-->

Sponsor Mascota

10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi

Ikan red snakehead yang punya panggilan umum toman adalah sebutan sejenis ikan predator air tawar dari genus ikan gabus atau channidae. Mempunyai shape badan yang persis dengan ikan gabus, toman bisa berkembang besar bisa menyentuh 1 meter untuk panjangnya dan tergolong jenis channidae paling besar.

ikan red snakehead


Toman bila kita translate ke bahasa Inggris beken dengan nama red snake head, redline snake head melihat pada rona badannya saat masih belia, atau Malabar snake head. Nama snake head mengacu buat kerangka kepala si ikan yang persis dengan kepala ular. Dan untuk penyebutan ilmiahnya yaitu Channa micropeltes.


Bentuk ikan ini dengan kepala besar dan punya bentuk mulut yang gaban dan lagi barisan gigi yang runcing tajam. Badan yang bulat memanjang layaknya torpedo untuk bentuk buntutnya juga sama. Ikan red snakehead waktu sudah besar biasanya punya warna black sedikit kebiruan, dengan perut warna dominan white. Saat masih belia umumnya memiliki warna kemerahan, dengan motif salur bewarna hitam dan orange di samping badannya. Ikan toman bisa berkembang sampai satu setengah meter panjangnya.

Karakter Ikan Red Snakehead

karakter ikan red snakehead


Ikan red snakehead terbilang ikan predator air tawar, yang menyerang dan memakan ragam jenis ikan yang lain, serta binatang kecil lain layaknya serangga & katak yang tinggal di habitatnya.


Ikan ini mempunyai kemampuan ‘mengemong’ buah hatinya. Biang red snakehead suka ditemukan berenang lumayan dekat dengan grup anak-anak toman yang masih berukuran kecil. Faktanya biang tomang juga enggak canggung meradak manusia yang berenang lumayan dekat, yang dicemaskan akan membuat gelisah anak-anaknya. Karakter yang agresif terhadap pengganggu ini digunakan masyarakat Banjar di perkampungan untuk memerangkap biang toman dan ikan gabus memakai sejenis unggas yaitu belibis yang di ikat sebagai pengalih perhatian supaya biang ikan datang dan langsung diumpan memakai daging katak.


Ikan toman meluas ke sunga-sungai yang ada di Indonesia terutama di bagian barat seperti provinsi Sumatra, Kalimantan & beberapa pulau yang ada di sekitarnya. Untuk di negara asia tenggara yang lain ada di Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, India, & kemungkinan ada juga negara Myanmar. Nahh ternyata di India bagian barat daya ada juga ikan toman ini. Tetapi terbilang aneh, karena terbagi jarak 2.500 kilometer dari daerah penyebarannya yang lain di Asia Tenggara. Ikan ini sepertinya telah disengaja untuk di bawa masuk ke wilayah India perkiraan pada abad ke 19.

Jenis Ikan Red Snakehead Paling Terkenal


1. Ikan Black Snakehead

ikan black snakehead


Wilayah jenis ikan black snakehead sekarang ini telah menjalar. Mulai negara Thailand bagian selatan lewat Semenanjung Malaisia, singapore, & Kepulauan Sunda Besar di Kalimantan & Sumatra, biarpun enggak terdapat di  pulau Jawa. Ia juga hadir di filipin dan di beberapa pulau yang lebih kecil layaknya Pulau Bangka, Belitung, & pulau Palawan.


Black Snakehead umumnya senang tinggal di sungai dengan air yang jernih dengan kandungan substrat lumpur & serasah daun, akan tetapi faktanya juga ia dapat tumbuh di air keruh seperti didalam hutan rawa gambut.

Channa melasoma atau black snake head ini menurut kita jangan digabung dengan jenis ikan yang lain alias soliter, layaknya memelihara ikan cupang. Ukuran maksimum ikan ini berkisar 30 centimeter.

2. Ikan Emperor Snakehead

ikan emperor snakehead


Ikan Emperor Snakehead atau channa marulioides berakar dari Thailand bagian selatan, Malaisia, dan didalam negeri, termasuk beberapa pulau Sunda Besar. Ia senang tinggal di sungai-sungai yang sangat besar & danau, misalnya Danau Sentarum yang berada di Kalimantan.

Channa emperor snake head bisa berkembang sampai 56 centimeter bahkan bisa lebih di tempat tinggal aslinya. Banyak sekali snakehead buat jenis yang satu ini, termasuk yang paling beken adalah redeye maru atau redspotted marulioides.

3. Ikan Blotched Snakehead

ikan blotched snakehead


Ikan Blotched Snakehead atau channa maculata ini sudah meluas di drainase pantai Pasifik tepatnya di wilayah China tenggara, contohnya seperti di perairan Yangtze, Sungai Minjiang, perairan Hangjiang, dan perairan Mutiara di Nanjiujiang, terdapat juga di pulau Hainan dan negara Hong Kong


Ikan yang otentik dari Negara Vietnam ini juga sudah diketahui  oleh sejumlah negara dan wilayah lain, seperti Negara Japan, Taiwan, Philippines, Madagaskar, dan pulau Oahu di Hawaii.

Ikan red snakehead senang tinggal di perairan dengan arus yang tenang atau mengalir pelan & back water dengan kandungan substrat berlumpur dan vegetasi sungai yang deras.

4. Ikan Bullseye Snakehead

ikan bullseye snakehead


Bullseye Snakehead atau Channa marulius faktanya berawal dari negara Pakistan masuk melalui India, SriLanka, Banglades, Nepal, Myanmar, dan Thailand sampai tiongkok selatan, Laos, dan Vietnam. Biarpun kemungkinan jauh lebih luas dari penelitian yang lebih lanjut. Komunitas ikan ini juga terdapat di Broward County, Florida, Amerika Serikat.

Ruang hidup yang disukainya adalah aliran sungai yang besar, danau, kanal, dan rawa-rawa di mana mereka sering dihubungkan dengan ekologi sungai.

5. Ikan Forest Snakehead

ikan forest snakehead


Ikan ini mempunyai penyebaran wilayah yang sangat luas, membentang ke timur dan selatan dari perairan Sungai Mekong sampai ke wilayah perairan lain Indochina termasuk Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Semenanjung Malaysia, termasuk Kepulauan Sunda Besar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Serta beberapa pulau kecil di daerah tersebut.

Channa lucius atau forest snakehead dapat hidup di berbagai jenis habitat biarpun ia menghindari air yang mengalir sangat deras dan lebih senang untuk hidup di area rawa di hutan dan anak sungai.

6. Ikan Snakehead Five Stripe

ikan snakehead five stripe


jenis ikan red snakehead yang satu ini menurut penelitian berawal dari sekitaran Alipurduar, District Jalpaiguri, negara Benggala Barat, bagian India utara. Alipurduar berada antara perbatasan antara India, Bhutan punya jarak kurang lebih lebih 1.000 km di bagian timur dekat sekali dengan perbatasan Negara Pakistan.


Bila dilihat dari motif warnanya dan fakta yang masih simpang siur mengenai ruang lingkup tempat tinggal aslinya,genus ini kemungkinan bisa beradaptasi untuk bertahan hidup di antara bebatuan. Karena Alipurduar sendiri berada di wilayah tropis yang lembab.

7. Malabar Snakehead

malabar snakehead


Ikan Malabar snakehead dianggap mirip dengan micropeltes. Setelah lebih dari satu abad sebelum pengecekan ulang pada tahun 2011. Mereka berasal dari bagian selatan pegunungan Ghats Barat di India selatan. Jenis red snakehead ini hanya bisa tumbuh sampai 44 centimeter.

8. Snakehead burmanica

snakehead burmanica


Channa burmanica berakar dari wilayah Myanmar persisnya pada bagian utara. Ikan yang tergolong satu-satunya tipe snakehead yang kalem & enggak terlalu galak. Channa ini benar-benar sulit ditemui di pebisnis ikan hias air tawar. Ikan gabus varietas yang ini punya penampakan yang sangat cebol ia cuma bisa berkembang hingga delapan centimeter aja.

9. Snakehead Barca

snakehead barca


Channa barca termasuk varietas ikan gabus atau channa paling mahal yang berpusar di market indonesia. Ikan red snakehead barca harganya bisa mencapai belasan juta! Untuk kalian yang sangat menginginkan memelihara channa barca sediakanlah budget yang enggak sedikit. Channa barca memungkinkan untuk berkembang maximal sampai 90 centimeter.


10. Baram Snakehead

baram snakehead


Dengan memiliki panjang maximal cuma 22 cm, baram snakehead tergolong varietas ikan red snakehead yang memiliki fisik lumayan kecil. Lingkungan hidup asli channa baramensis terdapat di perairan kalimantan.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota