-->

Sponsor Mascota

13 Jenis Ikan Tetra dan Cara Memeliharanya Untuk Para Penghobi Baru

Jenis ikan Tetra tergolong kedalam family Characidae, dan jenis ikan hias air tawar. Sekarang ini sudah ditemui kira-kira 700 species di seluruh penjuru dunia. Dari yang punya size paling kecil bernama glow light tetra sampai dengan size badan yang besar, biasa disebut Pacu.

Grup dari ikan tetra memilikii banyak varietas dengan beragamnya rona, motif & size badannya. Varietas yang sangat terkenal pastinya tipe yang punya size mungil yang biasa dipanggil neon, nah neon ini juga ada varietas yang beken, sperti : neon tetra atau dalam penyebutan latinnya Paracheirodon innesii & cardinal tetra atau Paracheirodonn axelrodi. 

Ikan ini sangat dicintai sama penghobiest ikan hias air tawar karena mereka terlihat glowing percis sepertii panggilannya.


Ikan tetra sekarang ini sangat dicari sama penghobiest lama ataupun yang masih newbie. Untuk masalah merawatnya enggak begitu susah. Karakternya pun juga enggak nyebelin. Biarpun begitu, kalian harus memikirkan banyak hal supaya resiko yang terjadi bisa dikurangi.

Jenis ikan tetra sekarang ini memang sudah sangat banyak, Nahh mascota akan memberi info ikan tetra yang paling beken sekarang ini :

1. Jenis Ikan Neon Tetra

jenis ikan neon tetra


Dari list ini kita bahas paling pertama adalah species tetra yang sangat classic, adalah neon tetra / Paracheirodonn innesi. Bahkan umumnya bagi orang yang bukan penghobi ikan hias pasti sudah sering sekali dengar atau melihat neon tetra. 

Ikan yang berada dalam grup kecil ini dikasih panggilan seperti itu karena punya rona blue, red, & silver yang mempesona. Neon tetra terkenal buat para penghobiest aquarium enggak karena rona pada badannya saja, tetapi juga dilihat dari sifatnya yang kalem & tahan banting.


Memelihara neon tetra di aquarium dengan model kotak berukuran paling enggak 4,9 liter supaya bisa memberikan space supaya ia lebih bebas bergerak. Pilihlah paling tidak 8 ekor tetra, tetapi bagusnya lebih dari 8 karena species ikan yang senang berkumpul akan menjadi stress & terlihat agak takut bila ternyata jumlahnya tidak banyak. Dengan mengkombinasikan jantan serta betina, kalian bisa melihat langsung perangai kawin secara alami dari species ini. Ikan ini berdimensi mungil, yaitu kisaran tiga centimeter.

Di market terdapat juga neon tetra dengan rona hitam atau nama latinnya Hyphessobryconn herbertaxelrodi yang kelihatan sangat percis dengan bentuk yang biasa tetapi tidak ada corak rona red. Ini adalah opsi paling tepat jika kalian kepingin pelihara tetra yang agak kelihatan unik atau kalian dapat menggabungkannya dengan neon tetra yang umum. 

Dan juga, kalian bisa juga pelihara cardinal tetra atau dalam bahasa latinnya Paracheirodon axelrodi yang punya badan lebih gede malah bisa juga kalian tambahkan neon tetra bewarna green yang punya karakter pada warna biru sedikit kombinasi hijau yang terlihat menonjol.

2. Jenis Ikan Lemon Tetra

jenis ikan lemon tetra


Kepingin pelihara tetra tetapi pengen kelihatan lebih  keren daripada neon tetra yang sudah biasa dimiliki penghobi lain? kalian pasti akan suka dengan varietas lemon tetra yang juga cantik tetapi masih jarang sekali ada yang pelihara. Ikan tetra dari species ini menonjolkan rona silver yang artistik dengan sirip yellow neon dan rona mata yang terlihat orange.


Seperti rata-rata tetra dengan size kecil, lemon tetra adalah species yang kalem dan sangat pas kalian pelihara dalam aquariumm komunitas. Rona yellow & orange bisa menaikan suasana ceria akuariumm dan karakter dengan fisik yang kuat membikin mereka sangat pas untuk yang masih newbie. Jangan sampai lupa untuk menjaga air selalu dalam keadaan baik dan kandungan ph terjaga untuk mengikuti lingkungan alami species ini.

Lemon tetra dapat berkembang sampai size maximum kisaranr3,8 centimeter dan termasuk perenang yang tangkas. Kalian butuh akuariumm yang berukuran paling enggak 74,9 liter untuk memelihara mereka dalam grup. 

Kasih beberapa tumbuhan hidup sebagai tempat bersembunyi dan beberapa ornamen lain. Tank-mate untuk didalam aquarium haruslah bersifat kalem dan punya size yang lumayan mungil jadi mereka enggak akan memangsa si tetra.

3. Buenos Aires Tetra

Buenos Aires Tetra


Secara ukuran badan kelihatan lebih gede dari 2 species yang kita bahas sebelumnya, Buenos Aires tetra atau nama latinnya Hyphessobryconn anisitsi juga sedikit lebih energik. Tetra dengan sirip yang punya rona red ini sangat aktif dan enerjik, membikinnya jadi enggak pas buat dipelihara dalam komunitas tetapi tetap sangat menarik hati buat dipelihara.

Buenos Aires tetra punya sifat yang kurang baik seperti perilaku nippy atau menyerang sirip, tetapi enggak berarti kalian enggak dapat pelihara mereka. Pastikan kalian jangan pelihara species ini dengan ikan lain dalam satu aquarium yang lebih lambat pergerakannya. 

Yang kemungkinan besar akan terserang stress. Pelihara mereka dalam sebuah grup yang lumayan besar sehingga tetra akan lebih focus pada konflik teritorial dengan species mereka sendiri daripada menyerang varietas ikan lain.

Aquarium berbentuk persegi panjang dengan volume 109,9 liter adalah size aquarium paling kecil yang harus kalian punya jika kepingin Buenos Aires tetra. Kasih beberapa tumbuhan hidup di aquarium. Tetra ini dapat hidup baik di berbagai temperatur air. Mereka adalah opsi yang sangat tepat untuk aquarium dengan air yang adem dan akan sakit ketika tinggal dalam temperatur lebih dari 25 Celcius untuk periode yang lama.

4. Jenis Ikan Congo Tetra

Jenis Ikan Congo Tetra


Ikan Congo tetra atau Phenacogrammus interruptus agak lebih nyentrik dibanding tetra lainnya. Enggak seperti rata-rata species tetra varietas lain, ia akan secara alami enggak didapati di south america. Akan tetapi, sesuai dengan panggilannya, ruang lingkup natural species ini ada di Republic Kongo di Africa bagian Tengah tepatnya. Kalian enggak akan dapat melalaikannya karena species ini terlihat paling menarik hati.


Congo tetra dapat berkembang lumayan besar dan butuh size aquarium yang lebih gede dibanding ikan tetra varietas lain, tetapi penampakannya yang sangat cantik sebanding dengan cara merawatnya. Untuk si betina sangat elok untuk dipandang, tetapi si jantan yang sangat menarik perhatian. 

Punya sirip yang menjuntai dan ditambah rona yang menarik seperti blue dan orange nyala memberikan lansekap yang sangat sedap dipandang di aquarium. Species ini kalem dan pas di beberapa opsi aquarium komunitass.

Buat kalian yang kepingin pelihara Congo tetra di aquarium, paling tepat sediakan size akuarium dengan volume 149 sampai 2OO liter. Kasih banyak tumbuhan hidup & jangan kasih tank-mate yang terlalu gesit atau yang punya sifat pemalu. 

Dan diperhatikan juga ia enggak tergolong species yang tepat bagi penghobi yang belum punya banyak experience pelihara ikan dalam aquarium. Congo tetra dapat berubah menjadi agak galak dan peka akibat kwalitas air yang jelek.

5. Ikan Glowlight Tetra

Ikan Glowlight Tetra


Glowlight tetra merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang akan start hobi ikan hias, apalagi jika kalian kepingin membikin aquarium komunitas yang tenang. Tetra mungil ini gampang sekali dirawat dan akan membikin cerah akuarium apa pun dengan rona red merona dan silver. Mereka bisa kalian dapati di sebagian besar market ikan hias dan terkenal karena ketangguhannya.

Kalian enggak perlu aquarium yang sangat gede untuk pelihara si glowlight tetra: aquarium berbentuk kotak dengan size 54,9 liter sudah sangat cukup buat grup ikan ini. Dalam ukuran aquarium yang lebih gede, species ini sangat bisa dikombinasikan dengan beberapa jenis tetra yang lain yang sudah kita bahas di artikel ini,  misalnya seperti neon tetra yang punya warna beragam.

6. Ikan Bloodfin Tetra

Ikan Bloodfin Tetra


Jenis ikan tetra lain yang sangat perfect buat newbie adalah bloodfin tetra. Grup ikan dengan rona silver sedikit kemerahan ini akan kelihatan sangat anggun di aquarium kalian, 

apalagi jika kalian pelihara paling enggak 5 ekor lebih sekaligus. Species ini tangguh dan gampang sekali buat beradaptasi dalam jarak parameter dan temperatur air yang lumayan lapang.

Bloodfin tetra enggak dapat berkembang sampai fisik kelihatan besar, tetapi karena ia termasuk perenang yang aktiff ada bagusnya kalian memakai aquarium dengan kapasitas 74 liter jika berniat peliharanya. 

Kasih tanaman dan hias aquarium dan pastikan juga jangan sampai memberikan tank-mate berupa ikan yang bertipe renang lambat atau enggak gesit. Jenis ikan ini diketahui hobi sekali menyerang sirip ikan lain.

Saat memberikan pakan ikan olahan buat si tetra enggak jadi persoalan, tetapi cobalah sesekali kalian kasih pakan ikan yang beku atau yang masih hidup. Ikan ini termasuk omnivora yang senang memakan serangga ukuran kecil jika ia bisa mendapatkannya, yang berarti ia akan senang sekali bisa tetap berburu makanannya.

7. Jenis Ember Tetra

Jenis Ember Tetra


Datang dengan size yang kurang dari 2 centimeter, ember tetra atau nama latinnya Hyphessobrycon amandae termasuk ikan paling kecil yang kita bahas dalam artikel ini. 

Ikan ini yang bisa saya bilang merupakan opsi yang perfect buat mereka yang enggak ingin menyediakan atau membeli aquarium gede karena kalian cukup sediakan paling tidak ukuran aquarium 36 liter untuk peliharanya. Pastikan untuk memakai akuarium yang model memanjang karena semua varietas ikan tetra suka space buat berenang yang horizontal.


Ember tetra akan memperlihatkan rona terbaik mereka di aquarium yang sudah dirawat dengan baik, lebih bagus lagi bila tersedia banyak tumbuhan air yang bisa membantu menggelapkan air. Air yang rendah tingkat keasamannya sangat bagus juga untuk pertumbuhan ikan ini. 

Hindari varietas lain yang seaquarium yang punya badan terlalu besar atau suka menyerang ikan dengan size kecil. Karena ember tetra punya size badan  yang terbilang kecil, yang membikinnya rentan di mangsa.

Bila kalian memeliharanya banyak, akan semakin cantik kelihatannya dalam akuarium. Karena akan terlihat sebuat grup yang saling beriringan. Jika kalian punya akuarium dengan size gede, 

Kalian dapat pelihara paling enggak dua puluh ekor ikan ember tetra untuk mendatangkan bentuk yang menakjubkan dan pastinya akan sedap dipandang mata oleh siapa pun.

8. Bleeding Heart Tetra

Bleeding Heart Tetra


Bleeding heart tetra mempunyai panggilan yang sedikit dramatis karena marking di badannya. Separuh punya rona silver dan dengan sirip berwarna red, species ini dipanggil dengan sebutan hati yang berdarah karena terdapat sebuah titik merah yang menyala tepat dibagian tengah badannya.

Bleeding heart tetra merupakan opsi yang tepat jika kalian kepingin membikin suasana aquarium blackwater style ala brazil yang kalem. Setup ini secara natural akan terjadi di ruang lingkup asli yang tenang enggak ada aliran air yang kencang, mempunyai banyak tutup vegetasi, dan arus air yang tenang, terkadang punya kadar ph air yang tinggi. 

Pencahayaan yang remang-remang, hiasan berupa kayu mengapung, tumbuhan hidup, dan sekumpulan besar bleeding heart tetra akan memberikan looks yang cantik. Biarpun ikan ini bisa kuat hidup dalam range parameter air yang relatif luas, mereka paling bagus untuk tinggal dalam kandungan air dengan ph yang enggak asam.

Kombinasikan beberapa bleeding heart tetra jantan serta betina jika kalian ingin melihat kebiasaan sparring yang terjadi secara alami mereka. Perlu diketahui bahwa si jantan dari species ini dapat sangat penuh antusiasme, sehingga ia dapat membikin teman seaquariumnya yang kalem menjadi stress. Sesekali kalian bisa membeli ikan yang lebih tangguh contohnya corydorass & cichlid kecil.

9. Ikan Emperor Tetra

Ikan Emperor Tetra


Ingin memelihara ikan yang senang berkelompok yang penuh rona-rona beragam dengan sirip yang cantik dan karakter damai? Emperor tetra adalah pilihan tepat. Mereka sangat pas ditaruh dalam aquarium kelompok yang damai, bahkan jika kalian masih pemula untuk memelihara ikan hias. Karakter yang tangguh membikin gampang menolerir kesalahan newbie dan bisa beradaptasi dengan berbagai temperatur air aquarium.

Jika kalian kepingin sekali pelihara emperor tetra, belilah aquarium persegi dengan ukuran paling enggak 74 liter buat memberikan space buat kelompok besar. Jika kalian enggak pelihara ikan ini dalam jumlah yang pas, ia malah jadi kelihatan pemalu dan kalian enggak akan dapat menyaksikan penampakan teritorial si jantan yang atraktif, jadi pastikan untuk punya minimal 11 ekor.

mencari tank-mate yang cocok untuk emperor tetra bisa dibilang gampang. Ia bisa tinggal berdekatan secara kalem bersama. Hampir keseluruhan varietas yang membutuhkan tingkat keasaman air yang sama dan enggak terlalu punya fisik yang gede untuk sampai menyerang tetra yang lebih kecil.

10. Jenis Black Skirt Tetra

Jenis Black Skirt Tetra


Black skirt tetra atau Gymnocorymbus ternetzi yang sekarang ini sudah banyak sekali di market adalah opsi classic lain dalam kalangan tetra. Ia sudah sangat lama disukai oleh para penghobi di penjuru dunia karena ngerawatnya yang tergolong gampang dan punya looks yang anggun. 

Species ini enggak mempunyai banyak ketentuan khusus dalam hal wadah dimana kita peliharanya dan tingkat keasaman air, sehingga ia termasuk opsi yang tepat buat para newbie.

Tetra dekoratif ini cocok sekali untuk aquarium komunitas yang kalem dan tenang dengan ikan lain di aquariumm. Jangan lupa kasih beberapa wilayah bersembunyi, tetapi harus diketahui juga bahwa ia tergolong perenang yang gesit dan butuh space untuk bergerak. 

Untuk masalah air bagusnya dengan kadar ph yang netral, tetapi karena sekarang ini black skirt sudah hasil budidaya, ia enggak terlalu ribet soal tingkat keasaman air yang tepat.

Enggak begitu tertarik dengan black skirt tetra? Ada juga varietas yang punya rona white yang dijual di market. Karena organ matanya bewarna hitam, white skirt tetra bukan varietas albino, tetapi leukistik.

11. Ikan False Penguin

Ikan False Penguin


Dipasaran varietas ikan penguin tetra & false penguin tetra, atau Thayeria boehlkei adalah bagian paling beken dari species kecil Thayeria. Penguin tetra yang orisinil sebenarnya adalah sepupu yang paling dekat, Thayeria obliqua, itulah makanya kebanyakan para penghobi memanggil boehlkei sebagai false/palsu. Boehlkei umumnya dijual di market akuarium memakai kedua nama tersebut, tetapi umumnya tetra penguin yang kalian dapati dimarket ikan adalah species ini.

Penguin tetra adalah jenis yang tangguh dan cantik sebagai penghias ruangan yang kelihatan sangat anggun dalam aquarium biotope dengan style blackwater, tetapi juga pas ditaruh dalam akuarium komunitas yang biasa saja. 

Apa pun style aquarium yang kalian terapkan, sediakan juga cover dalam bentuk tumbuihan hidup dan pencahayaan yang enggak begitu terang. Pelihara mereka dalam sebuah kawanan kecil, paling sedikit 8 ekor dan hindari spesies lain dalam aquarium yang sangat gesit atau galak.

False penguin tetra dapat tumbuh sampai enam centimeter. Biarpun biasanya penghobi menyarakan size aquarium paling enggak 54 liter, tetapi menurut kita aquarium yang punya ukuran lebih besar jauh lebih bagus. Aquarium model yang panjang dengan dengan size 11O liter atau lebih dapat memberikan space yang dibutuhkan kelompok ikan ini.

12. Diamond Tetra

Diamond Tetra


Karena umumnya ikan aquarium termasuk jenis ikan tetra dijual masih dalam umur remaja di toko ikan hias, beberapa spesies cenderung diabaikan karena penampilannya yang relatif biasa saja. Moenkhausia pittieri, juga diketahui sebagai diamond tetra, adalah salah satu dari kelas ini. Jangan tertipu oleh penampilan remajanya yang kurang kelihatan cantik, spesies ini setelah dewasa akan terlihat berkilauan dan cantik.

Selain cantik, diamond tetra juga relatif enggak terlalu menuntut. Sebagian besar mereka dibudidaya secara komersial dan tidak punya tuntutan yang sangat spesifik soal tingkat keasaman & temperatur air. Air yang tenang dan sedikit asam cocok untuknya.

Seperti banyak ikan dalam list ini, tetra ini menyukai biotope style Amerika Selatan dengan serasah daun, tumbuhan rendah cahaya, dan banyak kayu apung. Sebuah aquarium model persegi setidaknya punya ukuran 75 liter sangat ideal. Peliharalah minimal delapan ekor untuk mengurangi perilaku suka menggigit dan agresif.

13. Jenis Serpae Tetra

Jenis Serpae Tetra


Lagi mencari jenis ikan tetra yang agak galak dan sangat tangguh? Serpae tetra diketahui enggak cuma karena rona orangenya yang anggun, tetapi juga karena karakternya. Meskipun mereka bukan opsi paling tepat buat aquarium komunitas, species ini boleh kalian coba yang kepingin melihat karakteristik sparring yang atraktif dan enggak keberatan dengan persyaratan dalam perawatan sehari-harinya.

Jika kalian kepingin pelihara serpae tetra, bikin atau beli aquarium model panjang dengan style biotope dengan size paling sedikit 75 liter galon (baiknya lagi punya yang lebih) dan taruh ikan ini minimal 10 ekor. Pastikan kalian akan punya jantan & betina jadi hierarki bisa terbentuk dan kalian akan bisa melihat secara langsung para jantan saling unjuk skill dan berkelahi untuk memperebutkan daerah.

Hindari tank-mate seaquarium yang lemah, punya sirip menjuntai, & penampakan yang percis dengan serpae tetra. Meskipun pelihara secara berkelompok akan mengurangi sifat agresif mereka terhadap kawannya, mereka lumayan nippy dan lebih bagus lagi dipelihara dengan jenis ikan lain yang lebih tangguh.

Tetra ini paling bagus kalian pelihara dalam keadaan air yang lunak dan agak asam tingkat ph nya, membuat opsi yang tepat untuk biotipe south america. Aquarium dengan style blackwater sangat pas buat si tetra satu ini. Kalian sangat boleh menambahkan serasah daunn buat membantu menggelapkan air dan tumbuhan hidup supaya membantu meredupkan cahaya yang masuk.

Yang membikin sangat unik, bila kalian menyediakan tempat bersembunyi malah nantinya kalian akan lebih sering melihat ikan ini berenang diluar. Pasalnya, ia akan merasa lebih aman dan nyaman buat berenang kesana kemari dan bisa dengan tiba-tiba berenang ke tempat persembunyian.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota