-->

Sponsor Mascota

6 Fakta Menarik Ubur-ubur Kotak Predator Air Laut

Ubur-ubur kotak atau sea wasp yang punya nama latin Chironex Fleckeri populer sebagai predator air laut yang sangat beracun di dunia. dikutip dari animal.howstuffworks.com, sengatannya yang mengungguli tawon menembakan racun yang sangat kuat yang mempengaruhi tekanan darah dengan sangat cepat.


Meskipun tidak mempunyai rahang yang kuat layaknya ikan hiu putih besar, ubur-ubur jenis ini sangat berbahaya kalau kamu sampai tersengat. Aliran darah di jantung akan dengan sangat cepat naik dan menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Box jellyfish sering didapati meneror pengunjung yang ada disekitar pinggir pantai. Berikut fakta menarik ubur-ubur kotak si predator air laut yang perlu kamu ketahui.


Ubur-Ubur Kotak Hewan Paling Beracun

Ubur-Ubur Kotak Hewan Paling Beracun


Ubur-ubur ini diberi nama ubur-ubur kotak karena memiliki badan yang berbentuk kotak atau kubus. Nah, layaknya dengan ubur-ubur kebanyakan, ubur-ubur kotak terdapat racun yang terletak di tentakelnya.


Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish


Yang menjadi pembeda, Box jellyfish punya 60 tentakel yang dengan panjang sekitar tiga meter. Tentakel tersebut yang membawa jutaan kait yang terkandung racun yang sangat mematikan.


Bahkan menurut penelitiannya racun yang dipunyai oleh seekor ubur-ubur kotak dapat menghasilkan korban sampai 60 orang dewasa. Racun yang dikeluarkan oleh ubur-ubur kotak akan bereaksi untuk membius atau membunuh mangsanya dengan tujuan supaya tidak merusak tentakel ubur-ubur waktu musuh mencoba untuk kabur.


Racun Ubur-Ubur Kotak Membuat Rasa Sakit yang Hebat

Racun Ubur-Ubur Kotak Membuat Rasa Sakit yang Hebat


Ubur-ubur kotak dibilang sebagai hewan laut paling beracun karena racunnya yang sangat berbahaya buat makhluk yang disengatnya, termasuk manusia. Sengatan tentakel Box jellyfish dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat.


Selain itu, sengatan ubur-ubur dapat membuat nekrosis kulit, yaitu kematian pada sel-sel hidup yang dikarenakan oleh faktor eksternal atau dari luar.


Faktor eksternal tersebut contohnya seperti infeksi, racun, atau trauma yang membuat pencernaan yang dilakukan oleh komponen-komponen sel jadi tidak terkontrol.


Racun ubur-ubur ini juga dapat membuat serangan jantung pada korbannya, loh.


Beberapa manusia yang tersengat racun ubur-ubur kotak di laut dapat langsung tenggelam karena kaget akibat rasa sakit yang dibuatnya.


Para Peneliti Berhasil Menemukan Penawar Racun Ubur-ubur

Para Peneliti Berhasil Menemukan Penawar Racun Ubur-ubur


Setelah mengetahui hasil dari penelitian tentang racun ubur-ubur kotak yang sangat berbahaya, sekarang ini para peneliti sedang mengerjakan penelitian untuk mendapatkan penawar racun tersebut.


Untuk dapat mengamati cara racun Box jellyfish bekerja, peneliti terlebih dulu meneliti bagaimana racun bisa membuat rasa sakit.


Baca Juga: Fakta Menarik Belut Moray Si Predator Air Laut


Peneliti lalu memakai teknik perubahan CRISPR untuk memahami bagaimana racun tersebut berbahaya buat tubuh manusia.


CRISPR adalah teknik yang membuat ilmuwan dapat menambah, menghilangkan, atau mengganti DNA dari makhluk hidup.


Teknik ini dapat dimanfaatkan buat banyak hal, loh, contohnya seperti mengobati kelainan otot pada anjing sampai mengobati kelainan darah yang langka pada manusia.


Dari hasil penelitian yang sudah dikerjakan, diketahui kalau untuk menangkal racun ubur-ubur diperlukan kolesterol dan peneliti mencoba membuat anti racunnya memakai obat yang aman untuk manusia.


Terbukti, obat penawar yang dibuat oleh para peneliti sukses mencegah jaringan sel kulit menjadi rusak, luka pada jaringan, dan rasa sakit nih.


Selanjutnya, peneliti masih terus melakukan penelitian tanpa henti untuk melihat apakah obat penawar ini juga dapat dipaki buat menghentikan serangan jantung yang dikarenakan sengatan ubur-ubur kotak.


Mempunyai Mata yang Banyak

Mempunyai Mata yang Banyak


Ubur-ubur kotak termasuk spesies yang aneh. Supaya bisa terus bertahan, mereka mempunyai dua lusin mata yang rata-rata mempunyai lensa, kornea dan iris. Yang berarti, mahluk laut ini dapat memakai matanya dengan amat baik.


Umumnya anatomi ikan biasa cuma dapat membedakan cahaya gelap dan terang, namun jenis ubur-ubur terbilang sangat unik. Selain itu, fungsi saraf yang mereka punyai lebih hebat dibanding jenis ubur-ubur lain. Hal ini membuat mereka bisa bergerak dengan lincah untuk menghindari dan menangkap buruannya.


Dapat Berenang dengan Cepat

ubur ubur kotak dapat berenang dengan cepat


Sangat susah dipercaya, ubur-ubur ini dapat disebut sebagai salah satu spesies tangguh. Kapabilitas berenangnya bisa mencapai 6 km per jam. Hal ini dilakukan dengan dinamis mendorong air sampai membantunya untuk berburu. 


Baca Juga: Jenis Ikan Datnoid yang Sangat Seksi buat Dipelihara di Rumah


Kerennya lagi, mereka dapat membuka dan menutup kepala mereka yang mirip seperti lonceng yang melindunginya dari badai. Inilah yang membuatnya terlihat berbeda, tidak tidak seperti jenis ubur-ubur lain yang cuma dapat menunggu mangsa mereka.


Jenis hewan yang Berhasil Lolos dari Kepunahan

Jenis hewan yang Berhasil Lolos dari Kepunahan


Sekitar 600 juta tahun lalu, makhluk laut ini berhasil lolos dari kepunahan massal yang menghilangkan spesies lain. Ubur-ubur kotak tergolong pada salah satu hewan tertua yang ada di planet kita ini. Jumlah mereka layaknya ubur-ubur lain, diperburuk oleh pemanasan laut dan zat penipis oksigen yang menahan mereka mendapati jalan kehidupan di dalam air. 


Alasan inilah yang sekiranya dapat mengancam keberlangsungan hidup jenis ubur-ubur unik ini. Biarpun tergolong berbahaya, namun kehidupan makhluk laut tetap harus dilestarikan.


LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota