-->

Sponsor Mascota

12 Jenis Ikan Molly Dengan Keunikan Warna yang Sangat Eksotis

Ikan molly atau penyebutan dalam bahas latin Poecilia Sp adalah termasuk jenis ikan hias air tawar punya badan mungil dan cantik. Karakteristik lainnya yaitu punya rona-rona yang sangat mempesona.

Skala badan ikan ini cuma bisa menyentuh angka maximal 12 centimeter waktu ia sudah dewasa. Dimana size badan ikan molly betina akan lebih gede dibanding dengan size badan si jantan. Dengan size nya yang mungil ini maka kalian enggak perlu punya atau membeli aquarium dengan size gede untuk pelihara ikan ini.

rona dari ikan ini  terlihat sangat atraktif dan dimarket sendiri sekarang tersedia berbagai macam rona yang atraktif tergantung dari varietasnya. Ada yang punya corak polkadot, ada yang bermotif, ada cuma punya rona full black, dan lain sebagainya sehingga ikan ini sangat enak dipandang.

Dan juga, ikan ini enggak galak jadi buat kalian yang masih newbie bisa menggabungkannya dengan varietas ikan lain dalam satu aquarium. Untuk ngomongin masalah perawatan, ikan ini juga bisa dibilang lumayan gampang dengan metode pembudidayaan yang kilat. Maka enggak perlu heran dengan banyaknya para penghobiest ikan hias memutuskan buat pelihara molly dalam aquariumnya.

Ikan ini termasuk pemakan segala atau kerennya omnivoraa yang berarti si moly sangat senang dengan semua bentuk pakan misalnya cacingg sutra, cacing beku, pelett atau pakan olahan, dan lainnya.

Akan tetapi kalian awal-awal akan kesulitan untuk tau perbedaan varietas ikan molly. Motif yang menghiasi badan moly pun juga sangat bervariasi, sehingga sangat susah untuk dibedakan bagi kalian yang masih baru. Oleh makanya itu, pastinya kalian harus paham jenis mana yang akan kalian beli nanti nya!

1. Jenis Ikan Black Molly

Jenis Ikan Black Molly


Varietas ikan molly yang pertama ini memiliki rona pada sisik yang full black di sekujur badannya, dari buntut sampai sirip. Jika kalian peliharanya dalam sebuah aquarium, harus diperhatikan size yang tepat supaya cocok dengan karakteristik dengan si molly hitam.

Warna dengan hitam yang kental, membikinya kelihatan begitu eksentrik waktu disinari oleh cahaya lampu aquarium. 

2. Jenis Dalmatian Molly

Jenis Dalmatian Molly


Mempunyai motif yang sama pada tubuhnya seperti anjing dalmatian, ikan ini menjadi jajaran top ikan molly terfavorit. Varietas molly yang satu ini sedikit terlihat beda dan sangat special, loh.

Ia dapat berkembang sedikit lebih bongsor dari molly hitam yang umum, yang kebanyakan tidak sampai 12,7 centimeter. Semakin banyak motif black & white nya, maka ia semakin anggun buat dipandang.

3. Black Sailfin Molly

Black Sailfin Molly


Ikan sailfin molly mempunyai organ sirip yang kelihatan sangat elok & menjuntai panjang. Bila kalian melihatnya sebentar ia kelihatan agak mirip dengan ikan cupang hias.

Varietas ikan balon yang ini nihh juga sangat gampang sekali buat dibudidaya & masalah perawatannya. Amat disarankan buat para newbie yang ingin mulai peliharanya sebagai ikan hias atau menjadi bisnis.

4. Wild Green Sailfin Molly

Wild Green Sailfin Molly


Varietas ikan ini termasuk ke golongan sailfin molly yang berarti, molly dengan organ sirip yang panjangg. Species ini lumayan atraktif karena jarang dan punya harga cukup tinggi.

Cocok dengan namanya, ikan ini mempunyai rona grey dengan tambahan green serta rona orange.

5. Jenis Ikan Yucatan Molly

Jenis Ikan Yucatan Molly


Yucatan molly juga tergolong kedalam sailfin molly. Yucatan molly memiliki rona yang sering ditemui yaitu red dan ada tambahan white pada belahan perut.

Ikan ini terbukti benar-benar cantik karena mempunyai sirip yang kekar. Ukuran badannya juga enggak terlalu besar, ia hanya dapat tumbuh hingga 12 centimeter.

6. Poecilia Latipinna Molly

Poecilia Latipinna Molly


Varietas ikan sailfin molly ini memiliki kelebihan pada bentuk patternya yang bintik-bintik dengan sirip pada bagian punggung yang sedikit melebar. Tempat awal ditemukannya poecilia latipinna berada di perairan San Antonio America.

Walaupun memiliki size maximal cuma sebesar 12 centimeter, sang betina bisa tumbuh jauh lebih gede dibanding si jantan.

7. Silver Sailfin Molly

Silver Sailfin Molly


Molly sailfin Putih atau silver mempunyai sisik keperakan dan sirip panjang yang cantik. Umumnya, sang betina tumbuh lebih besar dari pada si jantan dan mempunyai bobot yang lebih berat.

Si jantan memiliki bagian lain yang mempunyai rona maupun cuma sedikit dengan menunjukan ikon orange di daerah punggung dan badan mereka serta tanda pirus pada bagian sirip di penggalan ekor.


8. Golden Black Molly

Golden Black Molly


Golden black molly mempunyai karakter tubuh yang khas. Dengan warna emasnya yang membungkus tubuhnya dari bagian kepala sampai ke bagian perut lalu bagian lain bewarna hitam.

kombinasi ini malah membikin para penghobi diluar sana mencari varietas ikan molly ini.

9. Balloon Molly

Balloon Molly


Dengan bentuk badannya mirip dengan balon, tentu kalian pernah melihat ikan molly varietas ini di berbagai tempat. Ya, varietas ini memang lumayan beken di lingkungan masyarakat.

Molly Balon mempunyai perut yang terlihat gede serta buncit mirip dengan sebuah balon. Saat ikan ini memiliki anak maka untuk bagian perut akan terlihat makin gede lagi atau seakan-akan mau pecah. 

Ikan ini bisa dibudidaya dengan sangat gampang, umumnya ia akan mengandung kurang lebih enam sampai dengan delapan mingguu yang akan menciptakan banyak sekali juvenil ikan molly.

Rona yang beraneka macam dari molly balon biasanya punya rona belang, red, yellow, orange, dan rona lainnya.

10. Lyretail Molly

Lyretail Molly


berlainan dengan sailfin, lyretail molly memiliki keistimewaan pada bagian buntut & warnanya yang bermacam-macam. Buntutnya seperti ada pita pada bagian pangkal atas & bawah.

Dan, umumnya punya rona loreng-loreng dipadukan dengan rona yang sangat anggun.

11. Platinum Lyretail Molly

Platinum Lyretail Molly


Varietas hibrida dari lyretail molly ini mempunyai badan platinum atau gold dan sirip pada bagian belakang punya size tinggi yang akan melambai dengan elok jika tersedia space yang lumayan luas pada aquarium ia tinggal.

Jadi, ikan molly varietas platinum lyretail ini sangat pas buat dipelihara dalam sebuah akuarium yang agak besar di rumah kalian.

12. Jenis Ikan Marbel Molly

Jenis Ikan Marbel Molly


Ikan molly tipe marbel ini adalah berasal dari kawin silang yang kemudian membuahkan varietas baru yang diberi nama molly marbel. Dipenuhi rona white dan ditambah dengan corak bintik-bintik black di sekujur badannya, molly marbel terlihat sangat cantik & menawan.

Nah, itulah jenis-jenis ikan molly terunik & terlucu yang dapat menjadi sumber informasi kalian. Ikan molly apapun masih bisa dikawin-silangkan, sehingga muncul varietas molly yang baru, loh! Mana yang jadi kalian pilih untuk dipelihara?
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota