-->

Sponsor Mascota

15 Jenis Ikan Manfish yang Cantik dan Setia Kepada Pasangan

Varietas ikan manfish faktanya juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang lumayan beken dikarenakan kecantikannya. AngelFish adalah panggilan beken lainnya dari Manfish, asal muasalnya dari batang air Amazon & tergolong kedalam keluarga cichlid. Si ikan malaikat ini biarpun kelihatan kalem, tetapi ia sebenarnya tetap garang apalagi melihat pejantan yang lain.

Apalagi saat sudah mencapai umur delapan bulan sampai satu tahun. Mereka suka saling menyerang bagian mulut atau jaw lockingg. Biarpun jenis manfish akan menyerang enggak sampai membuat fatal layaknya serangan ikan cichlid varietas yang lain, yang mempunyai badan gede.


Ikan manfish atau nama latinnya Pterophyllum berakar dari batang air Amazon, Orinoco & beberapa batang air Guiana Shield dikawasan tropis South america. 

Ikan manfish terkenal juga dengan penampakan badannya yang terlihat slim dengan organ sirip pada bagian atas serta bawah yang amat menjuntai jenjang serta panjang. 

Ternyata penampilan fisiknya yang cantik ini enggak cuma buat tampilan saja akan tetapi supaya memudahkan ia untuk sembunyi dari predator di bagian akar tumbuhan air.

Corak berupa salur dibadannya akan sangat mensupport ia saat berkamuflase, karena ikan ini tergolong ikan ambush predator yaitu  predator yang senang menyergap dengan mengangetkan buruannya yang termasuk ikan & serangga dengan size tubuh kecil. 

Ciri khas ikan ini adalah monogami atau cuma mempunyai 1 pasangan hidup. Ikan ini berkembangbiak dengan kebiasan bertelur yang ditaruh diatas permukaan kayu atau akar tanaman yang berada di air ataupun daun dengan permukaan rata.

Ada tiga genus dalam grup Pterophyllum ini yang sudah diketahui :

  • Pterophyllum altum-Pellegrin
  • Pterophyllum-leopoldi
  • Pterophyllum-scalare

Prerophyllum scalare / fangelfish air tawar di tulikan mula-mula oleh ilmuan bernama Felix. Schultzee disekitar abad 19. Pterophyllumm merupakan penyebutan dalam bahasa Greece dari kata pteronn yang memiliki sirip atau skrin & phyll0n yang mempunyai arti patera. Pada sekitar 1906, J. Pellegrinn menuliskan genus P. altumm. Dan kisaran abad 20, genus P. leopoldii ditulis oleh Jean. Gosse.

Jumlah ikan dapat tinggal berbarengan dalam satu populasi dan akur bergabung dengan ikan manfish ini adalah gurame, beberapa varietas barbinae yang enggak terkenal galak , dwarf cichlids, ikan sapu-sapu , loachess atau botia dan varietas lain.

Ikan yang jangan sampai kalian pilih untuk dijadikan tank-mate buat angel fish / manfishh adalah :

  • Ikan neon dan guppy karena kemungkinan besar manfish dapat menyerang dan menyantapnya
  • Ikan Sumatra atau tiger barbinae karena ia hobi sekali menyerang sirip
  • Ikan Betta ataupun beken orang awam menyebutnya ikan cupang alesannya karena percis dengan tiger babs akan menyerang sirip ikan varietas lain yang menjuntai
  • Varietas Manfish / Angel Fish sendiri

Jenis Ikan Manfish atau Angel Fish

Ikan manfish memiliki berbagai macam varietas dan rona yang beragam dan juga dengan harganya bargantung varietas dan sizenya.

1. Jenis Ikan Zebra Manfish

jenis ikan zebra manfish


karakter dari ikan zebra manfish adalah memiliki stripe salur-salur hitam di badannya dan mempunyai mata dengan warna red. Makanya banyak para penghobiest menyebutnya sebagai ikan manfish zebra karena serupa dengan corak kuda zebra. 

Harga ikan manfish zebra atau zebra angelfish ini kisaran di Rp.5000,00 per ekor untuk size tiga cm. Jika pasar ikan hias mungkin kisaran harga dari Rp 5.000,00 sampai Rp 30.000,00 tergantung dari ukuran badannya.

2. Ikan Manfish Platinum

ikan manfish platinum


Manfish platinum ini punya karakter yang sangat kenal yaitu rona keperakan dikeseluruhan badannya. Harga ikan manfish platinum ini dibandrol dari harga Rp 5.000,00 sampai Rp 25.000,00 per ekornya dilihat dari size dan market dimana kalian membelinya.

3. Marble Manfish

marble manfish


Marble manfish atau angelfish mempunyai karakter dengan motif acak dengan warna black dan white. Harga ikan manfish marble kisaran di Rp 7.000,00 sampai dengan Rp 20.000,00.


4. Ikan Half Black Manfish

ikan half black manfish


Manfish tipe half black ini punya karakter yaitu warna hitam pada separuh badannya. Harga ikan manfish half black ini dibandrol kisaran Rp 5.000,00 sampai dengan Rp 30.000,00 per ekor.


5. Jenis Ikan Koi Manfish

jenis ikan koi manfish


Varietas ikan koi ini bukanlah koi yang biasa kalian kenal yang dipelihara dalam kolam. Panggilan koi di ambil dari perpaduan rona pada tubuh yang sekilas percis dengan ikan koi. 

Jadi, ikan ini di panggil dengan panggilan manfish koi. Harga ikan manfish koi sangat beragam mulai dari lima belas ribu sampai tujuh puluh lima ribu Rupiah bergantung size badan & tempat kalian membelinya.

6. Jenis Gold Angelfish

jenis gold manfish


Varietas ikan gold angelfish sangat percis dengan panggilannya, ikan ini memiliki karakter khas yaitu rona pada badannya yang kelihatan keemasan. Buat masalah harga ikan gold angelfish ini kisaran 20.000 sampai 100 ribu Rupiah bergantung pada size dan market kalian beli.

7. Jenis Blushing Angelfish

jenis blushing angelfish


Blushing angelfish enggak sama dengan varietas lain yang sudah kita bahas diatas, Malaikat varietas ini enggak punya rona pigmen di bagian badannya jadi membikin si manfish ini kelihatan tembus pandang. Buat harga pasaran ikan manfish ini kisaran di antara 10.000 sampai 70.000.

8. Jenis Silver Manfish

jenis silver manfish


Silver angelfish & zebra angelfish beken punya karakter pola & rona pada badan yang sama cuma aja si silver manfish ini cuma dilengkapi salurhitam yang lebih dikit dibandingkan dengan si silver angelfish. 

Buat masalah harga ikan silver angelfish ini dijual dari harga Rp 5.000,00 sampai Rp 30.000,00 tergantung dari market di daerah rumah kalian.



9. Clown Manfish

clown manfish


Clown angelfish / manfish ini memiliki karakter pada badan yang didominasi rona white dan punya pola bintik-bintik hitam dibadannya. 

Kalau dilihat dari segi harga manfish varietas ini tim mascota belum mendapatkan infonya mungkin bila kita sudah mendapatkan informasi harga pasti dari manfish varietas ini artikel akan kita update dan dimasukan ke disini.

10. Jenis Ghost Manfish

jenis ghost manfish


Ghost angelfish adalah tipe dari ikan manfish yang beken memiliki karakter rona yang terlihat pale layaknya ilustrasi gambar yang mascota berikan di atas. Buat masalah harga varietas yang ini tim mascota belum mendapatkan infonya

11. Black Veil Manfish

black veil manfish


Black veil manfish termasuk varietas yang dikenal para penghobiest punya karakter yang khas dengan rona black pada keseluruhan badannya & biasanya juga untuk panggilan veil pada ikan manfish juga dilengkapi dengan buntut yang menjutai layaknya kebanyakan varietas ikan slayer pada umumnya. 

Kalau buat masalah harga jual dari si black veil angelfish ini menurut info dibandrol dari range harga 10 ribu sampai dengan 70.000 Rupiah.


12. Albino Angelfish

albino manfish


Albino Manfish ini persis sekali sama platinum angelfish cuma yang menjadi pembeda yaitu pada bagian organ mata sesuai dengan karakter albino yaitu punya indra penglihat dengan rona merah. 

Harga ikan ini kisaran Rp 10.000,00 sampai Rp 100.000,00 bergantung dari skala, kwalitas, & market tempat kalian membelinya.

13. Black Lace Manfish

black lace manfish


Buat varietas ikan black lace manfish & black veil manfish ini benar-benar menyerupai demgan ilustrasi gambar yang mascota taruh di atas, kalian pasti dengan gampang bisa menemukan bedanya. Buat harga dari ikan tipe ini berkisar di 15.000 sampai 74.500.


14. Jenis Leopard Angelfish

jenis leopard angelfish


leopard manfish ini terkenal punya pola polkadot dengan rona hitam dibadan layaknya leopard sehingga diberi nama leopard angelfish. Buat harga si leopard angelfish dibandrol dari harga Rp 5.000,00 sampai Rp 30.000,00 satunya.


15. Altum Manfish Termasuk yang Termahal

altum manfish termahal


Altum Manfish termasuk ikan manfish paling mahal yang ada di market sekarang ini. Ikan ini dalam perawatannya harus lebih hati-hati & memilikki rona serta pola yang mantab. 

Ikan manfish altum ini juga bisa berkembang fisiknya sampai dengan enam inci. Harga ikan manfish altum bisa di tebus dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Cara Budidaya Ikan Manfish

cara budidaya ikan manfish


Manfish tergolong ikan yang cuma punya 1 pasangan. Mereka sangat loyal dengan pasangannya tersebut dan mempraktikan jalinan yang mantab. Angelfish menelur pada bidang yang lurus contoh yang umum : kaca akuarium, Permukaan daun, batu, dan yang lain. Kadang para breeder ini sengaja memberikan pelastik, silinder keramikk, atau kerucutt supaya ikan mempunyai opsi spot untuk menaruh telurnya.

Manfish mempunyai karakter layaknya siklid yang lainnya, yang peduli kepada anak-anaknya. Indukan akan sangat berkewajiban dengan mengcover telor sampai akhirnya memecahkan dengan sendirinya dan bertumbuh. Bahkan saat masih berupa juvenill atau anakan sudah dapat berenang dengan sendirinya, indukan pasti akan terus mengasuh dan menjaga.

proses paling tepat buat mengawinkan ikan ini enggak dengan langsung memilihkan pasangan buat mereka. Biarkan si manfish hidup bersama dahulu, saling memahami, lalu akhirnya mantabkan yang ia pilih. Keduanya akan solid saling menakuti ikan yang lainnya yang akan masuk teritorinya, sebab pasangan ini sedang mempersiapkan proses perkawinan sendiri.

Umur yang paling bagus buat ikan ini reproduksi berkisar 8 sampai 1 tahun. Lalu saat seminggu sampai seminggu lebih 3 hari, ia akhirnya bertelur. Indikasinya kelihatan saat ia mulai getol membuang kotoran-kotoran yang ada di ujung atau titik yang sudah dipilih dalam aquarium. Manfish betina akhirnya mau mengeluarkan telur dan si jantan akan otomatis akan membuahinya.

kuantitas telur bisa dibilang sangat fantastis, yaitu mencapai ratusan butir. Dan pastinya sang orang tua akan terus mengcover serta enggak lupa merawat keseluruhan telur. Ia akan mengipas telor memakai sirip mereka. 

Tetapi si ortu akan melahap telur yang kelihatan enggak bisa dibuahi atau ternyata kotor. Tetapi menurut pada breeder, bisa jadi si ortu menyantap telornya sendiri dikarenakan stress karena indukan belum ada pengalaman, atau bisa juga karena merasa terganggu oleh ikan yang lain.

Setelah akhirnya berhasil lewati beberapa waktu, telor akhirnya netas, namun untuk larva akan masih nempel ke dasar. Larva enggak bisa makan dengan langsung. Ia akan dapat asupan makanan dan energy dari isi kantong kuning yang terdapat pada telornya. 

Kira-kira 1 minggu kemudian, larva akan bertransformasi dan beralih jadi juvenill & ia dapat otomatis menggerakan badannya buat berenang. Juvenil ini dapat memakan berupa udang atau dapat juga kalian kasih makanan olahan seperti pelet. Ia dapat dikasih makan kira-kira tiga sampai empat kali dalam satu hari.

Kalian harus selalu mengecek keadaan air. Jika air sudah tercemar, Umumnya anakan muda ini bakalan gampang sakit atau malah bisa mati. Demikian, bahasan kita kali ni mengenai jenis & cara melihara ikan manfish atau angelfish yang hidup di Air Tawar.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota