-->

Sponsor Mascota

Mengenal Ikan Corydoras Si Mungil nan Cantik yang Menawan

 Ikan Corydoras yang punya nama latin Corydora ini tergolong ke dalam keluarga Callichthyidae dibawah subfamily Corydoradinae dan berakar pada sungai yang ada di Amerika Selatan. Ikan ini faktanya merupakan golongan ikan hias kecil karena punya badan maksimal 2,5 centimeter sampai 12 centimeter saat umur dewasa. Nah ternyata jenisnya sangat beragam loh. Selain penampakan fisiknya yang kelihatan unik, ikan ini juga merupakan jenis algae eater.


Kalau di lingkungan aslinya, ikan corydoras biasa didapati pada anak sungai dengan arus sungai yang kalem dan enggak deras, sungai berpasir serta tak jarang dijumpai pada rawa-rawa sepanjang batas sungai yang faktanya mempunyai air yang cetek dan lumayan jernih.


Mengenal Ikan Corydoras

Mengenal Ikan Corydoras


Ikan Corydoras termasuk ikan hias air tawar yang senang berburu makanan di dasar akuarium yang terdapat pasir atau batu-batu kecil. Ikan ini senang dengan Ph air yang mendekati netral atau sedikit asam. Ikan yang termasuk ke dalam jenis catfish ini berbeda dengan beberapa jenis ikan catfish yang lain.


Baca Juga: 18 Jenis Ikan Guppy Terbaik yang Paling Sering Diburu Para Kolektor


Apabila jenis catfish lain akan lebih aktif pada malam hari atau hewan nocturnal, ikan corydoras malah lebih aktif pada siang hari. Ikan ini senang berkumpul dengan spesies yang sama serta kadang bisa berkumpul dengan ikan lain yang masih satu family dengan family cory.


Ikan Corydoras lumayan disenangi oleh para penghobi ikan hias air tawar karena selain punya pattern warna yang cantik, ikan corydoras punya fungsi lain yaitu bisa menjaga kebersihan aquarium yakni dengan kebiasaannya bersih-bersih berburu makan di dasar aquarium.


Selain itu, karakter yang kalem serta enggak agresif dan berukuran kecil sangat mengakomodir ikan ini digabungkan bersama ikan lain dalam satu wadah akuarium. Pakan alami ikan corydoras adalah serangga ukuran kecil yang ada di latar aquarium misalnya beberapa jenis cacing dan hewan kecil yang tinggal di pasir.


Biarpun enggak termasuk jenis ikan karnivora, ikan ini bisa memakan bangkai ikan yang didapati di dasar aquarium. Hal tersebut karena karakter alami dari ikan ini yang termasuk ikan yang senang bersih-bersih. Ikan Corydoras punya bermacam jenis, Yuk kita bahas.



Jenis Ikan Corydoras yang Diburu Oleh Para Penghobi


Panda Corydoras

Ikan Panda Corydoras


Kenapa bisa diberikan nama Panda Corydoras? karena ikan ini punya pattern warna hitam di aera mata yang percis dengan Panda. Panda Corydoras termasuk ikan yang kalem dan senang tinggal bersama dengan ikan sejenis dan jenis ikan lain.


Ikan ini senang dengan air yang temperaturnya dingin, yaitu antara 20 sampai 25 derajat celcius dengan Ph air rendah antara 6,0 sampai dengan 7,0. Makanya, Panda corydoras akan lebih senang apabila hidup di akuarium tanpa heater atau pemanas.


Ikan Corydoras Panda bisa berkembang secara maksimal dengan ukuran yang menyentuh angka 5 centimeter saat usia dewasa. Dan juga, usia ikan ini termasuk panjang karena bisa hidup sampai 10 tahun lamanya. Untuk harga ikan corydoras panda antara 3.000 sampai dengan 5.000 Rupiah.


Ikan Bandit Corydoras

Ikan Bandit Corydoras


Kalau kita melihatnya sebentar, ikan ini kelihatan mirip dengan saudaranya yaitu Panda corydoras. Sama-sama punya “topeng hitam” pada bagian matanya yang membikin ikan ini sulit dibedakan oleh para penghobi yang masih baru ikan hias air tawar. Hal yang bisa jadi pembeda adalah pada bagian punggung ikan ini punya pattern hitam memanjang dari sirip atas sampai ke ujung ekor.


Baca Juga: 17 Jenis Ikan Cupang Paling Mempesona dan Cantik Sebagai Peliharaan


Kalau kita compare dengan spesies corydoras lain, ikan ini condong lebih sensitif kepada temperatur air tempat ia tinggal. Ikan ini sangat senang dengan air yang temperaturnya berada pada 22 sampai dengan 26 derajat celcius dengan Ph air 6,5 sampai dengan 7,0. 


Ikan ini bisa berkembang optimal waktu dewasa sampai berukuran 5 sampai 10 centimeter. Untuk harga ikan corydoras bandit ini dibandrol dengan harga 3 ribu Rupiah sampai 5 ribu Rupiah per ekor.


Ikan Corydoras Albino

Ikan Corydoras Albino


Corydoras satu ini sangat kelihatan nyentrik karena punya rona putih sempurna di keseluruhan badannya. Bahkan, warna pada kedua bola matanya punya warna putih dan mempunyai rona merah muda pada mata bagian tengahnya.


Corydoras Albino dapat menyentuh size maksimal yaitu 5 sampai 10 centimeter waktu dewasa serta senang dengan temperatur air antara 22 sampai dengan 26 derajat celcius dengan Ph air diantara 5,8 sampai dengan 7,0. Ikan ini akan sangat pas dipelihara pada akuarium dengan ukuran 35 sampai 40 liter air. Untuk Harga ikan corydoras albino di market berkisar 3.500 sampai dengan 5.000 Rupiah satu ekornya.


Pepper Corydoras

Pepper Corydoras


Ikan yang punya panggilan lain yaitu Peppred Catfish, Blue Leopard Corydoras dan Peppered Cory punya size maksimal yaitu 6,5 centimeter buat si jantan dan 3 centimeter buat si betina.


Ikan ini bisa hidup dengan baik pada keadaan air dengan temperatur 18 sampai dengan 20 derajat celcius. Pepper Cory mempunyai rona coklat gelap dengan beberapa perpaduan rona hitam di sekujur badannya.


Baca Juga: Jenis dan Cara Merawat Ikan Discus yang Tepat Supaya Tetap Sehat


 Ikan ini bisa hidup selama kurang lebih 5 tahun. Untuk Harga Pepper Corydoras di market dijual dari 2.500 Rupiah sampai dengan 4.000 Rupiah satu ekornya.


Three Stripe Corydoras

Three Stripe Corydoras


Kalau dilihat sebentar, ikan ini akan kelihatan percis dengan saudaranya yaitu Juli Corydoras. Hal yang membikin ikan ini berkarakter adalah adanya penanda yang khas berupa bercak pada bagian kepala yang tersambung ke seluruh badannya. Enggak jarang penampakan ikan ini lebih persis layaknya labirin.


Three Stripe Cory bisa berkembang maksimal sampai ukuran 6 centimeter pada umur dewasa. Selain itu, ikan ini senang dengan air yang bertemperatur 22 sampai dengan 26 derajat celcius serta Ph air yang berkisar pada 5,8 sampai dengan 7,2. 


Ukuran akuarium paling bagus buat si ikan corydoras ini adalah 35 liter serta ia bisa berumur sampai dengan 10 tahun. Harga si Three stripe di market berkisar antara 3.000 sampai dengan 10.000 Rupiah.


Bronze Corydoras

Bronze Corydoras


Biasa dipanggil dengan nama Green Corydoras. Ikan ini termasuk sangat gampang didapati pada toko ikan hias manapun karena memang sangat beken di kalangan pecinta ikan hias air tawar. 


Ikan jenis ini juga bisa didapati dalam beragam rona diantaranya hijau, hitam, serta bronze/perunggu. Harga ikan hias ini diantara 3.000 Rupiah sampai dengan 5.000 Rupiah.


Corydoras Julii

Corydoras Julii



Para penghobi pemula sering salah memanggil ikan satu ini sebagai Three Stripe Cory, cirii yang gampang buat jadi pembeda adalah pattern di atas kepala sampai di keseluruhan tubuhnya. Apabila Three Stripe Cory pattern yang ada di badannya cenderung menyatu, maka berbeda dengan si coryduras julii ini.


Corydoras Julii punya pattern yang terputus-putus dan enggak terlihat menyambung layaknya saudaranya. Sama seperti cory lain, ikan ini bagusnya dipelihara dalam aquarium minimal 35 liter. Waktu sudah dewasa, ikan ini bisa berkembang maksimal sampai berukuran 6 centimeter.


Baca Juga: 12 Jenis Ikan Molly Dengan Keunikan Warna yang Sangat Eksotis


Ikan ini senang dengan air yang bertemperatur 22 sampai dengan 26 derajat celcius dengan Ph air antara 6,5 sampai 7,0. Termasuk sebagai jenis ikan yang kalem, julii bisa disatukan dengan ikan jenis lain selama tidak digabung dengan ikan yang agresif. harga ikan corydoras julii dijual dari harga 10.000 Rupiah sampai 40.000 Rupiah.


Skunk Corydoras

Skunk Corydoras


Skunk Cory termasuk jenis corydoras yang sangat sensitif terhadap komposisi nitrat serta ammonia yang ada di air.


Makanya, ikan jenis ini tidak pas dipelihara dalam akuarium baru karena akan lebih rentan mati. Ikan ini akan bisa berkembang optimal pada air dengan temperatur sekitar 22 sampai dengan 26 derajat celcius dengan Ph air berkisar 6,8 sampai 7,5. Harga dari skunk corydoras berkisar 200 ribu Rupiah sampai 400 ribu Rupiah.


Pigmy Corydoras

Pigmy Corydoras


Punya panggilan lain yaitu Corydoras Pygmaeus, ikan ini merupakan satu-satunya ikan jenis corydoras yang paling berkarakter karena ukuran badannya yang sangat kecil yaitu sekitar 2,5 cm saat sudah dewasa.


Dan juga, ikan ini berbeda dengan jenis corydoras lain yang berburu makanan di dasar aquarium akan tetapi senang berada di tengah-tengah aquarium. Lumayan sering juga ikan ini juga naik ke permukaan air buat mencari makanan. harga si Pigmy Cory berkisar antara 5.000 sampai dengan 10.000 satu ekornya.


Corydoras Vulcan

Corydoras Vulcan


Corydoras Vulcan termasuk ikan corydoras paling mahal karena untuk membeli satu ekor ikan ini kalian harus merogoh kocek sampai 10 juta rupiah.


Ikan yang berakar dari Sungai Curua di Brazil dan pinggiran sungai Amazon. Cara gampang kalian membedakan ikan jantan dan betina sangat gampang, yaitu dengan melihat dari bentuk tubuh serta siripnya. Ikan jantan mempunyai sirip pungung atau sirip dorsal yang panjang serta runcing, kalau si betina tidak memilikinya. Betina punya badan yang terlihat lebih besar dan berisi dibanding si jantan.


Makanan Ikan Corydoras

Makanan Ikan Corydoras


Karena termasuk ikan tipe bawah alias punya kebiasaan hidup di bagian bawah aquarium, ikan Corydoras senang mencari makan di dasar aquarium. Dan kita sudah sedikit bahas di atas, Corydoras termasuk jenis ikan omnivora. Jadi ia senang memakan apapun yang dapat dimakan olehnya, termasuk lumut atau sisa makanan yang jatuh di dasar.


Selain itu, jika dasar aquarium kalian tambahkan pasir, Corydoras akan mencari makan dengan menggalinya atau mengosek pasir. Ikan bisa dibilang sangat aktif ini, sehingga senang berkeliling di sekitar aquarium untuk sekedar mencari makan.


Biarpun karakternya senang berada di dasar, ikan ini juga tak jarang berenang ke permukaan untuk mencari makanan juga. Enggak jadi masalah kalau kalian memberikan pakan komersial seperti pelet, atau yang lain.


Cara Merawat Ikan Corydoras

Cara Merawat Ikan Corydoras


Jika kalian memeliharanya dalam aquarium, ikan corydoras lebih bahagia dengan lingkungan yang “agak kotor” loh. Karena memang karakternya yan suka bersih-bersih, apalagi buat bagian dinding-dinding aquarium. Akan tetapi, jika kalian memeliharanya, tetap harus jaga kebersihan aquarium sebagaimana mestinya yah.


Corydoras termasuk ikan tipe bawah, dan termasuk jenis ikan omnivora. Jadi ikan akan senang memakan sisa-sisa pakan yang jatuh ataupun lumut yang berkembang di dalam kolam atau aquarium. Keadaan air yang tepat buat ikan ini adalah yang punya tingkat pH antara 7 sampai 7,5 dan juga punya temperatur air sekitar 26° sampai dengan 28° Celcius.


Cara Budidaya Ikan Corydoras

Cara Budidaya Ikan Corydoras


Umur paling baik buat Ikan Corydoras bisa berkembang biak adalah sekitar 5 bulan. Peliharalah jantan serta betina dalam 1 kolam dengan perbandingan 1:3. Setelah betina kelihatan mengandung telur, langsung pisah masing-masing ikan dalam tempat yang berbeda. 


Baca Juga: 5 Jenis Ikan Platy Paling Cantik yang Bisa Menghias Sudut Rumah


Hal ini supaya pemijahan bisa berjalan lancar. Dan, kalian harus tetap memberikan pakan yang baik buat mereka, dapat berupa cacing sutera atau kalian bisa memberikan juga cacing darah.


Biarpun Corydoras termasuk jenis ikan bawah, betina ternyata senang menyimpan telurnya di bagian tengah kolam loh. Supaya bisa membantu mereka menyimpan telurnya, kalian dapat memberikan potongan peralon dengan ukuran yang pas. Selain itu, kalian bisa memakai semacam potongan keramik yang diberdirikan di daerah pemijahan.


Biasanya, sebelum betina menaruh telurnya, mereka akan mebersihkan wilayah tinggal mereka sampai bersih. Dan juga, si betina akan bertelur pada pagi hari, antara jam 06:00 sampai 07:00. Dan supaya berhasil, setelah si betina bertelur kalian dapat langsung pisahkan telurnya dan ditetaskan dalam tempat yang berebeda.


Telur akan menetas dalam waktu 72 sampai dengan 80 jam, atau kurang lebih 3 hari. Larva-larva Corydoras akan bisa berenang dalam umur 5 hari. Untuk pakan larva-larva yang baik adalah kutu air, kalian dapat memberikannya sampai umur 2 sampai 3 hari setelah berenang. Selanjutnya, kalian dapat memberikan pakan lain yaitu berupa cacing sutera kepada anakan Corydoras ini.


Kalian juga boleh membersihkan wadah anakan Corydoras, tetapi tunggu sampai umur menginjak 7 hari setelah mereka dapat berenang. Sedangkan cara membersihkannya, kalian dapat membuang setengah atau sepertiga volume air yang berada di akuarium.


Lebih bagusnya lagi, jika kalian bisa menyediakan saringan air untuk menjaga keadaan air dalam media tersebut. Anakan ikan Corydoras akan bisa dijual waktu umurnya menginjak 2 bulan. Dengan begini, ikan ini sudah menyentuh size 2 sampai 3 centimeter.


Setelah mengetahui jenis ikan Corydoras yang paling populer di atas, mana yang akan kalian jadikan peliharaan nih?. Tetap jaga dan beri perawatan yang terbaik ya teman-teman. Cukup sekian pembahasan kita tentang Corydoras ini, semoga dapat jadi pengetahuan kalian sebelum memeliharannya yah.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota