-->

Sponsor Mascota

13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer di Indonesia dan Cara Merawatnya

Kalian yang lagi kepingin memelihara ikan hias air tawar dengan aquarium, apa lagi yang senang dan tertarik sama ikan predator enggak merasa heran dengan jenis yang bakalan kita bahas dalam kesempatan sekarang ini, adalah ikan polypterus atau beken didalam negeri dengan panggilan ikan palmas. Makhluk yang hidup di air ini termasuk sebagai predator air tawar yang sangat di gemari oleh kolektor predator fish. Punya penampakan yang khas & terlihat agak menyeramkan, membikin ikan ini sangat di cari-cari penggemarnya.

Sebelum memutuskan untuk merawat palmas, ada bagusnya kalian pahami terlebih dahulu sebenarnya akar mula & fakta-fakta yang luar biasa dari si monster satu ini. Bagian mana saja sih yang sangat aktraktif predator satu ini? Yuk di simak baik-baik ya.

Ikan polypteruss berasal dari sebagian wilayah di africa & kawasan perairan Nile. Ikan ini dapat berkembang sampai 30 cm di tempat pemijahan & dapat berkembang dengan fisik yang lebih besar jika ia tinggal di habitat liarnya. Karakter dari ikan naga adalah mempunyai sirip pada bagian punggung yang persis dengan makhluk mitologi yaitu naga, maka dari itu orang-orang juga memanggilnya sebagai dragon fish.

Kalian yang lagi kepingin memelihara ikan hias air tawar Saat baru lahir, ikan naga memiliki organ pernapasan yaitu insang pada bagian luar tubuh yang persis dengan sebuah cula, yang ternyata bila kalian perhatikan sekilas akan mengingatkan dengan salammander axolotl.

Akan tetapi seiring berkembangnya menjadi besar, organ pernafasan ini lama kelamaan menghilang. Faktanya ikan naga saat masih kecil akan kelihatan lebih atraktif penampilannya & kelihatan berkarakter karena masih mempunyai organ insang yang berada dilluar badannya tersebut, yang persis dengan sebuah cula, dan membuatnya sangat kelihatan layaknya seekor naga, makhluk mitologi yang terkenal itu.


Nahh untuk kalian yang sudah mengaku sebagai pecinta ikan predator, ikan yang ini nihh harus kalian miliki di akuarium rumah. Dragon fish juga dapat dipelihara satu akuarium atau di gabungkan dengan beberapa ikan pedator yang lain loh, tapi harus diingat ikan predator varietas yang lain harus memiliki size yang persis dengan ikan palmas kalian, agar enggak saling berantem dan akur.

Waktu masih kecil bagusnya kalian memberi pakan berupa cacing sutera atau bisa juga cacing darahh. Saat sudah menyentuh umur dewasa, ikan ini dapat kalian coba memberikan makanan berupa ikan dengan size kecil-kecil yang masih hidup atau yang sudah dijadikan pakan olahan.

Ikan predator ini sekarang sudah sangat umum diternakan di dalam negeri. Kalau dari segi harga ikan naga pun sangat beragam, dibedakan dari tipe & size badannya. Start dari puluhan ribu Rupiah sampai dengan ratusann ribu Rupiah.

Nah, untuk kalian nihh yang penasaran dan kepingin merawat ikan ini ada bagusnya pahami terlebih dahulu beberapa varietas ikan palmas yang sudah sangat beken di dalam negeri. Yuk saatnya kita bahas lebih dalam.

1. Ikan Palmas Endlicheri

Ikan Palmas Endlicheri


Ikan palmas endlicheri ini faktanya tergolong palmas yang paling gampang untuk kalian temui di market ikan hias. Harganya enggak mahal serta motif warnanya yang indah membikin ikan ini sangat atraktif. Untuk varietas ikan endlicheri platinum harganya dapat mencapai 10 kali lebih tinggi dari endlicheri yang biasa. Ukuran badan maximal ikan ini yang pernah ada dapat menyentuh panjang 70 cm sampai 100 cm.

2. Ikan Palmas Ansorgi

Ikan Palmas Ansorgi


Palmas ansorgi atau yang bernama latin Polypterus ansorgii ini sangat persis sekali dengan endlicheri cuma saja palmas jenis ansorgi enggak dapat berkembang punya fisik yang besar. Maximal size ansorgi cuma menyentuh angka 28 cm sampai 30 cm.


3. Palmas Lapradei

Palmas Lapradei


Palmas lapradei punya nama latin polypterus bichir ini tergolong tipe palmass yang sangat bisa berkembang dan berubah seperti seekor monster. Ukuran maximalnya bisa mencapai 75 cm sampai 100 cm, cukup mengerikan!


4. Palmas Congicus

Palmas Congicus


Ikan naga congicus tergolong dalam family lowerjaw palmas. Apa sih sebenarnya lower jaww itu? buat kalian yang belum mengerti nanti akan sedikit kita bahas di akhir yaa. Ngomongin varietas palmas congicuss, ternyata varietas yang satu ini bisa tumbuh sampai 120 cm.


5. Palmas Senegalus

Palmas Senegalus


Palmas senegaluss atau umum dipanggil dengan graybichir ini bisa kita bilang tergolong palmass yang gampang buat kalian dapatkan di market. Palmas senegalus ini dipasaran terdapat juga yang jenis albino. Skala maximal dari palmass senegalus antara 13 cm sampai 23 cm.

6. Ikan Palmas Orna

Ikan Palmas orna


Palmas orna atau nama lainnya Ornate Bichir termasuk varietas palmas yang dapat menjadi sangat besar dengan berukuran antara 70 cm sampai 100 cm. motif di badan palmas tipe yang ini sangat berbeda jauh dengan yang lain. Palmas orna memiliki karakter pada tubuhnya yang bewarna didominasi black dan titik-titik orange atau yellow.


7. Ikan Palmas Teugelsi

Ikan Palmas Teugelsi


Palmas teugelsi tergolong palmas yang memiliki karakter warna brown dengan sedikit tambahan yellow serta pattern salur berwarna hitam pada tubuhnya. Maximal panjang palmas teugelsi bisa mencapai 70 cm. 

Palmas teugelsii ini tergolong ikan palmas yang enggak bisa menjadi gemuk / potbelly layaknya palmas sengaluss dan yang lainnya. Ikan ini biarpun sudah sering sekali dikasih makanan akan selalu kelihatan langsing & bentuk yang memanjang.

8. Palmas Mokelembembe

Palmas Mokelembembe


Palmas mokelembembe ini sekarang ini masih sangat sukar didapat dalam market. Palmas mokelembembe ini persis dengan teugelsii akan tetapi punya ciri khas yaitu warna yang lebih dark serta sirip bagian atas terlihat lebih sedikit bila dicompare dengan teugelsi.

9. Polypterus Retropinnis

Polypterus Retropinnis


Palmas retropinnis ini tergolong varietas palmas yang terbilang susah buat ditemui pada market ikan. Palmas retropinnis bisa berkembang sampai 35 cm.


10. Polypterus Palmas

Polypterus Palmas


Polypterus palmas atau yang umum dipanggil dengan shortfin bichir atau para penghobi ada juga yang memanggilnya palmas b├╝ttikoferi. jenjang badan maksimalnya adalah 35 cm.

11. Polypterus polli

Polypterus polli

Palmas polli atau poll's bichir memiliki karakter yang berupa pattern pada badan yang dark dan maximal berkembangnya cuma bisa menyentuh angka 35 cm.

12. Polypterus Weeksii

Polypterus Weeksii


Palmas weeksii atau umum dipanggil dengan Mottled bichir tergolong varietas ikan palmass yang nyaris menyerupai palmas teugelsi, Cuma aja warna pada badannya lebih dark dan untuk sizenya cuma bisa mencapai 55 cm.

13. Polypterus Bichir-Bichir : Ikan Palmas Termahal

Polypterus Bichir Bichir


Polypterus bichir-bichir atau umumnya dipanggil nilee bichir tergolong varietas ikan palmas paling mahal yang ada dalam pasar dalam negeri. Harga palmas PBB ini dapat menyentuh harga tujuh juta lebih dan bisa sampai belasann juta Rupiah. Jenjang ikan nilee bichir bisa sampai 75 cm hingga 90 cm.

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Palmas

Cara Memelihara Ikan Palmas


Ikan Palmas ini sebenarnya tergolong jenis ikan hias yang lumayan mudah buat dirawat dan dipelihara dirumah. Mereka bisa hidup dalam kondisi air yang kotor dan malah bisa pula hidup tanpa air dalam tenggang waktu yang lumayan lama.

Nahh akan tetapi, supaya ikan ini dapat hidup dengan sehat dan juga terawat, tentu palmas tetap memerlukan perawatan serta pemeliharaan yang baik. Aquarium harus dilengkapi dengan saringan supaya sirkulasi air terjaga dengan baik dan harus teratur buat dikuras airnya.

Ikan ini disarankan ditempatkan pada aquarium dengan air yang bersuhu dikisaran 16 sampai 27 derajat celcius. Sedangkan untuk masalah tingkat keasaman airnya, sebaiknya kisaran pada pH air antara 6,5 sampai 7.


Ikan naga lebih banyak menghabiskan waktunya sehari-hari dengan membaringkan diri di dasar air. Selain itu, ikan Palmas ini mempunyai sirip bawah yang cukup kuat sehingga ia dapat berjalan dengan siripnya, atau bahkan malah bisa melompat keluar dari aquarium.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang enggak diinginkan seperti melompat keluar dari aquarium, kemudian menghilang atau bahkan mati kekeringan, sebaiknya kasih penutup yang sekiranya dapat menghalangi agar ikan ini enggak dapat keluar dari aquarium.

Untuk masalah masalah makanan, sudah kita bahas sedikit di atas bahwa ikan naga ini termasuk jenis ikan hias karnivora, predator kecil ini dapat diberikan pakan berupa cacing sutera atau jenis cacing kecil lainnya. Selain itu, ikan ini juga bisa diberikan makanan berupa pelet tenggelam.

Membedakan Jenis Kelamin Ikan Plamas Sampai Melakukan Pemijahan

Membedakan Jenis Kelamin Ikan Plamas


Palmas berkelamin jantan dengan betina dapat kalian bedakan dengan melihat kelebaran sirip bagian bawah dan belakang. Ikan yang jantan condong mempunyai sirip bawah bagian belakang yang lebih besar dibanding betina. Bahkan sizenya bisa 2 kali lebih besar.

Ikan Naga yang sudah berumur kurang lebih satu tahun, baik jantan atau yang betina sudah bisa kalian kembangbiakkan. Pemijahan dapat kalian lakukan dengan secara masal, contohnya : dua jantan dengan tiga betina dan bisa juga kalian mencobanya dengan 1 pasang saja.

Siapkan tempat berupa kolam dari semen, bak pelastik, aquarium, ataupun sejenisnya yang punya ukuran 100 centimeter x 50 centimeter x 40 centimeter, yang kalian lengkapi dengan airator supaya asupan oksigen bisa terganti dengan bagus. Tempat yang sudah kalian sediakan tersebut kemudian jangan lupa untuk mengisinya dengan air yang punya kedalaman kurang lebih 25 centimeter.

Jangan sampai terlewat untuk menaruh substratt di dasar aquarium. Hal tersebut harus kalian lakukan supaya setelah ikan Palmas berhasil melakukan perkawinan dengan pasangannya, telur akan langsung ditaruh pada substratt. Setelah telur kelihatan, kalian bisa mentransfer substrat ke tempat khusus untuk penetasan. Telur akan meretas kira-kira tiga sampai empat hari.

Sudah kita bahas 13 Jenis & cara merawat ikan hias palmas si ikan naga predator. Ohh iya ikan palmas terdapat dua varietas yang berbeda loh yaitu upper jaww & lower jaw. Upperjaw punya struktur rahang bagian atas yg lebih tegap sedangkan lowerjaw memiliki karakter berupa rahang bagian bawah yang lebih besar.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota