-->

Sponsor Mascota

Ikan Black Ghost Hewan Peliharaan yang Dapat Mengeluarkan Listrik !

Punya panggilan unik dan sangat cocok dengan bulan oktober yang bertema haloween. Ya! ikan ini dipanggil hantu hitam, penarii balett, & ikan buluu ayamm. 

Ikan black ghost juga punya penyebutan dalam penamaan ilmiahh Apteronotus albifronss, yang punya lingkungan hidup yang otentik berada di peraiiran Amazonn & Surinamee.

Termasuk ikan hias air tawar yang diberi julukan si hantuu hitam ini didapatkan dari keseluruhan badannya mempunyai rona black yang sangat pekat. 

Karena tergolong hewan nokturnal ia gemar bersembunyi didaerah yang sedikit sekali dilewati cahaya saat matahari masih ada, dan baru mau melakukan kegiatan seperti mencari makanan saat menjelang matahari tenggelam.


Ikan yang beken di panggil sebagai penarii balett, karena manuvernya yang licah & dapat berputar-putar dengan sangat elastis. 

Selain itu, sebagian orang memanggilnya si buluu ayam, karena waktu ia bermanuver bisa sampai sudut sembilan puluh drajat, badannya layaknya seutas buluu ayam yang berdiri lulus dengan rona full black.

Karakter Ikan Black Ghost

karakter ikan black ghost


Ikan buluu ayam mempunyai karakter yang bisa dibilang sangat unik yang enggak dipunyai oleh varietas ikan lain. Jadi saat kalian sudah paham karakter ikan pisauu ini, kita bisa membedakan ikan hantu hitaam dengan varietas lain yang percis penampakannya.

1. Ikan Bulu Ayam Termasuk Ikan Nocturnal


Ikan penarii balet ini ke dalam varietas hewan nokturnal atau yang beraktivitas saat matahari sudah tenggelam seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Karena faktanya si pisauu hitamm ini sering bergerak dan mencari makan saat hari sudah malam, dan waktu matahari sudah muncul si hantu memang senang untuk menghindarinya dan diam di daerah gelap, misalnya pada bawah bebatuan.


2. Ikan Penari Balet Mempunyai Fisik yang Unik


Si penari balet ini punya shape badan yang berkarakter sehingga orang awam pun akan gampang mengenalinya dan membedakan dengan ikan varietas lain. Ikan penari balet ini mempunyai badan dengan rona full black, sedangkan untuk bagian buntut kelihatan 2 lingkaran dengan rona putih yang mirip dengan lingkaran yang menjadikannya benar-benar kelihatan bertentangan dengan rona badannya yang hitam legam.

Rona badan yang full black tersebut malah menjadi magnet tersendiri buat pecintanya yang akhirnya ingin memeliharanya dalam akuarium atau aquascape. Hantu hitam ini juga mempunyai penampakan sirip dipenggalan bawah yang terlihat beda sekali dengan varietas ikan hias lain. 

Sirip yang berada badan penggalan bawah ikan pisauu ini kelihatan menjuntai, start dari penggalan perut sampai buntut. Yang akhirnya membikinnya mirip seperti bendera yang diderai oleh angin.

Si hantu hitam mempunyai size badan yang amat bermacam-macam, namun rekor sejarahh size Ikan Black Ghost paling besar yang sudah didapati punya size panjangg yang menyentuh angka 50 centimeter.

3. Si Hantu Hitam Mempunyai Gaya Berenang yang Unik


Jika memang kalian tertarik dan kepingin membeli si hantu hitam, coba deh lihat lagi dari dekat cara berenang dari si hantu. 

Kalau kalian compare dengan ikan hias yang lain biasanya ikan-ikan berenang bergerak kedepan, akan tetapi si penari balet malah bergerak maju mundur seperti lagu syahrini hahaha, kelihatan seperti sedang goyang.


Dan lumayan sering juga ikan ini bermanuver yang enggak biasa misalnya berputar 360 derajat atau jungkir balik. 

Gaya renang yang terlihat unik ini, maka akan semakin keren buat kalian pelihara dalam sebuah akuarium di rumah, dan membuat ruangan menjadi lebih indah.

4. Black Ghost Bisa Menghasilkan Listrik


Enggak cuma Belut listrik saja hewan air yang punya senjata alami berupa listrik dari badannya. Faktanya ikan hantu ini bisa membikin listrikk biarpun tegangan yang dikeluarkan enggak gede seperti belut. Skill menggeluarkan listrik ini sangat berperan penting untuk mempertahankan diri dari pemangsa yang akan menyerang dia.

Listrik yang dibikin oleh Black Ghost kisaran diantara 0,1 sampai dengan 10 kilohertz. Listriknya itu ditembakan lewat buntutnya dan akhirnya dialiri ke sekujur badannya.

Makanan Ikan Black Ghost

makanan ikan black ghost


Sebelum kalian memutuskan untuk memeliharanya, yang terpenting kalian juga harus perhatikan kebiasaan si hantu makan. Biasanya para penghobiest ikan bulu ayam memberikan pakan dengan dua pilihan jenis ini. 

Yang paling umum berupa binatang kecil yang gampang ditemui di market ikan hias yaitu berupa cacing halus dan sutera. Dan bila enggak mau repot kalian bisa juga memberikan pakan yang sudah di olah yaitu pelet ikan tetapi dengan size kecil.


Nah saran dari kita paling bagusnya memberi pakan ikan ini dengan cara ganti-ganti antara pakan olahan dan cacing. 

Buat masalah timing pemberian pakan, ikan hantu hitam cukup dikasih pakan sehari dua kali saja yaitu saat menjelang pagi serta sore menjelang malam karena memang ikan ini lebih enerjik saat malam.

Jenis Ikan Black Ghost


Biarpun orang mengenalnya dengan panggilan Black Ghost, tetapi faktanya ikan ini enggak semua punya badan full black. Di market ada beberapa jenis ikan black ghost yang enggak memiliki rona hitam.


1. Black Ghost

black ghost


Varietas yang pertama yang akan kita bahas adalah ikan black ghost dengan rona di sekujur tubuhnya full black yang buntutnya terdapat corak warna putih yang mirip dengan sebuah lingkaran.

2. Ikan Brown Ghost

ikan brown ghost


Selain yang punya rona hitam, faktanya ikan ini juga ada yang punya rona lain dan masih termasuk satu family dengan black ghost. Cuma aja ikan hias air tawar ini punya rona coklat di sekujur tubuhnya dan secuil tambahan rona putihh pada penggalan buntut.

3. Ikan White Ghost

ikan white ghost


Sangat cocok sekali buat panggilannya, ikan pisau beken punya rona di keseluruhan badan yaitu putihh. Ikan White Ghost sudah sangat umum terkenal juga dipanggil sebagai Ghost Albino. 

Kalau kalian lihat penampakan badannya, ikan ini enggak begitu berbeda jauh dengan 2 kawannya yang sudah di bahas di artikel ini yaitu Black Ghost serta Brown Ghost.

Cara Merawat Ikan Black Ghost

cara merawat ikan black ghost


Jatuh cinta jadi kepingin pelihara ikan hias ini dalam sebuah aquarium minimalis? biarpun dari segi harga si penari balet enggak sampai menguras kantong, yaitu kisaran diantara 46 ribu rupiah sampai 499 ribu rupiah, tetapi kalian harus wajib paham untuk masalah perawatan si hantu dengan apik.

Memelihara ikan black ghost menurut saya pribadi termasuk lumayan gampang dan mudah dikerjakan juga oleh newbie sekalipun.

1. Perhatikan Kualitas Air Dalam Memelihara Black Ghost


Yang harus diperhatikan juga yang enggak kalah penting saat pelihara black ghost adalah air. Air yang diperlukan oleh ikan ini adalah air dengan kandungan ph 6,9 dan bening. 

Makanya kalian harus mengganti air akuarium minimal 5 hari sekali atau paling lama 1 minggu dan pastikan juga pakai air dari sumur yang sebelumnya telah diendapkan paling enggak 48 jam dan bila kalian cuma ada air pam harus diendapkan dahulu minimal 72 jam.

2. Pemilihan Teman untuk Si Hantu Hitam


Biarpun black ghost termasuk varietas ikan yang enggak galak dan kalem, akan tetapi kalian harus berhati-hati saat memilih tank-mate buat si hitam.

Black ghost sangat bisa di kombinasikan dengan jenis ikan air tawar lain apapun yang punya karakteristik kalem serta size yang mirip, mascota kasih beberapa opsi yang bisa kalian coba untuk menjadi tankmate si hantu hitam : gold fiish, ikan koi, komet, serta ikan sapu-sapu.

3. Kebersihan Aquarium Penting Untuk Black Ghost


Selain kedua penjelasan penting diatas, ada satu lagi yang harus kalian perhatikan dan enggak bisa dianggap remeh yaitu kebersihan dari akuarium itu sendiri. Pastikan air akuarium selalu dijaga kebersihannya dengan benar. 

Kalian harus sering cek air akuarium dan di perhatikan kebersihannya dengan rutin. Untuk mempermudah kalian, bisa menambahankan saringan yang dapat berguna menyaring air dan membuat akuarium menjadi terjaga buat masalah kebersihannya.


Dan juga, lebih bagus waktu mengganti air, pertama-tama kalian siapkan dahulu endapan air paling enggak 48 jam air diendapkan. 

Satu lagi, bagusnya keadaan pencahayaan aquarium jangan terlalu silau, atau paling enggak memiliki bagian gelap di pojok akuarium tersebut misalnya terdapat tumbuhan hidup buat sihantu bersembunyi.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota