-->

Sponsor Mascota

Info Menarik Ikan Red Tail Catfish Serta Harga Pasaran Indonesia

 Red Tail Catfish adalah salah satu jenis ikan predator air tawar cantik yang berakar dari amerika selatan. Punya penampakan serta perpaduan rona merah pada bagian buntut yang terlihat sangat kontras dengan rona putih dibagian perut bawah serta hitam untuk bagian atas, yang akhirnya membikin ikan Red Tail Catfish ini sebagai ikan hias air tawar.


Ciri khas yang paling kental dan jadi magnet tersendiri buat si lele cantik ini ada dua. Yang pertama yaitu kepalanya yang punya ukuran besar yang percis dengan karakter anime jepang yaitu doraemon. Shape kepalanya ini yang membuat ia terlihat unik dan lucu.


info menarik ikan red tail catfish



Tetapi di pasaran ada juga ikan Red tail Catfish yang punya kepala dengan corak batik. Lalu yang kedua yaitu bagian ekor yang berona merah, kontras dengan rona badannya itu. Semakin dewasa, rona merah pada buntut ikan ini akan semakin kuat dan kelihatan terang.


Baca Juga : 7 Jenis Ikan Hias Lemon Terpopuler dan Cara Merawat Untuk Pemula


Lingkungan asli ikan ini berada di perairan sungai amazon, Orinoco serta terdapat juga dilembah sungai Essequibo Amerika Selatan. Kalau urusan pakan, ikan ini juga bisa dibilanh gampang. Saat masih berukuran kecil kalian bisa memberikan makanan berupa cacing beku, ikan dengan ukuran kecil, udang, dan saat sudah berumur dewasa kalian bisa memberikan pakan berupa daging.


Red Tail Catfish bisa berkembang dengan panjang maksimal lebih dari 1 meter dengan berat badan sampai 80 kilogram. Ikan ini terkenal punya umur yang panjang, di alam liar ikan Red Tail Catfish bisa berumur sampai 20 tahun! sangat luar biasa.


Ukuran Ikan RTC dan Pertumbuhan Terbesar

Ukuran Ikan RTC terbesar


Waktu ikan RTC masih berumur remaja yang di jual di toko ikan hias, umumnya panjangnya rata-rata 5 centimeter. Kalian mungkin akan diinfokan oleh sang penjual kalau ikan RTC ini bisa tumbuh sampai 30 centimeter dalam akuarium. Info ini ternyata tidak benar. Mitos kalau ikan RTC cuma bisa berkembang seukuran akuarium sangat menyesatkan.


Ikan ini ternyata gampang tumbuh 2,5 centimeter perminggunya saat ia masih muda. Rata-rata mereka bisa mencapai 60 centimeter dalam 12 bulan. Kalau kalian pelihara dalam akuarium, ia dapat tumbuh sampai dengan 1,2 meter. Dan kalau dibiarkan hidup di habitat aslinya ia bisa berkembang lebih besar lagi.


Ikan RTC terbesar yang pernah ditemukan di perairan Amazon pada tahun 2010, panjangnya mencapai 1,6 meter dengan bobot badannya 55 kilogram.


Makanan Red Tail Catfish

Makanan Red Tail Catfish


sudah kita bahas sedikit di atas kalau Redtail Catfish enggak pilih-pilih makanan. Umumnya, ia akan makan apapun yang bisa masuk ke dalam mulutnya. Mereka termasuk hewan omnivora, tapi mereka lebih senang makanan yang mengandung daging.


Disarankan, Pilihan pakan ikan RTC harus terdapat pakan olahan berupa pelet karnivora yang tenggelam, daginh ikan dan daging yang dipotong kecil, udang, udang karang, serta cacing. Kalian bisa membuat pakan sendiri supaya ia mendapatkan asupan nutrisi paling baik.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Kalian mungkin pernah nonton video di youtube ikan Redtail catfish memakan ikan hidup, itu sebenarnya enggak harus. Feeder seringkali tumbuh dalam keadaan yang enggak sesuai dan penuh sesak yang akhirnya menimbulkan banyak problem ke depan.


Salah satunya ia sangat minim mengandung nutrisi. Feeder juga dapat membawa penyakit serta parasit yang bisa menyerang redtail catfish kalian. Selain itu, feeder harganya lebih tinggi jika di-compare dengan dpilihan pakan lain yang lebih bagus dan lebih bernutrisi.


Kelebihan makan merupakan masalah biasa yang terjadi di spesies ini. Redtail catfish menjadi terlihat sangat lambat setelah makan dan butuh waktu untuk mencerna makanannya. Saat masih berumur remaja ikan RTC ini harus kalian kasih makan setiap harinya, tetapi saat sudah berumur dewasa ia cuma butuh makan besar 1 kali dalam seminggu.


Setelah kalian paham betul karakter redtail catfish, kalian pasti akan paham dengan tanda waktu ia menjadi lamban. Kalian juga akan tahu waktu mereka kembali gesit dan paham waktu yang tepat untuk memberi pakan. Ia sangat bisa dilatih buat makan dari tangan sang pemilik atau handfeeding.



Ikan RTC akan menyantap apapun yang muat di mulutnya, biarpun itu ternyata bukan makanan. Mereka akan makan kerikil, batu, part saringan dan sebagainya.


Harga Red Tail Catfish

Harga Red Tail Catfish


Termasuk sebagai ikan hias yang lumayan peminatnya, harga Red Tail Catfish termasuk punya harga yang mahal di market. Untuk yang masih kecil saja, ia diberi dengan harga 200 ribu Rupiah sampai 400 ribu Rupiah.


Baca Juga: 10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi


Dan kalau Red Tail Catfish sudah dewasa dan penampakannya kelihatan cantik, maka harganya pun kian meroket yaitu sampai dengan jutaan rupiah, tergantung dari size serta keindahan warnanya.



Karakter dari Red Tail Catfish

Karakter dari Red Tail Catfish


Seekor lele remaja memang terkenal dengan karakternya yang sangat pemalu. Saran terbaik untuk mereka bisa mengurangi rasa malu dengan memberikan hiasan berupa gua dari batu, supaya mereka dapat bersembunyi, dan menaruh akuarium di mana kalian sering beraktifitas supaya ia bisa sangat terbiasa dengan keberadaan kalian.


Bagusnya juga sebenarnya kalian lebih bagus pelihara Red tail Catfish sendirian. Jika kalian memang ingin sekali memberikan tankmate atau teman akuarium, kalian harus pastikan lagi tankmate yang kalian pilih ukurannya tidak akan muat kedalam mulut si red tail catfish.


RTC bisa dengan gampang melahap apa pun yang punya ukuran setengah dari badannya, dan bisa saja ia makan makanan yang lebih besar bobotnya dari setengah ukuran badannya sendiri. Tetapi ini sanhat berbahaya karena ia bisa saja tersedak.


Baca Juga: 8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi


RTC termasuk ikan predator alami yang akan menyergap dan menyantap ikan lain yang berukuran lebih kecil. Jadi ikan yang dengan ukuran lebih kecil dari si lele cantik ini bukanlah tankmate yang cocok.


Teman akuarium Red tail Catfish harus punya badan dengan ukuran yang mirip, contoh ikan yang pas: gar, stingray, dan ikan datz. Bagusnya lagi kalian mencampur mereka dari sejak kecil.


Kalian bisa saja memelihara RTC lebih dari satu ekor, untuk kemungkinannya ikan ini berkembang biak di akuarium sangatlah kecil, akan tetapi kalian harus paham kalau tidak akan kelihatan jenis kelaminnya saat masih berumur remaja.


Setup Akuarium untuk Ikan RTC Terbaik

Setup Akuarium Ikan RTC Terbaik


Ikan redtail catfish sangat butuh akuarium besar. Bagusnya lagi saat ingin memutuskan memelihara RTC kalian harus punya dahulu akuarium besar. Diawal saat membelinya pasti ukuran ikan ini sangat kecil, tetapi red tail catfish akan dengan cepat pertumbuhannya dan kalian pasti akan kesulitan buat yang masih pemula. Ya memang masih terjadi perdebatan untuk size akuarium paling tepat untuk si RTC ini.


Baca Juga: 5 Jenis Ikan Belida Paling Beken yang Disukai Para Kolektor


Beberapa penghobi berpengalaman merekomen ukuran akuarium 3750 liter, yang membikin akuariumnya jadi punya ukuran akuariumnya 3,6 x 1,2 x 0,9 meter, bahkan size akuarium ini sangat tidak pas buat si red tail saat sudah berkembang dewasa. Banyak orang akhirnya memilih memeliharanya dalam kolam seperti ikan koi merupakan solusi paling mantap.


Sudah kita bahas di atas kalau ikan ini akan melahap apapun yang bisa masuk ke mulutnya. Sehingga ia sangat butuh ruang yang lega. Jangan memasang dekorasi, kerikil, atau apapun ke dalam akuarium kalian.


Soal substrat, mereka dapat menyantap batu atau kerikil jadi bagusnya kalian harus punya akuarium polos untuk bagian bawah. Tapi buat kalian yang tidak suka dengan akuarium yang kelihatan polos, kalian bisa mengakalinya dengan menambahkan lapisan berupa pasir. Tetapi harus diingat akuarium tanpa alas akan lebih gampang kuras atau di bersihkan.


Redtail catfish adalah ikan yang hidup di level menengah sampai bawah akuarium dan lebih senang pada pencahayaan yang minim. Mereka terbiasa hidup di lingkungan tropis, Jadi kondisi akuarium yang pas seperti ini. Air harus punya temperatur di antara 20 sampai dengan 26 drajat celcius.


Baca Juga: Malabar Wolffish Ikan Predator Wajib kalian Pelihara di Rumah


Kalian harus menambahkan pemanas jika tempat tinggal kalian di daerah dingin. Dan yang enggak kalah penting kalian harus menjaga kandungan Ph air tetap stabil yang berada pada 6.0 sampai 7.5.


Mengingat size akuarium yang diharuskan besar, kalian akan kesusahan mencari filter tradisional yang bagus sehingga sump filter adalah opsi paling tepat. Sump filter di market terbilang sangat mahal, jadi kalian bisa mencoba membikin sendiri di rumah.


Nah itulah berbagai info menarik mengenai ikan red tail catfish atau RTC sebelum memeliharanya. Ikan ini butuh ruang yang besar serta perawatan yang tepat. Jika kalian bisa memenuhinya, RTC akan jadi ikan kebanggaan kalian yang ada di rumah.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota