-->

Sponsor Mascota

7 Jenis Ikan Hias Lemon Terpopuler dan Cara Merawat Untuk Pemula

Jenis ikan hias lemon ini sangat membuat penasaran banyak orang dengan sentuhan warna yellow yang sangat menyilaukan mata layaknya sebongkah emas. Ia juga sangat dicintai oleh para penghobiest ikan cichlid karena rona pada badannya yang memberikan cahaya terang yang sangat sedap dipandang. 

Electric yellow cichlid atau sangat umum dipanggil dengan nama ikan lemon atau dalam bahasa latin Labidochromis caeruleus adalah ikan otentik dari Danau Malawi di africa, lebih tepatnya di daerah utara. Akan tetapi, mereka enggak galak layaknya genus yang otentik dari biotipe itu.


Karakter dari ikan lemon ini adalah punya organ sirip dengan warna full black pada bagian belakang, dan di ujung sirip belakang punya salur bewarna white yang panjang dari bagian punggung hingga ke bagian belakang, 

Pada pangkal sirip punggung dihiasi dengan warna yellow yang cerah, sirip pada bagian perut berwarna fullblack transparan dan yellow, dan memiliki warna dasar yellow yang sangat cerah atau oranye sedikit campuran warna merah.

Jenis Ikan Hias Lemon


1. Ikan Lemon Livingstoni Cichlid

ikan lemon livingstoni cichlid


ikan hias ini berakar dari wilayah malawii dan penduduk setempat memanggilnya dengan sebutan kalingonoo. Ikan ini memiliki skill yang sangat bagus dalam camouflage yaitu mengubah rona pada kulit atau penampakannya menyerupai dengan lingkungan sekitar waktu ikan ini sedang merasa terancam.


Rona pada badan ikan ini adalah didominasi oleh warna white, tetapi terdapat motif black atau ada juga yang blue di badannya. Pada penggalan sirip memiliki warna blue, oranye, atau malah ada yang dihiasi dengan totol dan salur putih di sekujur tubuhnya.


2. Jenis Ikan Hias Lemon Blue Moorii

jenis ikan hias lemon blue moorii


Ikan ini umumnya dipanggil dengan nama yang beken yaitu ikan lemon biru akan tetapi yang menjadi pembeda ikan ini dengan ikan lemon biru lain adalah pada penggalan kepala yang jenong mirip dengan ikan lohan. Ikan ini memiliki ukuran panjang badan kisaran dua puluh centimeter dan memiliki panas tubuh optimal yaitu 75 sampai 78 drajat farenheit.

3. Ikan Lemon Electric Yellow Cichlid

Ikan Lemon Electric Yellow Cichlid


Ikan hias air tawar ini dipanggi juga sebagai ikan lemon karena dihiasi dengan warna layaknya buah lemon dan punya warna black yang ada disekitaran organ sirip yang motifnya dari kiri ke kanan. 

Ikan ini sangat dicintai di dalam negeri dan sekarang sudah sangat banyak yang melakukan pemijahan varietas satu ini. Dengan dihiasi dengan rona yang terang pasti kelihatan sangat menarik buat kalian rawat dalam akuarium kalian.


4. Ikan Lemon Galak : Malawi Eye Biter

ikan lemon galak


Jenis ikan hias lemon ini tergolong dalam ikan predator air tawar yang punya size panjang badan sampai 23 centimeter dan dikategorikan ikan lemon dengan size besar. Ikan ini punya size mulut yang lebar dan panjang, rahang dengan size sepertiga dari jenjang badannya. 

Saran dari kami jika kalian kepingin membeli dan merawat ikan ini lebih bagus kalian kombinasikan dengan ikan lemon lain yang punya size badan yang hampir mirip atau malah pilih yang lebih besar. Karena varietas satu ini termasuk agresiff.

Karakter dari ikan eye biter ini adalah mempunyai rona badan putih dengan perpaduan warna keperakan dan dihiasi dengan pattern salur horisontal dengan warna brown disekujur badannya, yang start dari pangkal mulut sampai ekor.

5. Jenis Ikan Hias Lemon Red Empress

Ikan Lemon Red Empress


Ikan lemon red empress yang punya nama dalam bahasa latin Protomelass taeniolatus ini kita bilang paling beken untuk varietas ikan cichlidd. Ikan ini gampang banget buat kalian lihat di market ikan hias atau pasar yang terdapat di dalamm negeri. ikan ini punya penyebutan lain yang enggak kalah beken yaitu Spindle Hap.

Karakter utama varietas satu ini adalah punya rona pada badan yang elok layaknya sebuah pelangii sehabis hujan, jadi varietas yang sangat anggun ini sering sekali dipanggil dengan sebutan ikan rainboww.

6. Jenis Ikan Hias Lemon Trewavas Red Finned Cichlid

Trewavas Red Finned Cichlid


Ikan ini tergolong kedalam ikan lemon biru lantaran punya rona biru yang kental dengan dipadukan pattern salur bewarna black yang terdapat di penggalan sirip buntutnya. Ikan ini dapat berkembang mencapai panjang kira-kira 12 centimeter.

7. Jenis Ikan Hias Lemon Besar : Venustus

Jenis Ikan Hias Lemon Besar


Jenis ikan hias lemon venustuss ini mempunyai penyebutan dalam bahasa keilmuan yaitu Nimbochhromis Venustus. Ikan ini punya karakter yang terbilang sangat istimewa yaitu warna yellow dengan perpaduan green dan tambahan belang dengan warna brown yang ditemukan pada badannya. 

Untuk varietas lemon satu ini ada juga yang punya rona biru pada penggalan kepala untuk yang kelamin jantan. Varietas ini sangat bisa berkembang dengan panjang sampai dua puluh centimeter sampai tiga puluh centimeter, dan juga varietas satu ini tergolong lemon dengan size besar.

Ikan ini termasuk kedalam ikan lemon galak karena bisa menyerang dan memakan varietas ikan lemon lain yang size badannya lebih kelihatan kecil. Akan tetapi jika kalian mau enggak mau menggabungkan dalam satu aquarium maka kalian harus kasih tank-mate dengan size badan yang paling enggak sama atau malah lebih besar.

Tips Memelihara Jenis Ikan Hias Lemon Untuk Pemula


Perlu kalian ketahui bahwa ikan lemon cichlid ini termasuk ikan hias air tawar yang berakar dari wilayah Danau Tanganyika, Africa bagian Timur. Di sana ikan ini hidup dengan habitat air tawar yang dihiasi dengan bebatian dan lumayan hangat untuk suhunya.


Untuk pilihan rona pada badan dari ikan lemon cichlid ini ada dua opsi di pasaran, yaitu warna light yellow yang terang dan warna oranye dengan sedikit tambahan merah. Akan tetapi cuma ikan lemon cichlidd yang punya rona kuning terang yang sangat terkenal oleh orang-orang awam termasuk di dalam negeri.

Teknik Memelihara Ikan Lemon Terbaik Untuk Para Newbie

Teknik Memelihara Ikan Lemon Terbaik


1. Pilih Ukuran Akuarium yang Ideal Untuk Ikan Lemon


Aquarium merupakan wadah yang menjadi tempat tinggal dari ikan lemon ini. Makanya kalian mesti memperhatikan size yang pas buat aquarium kalian. Karena jika wadah atau aquarium ini terbilang sangat sempit, ikan ini bisa mengalami pertumbuhan yang jelek.

Size panjang maksimal dari ikan lemon cichlidd ini bisa sampai 13 centimeter atau kisaran empat sampai lima inch. Sehingga kalian perlu menyediakan aquarium yang minimal bisa memuat 114 liter atau 30 galonn. Dengan begini ikan akan merasa lebih leluasa dalam bergerak.

Nah sebenarnya ukuran galon di Indonesia sudah salah kaprah, galon yang berwarna biru, sebenarnya kita sudah salah dalam menyebutkan istilahnya. Dimana satuan 1 galon di Negara Amerika adalah sebesar 3,78541 liter. Tetapi di Indonesia ukuran 1 galon adalah 20 liter. Atau setara dengan 5 galon di Amerika Serikat.

Untuk ukuran yang menjadi arahan di sini lebih baik kalian memakai ukuran liter saja. Karena dengan ukuran liter ini enggak ada lagi kesalah pahaman ukuran.

2. Kasih Hiasan Aquarium Untuk Sebagai Tempat Persembunyian Ikan Lemon


Kalian harus paham bila Ikan lemon tergolong varietas ikan air tawar yang senang untuk bersembunyi. Makanya itu kalian harus menyediakan aquarium dengan wilayah persembunyian buatan sebagai wadah bersembunyi Ikan lemon kalian.


Untuk area ngumpet ini kalian dapat kasih berupa tanaman air hidup, batu, atau peralon yang sudah enggak dipakai sekalipun enggak menjadi masalah. Cuma aja kalian jangan sampai terlewat untuk dicuci dulu sampai bersih. Nanti malah ada siput atau tanahj yang masih nempel di peralon.

3. Teratur Kontrol Suhu Akuarium Ikan Lemon


Buat masalah temperatur air memang menjadi salah satu aspek enggak kalah penting dalam menjaga kesehatan ikan hias air tawar kalian. Makanya temperatur air yang terlalu panas atau malah terlalu dingin memang akan menghalangi perkembangan dari ikan lemon ini. Malah yang paling buruk mereka malah mati. Maka itu kalian harus menyediakan waktu buat memeriksa temperatur dari aquarium supaya tetap konstan.

Untuk temperatur air yang tepat kalian bisa atur antara 24 sampai 28 drajat celsius, atau kisaran 73,9 sampai 81,9 drajat Fahrenheit. Karena ikan lemon cichlid ini menyenangi air yang dengan temperatur hangat, persis seperti lingkungan hidup yang asli.

Sedangkan untuk bisa mengetahui temperatur dengan tepat pada aquarium kalian bisa memakai tools yang dapat mengukur suhu atau yang biasa dikenal dengan sebutan termometer. kalian bisa mendapatkan tools ini di market ikan hias atau apotik di sekitaran tempat tinggal kalian. 

4. Perhatikan Keseimbangan Asam Air Aquarium Dalam Memelihara Ikan Lemon


Tips selanjutnya adalah mengontrol keasaman air aquarium. Hal ini memang sepele namun enggak banyak para penggemar ikan hias pemula yang memperhatikan hal ini. Untuk mengetahui tingkat keasaman air aquarium, kalian bisa memakai alat pengukur khusus untuk keasaman air. Kalian bisa membeli alat ini di toko peralatan ikan yang ada di sekitar kota kalian.

Untuk kualitas keasaman air aquarium, idealnya adalah memakai air yang memiliki keseimbangan kadar asam atau pH 6,9 sampai 7. Hal ini disebabkan jenis ikan ini dapat berkembang subur di air asam yang mengandung banyak mineral seperti di habitat aslinya.

Sebelum mengisi air ke aquarium, sebaiknya kalian endapkan air tersebut dengan cara membiarkannya saja di dalam wadah selama minimal 2 hari. Setelah melewati waktu tersebut kalian baru bisa memasukkan ikan lemon ke dalam aquarium. Ini cara paling gampang dalam menjaga kadar asam dalam air aquarium kalian.

5. Pakai Alat Filter dan Aerator Dalam Memelihara Ikan Lemon


Tips berikutnya adalah perlunya kalian pasang Alat filter dan aerator ke dalam aquarium kalian. Membeli kedua alat ini sangat berguna untuk kalian. Karena kalian akan lebih hemat air. Kedua alat ini berguna juga untuk menyaring kotoran yang ada di dalam aquarium dan memberikan asupan oksigen ke dalam air aquarium.

6. Berikan Pakan yang Berkualitas Untuk Ikan Lemon


Tips yang akan kita bahas selanjutnya adalah memperhatikan pilihan pakan ikan yang kalian gunakan. Pakan adalah salah satu aspek yang membikin ikan lemon ini sukses dipelihara atau enggak. Karena jika pakan yang kalian kasih tetapi kurang tepat, ikan kalian malah akan menjadi sakit dan malah lebih fatalnya lagi menyebabkan kematian.

Memakai pakan ini bisa memberikan impact pada warna dari ikan lemon kalian. Semakin baik rona pada ikan lemon cichlid ini, pastinya semakin elok untuk diamati. Selain itu, jika kalian berniat untuk menjualnya pasti ikan lemon kalian akan dilabeli dengan harga yang lumayan mahal.

Warna yellow yang menarik dan ianggun ini sangat diharapkan keluar pada setiap ekor ikan lemon yang kalian rawat. Namun supaya cepat metode pewarnaan tersebut kalian mesti memakai makanan yang bagus dan tepat. Jika pakan ikan kalian enggak bagus, jangan deh buat berharap akan menghasilkan rona yang elok dari ikan hias kalian.

Beberapa pilihan pakan ikan yang dapat kalian pakai untuk memaximalkan rona dari ikan lemon ini adalah pelet buatan, udang air asin, cacing berjenis sutra, dan kutuu air. Untuk peletnya belilah pelett yang memang dibuat untuk makanan ikan lemon kalian.

Jika cara kalian dalam merawat sukses, ikan lemon akan bisa tumbuh dan berkembang sampai umur maximal 9 tahun. cukup lama bukan umunya? Namun jika enggak tepat dalam merawat waah ikan kalian bisa cuma punya umur yang pendek.

7. Peliharalah Minimal 6 Ekor Ikan Lemon dalam satu Aquarium


Tips yang selanjutnya adalah mengetahui jumlah dari minimal ikan yang memadai untuk dipelihara. Ikan lemon ini merupakan jenis ikan yang hidup beregu. Bila sudah paham jumlah minimal memelihara ikan lemon ini, hal ini akan sangat berdampak untuk pertumbuhan dari ikan kalian.

Untuk menambah kecantikan aquarium kalian, sebaiknya memelihara ikan lemon minimal 6 ekor dalam satu aquarium. Karena ikan ini berukuran kecil, maka ikan ini akan kelihatan bagus jika di dalam aquarium kalian terdapat banyak ikan lemon ini.

8. Membersihkan Aquarium Ikan Lemon Secara Teratur


Dalam masalah menguras aquarium, bagusnya kalian membersihkannya paling enggak 14 hari sekali. Dan enggak boleh terlewat untuk endapkan air yang akan kalian pakai sebagai pengganti air aquarium selama minimal 24 jam. Ini untuk akuarium yang dipasangi dengan alat penyaring air otomatis.

Tetapi Jika aquarium kalian enggak dilengkapi dengan alat saringan, sangat disarankan kalian mengganti air 3 hari sekali. Kuras seperempat airnya aja yaa. Lalu diisi menggunakan air bersih yang telah diendapkan minimal 48 jam, kira-kira sampai air aquarium mencapai ketinggian yang persis seperti awal.

Bagimana? Menarik bukan? Apakah kalian kepingin memelihara jenis ikan hias lemon? Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian dan bisa menjadi acuan kalian sebelum memutuskan ikan hias air tawar apa yang akan kalian pelihara.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota