-->

Sponsor Mascota

Malabar Wolffish Ikan Predator Wajib kalian Pelihara di Rumah

 Ikan Malabar Wolffish berbeda dengan ikan datnoid, wolffish juga termasuk salah satu jenis ikan predator air tawar. Ikan ini juga merukan makhluk nokturnal yang bergerak dan mencari makan aktif di malam hari.


Selain suka menyantap ikan jenis lain, ikan wolf fish atau bila kita translate ke bahasa indonesia sebagai ikan serigala ini juga senang menyantap hewan lain yang berada di dalam air. ikan galak ini faktanya juga merupakan jenis ikan predator yang sudah biasa di pelihara atau di koleksi oleh para penggemar ikan hiar air tawar.


Ikan yang satu ini lumayan menarik buat kalian yang memang kepingin memeliharanya. beken dengan karakter galaknya oleh warga lokal dan juga beken sifat garang oleh penghobi ikan predator air tawar.


Malabar Wolffish juga punya nama keren lainnya yaitu Trahira. Ikan yang populer dipanggil sebagai serigala air ini termasuk ikan hias yang lumayan beken di lingkungan pecinta ikan predator yang ada di Indonesia.


Klasifikasi Ilmiah Ikan Malabar Wolffish

Klasifikasi Ilmiah Ikan Malabar Wolffish



Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Characiformes

Famili: Erythrinidae

Genus: Hoplias

Spesies: H. malabaricus

Nama Latin atau Ilmiah: Hoplias malabaricus


Bentuk atau Penampakan Ikan Malabar Wolffish

Bentuk Ikan Malabar Wolffish



Seperti panggilannya yang keren yaitu ikan serigala, predator air tawar ini bisa dibilang bentuk atau penampakan dari luar persis seperti seekor serigala. Cuma saja yang jadi pembeda dari mamalia serigala, ikan serigala ini menetap atau habitatnya di air.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Penampakan badannya yang terihat kokoh dan kuat membikin banyak pecinta ikan hias kepingin sekali memeliharanya. Dan juga, penampakan mulut besarnya dilengkapi oleh barisan gigi yang besar-besar dan tajam seperti mata pisau.


Rona pada sisik dari Malabar Wolffish ini sangat beragam. Akan tetapi yang sering sekali dijumpai di pasaran adalah warna grey atau abu di padukan dengan warna coklat, dengan tambahan aksen garis dengan rona yang terlihat gelap.


Ikan yang punya panggilan serigala air di dalam negeri, bisa berkembang sampai dengan 55 centimeter dengan bobot badannya bisa sampai 8 kilogram. Buat kalian yang sangat kepingin memeliharanya, kalian harus sediakan tuh wadah atau akuarium yang lumayan luas, supaya si malabar wolffish ini bisa berenang dengan leluasa.


Penyebaran Wilayah Ikan Wolffish

Penyebaran wilayah Ikan Wolffish



Nah apakah kalian sudah mengetahui kalau malabar wolffish ini berasal dari wilayah mana? Ikan ini umumnya ditemukan berada di wilayah yang ada di amerika latin.


Baca Juga: 10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi


Ikan ini gampang sekali ditemui di wilayah Amerika selatan bagian Tengah ke Argentina. Ikan ini biasa gampang di temukan di rata-rata perairan sungai di Negara bagian ini: Argentina, Bolivia, Brazil, Kolombia, Costa Rica, Ekuador, Guyana Prancis, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Trinidad dan Tobago, Uruguay dan Venezuela.


Makanan Malabar Wolffish

Makanan Malabar Wolffish



Seperti kebanyakan ikan predator air tawar yang lain, Malbar Wolffish merupakan pemakan ikan yang sangat buas. Kecekatan renangnya, kegesitannya, dan dominasinya membikin buruannya susah sekali untuk menghindarinya.


Baca Juga: 8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi


Tetapi kalian bisa saja kok memberikan pakan olahan yang biasa di jual di toko ikan hias, misalnya udang olahan, cacing yang sudah dibekukan, atau bisa juga seperti serangga, contohnya ulat hongkong.


Di tempat tinggal yang asli yaitu perairan sungai yang keruh dengan aliran yang sangat kencang, Malabar Wolffish merupakan pemburu yang hebat. umumnya Malabar Wolffish mencari makanan di malam hari, karena ikan termasuk hewan nokturnal seperti yang sudah kita bahas di atas.


Habitat & Karakteristik dari Seekor Malabar Wolfish

Karakteristik dari Seekor Malabar Wolfish



Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas bahwa Malabar Wolffish senang berada di aliran sungai dengan aliran yang sangat kencang. Enggak cuma itu, perairan tempat tinggalnya juga biasanya terlihat kotor atau keruh sehingga mata manusia kesulitan untuk mengamati apa yang ada di dalam air.


Baca Juga: 5 Jenis Ikan Belida Paling Beken yang Disukai Para Kolektor


Watu menjelang malam, ikan ini akan sangat aktif. Sangat berbeda waktu pagi atau siang hari, Wolffish Malabar akan istirahat di vegetasi.


Bagi yang belum paham dengan istilah vegetasi, vegetasi merupakan semacam daerah yang banyak ditumbuhi tumbuhan air. Jadi disanalah tempat paling baik untuk Wolffish bernaung sekaligus berisitirahat.


Temperamen Dari Wolf Fish Freshwater

Temperamen Dari Wolf Fish Freshwater


Biarpun kalau dilihat lebih banyak diam, tetapi kalian jangan sampai tertipu dengan sifatnya ini. Malabar Wolffish bisa dibilang sangat berbahaya.


Baca Juga: Karakter Ikan Golden Dorado yang Sekilas Mirip Dengan Salmon


Enggak disarankan buat kalian memelihara ikan lain dalam satu akuarium dengan si wolffish dengan size badan yang lebih kecil dibanding mulut si ikan serigala ini. karena sudah sangat jelas, yang ada tankmate-nya nanti akan jadi makanan yang lezat buat si Malabar Wolffish.


Jadi kalian harus memilih size badan dari tankmate harus lebih gede dibanding mulut si serigala air ini.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota