-->

Sponsor Mascota

14 Jenis Ikan Koi Termahal dan Paling Diburu Para Kolektor

Jenis ikan koi adalah ikan hias yang sangat terkenal di dunia maupun di dalam negeri. Koi banyak macamnya dan mempunyai karakter tersendiri, sehingga banyak disukai oleh para penghobi ikan hias air tawar. Bahkan, harga ikan koi dapat sangat mahal bila dijual.

Jenis ikan koi pertama kali berkembang di negara Jepang, dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, namun seiring perubahan zaman jenis ikan koi sekarang ini sudah banyak berkembang biak & mempunyai berlimpah dari segi variasi warna yang anggun & bentuk yang eksklusif.


Dalam perkembangannya, ikan ini juga mempunyai banyak jenis dan species hasil dari perkawinan silang dan pengembangbiakan antara tipe-tipe ikan koi yang ada. Warnanya yang sangat cantik membikin ikan koi semakin menjadi idola & buruan para penghobi ikan hias.

Jenis Ikan Koi Termahal


Varietas ikan koi sekarang ini telah berubah menjadi ikan hias air tawarr yang dihargai benar-benar mahal. Koi dijaman sekarang sudah tersedia banyak sekali versinya. Mengutip dari sejumlah info, berikut ini merupakan varietas ikan koi paling mahal & paling terkenal buat para penghobiest ikan hias.

1. Jenis Ikan Koi Black Dragon

jenis ikan koi black dragon


Koi blackdragon termasuk varietas ikan koi yang terbilang rare atau langka ditemui di dunia. Selain sulit dicari, kelebihan dari koi blackdragon ialah badannya yang perfect enggak ada kekurangan sedikitpun. 

Apalagi pattern warna yang terdapat ditubuhnya yang berkarakter membikin ikan koi satu ini jadi yang paling the best. Waktu diselengarakan acara di Japan yaitu Momotaroo farm membikin sebuah acara pelelangan, varietas ikan koi ini sudah diberi harga sampai hampir tiga milyar Rupiah.

2. Koi Sanke

jenis koi sanke


Kategori ikan koi terbaik & termahal yang kita bahas selanjutnya adalah koi sanke. Koi yang ini nihh punya karakter yang khas yaitu warna black yang lebih kental, dan warna red serta white sebagai dekorasi yang menambah kecantikannya. Pattern motif yang kelihatan abstrak menjadi value lebih dari jenis koi ini. Harga koi paling mahal ini berkisar 21 juta Rupiah per ekornya.


Varietas koi Taisho Sanke juga terkenal sebagai Taisho Sanshoku atau umum dipanggil Sanke saja. Sanshoku punya arti 3 warna. Panggilannya ini benar-benar pas dengan kemunculan 3 warna pada badan koi ini, yaitu : white, red, dan black.

Kalau kita mau bandingkan tipe ini sangat persis dengan koaku Kohaku. Dibilang mirip dengan Kohaku karena ia punya penampakan fisik bewarna putih (shirojii) dengan tambahan sedikit tanda dengan warna merah. Cuma ada terdapat satu pembeda yaitu mempunyai tanda berwarna black pada badannya. Taisho Sanke tergolong 'big three' di dunia ikan koi.

Untuk bagian kepala Sanke biasanya mempunyai 2 warna, yaitu white & red, dan enggak terdapat tanda Sumi. Perbedaan lain antara Sanke vs Kohaku adalah bahwa tanda yang berwarna red dimulai dari bagian ujung atas kepala. Sirip bagian dada berwarna putih di pangkalan dengan beberapa tanda Sumi.


3. Jenis Koi Kohaku

jenis koi kohaku


Varietas koi yang sangat mahal yang ada di dunia yang akan kita bahas ini adalah ikan koi kohaku. Koi kohaku berakar dari para penghobiest ikan koi yang berada di negara japan. Banyak orang yang sudah jatuh cinta dan kepingin memelihara ikan koi kohaku karena warnanya yang sangat cantik dan anggun.

Tetapi sekarang ini varietas koi kohaku rata-rata cuma memiliki warna red dan white, tetapi ada kohaku yang punya tiga warna, yaitu : red, black, dan white. Fakta yang sangat luar biasa koi kohaku pernah dijual sampai harga satu milyar Rupiah, dalam acara lelang yang diselengarakan di kota Nigata, Japan pada tahun 2010.

4. Ikan Koi Asogi

ikan koi asogi


Varietas ikan koi asogi tergolong jenis koi paling mahal karena corak yang berupa keperakan dan dipadukan dengan aksen warna hitam pada pangkal kepala hingga kebagian ke buntut. Akan tetapi untuk penggalan sirip & kepala ikan asogi lebih menonjolkan warna red, yellow, dan white. Kalau ngomongin harga koi asogi ini biasanya di jual mulai dari harga 4,9 juta Rupiah per ekornya.

5. Ikan Koi Dainichi Showa

ikan koi dainichi showa


Varietas ikan koi yang inii nih juga terbilang luar biasa mahal, bila diingat badannya mempunyai pattern yang paling berkarakter membikin penghobiest koi kepingin memeliharanya. 

Biarpun enggak terdapat di area lelang, ikan koi dainichii showaa ini termasuk sangat memungkinkan untuk membelinya dengan harga yang standart di market, yaitu berkisar di harga 99 juta Rupiah malah dapat lebih per ekornya.

6. Ikan Koi Ginrin Showa

ikan koi gin rin showa


Varietas koi yang inii juga tergolong punya harga yang fantastis. Mengutip dari sumber yang mengagetkan bahwa jenis koi satu inii tidak pernah absen dalam perlombaan supreme championship national yang ada di negara japan dan anehnya selalu menang dari tahun 76 sampai tahun 80. 

Sudah sangat dipastikan, dengan raihan prestasii yang luar biasaa disandangnya. Harga yang paling mahal dari ikan koi ini dalam kegiatan lelang dapat menyentuh angka 420 juta Rupiah bahkan lebih.


7. Ikan Koi Blue Showa

ikan koi blue showa


Tipe koi yang sangat mahal ini pernah menyentuh harga di 699 juta Rupiah dalam acara lelang di farm dainchii koi, Japan. Koi yang tergolong paling cepat untuk pertumbuhan fisiknya. Dapat mencapai 40 centimeter waktu kira-kira usia masih 1 tahun. Motif pada badannya juga sangat indah dan berkarakter.


8. Ikan Koi Bekko

ikan koi bekko


Koi yang ini punya karakter tersendiri, karena enggak terdapat motif dengan warna white di badannya, kalau adapun cuma ada sedikit. Ragam rona dari varietas koi paling mahal ini paling banyak, dari yang punya warna red black, black yellow, orange black, dan black silver. 

Jenis koi termahal yang ada di dunia ini dapat mempunyai size sampai delapan puluh centimeter saat menyentuh usia dewasa nanti. Kalau ngomongin harga ikan bekko di market sangat umum di jual dari harga 9 juta sampai 10 juta Rupiah.

9. Ikan Koi Tancho

ikan koi tancho


Tancho adalah varietas koi yang termasuk kedalam genus kohaku. Ikan ini luar biasa terkenal pada grup spesies tersebut. Ada versi cerita yang beredar atau legenda yang bikin koi tancho sangat di kagumi oleh penduduk asli japan. 

Karakter koi tancho dapat kalian dapati pada belahan kepala, yaitu memiliki sebuah tanda berupa titik dengan merah atau kali diperhatikan persis dengan gambar bendera japan yang enggak bakalan ada pada varietas koi lainnya.

10. Ikan Koi Maruten Kohaku

ikan koi maruten kohaku


Pada sekitar tahun 2010 yang lalu, ikan koi jenis ini sempat dijual dengan harga yang fenomenal mencapai milyaran di acara lelang ikan koi di Niigata, Japan. Nama maruten sendiri punya arti mahkota dalam arti bahasa Jepang. Nama ini diberikan karena ikan koi ini punya corak layaknya mahkota yang terdapat di penggalan kepalanya.


Motif tersebut bisa punya warna red atau black untuk semua jenis koi seperti kohaku, sanke, & showa. Ikan koi maruten dibilang berkualitas bagus jika punya shape membulat seperti telur. Jika mahkotanya punya warna red yang terang, ikan koi ini seperti mempunyai bendera Jepang di kulit badannya.

11. Koi Goromo

koi goromo


Koi goromo, dapat saya bilang termasuk Kohaku dengan tepi bewarna blue atau black dikombinasikan ke setiap skala dengan warna red. Terdapat tiga sub jenis goromo yang diketahui sampai sekarang ini, yaitu budo goromo, ai goromo & sumi goromo.

pinggiran bewarna blue diluar skala yang membikin efek clister layaknya buah anggur.  Ai goromo mempunyai pinggiran bewarna blue tetapi cuma di penggalan dalam sisik dengan warna red. Sementara sumi goromo punya tepian bewarna black dibagian sisik yang bisa membikin patternnya kelihatan hampir sepenuhnya bewarna black. 

Ikan ini dihargai dari 1 juta lebih hampir 2 juta Rupiah, sangat worth it dengan motif yang dimilikinya yang sangat terlihat anggun

12. Jenis Koi Ogon

jenis koi ogon



Punya warna gold dan sedikit campuran warna gold yang menjadi sangat di incar oleh para penghobiest ikan koi. Koi Ogon termasuk varietas dari hasil perkawinan silang antara Koi punggung kuning dengan spesies Shiro Fuji.

Percobaan pertama kali enggak langsung memberikan hasil warna gold pada seluruh badan ikan, akan tetapi setelah dilakukan enam kali generasi keturunan dari Koi yang dikawin silang itu, munculah si Ogon emas yang mempesona. Ikan ini lumayan menguras kantong untuk dibeli, namun masih di bawah  harga goromo, yaitu kisaran 1 setengah juta Rupiah.

13. Goshiki Koi

goshiki koi


Ikan hias ini kalau dilihat sekilas memang persis dengan koi sanke karena punya topi dengan warna red pada penggalan atas dengan dasar warna grey. Cuma saja jenis sanke memiliki warna white. 

Untuk bagian sirip bewarna white dengan penggalan punggung terdapat motif salur dengan ukuran pendek berwarna white. Terlihat sangat anggun dan mahal bukan? Ikan ini dibandrol dari harga 700 ribu Rupiah.

14. Koi Hariwake

koi hariware


Kita bisa bilang Doitsu Hariwake termasuk varietas Koi yang sangat glamor. Badannya warna white yang digabungkan dengan warna silver seperti layaknya sebuah perhiasan. Ada motif dengan warna light yellow di beberapa  bagian. Siripnya dihiasi dengan warna silver yang menambah ke anggunannya.


Salah satu organ matanya punya kelopak berwarna white dan kelopak yang satunya lagi bewarna yellow. Dari segi harga juga sudah kelihatan ikan satu ini lumayan eksklusif, yaitu kisaran 699 ribu Rupiah, persis dengan harga goshikii.

Nahh sudah selesai pembahasan kita mengenai jenis ikan koi paling mahal yang biasa di cari para penghobi ikan hias. Bagaimana, cantik banget bukan? Untuk kalian yang sangat tergoda untuk merawat beragam jenis ikan koi sebenarnya enggak begitu susah, namun harus diperhatikan kolam dan asupan pakannya.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota