-->

Sponsor Mascota

10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia

Buat mereka yang mengaku sebagai penyuka jenis ikan hias air tawar, arowana / arwana mempunyai daya pikat secara individual. umumnya para penghobi memelihara paling enggak satu Ikan hias satu ini. Ikan yang punya panggilan kece  yaitu Osteoglossidae ini terdapat berbagai macam size yang berbeda-beda dari tipe, wilayah asal, & habitat aslinya.

Sangat beragam jenis ikan hias arwana yang sudah diketahui sekarang, akan tetapi beberapa jenis paling umum di pelihara berakar dari Asia, south america, Australia, sampai Africa. Di dalam negeri, jenis ikan hias arwana banyak terdapat di provinsi Papua dan pulau Kalimantan.

Jika kalian kepingin memperbanyak koleksi, Saatnya kita bahas lebih dalam jenis ikan hias arwana paling menawan dan paling beken yang sangat di rekomendasikan untuk para penghobi.

1. Ikan Hias Arwana Red Tail Golden

arwana red tail golden


Red tail golden Arwana punya penyebutan lain yaitu golden red, yang faktanya ternyata berakar dari dalam negeri kita loh. Yang tepatnya di daerah sumatra, daerah Riau. Karakter naturalnya yang agresif membikin si arowana red tail golden ini terbilang sukar buat ditangkap dan didapatkan dari alam liar.


Karakter yang sangat khas si arowana satu ini adalah biru, hijau, & tambahan rona gold yang membikin ia kelihatan makin menawan. Postur badannya bisa berkembang sampai 90 centimeter. Varietas ikan arwana yang keren ini sangat umum dibandrol harga sekitar empat setengah juta Rupiah.

2. Ikan Arwana Brasil

ikan arwana brasil


Ikan hias arwana jenis yang ini nihh paling gampang ditemui di dalam negeri, karena harga enggak terlalu menguras kantong. Ukuran ikan ini dapat menyentuh satu meter. Kemampuan spesial tipe arwana silver adalah ia punya skill untuk meloncat ke udara dari dalam kolam atau aquarium untuk menyergap santapannya, misalnya serangga.

Ciri khas yang sangat kelihatan dari varietas ikan arowana brazil adalah punya shape badan & sirip dengan ukuran yang lumayan jenjang dilengkapi rona keperakan di sekujur badannya. varietas ikan hias arwana ini biasa kalian dapatkan mulai dari harga kisaran dua juta Rupiah.

3. Ikan Arwana Banjar 

ikan arwana banjar


Arwana Banjar mempunyai warna merah pada badannya, akan tetapi enggak kelihatan seperti ikan arwana merah. Panjang keseluruhan jenis ikan hias arwana Banjar dapat mencapai 90 centimeter. Untuk merawat ikan Banjar red arowana, dibutuhkan daya tampung aquarium yang besar karena mereka butuh  bergerak dan sangat lincah.


Ciri khas fisik yang sangat kental dari ikan arwana Banjar yaitu mempunyai corak warna pada bagian sirip dengan mempunyai warna orange, untuk warna buntut kekuningan yang membuatnya benar-benar kelihatan anggun. Banjar red arowana harganya mirip seperti arwana Brasil, kisaran 2 juta Rupiah.

4. Arwana Black Golden

arwana black golden


Saatnya kita membahas jenis ikan arwana sangat mahal untuk di kelasnya, ikan arwana black golden mempunyai corak warna keemasan dengan sisik yang mempunyai corak warna kehitaman. 

Ikan yang gampang sekali didapat di kota Penang, Malaisia. Akan tetapi, enggak gampang buat kalian mememuinya berenang bebas di rawa sekarang ini untuk ikan arwana black golden yang membikin harganya menjadi melambung sangat tinggi, berkisar 18 juta Rupiah.

5. Ikan Arwana Super Red 

ikan arwana super red


Arwana super red faktanya tergolong varietas ikan arwana Asia. Arwana hias satu ini punya corak rona merah yang intens & menawan, yang faktanya merupakan salah satu pilihan ikan hias yang menjadi favorit bagi penghobist. 

Arowana super red sendiri biasanya bisa didapati hidup di batang air liar wilayah Kapuas & berdekatan dengan danau di sebelah sisi bagian Barat Pulau Kalimantan, Negara Indonesia.


Untuk masalah harga, arwana yang punya nama keren Scleropages legendrei ini biasanya dibanderol start dari dua juta Rupiah sampai 48 juta Rupiah.

6. Arwana Cross Back Golden

arwana cross back golden


Arowana cross back golden mempunyai beberapa panggilan beken, yaitu Asian bonytongue, dragonfish dan yang lainnya. 

Ikan dengan panggilan latin Scleropages formosus ini memiliki beberapa jenis warna, akan tetapi warna yang sangat intens adalah rona keemasan di sisi belakang badan yang termasuk karakter dari arwana hias ini. Arwana ini termasuk sangat gampang didapatkan di Malaisia, ialah di daerah Perak, Tyrengganu, danau Bukit Merah, berakhir di Johor.


Bila kita ngomongin harga dari arwana satu ini bisa dibilang lumayan menguras kantong, karena lumayan susah didapatkan di market. Maka dari itu, harga yang biasa ditawarkan start dari kisaran 18 juta Rupiah.

7. Ikan Arwana Irian

ikan arwana irian


Arwana irian sangat beken dengan sebutan arwana jardini, gulf saratonga, atau arwana Australiaa. Ikan yang punya nama keren Scleropages jardinii ternyata faktanya berakar dari benua Australiaa & terdapat juga di wilayah Papua. Penampakan arwana jardinii sendiri persis dengann ikan arwana Asia, akan tetapi warnanya lebih menonjolkan warna kuning keemasan, akan tetapi enggak terlalu kelihatan mencolok atau intens.


Arwana irian bisa berkembang sampai ukuran 90 centimeter & punya bobot yang bisa menyentuh angka 17 kg. Bila tertarik dengan arwana yang satu ini kalian harus merogoh kocek sampai kisaran empat juta Rupiah.

8. Ikan Arwana Hijau 

ikan arwana hijau


Green arowana atau biasa beken dipanggil sebagai arwana hijau termasuk jenis ikan hias arwana yang berakar dari benua Asia. Ikan yang terbilang populer dengan panggilan arwana golden pino ini gampang sekali didapati di kawasan-kawasan benua asia, misalnya Thailand, Malaisia, Burma, Indonesiaa, Vietnam, & cambodia. 

Ikan ini mempunyai corak warna yang khas, kelihatan seperti kombinasi antara yellow, gold & green yang redup. Ikan ini bisa berkembang sampai panjang 90 centimeter.

Warna tubuhnya sangat terlihat intens dan juga si arwana hijau ini mempunyai bentuk kepala yang agak terlihat besar bila di compare dengan arowana yang berasal dari daerah Asia lain. Arwana golden pino di market ikan hias di jual start dari harga empat Juta Rupiah.

9. Ikan Arwana Batik

ikan arwana batik


Arwana Myanmar mempunyai motif pada badan yang benar-benar berkarakter serta anggun. Badannya dihiasi oleh sisik dengan shape layaknya pattern pada material batik, Karena siripnya itulah akhirnya arwana satu ini dipanggil dengan sebutan arwana batik. Warna pada badan ikan ini kelihatan sangat menonjol karena mirip dengan warna cooper yang bercampur dengan warna perak yang makin terlihat mewah.

Dengan pattern yang khas, sangat memberikan karakter yang berbeda dari semua jenis ikan arwana yang kalian pernah temui, batik arowana bisa dibeli dengan di kisaran harga 56 juta Rupiah.

10. Ikan Arwana Termahal : Platinum

ikan arwana termahal platinum


Arwana platinum bisa dibilang menurut saya pribadi termasuk jenis ikan hias arwana paling cantik, dan faktanya juga merupakan ikan yang di bandrol dengan harga paling mahal di Indonesia maupun dunia. Platinum arowana memiiliki ciri khas warna yang terdapat pada tubuhnya begitu atraktif dan kelihatan shinny layaknya platinum, sangat cocok dengan panggilannya. Waktu kalian memandangnya dari jarak yang lumayan dekat, kalian akan benar-benar takjub akan keelokan badan ikan ini yang kelihatan seperti punya jalinan begitu lembut.


Dengan penampakan yang benar-benar menawan itu, enggak perlu kaget jika arwana platinum dibandrol dengan harga sangat tinggi, bahkan di market harganya bisa menyentuh harga  5,7 milyar Rupiah!

Itulah beberapa jenis ikan hias arwana & harganya. Bagaimana, beneran cantik bukan dan pastinya bikin kalian terkejut bila ngeliat dari harganya yang dihargai sangat tinggi bukan? Buat kalian yang sangat kepengen sekali pelihara bermacam jenis ikan arwana sebenarnya enggak susah, yang paling penting harus diperhatikan aquariumnya dan asupan pakannya.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota