-->

Sponsor Mascota

Anjing Golden Retriever Sangat Cocok Sebagai Peliharaan Keluarga

Anjing golden retriever tergolong ras atau jenis anjing yang sangat populer dan sudah biasa dipelihara oleh masyarakat. Enggak cuma sebagai binatang peliharaan saja, Jenis anjing yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai pelindung rumah.

anjing golden retriever


Hal tersebut bisa terjadi karena rasa setia yang begitu dalam yang dipunyai anjing golden kepada ownernya sehingga membikinnya banyak dijadikan anjing pelindung rumah. Dan juga, anjing golden retriever memiliki penampakan yang gagah sehingga semakin pas untuk melindungi rumah majikannya. kecerdasannya yang dipunyai oleh anjing tersebut juga melampaui anjing jenis yang lain.

Faktanya anjing adalah salah satu binatang yang paling umum dipelihara oleh khalayak. Orang senang memelihara hewan yang satu ini karena smart dan kelakuannya yang menggemaskan. Selain itu, ada banyak opsi bagi orang-orang untuk merawat anjing karena jenis atau ras yang banyak.

Sejarah Golden Retriever

sejarah golden retriever


Orang yang mencetuskan paling pertama mengusung anjing golden retriever adalah seseorang yang bernama Sir Dudley Coutts Marjobank MP atau umum dipanggil dengan nama lain yaitu Lord Tweedmouth, punya  pekerjaan sebagai pemburu.

Skotlandia merupakan area yang paling disenangi untuk ia melakukan pekerjaannya. Guna menunjang hobi dalam berburu tersebut, kemudian dia membuat semacam area yang dipakai sebagai daerah untuk dia pakai istirahat yang diberi panggilan Guischan Estate.

Sebagai orang yang punya frofesi hunter, pastinya tuan Tweedmouth ini sangat mengimpikan mempunyai seekor anjing yang sangat cakap menemani dia setiap waktu dalam melakukan hobinya yang sering masuk ke dalam hutan. Enggak cuma itu aja, ia juga amat memimpikan mempunyai seekor anjing dengan skill yang sangat cekatan disaat waktu berburu sampai dapat mendukungnya untuk membawa jeri payah hasil tangkapan misalnya burung dari perburuannya.

Untuk dapat mempunyai seekor anjing yang ada dibenaknya itu, finally Lord Tweedmouth melaksanakan sedikit penelitian dengan mengawinkan varietas waterspaniel dog dan yellowretriever. Nah, setelah berhasil mengawinkan dua ras anjing berbeda itu, maka muncul tiga anjing yang masih anakan dan punya rambut dengan warna gold kekuningan yang cantik.

Hadirnya jenis golden retriever ini berakar dari ketiga puppy tersebut mempunyai rambut badannya dengan warna kuning keemasan serta memiliki kapabilitas saat membatu berburu tuannya yang sangat bisa dihandalkan. Hingga proses kawin silang kedua anjing tersebut dilakukan terus menerus dari sekitar tahun 1889 sampai dengan tahun 1890.

Maka pada sekitar di tahun 1904 Lord Tweedmouth akhirnya menemui ajalnya. Tetapi metode hasil budidaya anjing golden akan terus dilakukan sampai bertahun-tahun. Hingga terkahir mencapai diseminasi ke negara lain. Negara awal yang di tuju adalah Amerika, Kanada dan sampai meluas ke seluruh dunia.

Karakter Golden Retriever

karakter golden retriever


Perlu adanya knowledge yang lumayan mengenai ciri yang menjadi khas anjing golden agar lebih memahami ras anjing yang satu ini dengan baik. Nah, saatnya mascota akan menjelaskan karakter yang dimiliki oleh golden retriever:

  • Benar-benar senang berteman, loyal dan sangat cinta ownernya
  • Memiliki kepribadian yang supel serta kerap menggembirakan dan berusaha menyenangkan hati tuannya 
  • Aktif, sangat energik, dan enggak senang menyerang jenis anjing lain 
  • Tingkat kecerdasaan yang dipunyai anjing golden lumayan tinggi jadi gampang buat kalian melatihnya 
  • Sangat senang bermain bersama anak kecil sehingga aman untuk anak-anak
  • Selalu dapat berteman dan senang bersama dengan hewan peliharaan yang lain

Jenis Anjing Golden Retriever

jenis anjing golden retriever


Secara garis besar terdapat dua jenis anjing golden retriever yang kita kenal sekarang di Indonesia dan luar negeri. Kedua tipe tersebut pastinya mempunyai karakter yang berlainan satu dengan yang lain. Agar kalian lebih pasti mascota akan membahas dua jenis golden retriever yangumum di pelihara sekarang ini.

Golden Retriever Tipe Inggris


Varietas anjing golden yang pertama kita bahas yaitu tipe Inggris yang punya berbagai alterasi yakni punya darah keturunan Amerika, australis dan Eropa. Karakter paling utama dari anjing golden bertipe Inggris ini adalah memliki bentuk tulang dengan size besar-besar, bagian kepalanya kelihatan menyiku serta bentuk mulutnya yang kelihatan lebih berbobot.

Dan biasanya, anjing dengan jenis kelamin jantan dari varietas Inggris ini punya ukuran panjang badan mencapai 56 centimeter sampai dengan 61 centimeter. Sedangkan untuk jenis kelamin betina panjang badannya cuma mencapai 51 centimeter sampai dengan 56 centimeter.

Golden Retriever Tipe Amerika


Varietas golden retriever yang selanjutnya kita bahas yaitu tipe Amerika, yang dimana tipe satu ini memiliki badan yang lebih condong kelihatan gempal dan pendek bila kita compare dengan varietas Inggris. Untuk yang jenis kelamin jantan bertipe Amerika ini mempunyai ukuran bahu dengan tinggi 56 centimeter sampai 61 centimeter dan buat si betina 55 centimeter sampai 57 centimeter.

Golden Amerika ini mempunyai style berjalan yang bebas, perlahan, energi serta sinkronisasinya yang bagus. Karakter yang lain dari tipe golden America ini yang paling kelihatan adalah dengan mempunyai komposisi mata yang kelihatan layaknya formasi segitiga dan condong terbagi.


Cara Merawat Anjing Golden

cara merawat golden


erikut ini mascota akan membagikan cara merawat kebugaran anjing golden kesayangan supaya tetap terjaga, antara lain:

1. Perhatikan Kondisi Fisik Golden Kesayangan


Kalian harus mengecek keadaan kesegaran fisik si golden setiap saat. Karena, ras anjing yang satu ini lumayan gampang diserang bakteri atau virus. Dari masalah bakteri yang menyerang kulit, sampai penyakit serius yang bisa menyebabkan kematian.

Apabila kalian menjadi owner melihat sesuatu ada yang aneh pada fisik golden kesayangan, maka bagusnya langsung dibawa saja anjing kalian ke klinik hewan terdekat.

2. Golden Harus Minum Cukup


Mirip dengan kita, seekor anjing juga membutuhkan air yang memadai. Akan tetapi, anjing ini enggak terlalu membutuhkan air sebesar kita manusia, akan tetapi kalian harus menyediakannyaa setiap waktu.

Kalian bisa menyediakan air bersih pada saat setelah pemberian pakan dan juga setelah ia diajak beraktivitas. Dan pastinya membarui air minum anjing ini setiap waktu, karena air yang sudah didiamkan dengan waktu yang lumayan lama akan terkontaminasi dengan kuman atau bakteri.

3. Pola Makan yang Tepat Anjing Golden


Sekarang bisa dibilang sangat gampang untuk kalian membeli pakan anjing yang mempunyai kwalitas benar-benar baik. Akan tetapi, untuk masalah waktu pemberian pakan juga sangat penting diperhatikan dengan kebutuhan nutrisi tubuh anjing.

Kalian dapat kasih pakan dengan terjadwal serta dengan takaran yang tepat. Hal ini amat penting untuk menjauhi anjing kesayangan menjadi obsesitas.

4. Vaksinasi Anjing Golden


Bisa saya bilang dengan teratur memberikan vaksin sangat bagus buat kesehatan golden kesayangan kalian. Karena, vaksin ini bisa dibilang sangat memberikan peran yang sangat bermanfaat kepada imun badam dan juga kekuatan fisik si anjing.

Untuk metode vaksin ini dilakukan sejumlah bagian yang keseluruhannya dikerjakan oleh yang ahli yaitu dokter spesialis hewan.

5. Grooming Si Golden


Grooming sangat dibutuhkan oleh jenis anjing apapun apalagi jenis golden ini yang terkenal dengan ebat dan panjangnya bulu mereka. Grooming ini mempunyai banyak guna seperti mencegah hadirnya penyakit  yang bisa menyerang kulit, dan merawat bulu juga membuat si anjing menjadi nyaman setiap harinya.

Kalian dapat melakukan grooming sendiri dirumah atau pun memanggil jasa grooming anjing. Dan disarankan grooming dilakukan secara teratur, misalnya 3 sampai 6 minggu sekali atau sebulan sekali agar hasilnya dapat maksimal.

Fakta Golden Retriever

fakta golden


  • Anjing Golden merupakan anjing paling beken urutan ke 3 di Amerika bila dibadingkan dengan German Shepherd dan Labrador Retriever.
  • Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1800 an di Scotlandia oleh Dudley Coutts Marjobank.
  • Golden tergolong dalam ukuran medium atau sedang.
  • Anjing Golden berasal dari perkawinan silang jenis English Water Spaniel dengan Yellow Retriever.
  • Anjing Golden memiliki gigitan yang Soft Mouths dengan tujuan untuk bisa membawa hewan hasil buruan, hasil buruan yang dibawa memakai mulutnya enggak boleh tergigit atau cedera akibat gigi anjing Golden.
  • Anjing Golden punya kemampuan berenang yang baik, kibasan ekornya dimanfaatkan sebagai dayung untuk membikinnya bergerak di air.
  • Anjing ini tergolong dalam anjing yang mempunyai intelegensia yang tinggi, layaknya jenis Collie, Poodle dan German Shepherd.
  • Golden akan mengalami pergantian rambut sebanyak dua kali dalam satu tahun.
  • Anjing Golden biasanya sangat simpatik terhadap orang lain, termasuk pada perampok. Sebaiknya jangan dijadikan sebagai anjing penjaga rumah.
  • Anjing Golden sangat pas dijadikan anjing keluarga.
  • Golden membutuhkan area yang luas untuk beraktivitas. Jika kalian enggak mempunyai halaman yang lapang, kalian harus rajin membawanya keluar rumah atau jalan-jalan supaya ia dapat beraktivitas.
  • Umur anjing golden kisaran 10 sampai 15 tahun
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota