-->

Sponsor Mascota

Cara Tepat dan Mudah Pelihara Ikan Jack Dempsey dalam Aquarium

 Ikan cichlid sudah sangat biasa terdapat di aquarium ikan air tawar. Contoh nya adalah ikan jack dempsey, ikan hias lemon, Ikan blue ram, dan yang lainnya. Mereka muncul dengan beragam bentuk, rona, dan ukuran, dan dari setiap jenis punya karakter yang berbeda.


Ikan Jack Dempsey merupakan jenis cichlid yang sangat beken, tidak cuma di dalam negeri tapi seluruh penjuru dunia. Ikan ini sangat terkenal karena agresi mereka dan akan galak dengan ikan lain seperti ikan cupang, tetapi bukan berarti mereka enggak bisa dipelihara dengan varietas ikan lain.


Orang yang memang sudah hobi dengan ikan predator air tawar, pasti sudah paham betul menangani kegalakan dari ikan Jack Dempsey. Kalau sudah paham habitat di akuarium akan terlihat makin cantik dengan hadirnya si jack dempsey ini.


Nah tetapi buat kalian yang masih pemula akan merasa susah dalam menangani karakter ikan yang satu ini. Bila kalian memeliharanya dengan tepat, ikan karnivora ini akan memberikan rona indah dan banyak aktivitas menarik di akuarium kesayangan di rumah kalian.


Deskripsi Ikan Jack Dempsey

Deskripsi Ikan Jack Dempsey


Jack Dempsey atau Rocio octofasciata merupakan ikan dari keluarga Cichlidae. Rata-rata jenis cichlid berakar dari benua afrika atau amerika. Ikan Jack Dempsey bisa ditemukan awalnya di sungai-sungai yang ada di Amerika Utara dan Tengah, misalnya Meksiko dan Honduras. Cichlid sudah di kembangbiakan dengan cepat di area ini.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Mereka sekarang sudah tersebar dan meluas ke Australia dan Thailand, di sana mereka beken dengan panggilan ikan Mexican blue frontosa.


Ikan predator air tawar ini bisa berumur 8 sampai dengan 9 tahun, tetapi akan bisa bertahan hidup sampai dengan 15 tahun dalam habitat yang sehat. Untuk masalah harga ikan jack dempsey sangat beragam, tergantung jenis, ukuran serta rona badannya.


Karakter Ikan Jack Dempsey

Karakter Ikan Jack Dempsey


Banyak orang yang tidak suka dengan karakter agresif ikan ini. Buat mereka yang belum berpengalaman memelihara ikan predator akan kesulitan memelihara Jack Dempsey dengan benar, sehingga ikan ini memang tidak disarankan untuk para pemula.


Ikan Jack Dempsey akan kurang agresif di dalam akuarium yang sesak karena mereka akan kesulitan untuk menyerang ikan lemah tertentu. Si jantan akan membentuk teritorial dan akan mengusir ikan lain. Kalian harus menyediakan gua-gua kecil dari batu untuk meredam konflik yang terjadi.


Ia akan senang menghabiskan waktu untuk bersembunyi jadi bisa terlihat sangat pemalu. Rata-rata mereka akan tinggal di kedalaman menengah atau bawah akuarium.


Penampilan atau Penampakan dari Cichlid Dempsey

Penampilan Jack Dempsey


Namanya didasari memang dari penampilannya sendiri. Mereka punya penampakan wajah yang terlihat kuat serta karakter agresif, sangat persis dengan seorang atlet petinju legendaris dunia di era 20-an, Jack Dempsey.


Spesies punya bentuk badan oval yang besar serta dilengkapi dengan sirip memanjang. Si jantan punya badan yang lebih besar serta sirip yang lebih jenjang juga. Mereka bisa sangat terkenal karena banyaknya warna di badannya yang membikin terlihat cantik. Terdapat banyak sekali warnanya di market, akan tetapi yang paling beken adalah warna gold, blue dan pink.


Baca Juga: 10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi


Rona badan Jack Dempsey sangat beragam dari satu ikan ke ikan yang lain, apa lagi ronanya akan bermutasi dibarengi dengan umurnya. Jack dempsey muda akan berwarna abu pucat dengan tambahan bintik warna hijau, sedangkan saat dewasa akan bermutasi menjadi abu ungu gelap dengan tambahan pattern bintik berwarna biru-hijau terang.


Warna mereka bisa saja berubah menjadi lebih pucat. Mereka akan terlihat menggelap dan pucat saat mau kawin. Untuk membedakan jenis kelaminnya kalian bisa melihat dari ukuran sirip. Jantan punya sirip di punggung serta sirip dubur yang jenjang serta panjang dan meruncing ujungnya. Dan untuk si betina punya sirip yang terlihat lebih pendek dan kurang menonjol.


Ada jenis yang sangat populer dengan rona biru yang keren yaitu electric blue Jack Dempsey. Jenis ini punya ukuran lebih kecil dan tidak begitu agresif. Ikan Jack Dempsey bisa berkembang antara 25 sampai dengan 40 centimeter dan untuk si betina lebih kecil.


Habitat Asli Dempsey

Habitat Asli Dempsey


Di Habitat liar, ikan Jack Dempsey di bermacam perairan air tawar dengan arus lambat. Ini meliputi sungai keruh, kanal, danau, serta rawa.


Ia lebih senang dengan iklim tropis, sehingga ia terbiasa dengan air dengan temperatur hangat yang sedikit asam dengan pencahayaan yang minim. Habitat mereka terdapat pasir serta lumpur dengan tambahan batu-batu serta puing di permukaan. Terdapat pula tanaman air sebagai tempat berteduh.


Settingan Aquarium Tepat buat Jack Dempsey

setup akuarium untuk jack dempsey


Untuk permulaan kalian bisa setup bagian dasar aquarium, dengan menambah pasir lembut karena ikan jack demsey senang di perairan dangkal. Waktu ingin menambah hiasan, jangan lupa tambahkan beberapa gua-gua batu di sudut-sudut akuarium, sehingga ikan bisa punya daerah teritorialnya sendiri.


Kalian bisa menambahkan tanaman air karena umumnya ikan Jack Dempsey enggak akan merusaknya. Tetapi sewaktu-waktu ia bisa memputuskan untuk merusak tanaman. Selalu pastikan tidak ada jenis ikan lain di akuarium yang senang merusak tanaman.


Baca Juga: 8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi


Jangan lupa untuk menambahkan pemanas supaya suhu air bisa terus terjaga di 22 sampai 30 drajat celcius. Tingkat PH harus berada di 6 sampai 7 dengan kesadahan air 9 sampai 20 dGH. Pompa air enggak perlu ditambahkan karena mereka lebih lebih senang dengan air yang arusnya tenang, kalian cuma perlu tambahkan filter yang bagus untuk membikin sedikit arus.


Jangan tambahkan pecahayaan yang terlalu kuat atau Jack Dempsey akan terus bersembunyi. Air di habitat asli mereka tidak begitu jernih, jadi pilih pencahayaan yang redup. Tanaman air seperti hornwort bisa dipakai untuk mencover beberapa sudut akuarium.


Memelihara ikan Jack Dempsey dalam akuarium yang lumayan besar sangat penting karena akuarium dengan ukuran mungil akan menimbulkan kecenderungan teritorial mereka. Ikan ini butuh paling tidak 302 liter ukuran akuarium.


Setiap ikan akan butuh 302 liter, tetapi mereka akan semakin senang apabila terdapat lebih banyak space. Perlu diingat sekali lagi ikan ini termasuk agresif dan butuh daerah sendiri-sendiri, makanya kalian harus memberikan daerah masing-masing setiap ikan.


Tankmate Jack Dempsey

Tankmate Jack Dempsey


Karakter yang agresif dari Jack Dempsey dapat membatasi jenis ikan hias lain yang pas dicampur dengannya, tetapi enggak berarti kalian tidak bisa menambahkan tankmate untuk mereka. Kalian bisa memberikan pasangan yang punya size yang sama serta punya karakter agresif yang sama juga. Ini supaya tidak ada yang akan saling serang dan melahapnya untuk dimakan.


Spesies yang damai akan diganggu, malah bisa sampai mati. Ikan kecil layaknya ikan tetra cuma diperlakukan seperti makanan saja oleh ikan jack dempsey.


Ikan oscar bisa jadi pilihan tepat. Opsi yang lain bisa kalian pilih adalah ikan manfish, ikan birchir, ikan blue acara, ikan botia, convict cichlid, firemouth cichlid, plecostomus, dan silver dollar.


Hewan invertebrata seperti udang atau keong sangat beken di akuarium air tawar, tetapi masalahnya mereka akan di anggap makanan juga oleh jack dempsey.


Mengabungkan Jack Dempsey dalam satu akuarium khusus spesies ini saja merupakan opsi paling bagus buat para pemula. Karena memang susah mencari tankmate lain yang bisa bersama dengan Dempsey.


Yang harus digaris bawahi juga pejantan enggak akan menerima kehadiran pejantan lain dengan terbuka, jadi satu pejantan per akuarium merupakan pilihan tepat.


Makanan Cichlid Jack Dempsey

Makanan Cichlid Jack Dempsey


Sebagai ikan karnivora, pakan Jack Dempsey biasanya apa saja yang bisa masuk kedalam mulutnya. Mereka dapat lahap memakan cacing, krustasea, serangga, serta ikan kecil. Ada banyak opsi dalam pemberian pakan di akuarium. Mereka tidak suka pilih-pilih makanan, jadi kalian bisa pilih sesuai diri kalian lebih gampang yang mana.


pakan olahan biasanya lebih gampang dicari serta tidak mahal. Kalian bisa membeli pakan pelet dan serpih yang dibuat khusus untuk cichlid. Jika kalian pilih pakan olahan, pilihlah pakan beku atau hidup sesekali. Ini akan memanambahkan vitamin yang bagus buat mereka.


Baca Juga: 5 Jenis Ikan Belida Paling Beken yang Disukai Para Kolektor


Pilih pakan yang populer seperti cacing darah dan udang air asin. Serangga yang besar juga cocok untuk jack dempsey kalian, misalnya jangkrik, belalang, dan lalat buah. Makanan herbivora rata-rata akan ditolaknya, makanya tanaman hias di aquarium akan aman.


Beri pakan 1 sampai 2 kali sehari untuk ikan dewasa. Kasih makanan dalam ukuran yang dapat mereka habiskan dalam dua menit. Ikan yang masih remaja harus diberikan sedikit lebih sering, 2 sampai 3 kali sehari, untuk mendukung mereka tumbuh.


Cara Merawat Cichlid Jack Dempsey

Cara Merawat Cichlid Jack Dempsey


Jack Dempsey punya syarat perawatan yang simpel. Yang akan jadi masalah jika kalian membuat kawanan atau mencapur dengan ikan lain. Menangani agresifitas mereka akan susah jika kaliam belum ada pengalaman dalam memelihara ikan cichlid. Jika ditangani dengan jelek, Jack Dempsey kalian akan saling serang satu sama lain dan jenis yang lain.


Baca Juga: Karakter Ikan Golden Dorado yang Sekilas Mirip Dengan Salmon


Jika agresifitas dihandle dengan tepat, enggak akan susah buat menjaga mereka agar tetap sehat. Namun, mereka tetap bisa terserang penyakit seperti ikan hias air tawar lainnya. Salah satu jenis penyakit yang biasa menyerang adalah ich atau penyakit bercak putih. Ini merupakan ektoparasit yang datang sebagai nodul putih pada badan serta sirip. Naiknya temperatur air di akuarium kalian sampai dengan 30 drajat celcius bisa membantu mengobati penyakit ini.


Penyakit yang biasa sering menyerang lainnya adalah Head and Lateral Line Erosion (HLLE). Penyakit ini membuat semacam cekungan atau lubang di kepala. Ini umumnya terjadi karena gizi buruk, jadi kalian harus mengatur pola makan mereka jika ikan mengidapnya.


Lingkungan yang jelek akan mengundang penyakit, jadi kalian harus selalu menjaga kebersihan akuarium. Apa pun yang kalian masukan ke akuarium yang sudah stabil bisa membawa penyakit sehingga karantina harus dilakukan.


Cara Budidaya Cichlid Dempsey

Cara Budidaya Cichlid Dempsey


Saat pasangan Jack Dempsey siap untuk kawin, warna mereka akan terlihat menggelap. Jika si jantan siap kawin tetapi yang betina tidak, betina malah akan diganggu terus sampai mati.


Keadaan air harus mendekati sempurna supaya pemijahan dapat dimulai. Air jangan kotor dan dalam keadaan ideal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Temperatur pada batas atas seperti 28 celcius merupakan pemicu yang baik.


Baca Juga: Malabar Wolffish Ikan Predator Wajib kalian Pelihara di Rumah


Jantan dengan ukuran besar akan punya peluang besar dalam merayu betina, ini biasa terjadi dalam jenis ikan cichlid. Setelah proses perkawinan selesai, sekitar 500 telur bisa dihasilkan. Telur-telur tersebut menempel pada permukaan datar di dekatnya misalnya dekorasi, substrat, atau kaca akuarium. Setelah tiga hari, telur akan menetas.


Orang tua cukup perhatian pada burayak. Mereka akan membuat lubang di substrat untuk memberikan perlindungan buat burayak sampai mereka dapat berenang. Baik si betina maupun jantan akan punya tugas tersendiri dalam menjaga anak-anak mereka. Mereka bahkan menghancurkan pakan dan melepaskannya untuk bisa dimakan anak-anaknya sampai mereka tumbuh besar untuk akhirnya bisa berburu makanan sendiri.


Jika orang tua stress karena kondisi akuarium yang jelek, mereka akan mulai menyantap burayak sampai akhirnya mereka harus dipisahkan.


Baca Juga: Jenis Ikan Datnoid yang Sangat Seksi buat Dipelihara di Rumah


Untuk akuarium yang sudah stabil enggak akan bisa menampung kawanan baru Jack Dempsey. Cichlid ini mengharuskan hidup pada akuarium yang dibuat khusus untuk mereka.


Ini karena karakter agresifnya. Ikan Jack Dempsey enggak termasuk ikan yang rewel. Selama settingan akuarium berjalan dengan benar, mereka biasanya enggak akan susah buat dipelihara. Mereka juga enggak pilih-pilih makan dan akan melahap jenis makanan yang sama dengan cichlid karnivora yang lainnya.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota