-->

Sponsor Mascota

5 Jenis Ikan Platy Paling Cantik yang Bisa Menghias Sudut Rumah

Jenis ikan platy terkenal karena punya rona & moitif sangat terang, anggun, dan gampang sekali buat dikembangbiakan. Nama baik itu membikinnya menjadi varietas ikan terfavorit yang dipilih penghobiest ikan hias air tawar buat menghiasi akuascape. 

Dan ternyata ia juga dapat mendatangkan peluang bisnis dengan cara budidaya. Harga dimarket kalau kita lihat-lihat sangat menggiurkan. Permintaannya juga sangat konstan akan varietas ini.

percis layaknya ikan swordtail, guppy, ikan molly, & platy tergolong varietas livebearer. Bisa kita bilang, ia tergolong varietas ikan yang beranakk bukan bertelur seperti ikan kebanyakan. Jadi ia akan memboyong telurnya di dalam badan mereka sendiri, lalu saat melahirkan sudah berbentuk anakan terlihat utuh.

Makanan Ikan Platy


Ikan platy liar di habitat aslinya sering memakan tanaman air atau serangga kecil. Akan tetapi bila kalian sudah punya platy dan dipelihara dalam aquarium ia akan dengan gampang menyantap apapun. 

Kalian enggak perlu pusing, karena ia enggak pilah-pilah pakan. Tapi yang perlu diingat, kalian perlu memperhatikan saat memberikan sayuran. Entah yang sudah berbentuk serpihan kecil, sudah diolah menjadi suplemen, ketimun, bayem, atau labu yang sudah kalian rebus sendiri.


Tanaman air liar yang sudah umum ia santap mempunyai kontribusi sangat penting. Ganggang atau tanaman air tersebut menunjang perantara gastroenteric si platy. Komponen serat nabati yang terkandung dalam tanaman memang sangat penting buat platy. 

Dan juga, kalian dapat mencoba membeli makanan ikan yang dijual di market atau sekarang gampangnya sudah terdapat di marketplace online. Dan pastinya, kalian harus paham betul dengan kwalitas dan testi dari penghobiest lain.

Jenis-Jenis Ikan Platy yang Paling Cantik Untuk di Pelihara Dalam Rumah


Selain perpaduan rona dan pemilihan pattern serta shape furnitur rumah, akuarium ikan air tawar juga sering dipakai buat menambah estetika dalam rumah apa lagi yang cinta dengan konsep minimalist seperti di kota-kota besar.

Hal yang sangat penting buat daya pikat interior aquarium adalah harus jeli dalam memilih varietas ikan yang kalian pilih. Ikan platy sekarang sudah semakin beken atau terkenal untuk buat sebagai pelengkap hiasan ruangan. Beberapa varietas ikan platy yang mascota pilih dapat kalian gunakan sebagai referensi unik untuk dicoba:

1. jenis Ikan Platy Jerman

jenis ikan platy jerman


Ikan platy Jerman sangat umum ditemui di dalam dan luar negeri. Ikan platy Jerman ini masuk ke sekian ratusan varietas ikan platy yang gampang sekali didapatkan & hasil perkawinan silang dari pemijahan ikan platy. 

Kalau ngomongin harga, ikan platy ini sangat bergantung dari size, jenis, & pola collor dibadannya. Semakin jarang dan unik pola rona badan ikan platy, pastinya akan membikin ikan ini dihargai lumayan tinggi.

Ikan platy Jerman sangat kelihatan glamor dan punya harga tinggi karena sulit dan jarang ditemui. Serta mempunyai pattern warna yang elok. Jika ikan platy umum mempunyai pattern warna polkadot, tetapi ikan platy varietas satu ini sangat sederhana. 

Di market, 1 ekor ikan platy di beri dengan harga di kisaran satu juta rupiah per ekor. Motif rona yang tergradasi pada varietas ikan platy yang ini nih benar-benar sedap dipandang mata.

2. Jenis Platy Hamburg

jenis platy hamburg


Selain punya motif rona yang terlihat sangat elok, ikan platy hamburg mempunyai penampakan organ sirip ditambah buntut besar dan eksklusif. percis dengan ikan cupang yang mempunyai sirip pada bagian buntut yang lebar, ikan platy ini juga memakai keunggulan yang ada pada badannya buat para betina menjadi tertarik dan memperdayai para pemburunya yang ingin menyerang.

Yang membedakan ikan platy satu ini dengan ikan platy varietas lain adalah ikan ini mempunyai 2 penggalan warna di badan yang berbeda. Pada penggalan kepala sampai tengah badan biasa dihiasi dengan warna keperakan, sedangkan untuk penggalan tengah sampai buntut dihiasi dengan rona oranye dengan motif full black. Persis dengan panggilannya, varietas ikan platy satu ini mempunyai penampakan sirip ekor yang lebar.


Ikan platy hamburg ini di ruang lingkup asli senang di temperatur 22 drajat celsius sampai 27, Kandungan PH air kisaran 6 sampai 7.9, tingkat kekerasan air: empat sampai dua puluh lima dan tergolong kedalam diett omnivore. 

Ikan ini dapat tumbuh menyentuh angka 12 centimeter, atau bahkan ada yang bisa lebih. Ikan platy mempunyai karakter yang damai sehingga sangat pas digabungkan dengan ikan hias lain. Kelebihan ikan ini adalah bisa beranak empat sampai lima kali hanya dalam sekali perkawinan.

3. Jenis Platy Kohaku

jenis platy kohaku


Ikan platy Kohaku ini mempunyai rona keperakan platinumm dari penggalan kepala sampai ke buntut, dan penggalan badan tepat ditengah mempunyai warna black kombinasi keperakan. 

Sirip bagian buntut ikan platy varietas ini sangat mirip dengan ikan platy varietas lain. Motif rona pada varietas Ikan platy Kohaku bila dilihat persis layaknya sebuah kreasi seni lukis. 

Ikan platy Kohaku benar-benar susah buat ditemui. Fakta-fakta ini yang membikin varietas platy satu ini lumayan tinggi untuk harga dan benar-benar hoki buat kalian yang memilikinya. 

Menurut info yang beredar harga dimarket untuk seekor bisa dibandrol empat ratus Ribu Rupiah per ekor.

percis dengan panggilannya, varietas ikan platy satu ini mempunyai pattern yang mirip dengan sebuah kreasi seni kohaku seperti yang sudah kita bahas diatas. 

Selain itu karakter unik yang sudah kita bahas diatas, penampakan sirip dibuntut yang mungil dan enggak kelihatan teratur. Karakteristik khas ini yang membikin varietas ikan platy satu ini melambung tinggi.

4. Jenis Platy Blood Red

jenis platy blood red


Jenis ikan platy Bloodred mempunyai rona dengan motif yang terbilang anggun. Karakter varietas platy ini berada pada penggalan buntutnya. Buat bagian kepala sampai ujung buntut dihiasi dengan warna yellow, dan buat organ sirip & buntut keseluruhan dihiasi warna blue dengan pattern polkadot warna black. 

Pada cuilan ujung buntut ikan ini punya warna full black. Kalau ngomongin soal harga, bloodred lumayan menguras kantong, bila kita bandingkan dengan varietas yang lain. Salah satu varietas ikan platy paling mahal dibandrol dengan harga kisaran seratus lima puluh ribu Rupiah satu ekornya.


Didalam negri sendiri varietas ikan platy sudah sangat umum dipelihara karena untuk urusan perawatan yang gampang & dari segi harga yang masih terbilang murah. Mulai dari anak kecil sampai yang dewasa pun senang merawat ikan platy di akuarium untuk memperindah ruangan yang ada dirumah.

5. Platy Mickey Mouse

platy mickey mouse


Ikan Platy miki Mouse termasuk varietas ikan platy yang terbilang sangat beken dan punya karakter yang terbilang khass bila kita compare dengan ikan hias lain. Ikan hias elok yang ini nihh mempunyai ciri fisik yang imutt dan manis serta lucu seperti karakter kartunn miki mouse. Ikan hias satu ini memang faktanya sekarang lagi digemari dan pas bangett buat dipelihara didalam ruangan.


Yang menjadi karakter dari ikan platy mickeyy mouse adalah memiliki motif bulat dengan warna full black pada penggalan buntutnya, terdiri dari tiga bundar, satu corak bulat yang gede dan dua lagi lebih kecil. Karena punya 3 motif berbentuk bulat inilah jadi terlihat persis dengan icon kepala mickey mousee, dan jadi panggilan buat si platy yang sangat iconic.

Cara Mengembangbiakan Platy

cara mengembangbiakan platy


Cara Ikan Platy Kawin dalam aquarium, enggak perlu persiapan ribet untuk melakukan budidaya kecil-kecilan. kalian hanya mempersiapkan sebuah aquarium yang bersih dan size yang cukup, ikan berkelamin jantan, dan betina. Tumbuhan air yang lumayan banyak juga sangat mensupport buat mendukung atmosfer.

Juvenil nantinya akan mencapai waktu reproduktiff pada umur lima sampai enam bulan. Indukan akan mengandung kurang lebih 45 hari atau bisa lebih. Mereka harus kalian pisah ke dalam sebuah wadah khususs. Kalian dapat menaruh paling enggak tiga puluh sampai lima puluh indukan sekaligus jika aquariumnya gede dan lebar. Makanannya juga mesti kalian persiapkan, contoh yang sangat mudah dengan memberikan jentik nyamukk.

Anakan ikan ini terhitung lebih minim bila dicompare ikan lain. Berapa periode ikan platy hamil? ia mengandung bisa sampai lima belas sampai dua puluh enam anak. Bukti yang memperlihatkan kalau hamil bisa kelihatan dari perut yang kelihatan menjadi besar. Lalu saat kulit pada perur kelihatan transparan, organ mata anakan di perut akan kelihatan dengan warna hitam.

Pastikan kalian enggak melakukan perkawinan di akuarium utama. Sebab juvenil atau anak ikan malah akan di makan oleh induknya sendiri. Kalian pun harus mempersiapkan akuarium khusus.

Juvenil atau anakan ikan platy bila kalian lihat sekilas terlihat mirip dengan anakan swordtail fish. Saat sudah berumur 7 sampai 14 hari baru akan terlihat berbeda. Badannya kelihatan lebih kecil, pendek & terilhat gempal. Lalu  mempunyai 2 totol dengan rona hitam kecil-kecil di bagian sirip buntutnya.

Enggak harus risau, saat kalian merawat juvenil ikan ini, karena enggak begitu susah. Dan juga ia sudah datang dengan penampakan utuh, size nya besar, & dapat berenang sendiri dengan baik. kalian dapat kasih pakan kering, bagian kuning telor, atau pakan olahan khusus ikan.

Di dalam 7 hari pertama, kalian dapat mencoba memberikan pakan berupa plankton dan infusoriaa. Lalu di minggu ke dua, kalian bisa memberi mereka makanan berupa water flea atau cacing. 

Jika kalian menemukan perbedaan dari size ikan yang berbeda jauh, lebih bagus kalian pisahkan mana yang besar dan yang masih kelihatan kecil. Hal ini supaya anakan tersebut enggak saling bersaing dengan ketat masalah pakan. Demikian, Jenis dan Cara Merawat Ikan Platy.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota