-->

Sponsor Mascota

4 Jenis Kucing Persia Paling Populer dan Tips Merawatnya Untuk Pemula

Kucing Persia adalah termasuk varietas kucing paling beken di Indonesia dan dunia. Karakternya yang unik membuatnya menjadi hewan peliharaan yang sangat dicari. Mereka pun diklaim ternasuk ras kucing sangat memukau hati dan sangat lucu. Bagi kalian nih yang mungkin belum paham tentang segala fakta kucing Persia, Mascota akan mengulas tentang karakter uniknya.

Jenis Kucing Persia

jenis kucing persia


Ada 4 varietas kucing Persia yang sangat terkenal dan sudah umum dimiliki para kucing lovers. yuk! kita bahas detailnya:

1. Kucing Persia Himalaya

kucing persia himalaya


Karakter Persia Himalaya adalah mempunyai rambut di sekujur badan yang sangat  bagus tebal dan terurai jenjang dan untuk penampakan hidung yang enggak pesek banget atau flat layaknya spesies yang lain grup ini. 

Persia Himalaya juga diberi panggilan kucing color point pattern karena mempunyai warna pada bulu bewarna black atau coklat dengan sedikit kehitaman di bagian tertentu, misalnya: muka, buntut, kuping, hidung, dan penghujung kaki. 

Tatkala pada bagian badan yang lain punya warna white atau light brown. karakter unik lain yang terdapat pada kucing persia himalaya adalah berat badannya yang dapat menyentuh angka empat sampai enam kilogram. Berat badannya ini dirasa lumayan berat untuk size kucing.

Persia Himalaya bisa berumur sampai lima belas tahun dengan pemeliharaan yang apik dan benar. Kucing yang satu ini termasuk yang sangat manja, enggak agresif, & kalem. Mereka hobi sekali tidur, senang dengan anak kecil, dan nyaman di dekat manusia. Bila ingin memeliharanya, kalian harus merogoh kantong sampai 9 juta Rupiah buat jenis Himalaya yang sudah besar atau berumur paling enggak setengah tahun.

2. Kucing Persia Flat Nose

kucing persia flat nose


Persis dengan panggilannya, si meong yang ini nih mempunyai model hidung yang dempak dan mungil. Faktanya, untuk bagian hidungnya kelihatan sebaris sama organ matanya. Flat nose mempunyai shape kepala berbentuk persegi, sangat beda bila di compare dengan tipe lain yang punya muka berbentuk lebih membulat. 

Penampakan kerangka kepala yang seperti ini membikin pipinya kelihatan sangat tembem atau besar. Dan pula, kucing ini mempunyai rambut pada badannya sangat panjang, tubuh yang gempal, dan mata sangat mungil. Telinganya juga melancip tajam dengan memiliki jarak sedikit yang memberikan jarak lebih jauh dari kiri dan kanan.

Persia flatnose lebih beken di Amerika ini lumayan energik & senang bermain, belainan dengan Persia Himalaya yang amat kalem. Flatnose juga senang sekali berlarian, meloncat-loncat, dan main bersama barang yang ditemui di sekelilingnya. 

Sangat di sarankan bila kalian punya area yang lapang dan menjauhkan barang-barang di ruangan rumah dari gapaian kucing ini. Kalian juga harus berhati-hati saat mengatur jatah pakannya. Karena, kucing flatnose terhitung besar perut, jadi gampang banget buat terserang kegemukan.

Kucing Persia Flatnose termasuk kucing yang memiliki daya jual yang mahal. Yang masih berumur tiga bulan aja dibandrol dengan harga mencapai 5 juta Rupiah, apabila sudah dewasa bisa menyentuh harga 11 juta Rupiah.

3. Kucing Persia Peak Nose

kucing persia peak nose


Bila dicompare dengan persia tipe yang lain, Peaknose mempunyai hidung yang sangat dempak. Enggak itu aja, dari perspektif harga jualnya pun sangat dasyat bila di compare dengan persia yang lain, yaitu menyentuh harga 12 juta Rupiah! Sejenak, Peaknose nyatanya memang terlihat persis dengan si flatnose. 

Yang menjadi pembeda cuma bagian hidungnya aja yang lebih dempak, demes, & mungil. Meskipun mempunyai hidung sangat dempak dibanding yang lain, Peaknose enggak kalah menarik hati. Bahkan rupa hidung yang seperti itu membikin kucing persia ini kelihatan eksklusif.

Bila di lihat dari masalah harga pun lumrah aja bila persia yang ini mempunyai nilai fenomenal. Karena, makin terlihat mungil hidung kucing Persia, maka semakin mahal pula harga jualnya. Peaknose terdapat dua jenis lagi, yaitu Persia Peaknose yang biasa & extreme. Yang extreme pastinya mempunyai hidung yang sangat pesek bila kalian bandingkan dengan Peak nose tipe biasa.

4. Kucing Persia Medium

persian cat medium


Andaikan Persia Himalaya mempunyai hidung lancip atau mancung & untuk Flat nose punya hidung dempak, kucing yang ini punya penampakan hidung yang berada tepat di tengah. Yang berarti, hidungnya enggak kelihatan pesek banget atau malah mancung. Bulu-bulu di badannya pun sangat baplang & terurai bila di compare dengan persia jenis yang lain, malah membuat jadi memiliki karakter unik buat Persia Medium ini.

Persia tipe ini terdapat 2 jenis lagi, yaitu short hair yang berarti punya rambut di badan tetapi pendek-pendek dan long hair jelas seperti namanya yaitu memiliki rambut di badan yang terurai panjang panjang. Dari masalah pemeliharaan, Medium long hair tentu pastinya lebih susah dan membutuhkan atensi ekstra. 

Dan faktanya, harga persia medium ini dapat menyentuh harga 2 juta Rupiah untuk yang masih berumur dibawah 6 bulan, lain halnya yang sudah besar dapat dihargai sampai 8 juta Rupiah. Kalau ngomongin dari masalah harga, kucing Persia medium enggak terlalu mahal bila kalian compare dengan jenis yang lain yang sudah kita bahas di atas.

Cara Merawat Kucing Persia

cara merawat persian cat


Dalam memelihara kucing persia diharuskan kalian lebih telaten dan memberikan perlakuan istimewa. Hal ini harus di perhatikan apalagi dalam menjaga kesehatan peliharaan kalian sekalian merawat bulu cantiknya yang sangat lebat dan terurai panjang. Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat kucing jenis persia suapaya tetap sehat? Yuk perhatikan tips berikut ini!

1. Sisir Rambut Kucing Persia Setiap Hari


Menyisir rambut yang ada di tubuh kucing jenis persia secara berkala merupakan langkah awal perawatan yang perlu kalian lakukan. Hal ini dikerjakan supaya bulu kucing enggak menjadi kusut serta selalu apik dan mengkilap. 

Kalian bisa memakai sisir logam untuk menyisir bulunya lalu lap memakai tisu basah yang umum dipakai bayi. Memakai tisu basah dapat membuat aroma harum pada rambut kucing kesayangan. Dan pastinya, komposisi pada tisu basah untuk bayi lebih terjamin & enggak mengandung material yang bisa memicu reaksi negatif pada kulit.

2. Membersihkan Mata Kucing Persia


Biasanya kucing mengalami persoalan pada saluran air matanya yang membuat keluarnya kotoran di area tersebut. Untuk menjaga kebersihan wilayah mata kucing, kalian harus mengelap kotoran di mata kucing dengan memakai tisu yang sudah dibasahi air hangat. 

Atau kalian juga bisa memakai tissue khusus untuk membersihkan area mata kucing. Pastikan kalian melakukan step ini segera saat kotoran di daerah mata kucing mulai kelihatan. Jangan didiamkan kotoran tersebut atau menunggu sampai kering karena akan semakin susah membersihkannya dan membikin kucing kalian kesakitan.

3. Membawa Kucing Untuk Berjemur


Enggak hanya manusia saja yang perlu kena sinar matahari, tapi kucing juga sangat senang dengan aktivitas ini. 

Bila kalian ingin kucing peliharaan memperoleh takaran sinar matahari yang cukup, enggak ada salahnya menyediakan area kosong di dekat jendela rumah supaya kucing kesayangan dapat tidur sembari berjemur. Memperoleh asupan sinar matahari yang pas tentunya akan memberikan hasil yang bagus pada kesehatan kucing kesayangan kalian.

4. Memandikan Kucing Seminggu Sekali


Kucing jenis persia termasuk jenis kucing yang paling membutuhkan mandi mengingat kelakuan mereka yang energik dan senang bermain di tempat lembab. Makanya, gampang sekali debu atau kotoran menempel di bulunya dan harus dibersihkan untuk menjauhi penyakit seperti jamur pada kulit si kucing. 

Akan tetapi, sebelum memandikan kucing, ada bagusnya kalian berdiskusi dulu dengan dokter hewan mengenai berapa kali bagusnya kucing dimandikan. Biasanya, kucing jenis ini dimandikan seminggu sekali supaya terjaga kebugaran serta kebersihannya.

5. Rajin Membersihkan Telinga dan Hidung Kucing


Organ telinga dan hidung kucing persia juga membutuhkan perhatian istimewa. Karena kucing enggak dapat membersihkan bagian ini sendirian, maka kalian harus secara teratur membersihkannya. Bersihkan sisi luar dan dalam telinga kucing dengan pembasuh telinga atau tisu basah supaya kotoran bisa terangkat dan enggak sampai menyelubungi lubang telinga.

Untuk organ hidung, kucing Persia jenis Peaknose yang membutuhkan perhatian lebih. Karena mempunyai bentuk hidung yang pesek, jenis kucing ini suka mengalami gangguan sistim pernafasan. Enggak jarang mereka harus bernafas melalui mulut karena udara yang enggak dapat masuk lewat hidung. 

Jadi, supaya kucing ini bisa bernafas dengan lega, pastikan kalian untuk membersihkan bagian hidungnya dengan memakai tissue yang lembut atau cotton bud. Dengan teratur membersihkan organ hidung, kucing kalian bisa terhindar dari virus influenza dan infeksi sinus yang menyerbu sistem pernafasan.

6. Rajin Membersihkan Kandang Kucing


Siapkan kandang khusus untuk kucing persia kalian. Jadikan kandang tersebut area yang nyaman untuk si kucing dengan menyuguhkan ruang atau ukuran kandangnya tepat serta memiliki ventilasi udara. 

Jangan sampai terlewat juga untuk menaruh kandang tersebut di area terbuka sehingga peredaran udaranya lancar dan mendapatkan asupan cahaya matahari yang memadai.

Satu hal lagi yang harus kalian perhatikan yaitu kebersihan kandang kucing kesayangan. Membuat kandang kucing tetap bersih sangatlah penting sehingga enggak akan ada kotoran dan virus yang menempel. 

Kandang yang enggak pernah dibersihkan secara rutin juga bisa menjadi markas penyakit yang akan memberikan dampak pada kesehatan kucing kalian. Oleh sebabnya, bersihkan kandang dari berbagai macam kotoran termasuk sisa-sisa pakan kucing.

7. Memberikan Vaksin Kucing


Usaha paling penting yang harus kalian lakukan untuk merawat kucing jenis ini yaitu dengan memberikan vaksin secara berkala. 

Jenis persia faktanya lebih gampang terkena penyakit jadi melakukan pemantauan ke klinik hewan dengan teratur dan pemberian vaksin merupakan suatu keharusan. 

Dalam case ini, vaksin bisa membantu menjaga daya imun pada badan kucing supaya enggak gampang terkena virus atau bakteri lainnya.

Selain meberikan vaksin, kucing juga memerlukan obat cacing supaya bisa menjauhi masalah pada gangguan pencernaan. 

Bila pencernaan si meong kesayangan sampai terserang, nafsu makannya akan berkurang dan menyebabkan berat badan menurun. Pada akhirnya kucing pun akan gampang terserang penyakit. Makanya, pastikan kalian memberikan obat cacing pada kucing kesayangan kalian.

8. Belikan Makanan Bernutrisi Untuk Kucing


Bila menyangkut pakan kesukaan, semua kucing sangat cinta makanan berbau amis layaknya ikan. Ikan mempunyai asupan vitamin yang bisa berpengaruh sangat baik pada kesehatan kucing kesayangan kalian. Tetapi, biarpun banyak tipe ikan kalengan yang dijual di pet shop, kalian harus memastikan bahwa makanan yang dipilih bisa mencukupi kebutuhan kucing kalian. 

Contohnya, makanan untuk membantu mengobati masalah bulu rontok atau makanan yang berguna yang dapat membantu menggemukan tubuh kucing. Intinya, makanan yang kalian sudah seleksi memang dibutuhkan kucing tercinta kalian.

Dengan makanan yang benar dan penuh akan nutrisi, kucing kalian akan selalu dalam keadaan prima. Bulunya pun akan terawat dengan apik. Andai dibutuhkan, kalian bisa berkonsultasi dengan dokter hewan supaya paham pakan apa yang cocok untuk kucing kalian. Jangan sampai terlewat juga untuk membelikan vitamin yang dapat mensupport kesehatan si kucing.

Bila berencana memelihara jenis kucing persia ini, pastikan kalian juga paham cara merawatnya dengan tepat. Dengan begitu, penampakan dan kesehatan kucing kalian pun akan makin terjaga dengan benar.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota