-->

Sponsor Mascota

12 Ikan Predator Air Tawar Cantik Untuk di Pelihara Namun Tetap Sangar

Memelihara ikan predator air tawar buat kalian merawatnya memang mempunyai nilai & pamor tersendiri. Dan apalagi jika belum banyak masyarakat awam yang berani memelihara ikan predator di Indonesia.


ikan predator air tawar


Selain di Indonesia sendiri, beragam ikan predator air tawar juga didatangkan dari negeri diluar Indonesia , contohnya negara tetangga yaitu Thailand, Africa, Amerika & china. Enggak cuma penampakan yang atraktif, aksi mereka yang rata-rata agresif membuat aquarium kelihatan lebih bernyawa.


Baca Juga : 7 Jenis Ikan Hias Lemon Terpopuler dan Cara Merawat Untuk Pemula


Ada macam-macam tipe ikan yang tersebar di penjuru dunia. Bila dilihat menggunakan kacamata awam ikan tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu ikan air tawar dan ikan air asin. Untuk menyeimbangkan keadaan alam, ikan yang terdapat di kedua jenis perairan tersebut memiliki posisi sebagai dimangsa dan juga pemangsa atau predator. 


Sekarang ini mascota akan membahas lebih dalam tentang ikan apa saja yang punya peran sebagai predator pada air tawar & sudah ada para penghobist yang memeliharanya, apa sajakah itu? Mari waktunya kita bahas!


1. Ikan Predator Arwana

ikan predator arwana

Ikan predator satu ini sudah sangat umum sekali dimiliki para penghobiest, predator yang sangat beken dibuat menjadi penghias di aquarium. Punya rona yang anggun & benar-benar sedap dipandang mata membikin kebanyakan orang awam terkadang tidak berfikir ternyata ikan arwana tergolong predator air tawar.


Predator air yang katanya sudah tercipta dari jaman purba ini faktanya menjalar dan tersenar ke penjuru dunia, akan tetapi ikan arwana varietas asia mempunyai karakter tersendiri dengan shape tubuhnya yang jenjang dan punya warna silver. Ikan arwana biasa di hargai lumayan tinggi loh! Harganya bisa dijual start dari dua juta Rupiah sampai sepuluh juta rupiah, malah ada yang lebih mahal lagi.


2. Ikan Red Snakehead Predator

ikan red snakehead predator

Di Indonesia sendiri, ikan predator air tawar yang sudah sangat umum dipelihara ini di beri panggilan yaitu ikan toman. lingkungan hidup liar Ikan red snakehead ini kebanyakan berasal dari wilayah south east asia dari perairan kota ho chi minh yang berada di vietnam sampai pulau-pulau kecil yang ada di kawasan kepulauan Bangka.


Badannya yang lebar satu meter lebih dikit ini membikin para penghobiest ikan ini harus menyediakan space yang lumayan, dan faktanya juga ia senang berenang di tempat yang agak leluasa. Ikan toman ini dibandrol dengan harga 85.000 Rupiah sampai 100 juta Rupiah, bila size nya lebih besar harganya akan mahal dan ditambah rona yang indah.


3. Ikan Predator Peacock Bass

ikan predator peacock bass

Peacock bass atau yang umum atau beken dipanggil dengan panggilan pbass adalah ikan predator asli dari parairan amazon! Predator air tawar yang sangat agresif saat menyantap makanannya ini punya badan yang kelihatan cantik dengan pattern rona terlihat terang dan elok. Manuvernya lincah banget apa lagi saat mengejar buruannya.


Baca Juga : 8 Jenis Bala Shark Terpopuler Paling di Cari Penghobi Ikan Hias


Sebenarnya ikan pbass punya beberapa varietas yang beken yaitu Monoculus, Orinoco, serta Kelberi. Jika kalian lebih memilih untuk pelihara dari size masih kecil misalnya yang masih ukuran lima centimeter, harganya enggak sampai 100 ribu Rupiah dan untuk ukuran besar sekitar 30 cm, harganya dapat mencapai 1 juta Rupiah.


4. Ikan Belida Predator

ikan belida predator

Faktanya ikan belida sekarang ini sudah sangat jarang dan bisa lenyap dari muka bumi! Kalian udah pada tahu? bahwa si predator satu ini sangat beken di jadikan panganan yang khas dari palembang. 


Yup betul sekali ikan ini dari jaman dlu di jadikan sebagai empek-empek. Tetapi ada juga belida yang berubah menjadi peliharaan para penghobiest di rumahnya. Nah varietas yang beken dipelihara adalah belida royal, albino,dan yang lumayan terkenal bengkok.


Bila di compare dengan jenis ikan hias air tawar lain, belida ternyata terbilang elementer dengan punya rona agak keabu dan pattern polkadot hitam. Akan tetapi, coraknya yang khas ini bila kalian lihat sebentar agak mirip dengan sebilah pisau dan karena terbilang sangat langka dan susah dicari para penyuka ikan hias benar-benar menginginkannya. Info yang didapat sih ikan predator ini di bandrol dengan harga 150.000 Rupiah.


5. Ikan Predator Golden Dorado

ikan predator golden dorado

Lingkungan hidup asli si predator ini berakar di south america, Golden Dorado adalah tergolong ikan predator air tawar sudah sangat biasa dipelihara oleh para penghobiest, nah di Indonesia sendiri ada artis yang sudah memeliharanya yaitu Irfan Hakim. Ikan predator satu ini terbilang sangat cocok untuk kalian pelihara dalam aquarium rumah.


Punya shape badan yang terbilang mirip sama ikan salmon yang jenjang & membulat membikin golden dorado juga beken dipanggil ikan salmonnya air tawar. Persis dengan panggilannya, ikan ini dilengkapi dengan rona badan gold dengan deretan totol hitam kecil-kecil yang membikinnya kelihatan jarang! Golden dorado bisa kalian membelinya dari harga satu juta Rupiah.


6. Ikan Predator Oscar Air Tawar

ikan oscar air tawar

Masih termasuk kedalam familly Cichlidae, predator air tawar ini umum ditemui di kawasan south america, yang lebih tepatnya berada dari kawasan batang air Amazon, Negara Brazil. Biarpun enggak sebeken ikan predator tipe lain, ikan oscar sangat mempesona bagi yang sudah melihatnya, dengan dilengkapi rona-rona yang sangat mencolok dan beragam.


Varietas oscar batik, contohnya, punya rona dominan black dengan garis jingga yang mencolok. Nahh ada juga nih ikan oscar lemon yang punya warna dibadannya yaitu yellow terang dengan sedikit rona white & black di pangkal sirip. Oscar albino, yang paling mahal dan elok, didominasi oleh rona full white dengan pattern gold dengan tambahan rona merah yang atraktif.


Ikan oscar yang sudah dewasa dapat kalian beli dengan harga 70 ribu Rupiah sampai 160 ribu Rupiah tergantung jenis ikan oscar mana yang ingin kalian pelihara di aquarium lo!


7. Ikan Malabar Wolffish Predator

ikan malabar wolffish

Dari namanya saja sudah kelihatan, ikan ini punya panggilan lain yaitu serigala air dan sangat beken karena keagresifannya oleh warga setempat. 


Daya pikatnya sebagai ikan predator air tawar buat dipelihara sudah sangat beken di kalangan penghobiest. Kebanyakan ikan Malabar Wolffish berada di wilayah Amerika Latin start dari Negara Venezuela Sampai ke negara Messi yaitu argentina.


Baca Juga : 14 Jenis Ikan Koi Termahal dan Paling Diburu Para Kolektor


Wujudnya kalau dilihat memang sangat persis dengan seekor serigala, loh! punya moncong yang besar dengan kumpulan gigi yang terlihat runcung dan menyembul. 


Rona pada badannya pun sangat banyak, tapi yang suka didapati adalah malabar wolffish dengan rona grey sedikit tambahan coklat. Kalian dapat membawa pulang dengan menebusnya sebesar 350.000 Rupiah.


8. Ikan Datnoid Predator Air Tawar

ikan datnoid predator

Diatas kita sudah membahas ikan serigala, sekarang saatnya membahas ikan macan. Ikan datnoid ini juga punya panggilan keren yaitu datz & tiger fish. Tiger fish sudah menjelma jadi idola para penghobist ikan predator air tawar buat dirawat karena mempunyai warna yellow dengan aksen keemasan dan ekstra loreng hitam di badannya & belahan sirip pada bagian buntut. Terbilang percis dengan seekor macan, kan?


Ikan predator yang ini nihh didapatkan di kawasan pertemuan air laut & air tawar Negara gajah putih atau Thailand & Indonesia. Ada bermacam varietas ikan tiger fish ini misalnya datnoid Thailand Utara, Indonesia, & Irian Jaya.


Skalanya yang rata-rata menyentuh angka tiga puluh sampai empat puluh centimeter lebih ini membikin ikan ini jadi diva di golongan para penghobiest ikan hias. Datnoid bisa kalian takis di harga 300.000 Rupiah sampai dengan 500.000 Rupiah.


9. Ikan Jack Dempsey Predator Air Tawar

ikan jack dempsey

Jack Dempsey Merupakan genus cichlid seperti ikan oscar, ikan jack dempsey sering ditemukan di daerah Amerika lebih-lebih di bagian Honduras dan Meksiko.


Mereka mempunyai ciri khas wajah yang kuat dengan karakternya yang agresif. Nahh karena ciri ini lah namanya di ambil dari seorang atlet tinju terkenal asal America yang sangat legend.


Jack dempsey memiliki badan oval dengan sirip panjang. Warna di badannya yang bikin para pengoleksi ikan jatuh cinta! Memang terdapat banyak warna, tapi yang paling terkenal adalah merah muda, biru, dan gold. Harga ikan jack dempsey dapat menyentuh lebih dari 500 ribu Rupiah.


10. Ikan Predator Air Tawar Palmas

ikan palmas

Kalau kalian sudah mengaku sebagai pecinta ikan predator air tawar & ingin pelihara di rumah, pastinya kalian sudah mengenal ikan predator yang akan kita bahas sekarang ini.


Ikan yang tergolong kedalam tipe ikan kuno ini berada pada lingkungan hidup asli di Africa lebih tepatnya berada di perairan Nile. Penampakannya yang seperti makhluk mitologi yaitu naga dengan organ sirip pada bagian belakang badan kelihatan berkarakter & merupakan favorit penghobiest ikan predator.


Sekarang ini ada beberapa varietas sudah biasa di jual belikan di Indo yaitu palmas endlicheri, albino, senegaluus, ornna, dan yang lainnya. Bergantung dari varietasnya, harga ikan palmas di Indo sendiri sangat beragam, start dari yang paling murah sekitar puluhan rebu sampai yang paling mahal ratusan rebu Rupiah.


11. Ikan Predator Air Tawar Tapah

ikan tampah

Ikan predator air tawar asli dari wilayah Indo yang punya size badan yang amat gede dan tergolong beken dengan panggilan ikan monster. 


Faktanya terdapat beberapa varietas ikan tapah atau panggilan lainnya ikan willago & menjalar enggak cuma di Indo aja akan tetapi terdapat juga sampai keluar negeri, misalnya Wilayah pakistan, Malaisia dan juga Vietnamm. Karakter si ikan tapah adalah mempunyai semacam sungut atau kumis yang jenjang, pada bagian kepala serta congornya yang terbilang gede.


Baca Juga : Ikan Black Ghost Hewan Peliharaan yang Dapat Mengeluarkan Listrik !


Ikan tapah tumbuh berkembang maximal sampai dua setengah meter dengan bobot keseluruhan dapat menyentuh angka lima puluh kilo. Buat mempertahankan diri, ikan tapah punya barisan taring yang runcing & mampu melantas buruannya baik untuk menyergap atau untuk menerkam. 


Biarpun dibilang sebagai ikan predator, ikan tapah sering dicari buat dimakan. Yang menyebabkan populasi ikan ini sekarang sudah sangat jarang terutama di perairan Kampar, Riau.


12. Red Tail Cat Fish Predator

red tail cat fish

Ikan yang merupakan satu keluarga dengan lele ini faktanya merupakan ikan yang berakar dari negara Amerika & suka menyerang apapun yang berenang didalam air. Red Tail Cat Fish bisa berkembang sampai satu setengah meter bahkan lebih dengan bobot 80 kilogram di habitat liarnya.


Ikan ini bisa dibilang termasuk pemakan segala akan tetapi condong menjadi ikan predator yang senang menyantap ikan lain. Karakter yang dimiliki oleh predator yang satu ini adalah mempunyai motif merah di bagian ekor dan terkadang terdapat juga pada bagian sirip atas. 


Meskipun tergolong ikan predator, ikan ini sering juga dijadikan sebagai ikan hias air tawar karena memiliki warna benar-benar cantik.


Jika kalian berencana menjadikan si ikan kucing menjadi peliharaan disarankan untuk enggak meletakan barang terlalu banyak kedalam aquarium sebab ikan ini enggak perlu ragu untuk memasukan barang apapun ke dalam congornya.


Kegarangan & agresifitas ikan predator air tawar buat dipelihara selalu memukau mata pecinta hewan air. Nah, ikutin terus blog kita ini, untuk update-update terbaru, yang membahas hewan peliharaan di rumah.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota