-->

Sponsor Mascota

Fakta Unik dan Info Menyeramkan Ikan Candiru Si Predator Air

Salah satu predator air laut di dunia yang berbahaya adalah ikan candiru. Kalau dari penampakannya sih tidak seram, tapi ikan ini sangat berbahaya buat organ vital manusia, dengan cara masuk ke dalamnya!


Fakta Menarik Ikan Candiru



Berikut fakta-fakta ikan candiru yang sudah mascota rangkum dari berbagai sumber.


1. Habitat Ikan Candiru Berada Di Amazon

Dikutip dari Animal Diversity, ikan candiru sering didapati di bagian atas Sungai Amazon dan cekungan Sungai Orinoco di Amerika Selatan bagian utara. Lingkungan ikan ini yaitu di perairan yang dangkal, dengan aliran tenang, asam, dengan dasar yang dipenuhi lumpur atau pasir.


Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish


Ikan demersal ini juga lebih banyak setiap harinya terkubur di dasar sungai dan hanya keluar sesekali untuk makan atau kawin.


2. Ukurannya yang Sangat Kecil

Ikan candiru bukan tergolong ikan besar. Bahkan, ia dijuluki sebagai 'ikan tusuk gigi'. Panjangnya cuma berapa centimeter saja. Kira-kira jenjang badannya sekitar lima sampai empat puluh sentimeter.


3. Menyerang Manusia dengan Masuk ke Organ Vital

Ikan candiru sangat ditakuti oleh masyarakat yang menetap disekitaran Sungai Amazon. Ternyata infonya ada yang bercerita kalau ikan ini  bisa masuk ke organ vital manusia baik penis atau vagina.


Paling banyak, ikan candiru masuk ke penis pria. Jadi saat ada pria buang air waktu berenang dalam sungai, maka ikan dapat masuk ke dalam organ vital orang tersebut. Kemudian, ikan candiru akan mengeluarkan duri-duri tajam dan akan susah untuk dikeluarkan. 


4. Kotoran Manusia Dianggap Ikan Candiru Mirip Kotoran Ikan Lain

Menurut para peneliti, kotoran manusia seperti air seni dianggap ikan candiru persis seperti kotoran dari ikan. Setelah dicari tahu lebih mendalam, ikan candiru memang memburu mangsa dari kotorannya.


Baca Juga: Fakta Menarik Belut Moray Si Predator Air Laut


Ikan candiru pun menyerang ikan lain lewat saluran insang. Jadi, ikan candiru akan bersarang ke dalam saluran insang yang lalu tidak lama akan memakan dagingnya dari dalam.


5. Karakter Fisik Ikan Candiru

Menurut Britannica, ikan candiru yang punya nama ilmiah Vandellia cirrhosa ini, dijelaskan mempunyai karakteristik layaknya ikan lele yang tidak mempunyai sisik, badan transparan, dengan panjang sekitar 2,54 centimeter. Candiru memakan darah dan biasanya di rongga insang ikan lainnya serta badannya jadi kelihatan berwarna sehabis makan.


Tubuh ikan candiru juga kecil dan berbentuk silinder dengan kepala agak pipih. Candiru mempunyai duri pendek yang mencuat ke belakang pada penutup insang untuk menolongnya agar tidak terlepas waktu makan serta mata hitam besar yanga berada di atas kepala.


6. Ternyata Mitos Candiru Menyerang Organ Vital

Terlepas dari semua rumor mengenai serangan ikan candiru terhadap organ vital manusia, hanya ada sedikit bukti yang bisa dipercaya kalau ikan ini pernah menyerang uretra manusia.


Dikutip dari Healthline, informasi yang dibuat oleh seorang ahli urologi Brasil pada 1997 tersebut menginfokan kalau dirinya sudah melepaskan candiru dari uretra seseorang. Namun, didapati ketidakseragaman dalam laporan tersebut, seperti ukuran sebenarnya dari ikan yang diekstraksi dan riwayat yang diberitahukan oleh orang yang terkena dampak.


Baca Juga: Jenis Ikan Datnoid yang Sangat Seksi buat Dipelihara di Rumah


Selain itu, sebuah penelitian pada 2001 yang diterbitkan dalam Enviromental Biology of Fishes menemukan kalau candiru kemungkinan fakta sebenarnya tidak tertarik pada urine. Dalam studi tersebut, waktu peneliti memasukan bahan kimia dan air seni manusia ke wadah berisi ikan candiru, ikan ini tidak memberikan respon apapun.


Dalam jurnal ilmiah atau medis sendiri, faktanya cuma ada sedikit laporan mengenai serangan candiru. Kalau ikan candiru pernah menyusup ke uretra manusia, itu kemungkinan karena kesalahan. Sebab, lingkungan yang sempit dan oksigen yang tipis dapat membuat ikan hampir tidak mungkin dapat hidup di dalam uretra.


Nah, itu tadi beberapa fakta unik tentang ikan candiru. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu dalam menambah wawasanmu di mengenai fauna, ya!


LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota