-->

Sponsor Mascota

Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish

Cantik tapi berbahaya, mungkin sangat pas dijadikan panggilan buat si julukan si ikan menawan yang satu ini, lion fish. Ikan singa, zebra fish ataulebih umum dipanggil lion fish ini penampakannya memang sangat cantik. Bagaimana enggak, duri sirip yang mengembang saat merasa terancam atau sedang didekati predator, membuat kecantikannya makin keluar. Sehingga enggak heran, bikin orang-orang ingin langsung memegangnya langsung.


Tetapi seperti panggilannya, walaupun punya paras yang cantik, kalian jangan sampai memegangnya langsung si ikan hias air laut ini. Karena dari setiap duri yang ada di badannya tersebut, tersimpan racin yang lumayan berbahaya. Kalau manusia sampai tersengat, bisa menimbulkan demam serta luka yang sangat berbahaya.


Bisa atau racun yang ada di bagian duri zebra fish ini berguna untuk melindungi dirinya saja, artinya iya tidak dengan sengaja menusukan racun ke ikan atau makhluk lain. Racunnya cuma dipakainya untuk bertahan atau dalam keadaan terpaksa.


Berikut adalah fakta menarik lain dari si lion fish yang perlu kalian ketahui!


fakta menarik dari si lion fish



1. Sirip dari Lion Fish juga Beracun

Sudah kita bahas di atas kalau si lion fish ini memang beracun, tapi masih ada yang belum tau racunnya itu terdapat di bagian mana tubuhnya. Ternyata, ikan ini punya 18 tulang belakang yang berbisa yang berada di punggung, panggul, dan rektum. Makanya, sirip-sirip mereka di bagian ini dapat menyuntikan racun saat si musuh atau korban tertusuk sirip mereka.


Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo



2. Ikan Singa dapat Berubah Warna

menurut para peneliti dan para penghobi ikan hias air laut yang sudah memelihara zebra fish, ikan ini bisa berubah warna di badannya seiring waktu mereka tumbuh dewasa. Kebanyakan dari mereka, warna mereka akan lebih menggelap dibanding saat mereka masih anakan atau muda.


3. Reproduksi yang Terbilang Pesat

Lion fish saat sudah berumur dewasa, waktu bereproduksi mereka terbilang sangat cepat, yaitu kurang dari 12 bulan. Selain itu, info dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), lionfish betina dewasa bisa menghasilkan telur 10.000 – 50.000 telur setiap tiga atau empat hari sepanjang tahun. Yang berarti, satu zebra fish betina dapat menghasilkan telur sampai dengan 2 juta telur per tahun!


Baca Juga: 16 Jenis Ikan Nemo Paling Beken Untuk Para Saltwater Aquarist


4. Termasuk Predator yang Doyan Makan

Sudah ada penelitian tentang perkembangbiakan zebra fish di Bahama, yang menginfokan kalau perut ikan singa ini bisa membesar 30 kali dari ukurannya yang asli. Karena kemampuan unik inilah, lionfish dapat makan sangat banyak. Makanan kesukaan mereka adalah moluska (hewan berbadan lunak dengan atau tanpa cangkang), dan invertebrata. Selain itu, ia juga populer dengan sifatnya yang kanibal, yang suka memakan lion fish yang lain.


5. Lion Fish Punya Sedikit Sekali Predator Alami

Sangat bertolak belakang dari fakta kalau ia termasuk predator yang ganas, lion fish enggak punya banyak predator yang akan memburunya. Kalau di laut negara kita, terdapat ikan kerapu, hiu, belut besar, dan frog fish yang bisa menyerang zebra fish.


Karena jumlah predator lionfish lebih sedikit kalau dibandingkan dengan pesatnya laju perkembangbiakan zebra fish, malah jadi perhatian buat para peneliti dari konservasi laut. Sekarang ini, banyak penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu lebih mendalam tentang perkembangbiakan lionfish yang bisa jadi ancaman buat ekosistem laut.


6. Termasuk ikan yang Bisa Kita Pelihara

Di Negara Amerika, para penghobi ikan hias air laut sudah memelihara lion fish dari beberapa tahun belakangan karena fisiknya yang cantik. Hal ini, selain bisa menaikan perekonomian, tentu saja juga membantu untuk mengontrol jumlah lionfish yang ada di alam liar.


Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah


Kalau memang kamu sangat tertarik memelihara ikan cantik ini, pastikan kamu sudah paham betul dalam merawatnya dan jangan sampai memegang siripnya! Dan juga kamu harus menginfokan ke anggota rumah yang lain kalau jangan sampai memegang ikan ini.


Untuk harga ikan lion fish mulai dari 35 ribu sampai dengan 100 ribu, tergantung dari jenisnya.


7. Ternyata Daging dari Lion Fish Sangat Enak di Makan!

Iya, biarpun terkenal karena punya racun yang mematikan, tapi lion fish bisa di konsumsi oleh manusia, tetapi harus punya keahlian khusus dalam mengolahnya. Yang pasti, kamu harus membuang tulang belakangnya karena disanalah letak venom atau racun zebra fish berada.


Tetapi lebih disarankan untuk kalian belajar dari ahlinya. Cara mengolahnya pun mirip dengan memasak ikan jenis lain. Dan rasanya? jujur saya pribadi belum pernah mencobanya, tetapi menurut orang yang sudah mencoba sangat layak untuk dimakan.


Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik Yang Berasal Dari Terumbu Karang


Cara Memelihara Lion Fish dalam Aquarium

Cara Memelihara Ikan Lion Fish


Dari beberapa fakta yanga sudah kita bahas tentang Lionfish, ternyata ada fakta lain yaitu si ikan yang menawan ini merupakan jenis ikan yang kuat serta gampang beradaptasi dengan baik untuk kehidupan di luar habitatnya.


Nah kalau kalian ingin memeliharanya dalam akuarium air laut, kemungkinan besar si zebra fish ini akan jadi predator lain buat ikan yang lain. Tetapi jika diberikan ruang yang cukup, tempat buat bersembunyi, dan pakan yang cukup, lion fish malah bisa berkembang biak di aquarium kalian.


Baca Juga: Fakta Menarik Firefish Goby Ikan Hias Air Laut dan Cara Merawatnya


Biarpun ia suka memakan ikan kecil atau udang hidup di habitat aslinya, lion fish bisa dilatih untuk bisa memakan pakan beku berupa udang atau krill. Namun, waktu kamu pertama kali memasukannya ke dalam akuarium, kamu disarankan untuk memberikan udang hidup untuk dimakan oleh lion fish sampai akhirnya bisa terbiasa dengan makanan jenis lain.


Jangan sampai lupa untuk menyediakan tempat persembunyian buat si ikan singa ini. Kamu boleh meletakan banyak batu karang supaya ia biasa merasanya nyaman dan punya tempat untuk bersembunyi.


Selain tempat persembunyian, lion fish membutuhkan banyak ruang, dan tidak disarankan untuk memelihara lion fish dalam akuarium yang ukurannya lebih kecil dari 50 galon, karena mereka dapat tumbuh cukup besar (10" sampai 15"). varietas lain dari Lionfish ada yang berukuran lebih kecil, dan varietas ini dapat dipelihara serta nyaman di aquarium dengan ukuran 30 galon.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota