-->

Sponsor Mascota

Yuk Kenal dengan Ikan Corydoras Bandit yang Eksotis

Para penghobi ikan hias air tawar menyebutnya sebagai Cory catfish, lele corydoras atau ikan corydoras ini faktanya adalah ikan hias berkumis yang sudah beken di kalangan penghobi akuarium. Ikan hias satu ini ternyata sudah menjadi menjadi favorit, karena sifatnya yang enggak agresif dan perawatannya juga bisa dibilang gampang. Namun tak seperti catfish kebanyakan, ikan hias satu ini lebih aktif pada siang hari. Nahh Kali ini mascota akan membahas jenis ikan corydoras bandit, pasti dari kalian sudah sering melihatnya.


Termasuk bottom feeder, ikan ini suka mencari makan di wilayah bawah atau dasar aquarium. kelazimannya ini bisa memberikan suatu yang negatif serta postif buat aquarium. Mereka dapat membantu memelihara kebersihan akuarium. Akan tetapi, mereka juga membuat air aquarium jadi berantakan, sehingga menimbulkan ganggang serta kotoran lain. Bila kalian memeliharanya harus tetap di kontrol ya keadaan aquariumnya.


Baca Juga: 17 Jenis Ikan Cupang Paling Mempesona dan Cantik Sebagai Peliharaan


Karakter dari ikan ini sangat ramah dan senang bersosialisasi jadi tergolong ikan hias kecil bergerombol, apalagi dengan spesies yang sama. Mereka juga dapat supel dengan ikan lain, tetapi dengan catatan ikan tersebut juga punya sifat yang sama dengan si corydoras bandit ini. Jangan sampai kalian satukan dengan ikan yang karakternya galak atau agresif ya.


Jenis Ikan Corydoras Bandit

Jenis Ikan Corydoras Bandit


Kalian pasti langsung mengenalinya dari penampakan “topeng hitam” di wilayah matanya. Bandit cory ini faktanya memang sangat beken di market ikan hias. Bila di-compare dengan spesies lain, ikan ini lebih peka terhadap variasi suhu air. Suhu air paling bagus buat corydoras bandit di antara 22 sampai dengan 26 drajat celcius.


Saat sudah dewasa bisa mencapai panjang 5 centimeter. Mereka lebih senang dengan pH 6,5 sampai dengan 7,0. Dan bangusnya mereka dipelihara dalam aquarium dengan ukuran paling enggak 35 liter, berbarengan dengan jenis ikan lain yang sama antengnya. Kalau kalian merawatnya dengan tepat, umur mereka bisa mencapai 5 tahunan.


Baca Juga: Jenis Dan Cara Merawat Ikan Discus Yang Tepat Supaya Tetap Sehat


Nah ternyata corydoras ini punya panggilan beken lain yaitu corydoras panda. Akan tetapi ia enggak berasal dari cina ya. jadi ikan corydoras panda atau bandit ini bisa kalian dapati di perairan sungai di negara amerika, khususnya wilayah amerika selatan.


 Corydoras bandit ini pertamakali didapati pada tahun 1968 lalu diberikan nama corydoras panda pada tahun 1971 oleh Nijssen dan Isbrücker. Namanya sangat pas dengan rona atau corak badannya yang seperti panda.



Cara Merawat Ikan Corydoras Bandit dalam Akuarium

Cara Merawat Ikan Corydoras Bandit


1. Pilih Akuarium

Memilih akuarium yang tepat harus ditentukan dari jumlah ikan yang akan kalian pelihara. Jika ikan corydoras Bandit kira-kira berkisar 4 sampai 6 ekor, maka paling enggak kalian sediakan akuarium dengan daya tampung air sebanyak 38 liter.


2. Kondisi air yang tepat

Sudah kita bahas sedikit diatas kalau temperatur air yang bagus untuk ikan ini bergantung pada ketinggian habitat aslinya. Pada wilayah subtropis temperaturnya harus berkisar 10 sampai 12 derajat Celcius, dan kalau untuk wilayah tropis 24 sampai dengan 28 derajat celcius. 


Baca Juga: 12 Jenis Ikan Molly Dengan Keunikan Warna yang Sangat Eksotis


Dengan kandungan pH yang bagus diantara 6,0 sampai 7,6, dan tingkat hardness 10 derajat dH. Ikan Corydoras bandit lebih senang dengan air yang tingkat pH-nya netral dan mendekati asam.


3. Pemberian substrat dasar pada akuarium

Pilih kerikil halus atau pasir dengan kedalaman 2 inci, karena ikan corydoras bandit ini termasuk ikan yang hidupnya lebih senang beraktivitas di dasar akuarium. Menggunakan substrat yang tajam atau kotor bisa melukai kumis ikan


Baca Juga: Ikan Mas Koki Wakin Peliharaannya Masyarakat Jepang Asli


4. Pemberian tanaman ke dalam akuarium

Jangan lupa menambahkan tumbuhan air serta bebatuan sebagai dekorasi tambahan. Dekorasi ini bisa menjadi tempat persembunyian si corydoras. Dan juga, pemberian tumbuhan juga bisa dijadikan sebagai daerah peletakan telur.


5. Pakan ikan Corydoras Bandit

Corydoras bandit termasuk ikan jenis omnivora. Akan tetapi bagus juga diberikan pakan pellet yang gampang tenggelam. Pelet seperti ini banyak di jual di toko ikan hias khusus buat bottom fish. Jenis pakan lain yang bisa kalian berikan adalah:

  • Cacing darah
  • Cacing sutra
  • Artemia
  • Kutu air (Daphnia)




Tank-Mate Ikan Corydoras bandit yang Bagus

Tank-Mate Ikan Corydoras


LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota