-->

Sponsor Mascota

Karakter Ikan Golden Dorado yang Sekilas Mirip Dengan Salmon

Ikan golden dorado termasuk jenis ikan predator air tawar yang punya karakter fisik yang besar. Umumnya para penghobi ikan hias air tawar sangat suka memelihara jenis ini karena punya penampakan yang cantik dan elegan persis layaknya ikan salmon sekilas bila kita lihat. Ikan cantik ini memiliki banyak panggilan misalnya dorado, river tiger, dan jaw charachin.


ikan golden dorado



Ikan golden dorado mempunyai bentuk tubuh yang sedikit persis dengan salmon bila di lihat sekilas. Ikan predator ini mempunyai perpaduan warna merah dan hitam di bagian tengah seakan-akan jadi membelah ekornya.


Kemudian badannya diselimuti dengan dominan warna abu sedikit putih dan dipadukan motif berwarna silver. Mempunyai gigi & rahang yang kokoh, jika diperhatikan tidak dari dekat maka bisa kelihatan barisan gigi yang kecil-kecil ikan golden dorado yang memenuhi perlengkapan dalam berburu mangsanya.


Penggolongan Ikan Golden Dorado

penggolongan ikan golden dorado


Jika dilihat dalam kacamata ilmiah, golden dorado berakar dari keluarga Animalia dan tercampur dalam grup Chordata. Nah, dari grupnya itu, selanjutnya ikan yang mirip salmon ini dikategorikan lagi masuk dalam genus Actinopterygil.


Dari kategori Actinopterygil, ikan yang hidup di air tawar ini akan dimasukan ke bagian kelas Characiformes dan keluarga Charachidae. Mengenai tentang speciesnya, ia termasuk pada species Salminus yang lebih spesifiknya yaitu S. Brasiliensis.


Baca Juga : Fakta Menarik Ikan Arapaima Predator Air Tawar yang Berasal Dari Brazil


Faktanya, golden dorado yang mempunyai nama keren Salminus Brasiliensis ini berakar dari lingkungan selatan negara Brazil. Pada kelanjutannya, ia meluas ke negara lainnya yang ada di sekitar Brazil misalnya Negara Uruguay, Paraguay, North Argentina dan Bolivia.


Perluasan wilayah ikan yang punya julukan sebagai predator tangguh ini sangat gampang meluas ke beberapa benua lain selain wilayah negara Amerika. Dan Sekarang, Di beberapa negara Eropa dan malah bisa sampai ke asia Dorado sudah sering ditemui.


Di Indonesia, bisa dibilang masih sangat langka, akan tetapi golden dorado sudah sangat umum dimiliki dan dirawat oleh para aquarist lama atau baru dan juga para pembisnis. Ia juga sudah bisa kita temui di beberapa suaka alam serta area-area pemijahan eksklusif.


Ikan ini acap kali dipanggil dengan sebutan salmon air tawar. Kenapa banyak yang bilang persis dengan salmon karena penampakan badannya yang persis sekali dengan salmon seperti yang kita sudah bahas di atas. Ia mempunyai corak warna badan red dan black ditambah sedikit warna kuning.


Keunikan Fisik Dorado

keunikan fisik dorado


Untuk sisiknya ikan yang satu ini berguna untuk mengcover daging yang ada di badannya yang banyak akan manfaat agar enggak terlukai oleh serangan predator yang lain. Warna dari sisiknya sendiri adalah abu-abu dengan sedikit warna putih ditambah warna perak sehingga membikin kesan glowing.


Dari aspek etimologi badannya, golden dorado mempunyai rahang yang sangat kekar untuk mengunyah makanan atau mangsa. Untuk masalah giginya memiliki barisan yang sejajar rapi tajam biarpun kelihatan kecil-kecil.


Karakter Ikan Golden Dorado

karakter ikan golden dorado


Ikan Dorado mempunyai karakter yang sangat unik, yaitu bisa berenang dengan super gesit melewati arus sungai biarpun badannya bisa dibilang besar. Hal ini juga cukup mengagetkan karena ia telah tergolong sebagai ikan predator.


Baca Juga : 13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer di Indonesia dan Cara Merawatnya


Dorado sendiri juga sangat cerdik saat berenang kotra dengan deraian sungai supaya enggak terbawa oleh arus karena badannya persis layaknya sebuah torpedo. Dan fakta lainnya, Ikan ini benar-benar senang menjelajahi dasar sungai, kolam ataupun aquarium buatan.


Makanan Favorit Dari Dorado

makanan favorit ikan golden dorado


Selain senang memakan Ikan-ikan kecil dari perairan mereka juga suka memangsa serangga, udang, dan kadal.


Nah, waktu kalian memelihara ikan Dorado dalam aquarium, ia bisa beradaptasi dengan jenis pakan apapun. Dia dapat saja dikasih makan sentrat dengan kualitas bagus atau diberikan ulat sutra Jerman.


Baca Juga : 5 Jenis Ikan Belida Paling Beken yang Disukai Para Kolektor


Pada saat masih dalam proses pertumbuhan, waktu masih berbentuk larva, dorado suka menyantap plankton. Tetapi setelah tumbuh sampai umur kira-kira remeja, mereka sudah dapat melahap jenis ikan-ikan kecil.


Jika kalian ingin memberikan pakan pada Golden Dorado didalam aquarium, coba dikira-kira size mulutnya untuk mengira-gira apakah mangsa yang akan dimakan bisa masuk ke mulutnya. Karena seharusnya ikan yang mirip salmon ini enggak rewel masalah makanan.


Temperamen Ikan Golden Dorado

tempramen dorado


Temperamen dari golden dorado lumayan iseng, tetapi umumnya justru dimanfaatkan para penghobi ikan arwana untuk menggertakan arwana supaya ikut berenang kesana kemari di akuarium jadi si arwana tetap bugar. Makanya ikan ini benar-benar cocok menjadi tankmate ikan arwana.


Baca Juga : 10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi


Fakta lain yang menarik, biarpun iseng, tapi enggak berbahaya dan membikin arwana stress kok. seperti membujuk agar mau bermain aja. Tetapi kalian harus sedikit berhati-hati masalah size ikan yang akan menjadi teman golden dorado yang akan di letakan dalam satu aquarium. Karena Ikan ini harus jangan sampai muat untuk mulut golden dorado, nanti malah di makan.


Harga Ikan Golden Dorado

harga ikan golden dorado


Varietas Dorado merupakan tergolong ikan dalam genus premium atau punya nilai yang mahal. Hal ini terjadi karena penampakannya yang menawan serta dagingnya pun berisi banyak kebaikan buat tubuh kita jika dimakan oleh manusia.


Baca Juga : 8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi


Di market, secara awam ikan Golden Dorado dibandrol dengan harga yang bisa mencapai satu juta Rupiah sampai satu setengah juta Rupiah per ekornya. Akan tetapai, angka tersebut enggak selalu sama tergantung lagi dari ukuran badan ikan dan juga tempat kalian membelinya.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota