-->

Sponsor Mascota

5 Jenis Ikan Belida Paling Beken yang Disukai Para Kolektor

Kota Palembang enggak cuma terkenal karena punya jembatan dengan nama Ampera, tapi dari makanan khasnya yaitu pempek. Makanan asli dari kota ini ternyata terbuat dari daging ikan belida. Nama ikan ini berasal dari nama perairan di Sumatera bagian Selatan yang telaj jadi lingkungan hidup aslinya. Yuk, kita bahas lebih dalam mengenai ikan ini.


Baca Juga : 13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer di Indonesia dan Cara Merawatnya


Ikan dengan bentuk punggung yang mirip dengan pisau ini mempunyai panggilan beken yang beragam. Di wilayah Jawa Barat contohnya ikan predator ini dipanggil dengan sebutan ikan lopis, dan untuk di Kalimantan bagian Selatan & Tengah belida terkenal dengan sebutan ikan pipih. Berlandaskan fakta dari bermacam-macam sumber, ikan belida / belido dengan nama latin Notopterus chitala tergolong grup ikan kuno atau purba.


jenis ikan belida



keanekaan dari jenis ikan ini banyak ditemukan di perairan yang terbuka atau openwaters. pemencarannya di alam Indonesia melingkupi perairan yang besar & area arus sungai, kawasan banjiran dan juga danau yang berada di wilayah Sumatera, Kalimantan & Jawa. Pengedaran tipe ikan ini diketahui terjadi kisaran jaman pleistosen, waktu terjadi penyusutan samudera efek penurunan temperatur secara global.


Pada periode itu wilayah Sumatera, jawa dan pulau kalimantan menjadi sebuah satu daratan yang sangat besar dengan terdapat aliran sungai yang panjang mengalir yang akhirnya berhenti di wilayah Sumatera & Jawa. Akhirnya bermuara di kawasan Kalimantan. Keadaan yang berakibat pada keserupaan jenis ikan air tawar dari ketiga daratan tersebut.


Nahh terdapat fakta dari Kementrian Laut dan Perikanan Indonesia, Mariana-Palembang tahun 2006, jenis ikan belida bisa hidup dan menetap dalam keadaan sungai dan rawa karena mempunyai organ khusus yang dapat membantu pernapasan yang diberi nama labirin. Ikan yang tergolong dalam gerombolan ikan predator air tawar yang bergerak saat hari sudah malam. Belida senang memburu ikan dengan ukuran kecil termasuk krustasea.


Karakter Ikan Belida


karakter dari jenis ikan belida yang paling kelihatan adalah memiliki shape pada bagian belakang, tepatnya punggung yang melengkung persis dengan sebilah pisau. Punggungnya agak terlihat naik jadi bentuk tubuhnya kelihatan besar dan gepeng.


Pakan Ikan Belida


Karena jenis ikan belida tergolong ikan pemakan daging maka di habitat aslinya predator ini  senang sekali memakan ikan-ikan dengan ukuran kecil, serangga, katak dan ulat karena punya badan kecil jadi gampang melahapnya. Jika kalian memeliharanya maka makanan paling bagus untuk si belida dapat berupa ikan kecil atau bisa berjenis ikan mas yang masih anakan, daging udang yang masih segar.


Cara Merawat Ikan Belida


Siapkan wadah atau aquarium paling tidak mempunyai ukuran yang lumayan yaitu satu meter supaya ikan predator belida bisa berkembang maksimal dan enggak boleh ketinggalan memakai saringan khusus aquarium supaya kwalitas kebersihan air bisa terawat dengan baik.


Baca Juga : 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


suhu air paling bagus untuk jenis ikan belida yaitu antara 25 sampai 30 derajat celcius. Jangan sampai terlewat untuk menganti air, kurang lebih 30% dari volume air paling sedikit sebulan sekali.


Jenis Ikan Belida yang Paling Beken di Indonesia

1. Belida Royal

belida royal


Belida royal atau nama bekennya royal clown knifefish ini memiliki nama latin Chitala blanci mempunyai karakter yaitu bentuk badan yang persis dengan ikan belida pada umumnya.


Divergensi dari jenis ikan belida lainnya adalah dari marking nya. Ikan belida royal memiliki motif totol-totol hitam atau polkadot yang lebih kecil dan memliki totol marking garis juga. Ikan ini bisa kalian miliki dengan harga mulai dari 150 ribu Rupiah per ekornya.


2. Belida Bangkok

jenis ikan belida bangkok


Ikan belida bangkok yang punya penyebutan dalam nama latin yaitu Chitala Chitala ini sangat gampang dijumpai bila di compare dengan varietas belida royal.


Baca Juga : 10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi


Ikan belida bangkok punya karakter berupa pattern seperti totol dengan warna hitam tetapi lebih sedikit bila di compare dengan jenis belida royal. Ikan belida bangkok dibandrol harga 20 ribu Rupiah per ekornya.


3. Belida Albino

belida albino


Ikan belida albino tergolong varietas ikan belida yang memiliki kelainan genetik persis dengan ikan lain yaitu terlahir menjadi albino. Karakter ikan albino pada dasarnya mempunyai warna badan full white dan punya warna mata merah. Sangat beda bila kalian compare dengan platinum yang punya warna mata full black.


Baca Juga : 8 Jenis Ikan Peacock Bass Paling Terkenal di Kalangan Penghobi


Harga ikan belida albino dihargai dengan kisaran 150 ribu Rupiah per ekor.


4. Ikan Belida Jawa

ikan belida jawa


Belida jawa atau ikan belida yang memiliki nama beken yaitu Notopterus notopterus ini mempunyai karakter pada tubuh yang polos enggak terdapat marking dan sedikit gelap bahkan ada yang punya warna hitam.


Karena sangat sering di buru untuk konsumsi dan menurunnya kwalitas sungai sumber ikan ini tinggal, maka jenis ikan belida jawa ini katanya ikan ini sudah tergolong salah satu ikan yang dilindungi negara loh.


Harga ikan belida jawa di jual dari harga 50 ribu Rupiah per ekornya.


5. Ikan Belida Afrika

ikan belida afrika


Jenis ikan belinda afrika ini masih sangat susah sekali didapat & dijual oleh para pembisnis ikan hias. Ikan belida afrika sangat eksklusif dan berkarakter, punya penampakan badan sedikit berbeda dengan ikan belida yang biasa dan marking ikan belida afrika juga menutupi seluruh badan sehingga menurut saya pribadi ikan belida paling kece yaitu belida afrika ini.


Baca Juga : 14 Jenis dan Cara Merawat Ikan Oscar yang Garang Tetapi Menawan


Karena nyatanya untuk mendapatkan belida afrika yang satu ini masih sangat susah, biasanya toko ikan hias memberi harga 500 ribu Rupiah ukuran kecil per ekornya.


Bagaimana menurut kalian nih sebagai penghobi ikan predator air tawar tentang ikan belida ini? menurut kalian mana yang paling kece dan jenis mana yang sudah kalian miliki?.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota