-->

Sponsor Mascota

Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang

 Mandarin fish atau para penghobi biasa memanggilnya ikan mandarin, merupakan ikan yang berasal dari lautan atau termasuk ikan hias air laut yang sangat cantik dan ronanya sangat sedap dipandang mata. Ikan yang punya panggilan latin Synchiropus splendidus, merupakan ikan berukuran kecil yang yang punya pattern terang dan warna yang beragam, yang tergolong kedalam jenis dragonet.


Ikan mandarin merupakan ikan hias yang terdapat corak seperti tulisan cina serta badan yang panjang dengan tambahan dua sirip dibagian belakang. Panjang ikan kecil ini, kira-kira di 6 centimeter saja. Mandarin fish mempunyai pattern berupa garis dengan rona hijau, orange, dan kuning, dengan didominasi rona biru di keseluruhan badannya. Ikan mandarin senang menyantap krustacea kecil dan binatang invertebrata.


Ikan Mandarin Air Laut Cantik



Ia sangat senang bersembunyi diantara tumpukan terumbu karang yang yang banyak sela, aktif berburu makanan sambil menjauhi ikan berukuran besar yang akan memburu mereka. Ikan yang ternyata sudah jadi simbol internasional ini berukuran kurang lebih 6 centimeter dan umumnya akan pergi dari tempat persembunyiannya buat cari makanan di pagi dan malam hari.


Motif serta warnanya terbilang unik dan sangat cantik, kalau dilihat sekilas memang seperti pola pada kain batik asal Indonesia, tetapi ada varietas lain yang punya rona di badannya didominasi warna hijau terang dengan tambahan motif totol. Ada juga yang punya perpaduan rona coklat dengan putih jadi seakan-akan seperti sedang berjalan diantara karang-karang yang ada di dasar laut.


Tetapi masih banyak yang salah menyebutnya sebagai western dragonet, karena sekilas memang kelihatan mirip. Biarpun seperti sodara kembar, mereka punya karakter atau ciri yang membikin mereka berbeda, yaitu pattern seperti batik di badan mereka.


Baca Juga: 16 Jenis Ikan Nemo Paling Beken Untuk Para Saltwater Aquarist


Kalau si Western atau picture dragonet, memiliki motif bulat di bagian badannya, sedangkan mandarin fish punya pattern garis. Nah tapi mereka punya sifat yang sama yaitu teritorial yang lumayan aktif. Mandarin fish enggak akan ragu kepada jenis ikan apapun, yang punya ukuran sama, akan bersarang ke dalam daerah kekuasaannya. Kalau itu sampai terjadi, maka mandarin fish jantan, enggak pakai ragu buat langsung menyerangnya.


Persis saat mencari makanan, saat proses kawin juga biasanya dilakukan pada pagi atau malam hari, tetapi memang lebih sering pada sore sih. Proses perkawinannya terbilang menarik, sering sekali dijadikan objek para fotografer air laut.


Dan karena punya warna yang sangat cantik, banyak para pecinta ikan hias air laut, sangat kepingin memeliharanya.


Bahkan ternyata di Indonesia sendiri pemerintah sudah membuat penangkaran yang ada di balai budidaya air laut wilayah Ambon, Maluku. Hal ini dilakukan supaya si ikan anggun ini enggak malah jadi punah, karena penangkapan liar yang sering terjadi.


Ikan Mandarin Susah Dipelihara dalam Aquarium

Ikan Mandarin Susah Dipelihara


Tergolong sebagai ikan hias air laut, ikan mandarin lumayan susah dipelihara dalam aquarium.


Karena, ikan jelita ini sangat sulit buat bertahan hidup di lingkungan baru, peka terhadap perubahan air, dan agak susah buat memberikan makanan karena ia termasuk ikan pemilih.


Mandarin fish enggak akan menyantap pakan olahan seperti pellet ikan, cacing kering, maupun udang kecil yang dibuat di pabrik.


Jadi, saat memutuskan untuk memelihara ikan ini, kalian dapat membikin kondisi aquarium persis dengan lingkungan aslinya.


Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo


Contohnya dengan menyediakan karang hidup di aquarium sebagai daerah ia berburu makanan dan enggak memeliharanya dengan ikan lain yang agresif.


Berikut ini tips memelihara ikan mandarin dalam akuarium:

Membuat Aquarium Ideal

Di habitat aslinya, kalian dengan gampang akan menemui ikan ini di perairan dangkal dan terumbu karang di pinggiran pantai pasifik barat.


Jika kalian bisa membuat habitat alami ikan ini ke dalam aquarium, maka kalian dengan gampang bisa memelihara mereka.


Tankmates atau Teman Seakuarium Untuk Mandarin Dragonets

Bisa dibilang ikan mandarin tergolong ikan yang kalem, maka perkelahian antar species jarang terjadi. Ikan ini cuma saling serang sesama jantan saja.


bagusnya saat memelihara ikan ini dibuat berpasangan, disarankan kalian memilih ikan yang punya ukuran badan yang mirip.


Budidaya Ikan Mandarin

Budidaya Ikan Mandarin


Nah sudah kita bahas di atas kalau Ikan hias yang satu ini lumayan beken sehingga banyak yang sudah mengembangbiakan.


Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah


Bahkan usaha pembudidayaan ikan mandarin sudah dikerjakan oleh pemerintah Indonesia di balai budidaya air laut di Ambon, Maluku.


Dengan adanya budidaya ini, diperlukan supaya ikan mandarin tidak punah. Dan buat harga ikan mandarin air laut ini tergolong mahal.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota