-->

Sponsor Mascota

16 Jenis Ikan Nemo Paling Beken Untuk Para Saltwater Aquarist

lkan nemo adalah ikan hias air laut dari sub-familly Amphiprioninae. Sekarang ini sudah di temukan sekitar 28 genus dikenali, salah satunya adalah spesies Premnas, sementara yang lain di spesies Amphiprion. Ikan ini yang identik dengan badan bewarna kuning, orange, dan sedikit merah.


jenis ikan nemo



Varietas terbesar bisa berkembang mencapai panjang 18 centimeter, sementara untuk yang paling kecil cuma bisa tumbuh sampai 10 centimeter. Di negara matahari terbit atau Japan, clown fish populer punya nama panggilan kakure-kumanomi, di negara eropa yaitu Rusia lain lagi buat penyebutannya yaitu obyknovennaya rybka-kloun, & untuk di negara Denmark ikan badut ini dipanggil dengan klovnfisk.


Jika kalian kepingin memelihara ikan badut atau ikan nemo di aquarium air laut, Mascota akan membahas jenis-jenis ikan Clownfish paling terkenal dan menawan.


1. Ikan Nemo False Percula

ikan nemo false percula


False Percula Clownfish atau nama kerennya Amphiprion ocellaris adalah ikan sangat beken bagi pecinta ikan hias air laut. Mereka menjadi favorit untuk para para salt water aquarist untuk yang masih pemula maupun yang sudah berkecimpung lama karena karakternya yang kalem, bisa hidup berdampingan dengan anemon, dapat diberi jenis makanan yang beragam, dan bisa hidup seorang diri maupun berkelompok.


Punya panggilan "false" berawal dari fenomena bahwa warnanya yang ada di badan yaitu orange dengan sedikit gelap bila di compare dengan ikan badut asli atau True Percula Clown fish, biarpun motif salurnya sedikit mirip. False Percula Clown fish lebih energik dan bisa punya umur panjang bila kita bandingkan dengan True Percula Clown fish.


Waktu sudah lahir, False Percula Clown fish bila kalian liat jenis kelaminnya adalah enigmatis dan enggak ada tanda yang menjadi pembeda antara jantan dan ikan betina. Jika berhasil dikawinkan, telur-telurnya akan ditaruh di sepanjang dasar iang anemon dan akan dicover oleh ikan badut itu sendiri. Ikan yang menawan ini sudah mendapatkan kepopulerannya di seluruh penjuru dunia akibat film animasi yaitu Finding Nemo.


2. Ikan Nemo True Percula

ikan nemo true percula


True Percula Clown fish atau nama kerennya Amphiprion percula juga termasuk salah satu ikan hias air laut sangat beken buat dipelihara dalam aquarium air laut. Karakternya yang cinta damai, punya umur yang panjang, dan masalah merawatnya yang gampang membikin mereka sangat pas dengan hampir semua setingan aquarium untuk air asin. Dan juga, mereka adalah genus yang sangat energik, harmoni, & mempesona.


True Percula Clown fish dapat di pasangkan dengan anemon di aquarium di seluruh penjuru dunia. Mereka sangat bagus dipelihara dalam aquarium dengan ukuran 10 galon atau 37 liter dengan disediakan area persembunyian misalnya berupa batu hidup. TruePercula akan berduaan dengan anemon layaknya Heteractis magnifica atau Stichodactyla mertensii atau bisa juga dengan BubbleTip standar dan anemon Long Tentacled. Kadang-kadang, satu pasangan kawin bisa bereproduksi di aquarium. Sang betina biasa akan bertelur di dasar inang anemon mereka supaya bisa melindungi keselamatan telur mereka.


3. Ikan Nemo Lightning Maroon Clown

ikan nemo lightning maroon clown


Ikan Clown Lightning Maroon atau Premnas biaculeatus adalah termasuk jenis ikan badut yang sangat mengesankan secara penampakannya. Mereka termasuk ikan langka yang sekarang dicari para pecinta aquarium air laut dalam kurun waktu belakangan. Clown Lightning Maroon, mirip dengan kebanyakan ikan nemo yang lain, relatif gampang dalam masalah perawatan.


Representatif yang dibudidayakan di pemijahan apa lagi sangat gampang hidup di dalam aquarium karena ikan ini hadir dan dibesarkan di dalam aquarium. Jika dikenalkan pada waktu yang sama, ikan ini bisa dipelihara berbarengan dengan clown fish tangkaran jenis lain. Menjadi pemakan lumayan rakus, Lightning Maroon akan senang memakan jenis pakan daging beku dan pakan nabati.


4. Ikan Nemo Domino

domino clownfish

Domino Clown fish adalah versi dari genus Amphiprion ocellaris. Karakter ikan yang satu ini adalah  di bagian pipinya punya seperti tanda berupa titik bewarna putih, lebih tepatnya di  bagian atas badan yang bewarna hitam legamnya. Domino Clown fish sangat kalem, senang sekali dengan makanan apapun yang beragam, dan dengan sukacita akan berangkap dengan anemon.



5. Ikan Nemo Cinnamon

cinnamon clownfish


Cinnamon Clownfish atau Amphiprion melanopus, beken juga dengan panggilan Fire Clown fish, Dusky Clown fish, atau Red & Black Clown fish, adalah termasuk genus clown fish yang sangat terkenal buat para penghobi lama atau baru. badannya dengan tekstur lunak dan punya warna orange karat yang membikin magnet tersendiri yang memelikan mata dalam jenis aquarium apa pun.


Clown fish jenis ini akan dengan gembira berlimpit dengan  anemon dan dapat sedikit galak menghadapi ikan badut yang lain dalam membentengi daerah teriorial mereka. Ia senang sekali jenis makanan omnivora, gampang buat kalian rawat, dan tergolong jenis ikan pemula yang mempesona. Cinnamon Clown fish bisa dirawat cuma satu ekor saja atau berpasangan.


6. Ikan Nemo Picasso Percula

Picasso Percula Clownfish


Picasso Percula Clownfish atau Amphiprion percula tergolong ragam akuakultur dari Percula Clownfish. Motif garisnya yang eksklusif mempunyai grade dari A sampai C. Picasso Percula Clown sangat kuat, simpatik dengan terumbu karang, gampang untuk dipelihara, dan cuma membutuhkan aquarium dengan ukuran 30 galon atau 113 liter air, sangat pas dipelihara untuk pemula atau menjadi penghuni aquarium ukuran nano. Mereka siap menyambut anemon sebagai inang. Mereka sangat senang memakan jenis udang air asin dan udang mysis, pakan berupa pelet, dan bermacam-macam jenis krustasea.


7. Ikan Nemo Orange Skunk

Orange Skunk Clownfish


Orangeskunk Clown atau Amphiprion sandaracinos mempunyai badan beserta warna orange pucat dan punya motif salur dibagian tengah dengan warna putih. Ikan ini termasuk genus Amphiprion yang sangat langka bagi para pecinta ikan hias air laut, tetapi benar-benar pas untuk memeliharanya dalam aquarium untuk dirumah kalian.


Ia sangat bagus dipelihara dalam grup dengan dipasangankan dengan mellow fish. Orangeskunk Clown dapat dipasangkan dengan Long Tentacle dan Carpet Anemone sebagai inang. Makanannya pun sangat bervariasi mirip dengan jenis nemo yang lain.


8. Ikan Nemo Clarkii

Clarkii Clownfish


Clarkii Clownfish atau Amphiprion clarkii, sering kali beken dipanggil dengan sebutan Sabae Clown, sering mempunyai dua motif salur berwarna putih tebal melintang di badan yang punya warna kuning atau coklat yang membuatnya menjadi sangat cantik. Mereka termasuk genus yang kalem yang bisa menjadi jenis ikan komune yang jempolan. Layaknya ikan badut jenis lain, mereka bisa kalian pasangkan dengan anemon jenis Heteractis magnifica atau Stichodactyla mertensii dan bisa memeliharanya satu ekor atau dipasangkan.


Clarkiiclown termasuk jenis omnivora. Mereka termasuk ikan badut yang dapat dipelihara untuk pemula yang kuat, tahan banting, dan bisa punya panjang. Ikan ini enggak membutuhkan banyak perlakuan khusus untuk bertumbuh dengan sehat, cuma yang terpenting harus dikasih pakan secara rutin dan pasangan aquarium yang cocok.


9. Nemo Bicinctus

Bicinctus Clownfish


Bicinctus Clown atau nama latinnya Amphiprion bicinctus, juga beken sebagai Two Banded Clown atau Red Sea Clown, punya warna kuning atau orange dengan motif garis vertikal putih pada bagian belakang kepalanya di tengah badannya. Punya penampakan yang persis dengan Clarkii Clown, Bicinctus Clown termasuk genus ikan badut yang paling biasa ditemui di Laut Merah.


Biarpun Bicinctus Clownfish enggak memerlukan pasangan anemon, mereka akan melegalkan Bubble Tips, Sebae, Long Tentacle, dan Carpet Anemone selaku inang. Bicintus Clown tergolong omnivora juga. Seperti layaknya ikan badut yang lain, mereka hermafrodit dan ikan badut betina adalah yang paling menonjol dibanding jantan. Ketika betina dominan mati, pejantan yang paling besar yang akan menjadi betina dan memimpin kawanan.


10. Nemo Black and White Ocellaris

Black and White Ocellaris Clownfish


Black and White Ocellaris atau Amphiprion ocellaris merupakan jenis ikan badut penangkaran eksklusif yang memukau. Dengan skema penangkaran yang sukses sekarang ini, sudah enggak pernah Black Ocellaris diambil dari habitat asli. Selalu ada beberapa tipe di antara individu, tetapi umumnya cuma sekedar warna sedikit orange di wajah yang akan berubah warna menjadi gelap seiring tumbuh besar. Pada waktu mereka menjadi dewasa, seluruh badan kemungkinan akan berubah hitam dengan mempunyai motif tiga garis putih yang berkarakter.


Ikan ini elementer tetapi cantik. Mereka membutuhkan seenggaknya 30 galon atau 113 liter, termasuk jenis omnivora, dan juga bisa di budidaya dalam aquarium rumah. Mereka tergolong ikan reef yang sangat ramah dan akan berteman dengan sebagian besar tank-mate mereka.


11. Nemo Platinum Percula

Platinum Percula Clownfish


Platinum Percula Clownfish tergolong varietas Amphiprion percula. Mereka mempunyai badan dengan putih yang luar biasa dengan enggak adanya striping asli dan warna putih umumnya membentang langsung dari kepala sampai ekor. Waktu Platinum Percula Clown sudah besar, mereka akan membentangkan sirip hitam cerah yang membikin kelihatan makin kontras yang mencolok terhadap badan platinum dan muka dengan warna orangenya.


12. Snowflake Ocellaris DaVinci Clownfish

Snowflake Ocellaris DaVinci Clownfish


Snowflake Ocellaris DaVinci Clownfish atau Amphiprion ocellaris adalah varietas akuakultur dari snowflake ocellaris. Tipe DaVinci terdapat dalam pattern dan garis badannya. Garis-garis dengan dasar warna putih ala Ocellaris Clownfish telah diubah dengan pita-pita tebal melengkung yang mengingatkan kita pada hasil karya pelukis Leonardo da Vinci.


Snowflake Ocellaris DaVinci Clownfish yang menawan ini sangat kuat, ramah kepada terumbu, gampang untuk dipelihara, dan cuma membutuhkan aquarium dengan ukuran 30 galon atau 113 liter, menjadikannya ikan yang komplit untuk pemula atau dipelihara dalam akuarium kecil. Mereka juga memperbolehkan anemon sebagai host. Mereka senang menyantap udang air asin dan udang mysis, pelet, dan juga berbagai jenis krustasea.


13. Nemo Pink Skunk

Pink Skunk Clownfish


Pink Skunk Clownfish atau Amphiprion perideraion juga diingat dengan nama Skunk Clown, Skunk Anemonefish, Pink Clownfish, dan False Skunk-striped Anemonefish. Persis dengan namanya, Pink Skunk memperlihatkan badan dengan warna orange tua dengan satu motif garis putih pada bagian belakang kepalanya. Ini adalah genus ikan badut dengan warna dan pola striping yang khas.


Mereka paling bagus dirawat sendirian dalam aquarium paling enggak dengan ukuran 30 galon atau sekitar 113 liter. Jika kepingin memelihara lebih banyak, kalian harus menyediakan ukuran aquarium yang lebih besar. Pink Skunk akan senang menghabiskan waktu setiap harinya untuk bersembunyi di celah-celah bebatuan hidup, dan persis dengan jenis ikan badut lainnya, mereka akan senang berpasangan dengan anemon. Pasangan anemon yang bagus adalah Stichodactyla mertensii atau Heteractis crispa. Mereka senang memakan daging cincang atau makanan serpihan dengan kualitas bagus.


14. Gold Nugget Maroon Clownfish

Nemo Gold Nugget Maroon


Gold Nugget Maroon Clownfish atau bernama latin Premnas biaculeatus adalah tergolong ikan badut yang paling khas saat ini. Penampakannya yang mirip dengan Platinum Percula. Waktu masih remaja, Gold Nugget umumnya berwarna putih dan enggak memperlihatkan warna gold. Saat sudah tumbuh menjadi dewasa, badannya akan beralih dari putih menjadi berwarna kuning sedikit keemasan.


Gold Nugget Maroon Clownfish membutuhkan durasi berbulan-bulan untuk melahirkan warna emas mereka. Sirip mereka yang punya warna merah tua gelap dengan pinggiran orange cerah. Gold Nugget adalah Maroon Clownfish dan menyatakan dalam semua karakter mereka, kecuali penampakan mereka. Harus berhati-hati waktu memutuskan pasangannya, tankmate, dan size aquarium untuknya.


15. Nemo Gold Stripe Maroon

Ikan Nemo Gold Stripe Maroon


Clown fish tipe Goldstripe Maroon atau Premnas biaculeatus termasuk salah satu varietas ikan badut yang sangat cantik yang memiliki bentuk badan yang bewarna maroon yang flamboyan, sirip yang beriak, dan garis kuning atau emas. Waktu masih muda, motif garis ini belum kelihatan, tetapi waktu sudah dewasa, motif garisnya akan mulai kelihatan dikit demi sedikit.


Goldstripe Maroon dapat lumayan garang dan akan menerjang apa pun yang mendatangi anemon yang sudah dipasangkan buat ikan ini. Mereka bisa dipelihara berbarengan dengan clown fish lain, tetapi kalian harus meletakannya dalam aquarium ukuran besar supaya mengurangi karakter teritorialnya. Aquarium juga wajib mempunyai batu hidup yang banyak dengan tujuan menyuplai daerah persembunyian. Ikan hias ini dapat dibudidaya dengan sadingan kawinnya.


Goldstripe Maroon akan senang makan makanan yang beragam jenis, dari pakan berupa daging yang siap saji sampai pelet dengan kualitas bagus dua sampai tiga kali sehari. Mereka bisa berkembang sampai enam inch panjangnya, lebih besar bila kita bandingkan dengan ukuran ikan nemo jenis lain, sehingga aquarium dengan ukuran besar harus dipakai untuk tempat tinggal mereka.


16. Nemo Akindynos Clown

Ikan Nemo Akindynos Clown


Ikan Nemo Akindynos Clown atau Amphiprion akindynos, yang berakar dari terumbu karang di laut Australia, mempunyai dua pattern garis putih tipis yang saling mengisi dengan garis warna hitam pada badan yang bewarna orange-coklatnya. Akindynos Clown saat remaja mempunyai warna coklat dengan motif tiga garis putih, dan saat sudah besar mempunyai sekitar 10 cucuk punggung dan dua duri pada bagian dubur. Akindynos Clown betina selalu menjadi alpha kelompok dimana pun. Mereka hermafrodit dan akan beralih dari jantan ke betina waktu dewasa.


Makanan Ikan Nemo

makanan ikan nemo


Seperti yang sudah kita bahas di atas, ikan badut termasuk ikan omnivora atau pemakan segala, jadi selain invertebrata kecil atau crustacea & parasit yang menempel di badan anemon, alga juga bisa memenuhi 20 sampai 25 persen kebutuhan asupan untuk badannya.


Ikan Nemo sangat beken sejak dibuat menjadi film animasi oleh Disney tentang ikan hias laut dengan judul Finding Nemo.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota