-->

Sponsor Mascota

12 Jenis Ikan Ekor Pedang dan Cara Perawatannya Cocok Untuk Pemula

Ikan Ekor Pedang atau dalam bahasa inggrisnya Sword tail Fish termasuk jenis ikan hias air tawar yang sangat beken buat para penghobiest ikan hias. Selain punya penampakan yang unique dan punya berbagai macam varietas.

ikan ekor pedang ini merupakan ikan yang kuat dan energik yang jarang sekali terkena virus atau bakteri yang membikin sakit, ini juga sangat gampang buat kalian yang ingin coba kembangbiakan.

Yang membuat menjadi magnet dan karakteristik ikan ini adalah bila kita lihat si jantan punya sirip bagian belakang yang menjutai panjang percis dengan sebilah pedang. Dan buat si betina punya penampakan yang membulat dibanding si jantan.

Ikan Ekor Pedang berawal dari batang air sekitaran south mexico bahkan ada yang pernah mendapatinya di bantang air Guatemala, America tengahh. 

Ikan yang punya panggilan dalam bahasa latin Xiphophorus Helleri ini hadir ke dalam familly Poecillidae. Genuss Ikan Ekor Pedang yang gampang sekali di temui adalah RedWag, RedVelvet, Neon Sword tail, & lainnya.

Saatnya kita bahas lebih dalam beberapa jenis ikan pedang atau nama kerennya sword tail fish yang beken buat para penghobiest ikan hias :

1. Platy Pedang

platy pedang


Ikan Platy Pedang sebenarnya ikan pedang tetapi yang berasal dari family Platy. Sekarang ini sudah biasa orang-orang peliharanya dalam sebuah aquarium atau ada juga yang pelihara untuk menghiasi akuascape. 

Karena penampakan serta rona yang cantik membikin suasana aquarium menjadi meriah. Ikan Platy Pedang mempunyai karakter yang kontras pada penggalan buntutnya yang punya shape melancip dan jenjang percis sebilah pedang.


2. Green Swordtail

jenis ikan green swordtail


Persis dengan panggilannya, Green Sword tail atau nama dalam bahasa Indonesia ikan pedang punya rona hijau yang menonjol. Dan untuk model sirip serta buntut atas umumnya mempunyai rona transparant yang terlihat didominasi oleh rona hijau. Pastinya, buntut ikan ini punya penampakan seperti sebilah pedang pada penggalan buntut bagian bawah.

Buntut tersebut mempunyai rona hijau  yang terlihat berkilau serta membikin ia terlihat anggun jika di rawat pada sebuah aquascape tema bebatuan yang alami.

3. Yellow Swordtail

yellow swordtail


Yellow Sword tail tergolong varietas ikan pedang dengan rona badan dihiasi dengan rona yellow yang menyilaukan mata & umumnya juga terdiri dari rona black pada pangkal badan sebelum bagian buntut. Ikan Sword tail yang ini nih paling gampang didapat di market.


4. Albino Swordtail

albino swordtail


Albino Swordtail merupakan ikan ekor pedang albino dengan rona full white di sekujur badan dan buat organ mata di hiasi dengan rona merah. Ikan Sword tail varietas albino ini mempunyai harga yang sangat tinggi karena faktanya lumayan langka dan sulit ditemukan.

5. Albino Blood Red Swordtail

albino blood red swordtail


Albino Blood Red Sword tail termasuk ikan pedang yang persis dengan varietas albino akan tetapi punya rona red blood di keseluruhan badannya, dan juga buat organ sirip & buntut. Ikan Sword tail ini juga lumayan susah didapat di market karena untuk pemijahannya lumayan susah.

6. Panda atau Oreo Swordtail

panda atau oreo swordtail


Panda Sword tail atau Oreo Sword tail merupakan ikan pedang yang punya motif rona putih & hitam mirip dengan binatang panda. Ikan ini dibadannya dihiasi oleh kombinasi rona black & white yang terlihat elok serta anggun. Jadi, banyak sekali yang mencari ingin memeliharanya.

7. Sanke Swordtail

sanke swordtail


Sanke Sword tail varietas ikan pedang yang disekujur badannya dihiasi oleh rona campuran white, red, orange, dan black. Pattern rona tersebut lumayan persis layaknya pattern warna seekor ikan koi.

8. Pineapple Swordtail

pineapple swordtail


sword tail termasuk varietas ikan pedang yang punya rona dasar yang serupa dengan buahh nanass. Makanya jadi banyak yang memanggil ikan hias ini dengan sebutan Pineapplee Sword tail.


Ikan hias yang termasuk lumayan enerjik akan tetapi enggak sampai merusak dekorasi aquarium karena size nya yang mungil. Makanya sangat pas sekali buat pelihara ikan ini dalam sebuah akuascape.

9. Ikan Ekor Pedang Kohaku Koi

ikan ekor pedang kohaku koi

Kohaku Koi termasuk ikan ekor pedang air tawar yang tergolong dalam kerabat koi yang punya penampakan buntut layaknya sebilah pendang di penggalan buntut bawah serta atas.

10. Ikan Ekor Pedang Kohaku Wagtail

Ikan Ekor Pedang Kohaku Wagtail


Kohaku Wig tail tergolong varietas ikan pedang yang lumayan percis dengan varietas kohaku koi. Satu-satunya pembeda yang kelihatan terdapat pada cuilan sirip & buntut yang punya rona dasar full black terlihat sangat cantik.

11. Ikan Hamburg atau Berlin Ekor Pedang

Ikan Hamburg atau Berlin Ekor Pedang


Ikan Hamburg atau Berlin merupakan golongan ikan pedang yang lumayan susah buat didapatkan di market dalam negeri. Ikan ini memiliki pattern warna yang sangat sedap dipandang mata apalagi jika tersorot cahaya lampu aquarium.

12. Ikan Ekor Pedang King Lyretail

Ikan Ekor Pedang King Lyretail


King Lyre tail bisa dibilang termasuk ikan pedang paling mahal dibanding ikan pedang yang sudah kita bahas di artikel ini. Alasannya ikan pedang varietas ini sangat susah buat dibudidaya. 

Di America harga dari ikan pedang varietas ini bila di rupiahkan dari harga 140.000 sampai 560.000 Rupiah per ekor, harga yang cukup menguras kantong pastinya.

Histori dari Ikan Ekor Pedang atau Swordtail

Histori dari Ikan Ekor Pedang


Ikan ini termasuk dalam familly Poeciliidae. Untuk penyebutan dalam bahasa ilmiahnya Xiphophorus helleri, yang dikutip dalam Bahasa Yunani. Sebutan xiphos bila di translate yang berarti pedang, & phoros memiliki buat diangkat.

Dan juga, helleri didapatkan dari nama seorang filsuf alam berasal dari Germany yang bernama Karl Bartholomä us Heller. Dia diakui sebagai ilmuan pertama yang menemukan ikan ini di perairan Mexico.

Lalu ia juga yang akhirnya membawa ke Eropa. Akhirnya sekitar tahun 1848, Dokter yang bernama J. Heker meneliti ikan ini buat yang pertama kali.

Ciri khas dari ikan ini adalah punya karakteristik yang berbeda-beda, apalagi si pedang jantan. Ia dapat menjadi galak dan saling serang satu dengan yang lain. Akan tetapi faktanya juga ia bisa menjadi hewan yang damai dan celingus.

Tips Memelihara Ikan Ekor Pedang dalam Aquarium

Tips Memelihara Ikan Ekor Pedang


Biasanya, dalam merawat ikan pedang enggaklah susah. Yang perlu diperhatiin adalah aquarium kalian harus punya size kurang lebih 10 gallon atau berkisar 40 liter. Bila kalian punya yang lebih gede size aquariumnya, maka semakin bagus. Suhu air yang disarankan berkisar 22 sampai 26 drajat celsius. Lalu untuk kandungan keasaman air di 6,8 sampai 7,8.

Kalian juga harus punya 1 pedang jantan dengan 2 sampai 3 pedang betina. Jika kalian cuma membeli sepasang, maka si jantan terus menerus akan menggangu si betina. Lalu betina akan selalu merasa enggak nyaman, stress, Parah nya lagi si betina bisa mati.

Perlu kalian ingat untuk jangan menaruh lebih dari 1 jantan dalam satu aquarium. Umumnya ia enggak dapat tinggal dengan akur. Mereka akan saling memburu, berkelahi. Dan akhirnya ia bisa luka dan menjadi stress.

Rutin mengganti air merupakan pekerjaan kalian. Paling enggak, harus mengganti 20 persen setiap 7 hari sekali. Kalau bisa, kalian dapat membeli filter air untuk membantu membersihkan air.

Ikan sword tail normalnya termasuk perenang yang gesit dan bisa loncat lumayan tinggi. Makanya, kalian harus membuat aquarium yang ada tutupnya. Si pedang bisa saja loncat keluar aquarium, dan bila kalian enggak lihat maka ia bisa mati di darat.

Ornamen aquarium kalian perlu juga mengaturnya sesuai selera. Namun kita merekomen untuk memberikan tumbuhan hidup yang lumayan banyak. Dengan demikian, Si betina bisa dengan gampang bersembunyi saat merasa enggak nyaman karena diganggu oleh si jantan yang agresif.

Ia juga menjadi lebih merasa nyaman buat pemijahan atau bertelur. Selain itu, anakan ikan nantinya bakalan lebih aman, karena mereka dapat dengan gampang ngumpet dibalik tumbuhan yang rimbun.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota