-->

Sponsor Mascota

15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah

 Terkenal karena kecantikannya, anggun, dan punya harga tinggi, dan sangat beragam jenis si manfish atau angelfish air laut yang sangat susah buat mengenali mereka semua. Manfish tetapi sangat banyak penggemarnya karena mereka bisa sangat gampang menarik hati setiap pecinta ikan hias air laut.


Dan kalau kalian masih bingung ingin memilih varietas atau jenis angelfish air laut yang tepat, maka mascota kali ini akan membahas mendalam mengenai angelfish air asin. Yuk kita membahasnya mendalam!


Tentang Angelfish Air Laut atau Saltwater Angelfish

Tentang Angelfish Air Laut


Manfish atau nama lainnya angelfish masuk kedalam grup family Pomacanthidae. Dan rata-rata bisa ditemui di terumbu tropis dangkal wilayah Atlantik, Pasifik Barat, serta Samudra Hindia.


Angelfish air laut adalah varietas ikan air asin yang sangat berkarakter. Badannya yang punya rona terang merupakan ciri khas dari ikan yang hidup di karang. Dan biasanya banyak jenis dari angelfish air laut ini akan bertransformasi warnanya atau mutasi saat mereka tumbuh jadi dewasa.


Waktu berumur masih muda, angelfish air asin bisa sangat diandalkan sebagai ikan pembersih di terumbu karang, membersihkan parasit dari kulit ikan yang berbadan lebih besar. Mereka dengan pintar bisa memilih tempat yang tepat serta menunggu jenis ikan wrass besar, parrotfish, dan bahkan sekelas ikan predator layaknya kerapu dan hiu.


Baca Juga: 16 Jenis Ikan Nemo Paling Beken Untuk Para Saltwater Aquarist


Dan ternyata di dunia terdapat 88 spesies angelfish air laut, mulai dari varietas kerdil Centropyge sampai dengan Holacanthus dan Pomacanthus yang punya fisik lebih besar, dan biasanya fisiknya bisa menyentuh ukuran panjang sampai dengan 50 centimeter.


Angelfish air laut punya hobi makan yang khusus jadi membikin mereka agak sulit buat di pelihara di aquarium rumah. Beberapa dari mereka senang menyantap ganggang berfilamen, dan ada juga yang senang menyantap invertebrata bentik layaknya spons, hidroid, dan bryozoa.


Pakan-pakan yang lumayan sulit ditemui di market akhirnya membikin jadi susah buat hidup dalam akuarium rumah. Karena faktanya si angelfish senang sekali merumput, mereka jadi enggak simpatik dengan terumbu. Tetapi ada beberapa jenis yang masih bisa kalian pelihara yang akan kita bahas di bawah ini. Varietas genicanthus dari angelfish merupakan pengecualian dan yang pasti mereka sangat ramah dengan terumbu karang.


Jenis atau Varietas dari Angelfish Air Laut

Jenis Angelfish Air Laut


Nah ini merupakan beberapa jenis dari Angelfish air laut yang bisa kalian jadikan pilihan buat pelihara di rumah:


1. Ikan Angelfish Flame

Ikan Angelfish Flame


Flame Angelfish merupakan varietas angelfish yang sangat beken buat para penghobi. Karena ia punya rona merah kental yang sangat mencolok dengan tambahan pattern berupa garis hitam dan totol biru buat dibagian sirip belakang.


Mereka agak berbeda, bergantung dari tempat asalnya; Flame Angelfish Hawaii dan Tahiti punya rona merah yang kelihatan lebih merahnya lebih kuat serta harga angelfish air laut ini lebih tinggi. Dan buat jenis Angelfish yang berasal dari Indo-Pasifik umumnya punya warna dominan kuning orange atau malah lebih ke orange.



Flame Angelfish harus dipelihara dalam akuarium dengan siklus yang sudah baik, apalagi kalau didapatkan dari habitat aslinya. Akan tetapi mereka termasuk ikan yang punya fisik tangguh serta enggak terkenal pilih-pilih makanan. Mereka bisa kalian beri pakan berupa sayuran serta daging yang punya kualitas baik misalnya serpihan spirulina atau artemia buat menjaga kesehatan fisik serta menjaga warna tetap cantik.


Flame Angelfish bisa dibilang juga termasuk ikan komunitas yang sangat baik dan bukan termasuk ikan yang punya sifat agresif kepada ikan jenis lain.


2. Keyhole Angelfish Air Laut

Keyhole Angelfish Air Laut


populer dengan panggilan Tibicen atau Melas Angel, Keyhole Angelfish termasuk salah satu varietas Centropyge yang punya fisik besar serta menyebar di wilayah Indo-Pasifik tropis. 


Ia punya rona yang lebih adem enak dilihat kalau dibandingkan dengan sodaranya, dengan badan yang didominasi warna biru-hitam serta totol putih yang membuat punya panggilan keyhole atau lobang kunci. Keyhole Angelfish punya karakter yang sedikit gresif dan akan menyerang ikan lain yang ukuran serta bentuk yang mirip, termasuk angelfish jenis lain.


Yang perlu di ingat, Keyhole Angelfish akan senang menyerang terumbu karang, cacing Pohon Natal, serta organisme terumbu yang lain. Ia lebih bagus dipelihara berbarengan dengan ikan serta hiasan bebatuan dalam akuarium. Akan tetapi, si Keyhole Angelfish enggak termasuk ikan yang pilih-pilih makanan dan akan senang menyantap makanan apapun.


3. Bicolor Angelfish Air Laut

Bicolor Angelfish Air Laut


Bicolor Angelfish bisa ditemui dibanyak perairan, dari wilayah perairan Afrika Timur sampai deretan pulau Line yang ada di kawasan Samudra Pasifik Tengah. Ia termasuk ikan yang hidup di terumbu air dangkal dengan karakter omnivora. Hal ini membikin mereka enggak akan cocok dipelihara dalam akuarium karang, akan tetapi mereka sangat pas dipelihara dalam sebuah akuarium akuarium komunitas menengah sampai besar.


Sama seperti jenis angelfish air laut berbadan agak besar, Bicolor punya karakter teritorial dan agak agresif, apa lagi dengan bicolor lain. Faktanya, sangat susah dibudidaya biarpun sudah menggunakan akuarium ukuran besar, karena ia akan membentuk teritorialnya sendiri yang sangat luas seperti di habitat aslinya.

 

Bicolor Angelfish termasuk ikan yang sensitif, gampang sekali jadi stres, dan gampang mati karena ketidakstabilan kualitas air. Biarpun sudah sangat biasa dipelihara oleh para penghobi ikan hias air laut dan harganya enggak terlalu mahal, mereka bagusnya di pelihara terakhir dalam akuarium yang sudah terbentuk siklusnya dengan baik.


4. Ikan Lemonpeel Angelfish Air Laut

Lemonpeel Angelfish Air Laut


Lemonpeel Angelfish hidup di wilayah Samudra Pasifik Barat, dari negara Jepang menuju wilayah Indonesia, dan terdapat juga di wilayah kepulauan Pasifik Tengah. 


Termasuk varietas angelfish yang sangat agresif, Lemonpeel harus kalian pelihara diurutan terkahir dalam akuarium komunitas. Mereka juga termasuk jenis yang sensitif, layaknya Bicolor Angelfish, serta membutuhkan ekosistem akuarium yang sudah terbentuk dengan baik akan sangat membantu menjaga ia bisa hidup sehat.


Lemonpeel Angelfish juga enggak bagus dipelihara dengan terumbu karang; sebagai pemakan rumput mereka akan senang menyantap ganggang di alam, tetapi akan sangat lahap memakan coral, kerang, spons, dan invertebrata bentik jenis lain. 


Mereka bagusnya enggak dipelihara berbarengan dengan angelfish jenis lain karena mereka akan terus mengejar dan menyerang angelfish air laut yang lain sampai mati jika mereka bisa.


5. Potter’s Pygmy Angelfish

Potter’s Pygmy Angelfish


Potter’s pygmy angelfish cuma bisa didapati dari Kepulauan Hawaii, yang membikinnya jadi punya harga yang tinggi kalau dicompare dengan ikan hias air laut dengan ukuran yang sama. 


Termasuk sebagai salah satu varietas pygmy angelfish yang berbadan lebih besar, Potter panjangnya bisa menyentuh di angka 12 centimeter. Mereka rata-rata senang merumput di ganggang berserabut di habitat aslinya dan sangat aman dengan terumbu karang.


Namun ia sangat populer sebagai pemakan lendir dari karang lunak dan cangkang kerang; selalu perhatikan mereka jika kalian ingin menambahkan ke akuarium terumbu karang kalian. Potter’s Pygmy Angelfish termasuk ikan yang agak agresif dan harus jadi ikan terakhir yang kalian pelihara dalam akuarium untuk memberi jeda kepada tankmate supaya bisa beradaptasi.


Biarpun rata-rata didapati dari habitat asli, Potter’s Pygmy Angelfish sangat bisa beradaptasi dengan habitat akuarium dan dapat menyantap makanan apapun. Pakan dari sayuran harus jadi pilihan utama buat diberikan ke mereka.


6. Black Nox Angelfish Air Laut

Black Nox Angelfish Air Laut


Biarpun badannya enggak punya punya rona layaknya pelangi yang mencolok seperti sodaranya, Black Nox Angelfish tetap termasuk ikan terumbu yang sangat eksotik, dengan rona hitam midnight yang ada disekujur badannya yang bertahan sampai ia tumbuh dewasa. Black Nox Angelfish punya ukuran yang tidak terlalu besar serta karakternya yang cinta damai.


Black Nox Angelfish bisa kalian pelihara dengan Centropyge lain yang lebih kalem serta bisa digabungkan dengan black nox lain dalam satu akuarium dengan size yang lumayan besar. Akan tetapi mereka akan menyerang terumbu karang dan bagusnya di pelihara dalam akuarium komunitas. Akan tetapi, mereka enggak termasuk ikan yang pilih-pilih makanan dan akan menyatap makanan berupa sayuran serta daging dengan lahapnya.


7. Peppermint Angelfish Termahal

Peppermint Angelfish termahal


Peppermint Angelfish populer sebagai ikan angelfish air laut termahal dalam market ikan hias air laut. biar pun ada penjual yang memberi harga 15 juta rupiah buat satu ekornya, tetapi pernah ada penjual yang menawarkan harga sampai 420 juta rupiah!


Peppermint Angelfish termasuk yang sangat susah dipelihara. Dikarenakan habitat aslinya berada di perairan dalam di kawasan pulau Cook dan Rarotonga, dari 50 meter sampai 100 meter. Ini membikin para penyelam kesulitan menangkapnya serta saat membawa mereka kepermukaan sangat beresiko karena mereka bisa mati karena dekompresi kalau naik terlalu cepat.


Peppermint Angelfish didapati dalam perairan yang dalam, sedikit penerangan, dan temperatur air yang lebih dingin kalau dibandingkan dengan angelfish yang lain. Jika kondisi ini enggak bisa di berikan maka kemungkinan besar mereka pasti mati.


8. Gold Flake Angelfish

Gold Flake Angelfish


Gold Flake Angelfish lumayan susah di dapati karena habitat asli mereka ada di wilayah Pasifik Tengah dan Barat. Mereka di bandrol dengan harga yang sangat mahal; malah saat masih remaja dengan ukuran 5 sampai 7 centimeter aja harganya dijual sampai jutaan rupiah.


Rata-rata angelfish yang masuk ke dalam genus Apolemichthys punya fisik yang kuat dan Gold Flake Angelfish juga termasuk. Mereka senang menyatap alga, spons, bryozoa, serta tunikata.


Para penghobi masih memperdebatkan kalau si gold flake ini aman atau enggak buat terumbu karang. Banyak aquarist melaporkan kalau mereka masih remaja tidak akan menyerang terumbu karang, tetapi berbeda saat mereka sudah jadi dewasa. Tetapi penghobi lain berpendapat kalau Gold Flake Angelfish termasuk penghuni model reef.


9. Queen Angelfish

Queen Angelfish


Queen Angelfish termasuk salah satu jenis terbesar dan gampang didapati di wilayah perairan tropis di seluruh Samudra Atlantik Barat. Enggak seperti Centropyge Angelfish dari Pasifik, spesies Holocanthus senang memakan bunga karang, enggak jarang juga memakan ubur-ubur, karang, dan alga. Tetapi bagusnya, pakan beku siap saji buat angelfish bisa dengan gampang didapat di market akuarium khusus.


Biar pun engggak begitu peka kepada kondisi air, Queen Angelfish lumayan susah dipelihara karena ukuran serta makannya yang banyak. Ukuran mereka bisa mencapai 50 cm serta beratnya bisa mencapai 2 kilogram, sehingga butuh akuarium dengan ukuran 700 liter minimal. Queen Angelfish akan menyerang jenis angelfish lain dalam akuarium yang ukurannya kurang dari950 liter.


10. Emperor Angelfish atau Ikan Batman

Emperor Angelfish atau Batman


Emperor Angelfish habitat aslinya berada di kawasan luas Indo-Pasifik, mulai dari Afrika Timur dan Laut Merah menuju Pasifik Tengah. Saat masih muda ikan ini akan memiliki pattern berupa garis hitam, biru, dan putih dan akan berubah makin cantik waktu sudah dewasa. Saat berumur 3 tahun mereka sudah terlihat berbeda, dengan garis-garis kuning dan biru yang terang dan munculnya aksen layaknya sebuah topeng hitam.


Meski Emperor Angelfish senang memakan spons, mereka tergolong omnivora dan senang memakan sayur serta pakan olahan. Ia tergolong semi-agresif, Akan tetapi ia bisa hidup berbarengan dengan ikan lain dengan catatan bila tinggal dalam sebuah akuarium yang besar. Di habitat aslinya, Emperor Angelfish akan membentuk grup, terdiri dari 3 jantan dan dua betina yang berkeliling di suatu wilayah.


11. French Angelfish

French Angelfish


French Angelfish termasuk varietas angelfish air laut yang punya pattern dengan warna terang; saat masih muda mereka punya badan yang diselimuti warna hitam dengan tambahan garis kuning. Waktu sudah bertumbuh dewasa, wajahnya bertransformasi menjadi abu-abu dan hitam gelap. Namun warna kuningnya akan berubah menjadi keemasan disetiap sisiknya.


French Angelfish bisa didapati di wilayah Atlantik Barat dan termasuk jenis angelfish yang cinta damai. Mereka bisa kalian pelihara dengan angelfish lain dengan catatan ukuran akuariumnya paling tidak 1100 liter atau lebih.


Biarpun mereka senang memakan spons, bryozoa, dan organisme sesil lainnya, French Angelfish juga senang menyantap ganggang dan enggak jarang memakan invertebrata kecil. Makanya, kalian bisa memberikan spons laut dalam ukuran porsi kecil.


French Angelfish termasuk punya fisik yang kuat, menjadikan mereka angelfish yang bisa kalian pelihara di rumah.


12. Rock Beauty Angelfish

Rock Beauty Angelfish


Sangat persis dengan Queen Angelfish, Rock Beauty Angelfish sangat senang memakan spons, jadi jadi kalian harus menyediakan pakan beku sangat penting waktu memelihara mereka.


Rock Beauty Angelfish juga termasuk punya fisik yang tangguh serta gampang merawatnya. Berasal dari wilayah Atlantik Barat, dari kawasan Brasil sampai Teluk Meksiko, mereka termasuk angelfish dengan ukuran besar yang murah dan punya warna yang indah.


Lumayan susah dalam mencari tankmate nya, biarpun Rock Beauty Angelfish termasuk semi-agresif, mereka gampang jadi stress kalau terganggu. Ikan blue Tang, wrasse, dan jenis ikan yang tenang tetapi perenang yang cepat bisa kalian pilih menjadi teman akuarium buat si Rock Beauty.


13. Regal Angelfish

Regal Angelfish


Regal Angelfish punya penampakan yang sangat canti, tetapi sayangnya sangat susah buat kalian pelihara. Mereka sangat susah buat beradaptasi dalam akuarium dan gampang sekali terserang penyaki, serta stres karena fluktuasi parameter air, dan gangguan dari teman seakuarium.


Regal Angelfish harus kalian pelihara secara terpisah atau digabungkan dengan jenis ikan yang kalem juga. Kalian enggak disarankan memelihara ikan yang senang membully ikan lain serta yang semi agresif yang malah membikin mereka jadi stress dan mati.


Mereka rata-rata senang memakan spons dan bagus diberikan pakan beku khusus angelfish laut, dan boleh dicampur dengan pakan daging serta sayuran. Biarpun kebanyakan angelfish air laut akan menyerang karang, Regal Angelfish enggak termasuk ikan yang senang menyerang terumbu karang.


Saat kalian akhirnya memutuskan untuk membelinya, kalian harus mengkarantinanya terlebih dahulu dan mengamatinya supaya ia tidak merasa terintimidasi dengan ikan lain. Jika dipelihara dalam akuarium yang stabil dengan disediakan tempat persembuyian dan tankmate yang tidak hobi mengancam, Regal Angelfish akan bisa hidup lama.


14. Lamarck’s Angelfish

Lamarck’s Angelfish


Genicanthus Angelfish termasuk angelfish air laut yang sangat berkarakter. Mereka termasuk jenis planktivora yang senang menyantap organisme kecil yang berada di permukaan air, mereka enggak suka menyerang terumbu karang.


Genicanthus termasuk gampang buat soal makanan dan akan memakan pakan beku serta olahan. Mereka sangat aman buat keberadaan terumbu karang karena mereka enggak akan menyerang karang, kerang, serta invertebrata bentik lainnya.


Lamarck’s Angelfish, persis dengan jenis Genicanthus yang lain, termasuk dimorfik secara seksual; pejantan enggak cuma lebih besar secara fisik, tetapi juga mempunyai sirip dibagian perut dengan warna hitam dan loreng kuning yang khas berada di bagian dahi. Lamarck’s Angelfish juga cinta damai dan bisa dipelihara dalam sebuah kelompok dengan satu pejantan dan beberapa betina.


Lucunya, jika kalian memelihara 2 pejantan, dan mereka malah saling berkelahi, salah satunya yang kalah akan mengubah jenis kelaminnya jadi betina.


15. Blue-Girdled Angelfish

Blue-Girdled Angelfish


Sangat populer dengan panggilan Majestic Angelfish, Blue-Girdled Angelfish termasuk varietas dengan ukuran sedang dan punya sifat pemalu yang bisa di dapati di wilayah Indo-Pasifik. Biarpun termasuk semi-agresif apalagi ke angelfish lain dengan ukuran yang sama, mereka bisa digabungkan dengan jenis Dwarf Angelfish dan condong tidak peduli dengan jenis ikan lain.


Blue-Girdled Angelfish termasuk angelfish dengan ukuran besar yang tidak akan menyerang terumbu karang. Bagusnya kalian memberi makan spons dan bisa dicampur pakan nabati serta daging, dan yang pasti mereka enggak akan mengganggu terumbu karang kalian.


Tetapi enggak disarankan memelihara angelfish dalam sebuah akuarium reef karena mereka senang memakan rumput yang akan merusak rumput yang kalian sudah sengaja memeliharanya sebagai hiasan.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota