-->

Sponsor Mascota

Fakta Menarik Firefish Goby Ikan Hias Air Laut dan Cara Merawatnya

 Kalian pasti akan setuju kalau firefish atau firefish goby ikan hias air laut yang cantik kan?. Ikan yang punya nama lain Nemateleotris magnifica, di jual di pasar ikan hias dengan harga firefish yang enggak begitu mahal.


Nahh buat kalian yang tertarik memelihara si firefish ini enggak salahnya membaca habis artikel mascota kali ini. Mascota akan membahas mendalam mengenai cara memelihara si firefish buat pemula.


Ia termasuk spesies yang punya fisik lumayan kuat, spesies yang enggak agresif ini sangat gampang bertahan hidup dengan catatan kalian harus merawatnya dengan tepat. Karena fisiknya yang kuat ini, jadi sangat tepat dipelihara oleh penghobi pemula sampai yang sudah berpengalaman.


Asal-usul Nama Firefish Goby

Asal-usul Nama Firefish Goby


Firefish memang sangat cantik untuk dilihat. Punya warna merah, oranye, kuning dan putih yang mencolok di kekujur badannya, bahkan kalau dibandingkan dengan ikan hias air laut lain. Badannya seperti warna api yang akhirnya dipilih jadi panggilannya.


Fakta tentang Firefish Goby:

  • Nama Ilmiah: Nemateleotris magnifica
  • Nama Umum: Firefish goby, fire goby, fire dartfish, magnificent dartfish
  • Ukuran: mulai dari 2 sampai 3 inci
  • Ukuran minimal akuarium: 29 gallons
  • Tingkat keagresifitas: rendah
  • Cara Perawatannya: Mudah
  • Waktu paling Aktif: di siang hari
  • Masa Hidup: Bisa sampai 3 tahun


Habitat Asli dari Ikan Nemateleotris Magnifica

Ikan Nemateleotris Magnifica


Kalian bisa menemukan si firefish goby ini di wilayah terumbu karang yang ada di kawaasan Samudera Pasifik dan Hindia. Nemateleotris magnifica hidup di kedalaman antara 20 sampai 200 kaki dekat dengan terumbu karang di kawasan hawaii dan juga di beberapa wilayah afrika. Firefish senang berenang melawan arus supaya mangsanya berenang menghampirinya secara alami karena berenang mengikuti arus air laut daripada berburu seperti banyak spesies ikan lainnya.


Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah


Nemateleotris magnifica saat ini tidak terancam punah dan lebih suka hidup menyendiri setelah mencapai usia dewasa. Setelah ikan goby menemukan pasangan, mereka akan hidup berpasangan. Paling sering ikan ini gampang ditemukan di liang pasir, terutama ada predator yang akan mendekat.


Cara mereka berkomunikasi di alam liar, firefish goby memakai sirip yang ada di punggungnya untuk memperingatkan temannya yang lain kalau ada bahaya yang akan mengancam. Saya belum pernah melihatnya langsung di habitat aslinya, tetapi pasti akan sangat seru melihatnya di dalam akuarium rumah.


Cara Perawatan yang Tepat Buat Si Firefish Goby dalam Akuarium

Cara Perawatan Firefish Goby


Kalau untuk masalah perawatan si ikan goby ini terbilang lumayan gampang, kalau dilihat dari standar akuarium terumbu karang tradisional. Karena ia termasuk ikan hias air laut bertubuh kecil, jadi enggak perlu kalian menyediakan akuarium yang terlalu besar. Ukuran akuarium yang tepat buat si ikan api di kisaran 29 galon.



Hati-hati, Firefish suka melompat Keluar Akuarium

firefish goby suka melompat


Firefish goby terkenal sebagai ikan air laut yang cantik, damai, dan tenang untuk akuarium komunitas ketika dicampur dengan spesies lain, tetapi sering kali sangat agresif ketika dipelihara dengan spesies lain yang sama atau serupa. 


Menurut para penghobi ikan ini ternyata lebih senang dengan akuarium dengan arus lambat dibanding dengan arus yang kencang. Jadi kalian harus memikirkannya dua kali kalau memelihara si goby ini dalam akuarium dengan arus besar.


Saran yang paling penting adalah kalian harus melengkapi tutup yang pas di atas akuarium atau jaring di sekitar tepinya karena rata-rata firefish berumur 3 tahun, dan kebanyakan umurnya lebih pendek karena mereka punya kebiasan melompat keluar dari akuarium. Kemungkinan besar ia sampai lompat keluar karena ia merasa stress karena merasa terancam dari ikan yang lain.


  • Untuk menyimpan Nemateleotris magnifica dengan aman, kalian harus memiliki penutup yang aman di akuarium setiap waktu.
  • Untuk menjaga agar tidak stres, kalian perlu menyediakan banyak tempat persembunyian untuk si firefish goby.
  • Di alam liar, firefish goby sangat senang berada di liang pasir. Coba tambahkan substrat pasir di akuarium kalian, dibuat cukup dalam supaya ia bisa masuk ke dalam pasir.


Bergantung pada bagaimana kalian mendesain dan membuat aquascape atau mendekorasi akuarium air laut kalian, kalian bisa memakai pipa pvc yang bagian pendeknya sebagai tempat persembunyian mereka.


Ikan Goby Mudah Untuk Beradaptasi

dartfish atau firefish merupakan spesies ikan komunitas yang damai yang umumnya akan bercampur dengan baik dengan ikan non-agresif lainnya. 


Berhati-hatilah saat kalian baru memasukannya di akhir saat akuarium sudah mapan, jika akuarium kalian sudah memiliki ikan yang menentukan wilayah. Ikan dart yang kalem ini bisa menjadi korban bully dan intimidasi ikan lain jika mereka dimasukannya paling akhir ke dalam akuarium.


Itulah pengalaman pribadi saya saat saya menambahkan firefish goby terkahir ke dalam akuarium. Saya mempunyai sepasang ikan nemo atau clown fish yang sudah memutuskan wilayah kekuasan mereka di dalam akuarium.


Mereka tidak begitu senang dengan kehadiran firefish, dan si ikan badut ini akan terus mengganggu si goby sampai saya memisahkannya. Sebenarnya ikan goby bisa hidup berdampingan dengan ikan lain dengan baik dengan ikan yang berkarakteristik tidak agresif juga.


Apakah Firefish Punya Sifat Agresif?

Firefish Punya Sifat Agresif


Tidak, Firefish bukan ikan yang agresif. Sudah kita bahas di atas kalau panggilannya ini diberikan kepadanya karena warna merah, orange, kuning dan putihnya kelihatan mencolok dan terang, bukan karena temperamen yang berapi-api. Mereka adalah spesies ikan air laut yang kalem, kuat, dan gampang dalam merawatnya.


Berapa banyak Firefish yang dapat dipelihara bersama dalam satu Akuarium?

jumlah firefish goby dalam satu aquarium


Firefish akan menjadi agresif terhadap ikan lain dari family yang sama, jadi yang terbaik adalah memelihara hanya satu Firefish per akuarium kecuali kalian telah membeli sepasang bonded atau memiliki sarana untuk membuat pasangan di akuarium kalian. Tapi harap berhati-hati di sini karena mereka tidak mudah dipasangkan.


Saya tidak merekomendasikan menempatkan lebih dari satu ikan api di dalam akuarium kecuali kalian punya banyak waktu untuk memperhatikan terus dan memisahkan keduanya jika perkelahian muncul. Beberapa tahun yang lalu saya tidak berhasil dalam mencoba untuk mengawinkan si firefish ini. Ada banyak agresi atau teritorialitas di sana.


Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo


Meskipun dimungkinkan untuk memasangkan mereka di dalam akuarium. Sementara ikan ini bisa membentuk pasangan dalam kelompok lawan jenis, mereka biasanya teritorial satu sama lain. Karakteristik teritorialnya menjadi lebih buruk ketika ditempatkan di akuarium berukuran kecil di mana ikan tidak dapat berenang bebas tanpa bersinggungan satu sama lain.


Firefish goby muda akan sering terlihat berenang dalam kelompok, tetapi setelah mencapai usia dewasa, biasanya mereka akan jadi bertengkar. Beberapa hewan yang pas ditempatkan menjadi satu dalam komunitas terumbu karang dengan si goby adalah clownfish, udang, dan goby kecil lainnya.


Ikan ini bisa menjadi aset yang bagus jika kalian memiliki jenis ikan non-agresif lainnya di akuarium kalian. Firefish diberi label sebagai "dithers", yang berarti mereka membantu ikan lain keluar dari cangkangnya. Jenis ikan ini tidak akan memakan tanaman atau mengganggu invertebrata di akuarium kalian.


Tank-mate yang Cocok Buat Si Firefish Goby

tank mate firefish goby


Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ia merupakan ikan yang damai dan kalem, jadi bagusnya kalian menggabungkannya dengan ikan lain yang tidak agresif, seperti clown fish Amphiprion atau pink skunk clownfish, engineer gobies, neon gobies, Banggai cardinalfish, ikan mandarin atau bahkan Royal gramma, dll.


Ini merupakan beberapa jenis ikan yang bagus untuk dipelihara berbarengan dengan si ikan badut yang enggak agresif.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota