-->

Sponsor Mascota

Jenis Ikan Datnoid yang Sangat Seksi buat Dipelihara di Rumah

 Ikan datnoid atau beken juga dipanggil sebagai tigerfish atau datz merupakan ikan hias air tawar yang cantik tetapi merupakan ikan predator. Ikan predator air tawar ini tetap kalian bisa pelihara di aquarium rumah.


Ciri khas dari datz ini punya badan yang dihiasi dengan pattern seperti harimau di badannya. Mereka sangat ahli dalam menguliti mangsanya, mirip sekali dengan seekor macan. Sekarang sudah di temukan beberapa jenis ikan datnoid, tetapi banyak orang awam yang salah mengira jenis ikan hias lain disebut sebagai ikan datnoid.


Sekarang ini terdapat beberapa species dari ikan datz, yaitu datz Siam, datz Indonesia, datz Thailand Utara, datz Amerika, serta datz Papua. Sejauh ini, datz Indonesia atau nama kerennya Indonesian tigerfish adalah varietas atau jenis datnoid yang paling familiar dipunyai oleh para penghobi aquarium. Varietas ikan ini memberikan rona yang terlihat menawan dan hidup serta spesies ini susah sekali dibedakan antara betina dan jantannya.


Jenis dan Harga Ikan Tigerfish, Datnoid atau Datz

Ikan Datnoid


1.  Ikan Datz atau Datnoid Sumatra

Ikan Datz atau Datnoid Sumatra


Datz Sumatra merupakan verietas dari datnioides microlepis yang terdapat di pulau sumatra, Indonesia. Datz sumatra terlihat sangat mirip dengan datz borne dari kalimantan. Cara mudah supaya kalian bisa membedakan antara datz sumatra dengan datz borneo dengan melihat rona di badannya, datz sumatra lebih condong ke warna kuning sedangkan datz borneo lebih ke oranye.


Harga ikan datz atau tigerfish sumatra antara 80.000 sampai dengan 150.000 dengan ukuran badan 1 sampai 2 centimeter. Kalau ukuran yang lebih besar misalnya 10 centimeter bisa menyentuh harga 300.000 Rupiah ke atas.


2. Ikan Datnoid atau Datz Borneo

Ikan Datnoid atau Datz Borneo


Datz borneo sudah kita bahas sedikit diatas, kalau datz sumatra cuma berbeda warna dan hanya berbeda dari tempat asalnya. Datz borneo berasal dari sungai yang ada di pulau kalimantan. Termasuk jenis datnioides microlepis dan berasal dari dalam negeri juga. Harga ikan Datz Borneo antara 30.000 sampai dengan 50.000 dengan ukuran 1 sampai 2 centimeter. Kalau ukuran badan yang 10 centimeter bisa mencapai harga 100.000.


3. Ikan Datz NGT Papua

Ikan Datz NGT Papua


Datz NGT papua ini merupakan ikan yang berakar dari Papua New Guinea yang merupakan jenis datnioides campbelli. Datz papua merupakan jenis ikan datnoid favorit mimin karena punya rona yang sangat khas dan ditambah pattern loreng yang keren. Ikan Datz papua punya karakter yg lebih galak dibanding dgn datz lain. Harga datz papua pun terbilang mahal, yaitu kisaran 300.000 dengan ukuran 5 centimeter.


4. Ikan Datnoid NTT Thailand atau Datz Silver

Ikan Datnoid NTT Thailand atau Datz Silver


Datz NTT thailand atau punya penyebutan dalam nama latin datnioides polota merupakan salah satu varietas ikan datz yang lingkungan aslinya enggak cuma berasal dari thailand saja tetapi terdapat juga di india, myanmar, malaysia, indonesia dan singapura. 


Datz silver punya karakter dengan warna yang terlihat sedikit pucat dan dilengkapi bar hitam yang tipis. Untuk masalah harga ikan datz NTT thailand atau datz silver ini dengan ukuran 5 sampai 10 centimeter di harga 250.000 sampai dengan 300.000 Rupiah.


Cara Merawat Ikan Datnoid

Cara Merawat Ikan Datnoid



1. Kalian Harus punya Aquarium yang Tepat untuk Datnoid

Ikan predator air tawar ini punya karakter yang sangat khas di badannya, yaitu percis dengan seekor macan. Kekhasan inilah yang membuat ikan hias air tawar satu ini, lebih enak dipandang dari sisi samping. Sehingga kalian harus peliharanya dalam akuarium dengan size yang lumayan. 


Selain di dengan akuarium, kalian bisa saja memelihara dalam sebuah kolam, bisa dengan kolam dari semen, kolam tanah, atau dengan kolam fiber. Agar perkembangan ikan lebih pol, kalian bisa mencoba memilih memeliharanya dalam kolam yang besar.


Dengan memelihara di dalam kolam ukuran besar, Tiger Fish bisa berenang dengan bebas dan berkembang lebih besar. Selain itu, kalian harus menyediakan beberapa peralatan lain supaya ikan ini bisa bertahan dan hidup dengan nyaman dengan menyediakan peralatan standar buat akuarium, seperti aerasi serta filter. Hal ini sangat penting untuk kalian beli, karena ikan memerlukan oksigen yang cukup serta kebersihan habitatnya. Enggak cuma itu saja, kalian harus memperhatikan PH air.


Biarpun namanya seram, namun ikan satu ini enggak begitu galak dibanding ikan oscar. Ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan hias lain, biarpun kalian taruh di aquarium yang sama. Cuma saja kalian harus perhatikan syarat berikut ini, yaitu kalian harus punya tempat yang lumayan besar, apalagi jika ikan kalian ini punya fisik yang besar. Kalian juga bisa memberikan ikan hias dengan ukuran lebih kecil, sehingga aquarium terlihat lebih bervariasi dan cantik.


2. Memberikan Makanan Ikan datz yang Tepat

Ketika kalian sudah memelihara ikan datz, jangan langsung memberikan pakan berupa pelet atau makanan olahan. Kalian bisa memberikan pakan alami dahulu, misalnya udang, cacing sutera, atau ikan-ikan lain dengan ukuran kecil. Saat memberikan makanan, ada bagusnya kalian selalu perhatikan ikan tersebut makannya lahap atau tidak. Jika ternyata ikan tersebut tidak makan, lebih baik coba ganti pakannya, Supaya fisik serta kesehatan ikan tetap terjaga.


Saat kalian memberikan pakan alami, ini akan berguna buat ikan kalian supaya bisa beradaptasi di tempat tinggal yang baru. Setelah beberapa hari berjalan, kalian bisa coba memberikan pelet supaya ikan datnoid terbiasa. Kalian harus membiasakannya, karena pakan berupa pelet tidak begitu menguras kantong dan lebih gampang. Selain itu, pakan pelet punya gizi yang dirasa cukup untuk perkembangan sang ikan.


3. Jangan lupa Memberikan Tempat Persembunyian Khusus Untuk Ikan Datnoid

Harus selalu diperhatikan, ikan ini merupakan ikan predator air tawar, atau kata lain merupakan ikan galak. Sebagai bukti masih banyak para pengembang biak yang belum sukses membudidaya ikan datnoid ini. Bahkan faktanya juga dari tiger fish ini, di ambil langsung dari lingkungan aslinya. Jadi buat kalian perlu trik khusus dalam menjinakannya.


Untuk masalah penjinakannya, perlu cara yang enggak mudah. Pertama, kalian harus menutup aquariumnya dahulu, lalu kalian harus buka dikit demi sedikit. Apabila tips ini kurang berhasil, kalian bisa mencoba cara lain dengan memberikan tanaman air. Tanaman air ini berguna untuk tempat bersembunyi Tiger Fish, sehingga ikan ini bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya dan juga berguna supaya ikan tidak jadi stress.


Perawatan ikan datnoid ini tidak bisa dibilang gampang sama seperti memelihara ikan cupang, karena ikan ini beradaptasi dengan lambat biarpun punya daya tahan fisik kuat. Apalagi jika kalian mendapatkannya dari habitat yang asli, pasti ikan ini butuh waktu agar dapat sukses pembiasaan dengan tempat hidup yang baru. Enggak banyak orang yang berhasil mengembang biakan ikan ini, karena memang susah untuk dikembangkan, seperti yang sudah kita bahas di atas. 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota