-->

Sponsor Mascota

8 Ikan Hias Air Tawar Langka yang Sering Diburu Para Penghobi

 Ikan hias air tawar sering sekali di cari buat dijadikan hewan peliharaan di akuarium rumah. Biasanya mereka di incar karena punya penampakan yang terlihat unik dengan corak rona yang menawan. Akan tetapi ada jenis yang hidup di air tawar langka ini yang sudah terancam punah.


Jumlah terus berkurang, air yang dipenuhi polusi, dan ditambah adanya perburuan ikan secara liar membuat beberapa jenis ikan hias air tawar langka di beberapa tahun belakangan ini. Berikut kita bahas 8 jenis ikan hias air tawar langka yang terancam punah.


1. Ikan Hias Air Tawar Unik: Discus

ikan hias air tawar langka discus


Tergolong jenis ikan hias air tawar langka di alam liar. Ikan yang punya panggilan dalam bahasa latin Symphysodon ini punya ukuran badan yang bisa dibilang besar dengan didominasi rona yang cerah. Mereka sering dipanggil sebagai 'raja akuarium' karena kecantikan rona badannya.


Baca Juga: Info Menarik Ikan Red Tail Catfish Serta Harga Pasaran Indonesia


Ikan ini berakar dari lembah sungai Amazon dan di beberapa anak sungainya termasuk wilayah Rio Negro. Ikan discus senang sekali berkumpul di area yang ada pohon tumbang di pinggiran pantai dan sangat senang berada di perairan yang tenang. Maka enggak perlu kaget jika spesies ini jarang didapati di perairan dengan arus kencang.


Kalau kalian memang kepingin sekali memelihara ikan ini di sebuah akuarium, Kalian harus memastikan temperatur air berada di 27 celcius, dengan level pH air antara 6,0 sampai dengan 7,0. Lalu level kesadahan (tingkat mineral) air berada di angka 3dGH sampai dengan 9dGH. Makanya, ikan jenis ini enggak pas di pelihara yang masih pemula karena butuh banyak sekali persiapan serta pengalaman supaya ikan discus bisa bertumbuh dengan maksimal.


Selain ia butuh dengan habitat air yang hangat, ikan ini juga senang dengan tanaman berdaun lebar dan besar. Enggak heran, discus dipelihara oleh penghobi aquascape. Kalian juga bisa menambahkan hiasan berupa kayu lapuk yang ditumpuk secara vertikal untuk menggantikan cabang dan pohon tumbang di lingkungan asli mereka.


Kalian juga boleh menambahkan tanaman apung untuk dijadikan area discus meneduh. Di alam liar, partikel tumbuhan yang membusuk merupakan sumber makanan buat ikan Diskus. Mereka juga senang memakan beberapa biota di dasar batu-batuan misalnya cacing dan krustasea atau udang yang kecil-kecil.


Makanya, pilih makanan dengan bahan dasar dari tumbuhan seperti spirulina, butiran, alga, serta pelet udang. Selain itu, Kalian boleh menambahkan pakan olahan yang sudah dibekukan sayuran sebagai vitamin tambahan yang bagus untuk mendorong pemijahan.


2. Ikan Hiar Air Tawar Langka yang Cantik: Dwarf Puffer Fish

ikan hias air tawar langka dan cantik


Ikan hias air tawar yang sangat bagus buat dibudidaya supaya tidak punah adalah jenis The dwarf pufferfish. Ikan yang juga beken dipanggil dengan Carinotetraodon travancoricus ini merupakan ikan air tawar dengan size badan yang mungil atau kecil yang berakar dari wilayah Kerala dan Karnataka Selatan di India.


Sangat berbeda dari spesies ikan hias air tawar yang langka yang lainnya, ikan varietas ini punya penampakan tubuh yang nyentrik serta eksotis. Ikan ini termasuk varietas ikan buntal yang bisa hidup di air tawar. Dari hasil penelitan yang ada, rona serta corak pada badan ikan hias ini bergantung pada keadaan hati mereka.


Baca Juga: 8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi


Seperti warna hijau sampai dengan cokelat ditambah totol gelap, dan rona putih atau kuning di paruhan perutnya. Selain punya penampakan badan yang enggak biasa, ikan ini juga tak membutuhkan akuarium dengan ukuran besar karena size badan mereka yang termasuk kecil. Jadi, kalian yang tertarik memeliharanya cukup memiliki aquarium dengan ukuran 19 sampai dengan 37 liter air.


Tetapi perlu diperhatikan untuk air serta akuarium yang akan di pakai harus bersih dan terbebas dari nitrit serta kandungan amoniak karena sangat berbahaya buat si ikan. Supaya dapat berkembang biak dengan lebih bagus, buatlah banyak tempat untuk sembunyi supaya si puffer fish bisa merasa nyaman dan aman. Kalian boleh menambahkan hiasan atau dekorasi buat dijelajahi ikan-ikan ini karena karakter mereka yang penasaran dan gampang sekali merasa jenuh.


Kalian bisa tambahkan tanaman berupa moss atau fern yang pas dengan lingkungan asli mereka di alam liar. Info dari peternak ikan buntal air tawar, pakan yang bagus yang bisa diberikan adalah pakan beku misalnya cacing darah, jentik nyamuk, tubifex, serta jangan memilih pelet atau pakan bubuk lain.


3. Ikan Hias Air Tawar Langka dari Malawi: Malawi Cichlids

ikan hias air tawar langka Malawi Cichlids


Sangat beken dengan rona dan pattern yang berkarakter, ikan yang berakar dari danau Malawi ini tergolong dalam kelompok ikan hias air tawar yang sangat langka dan susah buat didapati di alam liar.


Baca Juga: 5 Jenis Ikan Platy Paling Cantik yang Bisa Menghias Sudut Rumah


Persis seperti nama asalnya yaitu danau luas dengan terdapat beraneka macam biota di dalamnya, ikan yang masih termasuk dalam family Cichlidae ini butuh wadah dengan ukuran yang tidak kecil. Akan tetapi mereka juga bisa hidup dalam akuarium berukuran sedang, tetapi dalam jumlah populasi ikan enggak banyak dalam wadah tersebut.


Supaya si ikan bisa bertumbuh dengan sempurna, kalian harus selalu perhatikan kadar pH air serta bagusnya lagi gunakan air alkali, sehingga sangat persis dengan habitat yang asli. Dan juga, ikan ini tak perlu ditambahkan dekorasi yang terlalu heboh atau tanaman air buat bertahan hidup.


Kalian bisa tambahkan batu aquarium 3 dimensi yang berguna untuk meniru habitat asli mereka di danau. Cara lain untuk memperindah looks pada akuarium, kalian bisa tambahkan background bertema danau Malawi atau sebagainya.


4. Ikan Hias Air Tawar Kecil: Manfish atau Angelfish

ikan hias air tawar kecil


Beken dengan panggilan latin Pterophyllum, Ikan Angelfish hidup di air tawar dan sering sekali diburu karena punya penampakan tubuh yang terbilang cantik. Banyak sekali orang yang menambahkan ikan ini menjadi tambahan penghias dalam akuarium yang ada di rumah.


Persis dengan ikan discus, ikan ini juga tergolong dalam keluarga ikan cichlid dan berakar dari lembah Amazon, Orinoco Basin, dan perairan lain di perisai Guyana di Amerika Selatan yang tropis. Di lingkungan aslinya, ikan ini senang bermain di antara akar dan tumbuhan air.


Baca Juga: 14 Jenis Ikan Koi Termahal dan Paling Diburu Para Kolektor


Pattern yang berupa garis yang berbentuk kombinasi motif terlihat acak dengan rona hitam dan putih berguna untuk mengelabui ikan predator air tawar atau ikan-ikan besar. Biasanya, angelfish butuh keadaan air akuarium yang hangat, bagusnya berada di angka 27 celcius, dengan muatan pH air kisaran 6,5 sampai dengan 7,0.


Kalau kita lihat dari habitat aslinya yaitu perairan Amazon, ikan angelfish butuh tempat tinggal dengan size besar. Makanya, jika kalian kepingin sekali memeliharanya kalian harus pastikan untuk punya akuarium dengan ukuran 200 liter lebih supaya ikan bisa hidup panjang.


Bagusnya lagi gunakan akuarium ikan yang tinggi untuk mengakomodir tinggi badan si ikan. Boleh disertai tumbuhan yang bisa tumbuh tinggi misalnya Echinodorus grisebachii atau Echinodorus amazonicus yang lebih biasa dikenal sebagai tumbuhan pedang Amazon, serta pakis lidah ke dalam aquarium untuk jadi wilayah bermain si ikan angelfish.


Baca Juga: 4 Jenis Ikan Blue Ram yang Menawan dan Cara Merawatnya di Aquarium


Kalian bisa saja membuat akuarium mirip seperti Sungai Amazon dengan diberikan arus serta hiasan kayu apung yang dijejerkan vertikal untuk mengikuti tampilan sebuah cabang atau pohon yang tumbang. Biarpun beken sebagai jenis ikan yang kalem, Angelfish dapat berubah jadi agresif satu sama lain, apalagi waktu berkembang biak.


Bahkan faktanya juga ia enggak ragu buat menyerang dan memakan ikan yang dengan badan yang lebih kecil. Angelfish adalah varietas ikan omnivora atau pemakan hewan kecil serta tumbuhan. Jika kalian kepingin memelihara mereka dalam sebuah akuarium, berikan makanan olahan seperti pelet atau udang serta tambahkan menu lain seperti pakan beku dan hidup.


5. Ikan Air Tawar Langka: Hatchetfish

Ikan Air Tawar Langka Hatchetfish



Ikan hias air tawar yang sekarang susah ditemui di alam liar adalah Ikan kapak atau Hatchetfish. Ikan ini sering diburu oleh penghobi hewan air tawar sebagai penghias akuarium karena penampakan badan mereka yang sangat unik, yakni seperti sebilah kapak.


Selain itu, ikan ini punya kemampuan khusus yang unik yaitu melompat ke udara memakai kepakan sirip mereka yang besar buat menyergap serangga. Maka enggak kaget kalau mereka sering dipanggil sebagai 'ikan terbang'.


Baca Juga: 14 Jenis dan Cara Merawat Ikan Oscar yang Garang Tetapi Menawan


Ikan yang berakar dari Panama dan Amerika Selatan ini bisa berkembang sampai 4 centimeter. Di habitat aslinya, ikan ini beken sebagai jenis yang kalem bahkan condong pemalu sehingga ia sangat pas dipelihara bersama ikan lain.


Karena ikan ini senang berenang di dekat permukaan air, kalian harus menambahkan beberapa tanaman terapung di akuarium misalnya Amazon Frogbit. Biarpun punya skill bertahan hidup yang tinggi, akan tetapi ikan ini enggak disarankan untuk yang masih pemula dalam memelihara ikan hias.


buat 6 ekor ikan kapak, kalian paling tidak harus menyediakan akuarium dengan ukuran 113 liter air. Lalu harus diingat kalau akuarium harus diberikan penutup karena ikan ini senang sekali melompat keluar dari akuarium. Di habitat aslinya, ikan ini biasa senang memakan krustasea, serta serangga air. buat kalian yang tertarik pelihara ikan kapak di akuarium, kalian bisa memberikan pakan hidup misalnya udang dan larva serangga.


6. Ikan Predator Air Tawar Langka: Arwana

Ikan Predator Air Tawar Langka Arwana


Ikan hias air tawar yang termasuk ikan langka lain adalah ikan arwana. Mereka sering sekali dipelihara karena penampakan tubuh yang terlihat unik. Dari hasil penelitian, ikan ini berakar dari lembah sungai Amazon bisa berkembang sampai dengan 120 centimeter di habitat aslinya, tapi biasanya size mereka cuma kisaran 70 centimeter di penangkaran.


Makanya, sebelum kalian memutuskan memeliharanya kalian butuh akuarium dengan ukuran besar. Mereka akan merasa lebih nyaman jika berada di akuarium yang keadaannya persis dengan habitat di alam. Kalian bisa mengakalinya dengan memberikan beberapa tanaman air, pasir, dan bebatuan.


Baca Juga: 9 Jenis dan Karakter Ikan Hias Botia yang Menawan Untuk di Pelihara


Supaya arwana bisa bertumbuh dengan sempurna harus diperhatikan temperatur air dalam keadaan hangat yang disekitaran 27 celcius dengan level pH berada di 6,5 sampai dengan 7,5. Selain itu, jangan lupa tambahkan tutup akuarium untuk melalau ikan hias air tawar cantik ini lompat keluar akuarium. Ikan ini merupakan golongan jenis ikan karnivora yang senang menyantap ikan-ikan dengan ukuran kecil, krustasea serta serangga.


7. Ikan Sapu-Sapu Jenis Zebra Pleco

Ikan Sapu-Sapu Jenis Zebra Pleco


Ikan hias air tawar langka yang kita bahas ini adalah ikan sapu-sapu jenis Zebra pleco. Ikan ini sangat susah didapat dan sering sekali diburu karena keunikan corak dan penampakan badan mereka. Ikan Zebra pleco berakar dari perairan Rio Xingu yang berada di wilayah Brasil dan termasuk spesies kerdil yang panjangnya maksimal di angka 7 cm.


Makanya, mereka sangat bisa di pelihara dalam akuarium dengan ukuran kecil sampai sedang. Jika memang kepingin memeliharanya dalam akuarium, tambahkan beberapa hiasan kolam misalnya batu batuan serta kayu apung sebagai tempat untuk bersembunyi.


Baca Juga: Ikan Tapah Predator Air Tawar yang Akan Mengalami Kepunahan


Lalu perhatikan level ph di akuarium yang bagus berada di angka 6,5 sampai 7,0 dan temperatur kisaran di 21 sampai 27 celcius. Termasuk ikan jenis karnivora, kalian bisa memberikan pakan berupa daging beku seperti pelet atau hewan hidup dengan ukuran kecil misalnya bloodworm dan udang.


Bagusnya lagi jangan tambahkan ikan lain ke dalam akuarium karena si zebra pleco termasuk ikan yang pemalu dan malah ujung-ujungnya jadi berebut makanan.


8. Ikan Hias Palmas

ikan hias palmas


Ikan Palmas yang lebih lebih beken dipanggil dengan sebutan ikan Bichir atau varietas dengan sirip banyak. Ikan ini tergolong dalam family Polypteridae.


Ikan Polypteridae adalah ikan-ikan yang berakar dari sungai-sungai yang ada di benua Afrika, dan tergolong dalam spesies ikan yang langka di Indonesia. Karena kalau dilihat tampilannya persis dengan naga, enggak sedikit juga para penghobi ikan yang memanggilnya sebagai ikan naga.


Baca Juga: Sebelum Pelihara Ikan Electric Blue Jack Dempsey Perhatikan Hal ini!


Karakter yang khas lain yang dipunyai ikan palmas adalah skill-nya yang dapat bertahan hidup di luar air selama kurun waktu beberapa menit!


Itulah 8 jenis ikan hias air tawar langka di alam liar yang sering diburu. Supaya keberadaan mereka enggak terus berkurang, bagusnya harus diberikan perawatan dengan maksimal termasuk memberikan tempat yang cocok dengan habitat asli mereka di alam liar.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota