino Oscar tanpa kombinasi warna yang akan diberi harga lebih tinggi, sangat subjetive sekali dan susah rasanya buat nentuin mana yang kelihatan paling cantik.

4. Blue Oscar

blue oscar


Blue Oscar adalah jenis ikan Oscar yang sangat cantik. Hampir diseluruh badannya ditutupi dengan warna biru yang kontras. Mereka juga mempunyai motif pada tubuh mereka, tetapi yang ini sedikit berlainan dengan yang lain.

Motif mereka lebih kelihatan layaknya sebuah sistem jaringan yang terhubung yang diisi dengan warna biru cerah tetapi penampilannya seperti terputus-putus. Sisik mereka mempunyai garis biru gelap, yang membuat mereka dominan. Blue Oscar mempunyai beberapa variasi sendiri. Semua perbedaan bermuara pada gradasi warna biru dan struktur polanya.

5. Ikan Oscar Hitam

ikan oscar hitam


Lumayan terlihat simpel akan tetapi menarik perhatian, ikan Black Oscar termasuk ikan hias terbaikk. Rona pada badan mereka didominasi oleh black dengan salur terang yang melengkapi badan hitam mereka. Beberapa juga ada yang punya rona pada bagian perut yang lebih cerah.


Ia juga ada yang terdapat memiliki corak yang percis dengan tiger ocar pada bagian sisik. Sekali lagi, Pattern setiap ikan akan sangat berbeda dan enggak mungkin ada yang sama. Pada bagian sirip mereka keseluruhannya dihiasi rona full black dan organ mata dikelilingi warna oranye.

6. Florida Oscar

florida oscar


Nahh sudah kita bahas diatas, oscar sudah sukses dikenal ke belahan dunia manapun. Salah satu wilayahnya adalah Floridaa di USA. Malah kerennya di sana sudah terdapat genus asli wilayah sana!

Ikan florida oscar penampakan fisiknya percis dengan varietas tiger dan ia juga memiliki corak yang gampang dikenali pecintanya. Karena ikan ini tinggal di alam liar, Looks mereka sangat dipengaruhi oleh makanan yang ia makan. 

Nahh faktor-faktor ini yang membuatnya, seperti : kwalitas air dan bila ia makanan dengan kwalitas buruk maka membuat warna di badan mereka menjadi buruk.

7. Jenis Ikan Oscar Putih

jenis ikan oscar putih


Serupa dengan oscar albino, varietas ikan white oscar sudah kehilangan warna iconic nya yaitu warna oranye dan menyisakan rona merah muda yang pucat atau pink. 

Rona ini telah berkombinasi dengan baik pada keseluruhan badan mereka dan membuatnya kelihatan seperti berwarna putih dari kepala sampai ekor. Mereka kelihatan sangat indah di segala jenis background dan media, entah itu gelap maupun terang.

8. Jenis Green Oscar

jenis green oscar


Seistimewa namanya, Green Oscar mungkin adalah yang paling seksi dari semua tipe. Tubuh mereka sebagian umum berwarna hijau dengan perpaduan warna-warna lain seperti hitam atau kuning. Jenis ini mempunyai variasi motif dan warna yang berbeda.

Namun umumnya, mereka mempunyai sepasang garis hijau gelap di badan mereka dan sisik dengan warna kuning. Kadang-kadang kalian melihat ikan yang mempunyai lingkaran kuning dengan inti gelap di kulitnya. Ini hanyalah salah satu desain pola unik yang mungkin kalian temui pada ikan ini.

9. Veil Tail Oscar

veil tail oscar


Veil Tail Oscar sudah menjadi varietas yang paling kelihatan beda karena buntutnya yang menjuntai dan kelihatan transparan. Biarpun ronanya sangat beragam, Umumnya ikan ini punya rona black dan ada juga yang merah.


Buntut mereka tercover pola polkadot orange cerah yang gampang sekali dibedakan yang biasanya corak ini sampai bagian atas kepala. Kalian juga akan menyadari ikan ini memiliki salur-salur orange yang melintang di badan. Waktu setiap melebarkan buntutnya, maka ia akan menjadi lebih kelihatan anggun.

10. Jenis Lemon Oscar

jenis lemon oscar


Jika kalian mencari ikan Oscar di market ikan hias, kalian mungkin sedikit kesulitan saat memilah di antara ikan Albino Oscar atau oscar putih. Namun ini enggak akan kejadian saat kalian akan membeli lemon oscar. Sangat cocok dengan namanya, ikan ini mempunyai rona yellow pada badan yang rata-rata dikombinasi dengan rona putih.

Beberapa representatif mempunyai rona kuning yang sangat jemu dan beberapa representatif yang lain mempunyai motif yellow yang segar dipandang mata pada sisik mereka. Kecantikan ronanya bergantung pada seberapa baik ia telah dirawat & dipelihara dan menjaga kondisi air akuarium mereka tumbuh.

11. Jenis Ikan Oscar Slayer

jenis ikan oscar slayer


Faktanya oscar varietas ini adalah oscar yang punya anomali genetik, akan tetapi abnormalitas ini yang akhirnya membikin menjadi eksklusif dan sekarang menjadi disenangi oleh pada penghobiest ikan hias. Ikan ini memiliki badan dengan keluruhan warna white yang cantik dengan organ sirip yang melebar seperti sebuah layar kapal.


12. Ikan Oscar Paris

ikan oscar paris


Oscar paris ini sekarang ini sudah terkenal buat para penghobiest ikan hias. Karena ikan ini memiliki rona yang sangat banyak. Waktu memilih rona ikan varietas ini harus lebih diperhatikan, karena biasanya rona yang cerah dan terlihat jelas itu adalah tanda-tanda ikan yang sehat dan baik.

13. Oscar Red Tail Bahia

oscar red tail bahia


Ikan Red Tail Bahia Oscar Fish ini bila kalian lihat cuma sebentar akan terlihat seperti ikan mujairr.. Karena ikan ini punya rona yang persis dengan mujair. 

Karakter yang khas adalah pada bagian badan yang dihiasi warna green dipadukan dengan grey dan tambahan motif seperti sebuah bulatan merah pada luar organ matanya. Dan juga, ikan ini juga punya totol merah atau oranye di badan dan pangkal belakang organ sirip buntutnya.


14. Ikan Oscar Gold

ikan oscar gold


Punya panggilan golden oscar karena ikan ini memiliki rona gold disekujur badannya. Warna gold ini sangat kelihatan menonjol di keseluruhan badan. Dan untuk bagian sirip serta perutt ikan golden oscar punya rona full black dan penggalan kepalanya dihiasi dengan rona grey.

Tips Merawat Ikan Oscar

tips merawat ikan oscar


Waktu memutuskan memelihara ikan oscar didalam aquarium enggak bisa dibilang gampang dan enggak susah banget, yang kalian harus perhatikan adalah kwalitas air yang ada di aquarium. 

Berikut ini adalah beberapa saran buat kalian yang ingin baru memulai supaya dapat menjaga ikan oscar menjadi selalu sehat :
  • Beli aquarium dengan ukuran paling enggak empat puluh sampai empat puluh lima galon air, karena badan oscar ada yang bisa menyentuh angka 40 centimeter dan manuvernya bisa dibilang lumayan tangkas. Aquarium dengan size kecil bisa membikinnya gampang menjadi stres.
  • Perhatikan kwalitas air yang ada di aquarium dengan rutin.
  • Perhatikan juga temperatur air di dalam aquarium harus setabil, antara 22,9 sampai 26,9 drajat celsius dengan kandungan ph di antara enam sampai delapan. Kalian harus menjaga temperatur dan tingkatan ph air karena ikan ini sangat sensitiff dengan transisi temperatur ataupun kandungan amoniaa yang bertambah.
  • Aquarium boleh diisi dengan hiasan yang bisa dipakai untuk daerah bersembunyi ikan supaya ia bisa lebih terasa nyaman.
  • Letakan aquarium di tempat yang bisa terkena sinat. Sinar matahari sangat bagus buat ikan ini. Akan tetapi jangan diletakan di bawah sinar matahari langsung.
  • Agar membantu kalian untuk membersihkan air akuarium, kalian bisa membeli filter air yang akan mengganti air sepuluh sampai limabelas persen setiap minggunya. Supaya aquarium bisa lebih bersih dan menjadi tempat yang sehat buat ikan-ikan.
  • Kasih pakan favorit dari ikan oscar layaknya ikan dengan size kecil, udang, jangkrikk, atau kepiting. Dan pastinya kalian juga bisa kasih pakan olahan seperti pelet, cacingg, baby shrimp, dan seranggaa.
  • Jangan lupa kasih juga tambahan vitamin c, vitamin ini bisa kalian dapatkan dari alga atau tanaman ganggaa.

              Sudah kita bahas dengan lumayan dalam mengenai ikan oscar. Mulai dari jenis dan beberapa saran buat pemula dalam merawatnya. Semoga artikel ini membantu dan terus tunggu update dari kita ya.
              LihatTutupKomentar

              Sponsor Mascota