-->

Sponsor Mascota

Ikan Mas Koki Wakin Peliharaannya Masyarakat Jepang Asli

Ikan Mas koki wakin tergolong ikan hias air tawar yang sudah umum di pelihara oleh masyarakat. Jenis Ikan mas koki yang biasa dipanggil oleh masyarakat asli jepang dengan julukan ikan wakin ini faktanya sangat persis dengan mas koki yang pada umumnya atau common goldfish. Kenapa di panggil mas koki wakin? karena punya penampakan fisik yang enggak ada perubahan yang begitu signifikan. 

Dari penampakan luar tetap kelihatan seperti jenis karper krusian, yang ternyata adalah nenek moyang dari mas koki. Kalau dilihat secara seksama ikan karper krusian punya fisik yang kelihatan agak panjang dan slim, Tetapi untuk si wakin punya badan yang kelihatan sedikit membulat. Panjang badan bisa mencapai 5 sampai 20 centimeter. Kalau dilihat juga bagian buntut ikan wakin lebih terilhat lebar dan jenjang. apabila memperhatikan penjelasan secara genetic yang sudah dibikin oleh Doctor. Matsui.


Dari pembahasan di atas kemungkinan besar ikan wakin merupakan evolusi dari red karper krusian. Saat periode masih kecil, ikan wakin punya kombinasi warna sedikit coklat, blue dan black. Nahh para penghobi biasa mengenalnya dengan sebutan iron color. Pada saat bertumbuh, dengan perlahan nantinya warna itu bisa berubah menjadi yellow, orange, white, atau gabungan antara orange serta white.

ikan mas koki wakin


Yang menjadi karakter dari ikan wakin yang sangat menonjol adalah manuvernya yang benar-benar gesit & sangat memikat setiap orang yang melihatnya. ikan ini enggak begitu cocok dirawat dalam aquarium yang digabungkan dengan mas koki tipe lain yang tipe renangnya lambat, contohnya varietas veitail atau lion head, dan tosa. Bila kalian tetap memeliharanya di tempat yang sama, maka sirip dan organ mata mas koki yang bermanuver lambat bisa terluka akibat kerap di serang oleh ikan wakin.

Ikan wakin memang sangat terkenal rakus akan makanan, yang malah membuat tank-mate dengan pergerakan lambat akan menjadi kurus akibat enggak mendapakatkan jatah makanan. Mas koki wakin berakarl dari Negara tiongkok. Ikan ini bisa muncul di jepang lewat kota sakai, yaitu kota yang paling dekat dengan osaka, japan. Masyarakat asli jepang sangat suka ikan wakin dikarenakan punya penampakan yang terlihat kekar. Warna merah merona yang menonjol di badannya sudah menjadi ikon pada kegiatan tradisional di jepang. Mas koki wakin sangat cocok untuk kalian rawat dalam kolam ikan hias yang berada di sebuah perkarangan rumah.

Memelihara Ikan Koki Wakin

memelihara ikan koki wakin


Biasanya, Ikan wakin gampang di temukan, dengan harga yang enggak terlalu mahal. Akan tetapi, itu enggak berarti kalian bisa sembarangan dalam memeliharanya.

Kalian jangan percaya mitos bahwa ikan mas koki apalagi ikan wakin dapat hidup di dalam toples, atau vas bunga seperti ikan cupang. padahal, faktanya tempat yang kecil akan membikin kualitas air menjadi buruk, ikan wakin menjadi stress, dan mereka bisa gampang mati.

Makanya, kalian harus ingat bahwa hampir semua jenis ikan butuh ruangan yang cukup, untuk bisa bereskplorasi dan berenang leluasa. Jadi, bila kalian memutuskan akan memelihara ikan wakin, sediakan aquarium dengan ukuran yang pas dan mendukung untuk mereka.


Apalagi jika ikan wakin kalian ingin bisa tumbuh dengan baik. Apabila kalian menaruh mereka di aquarium atau wadah yang terlalu kecil, perkembangan mereka akan terhambat, sebagai respon dalam beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Dan itu bukan hal yang bagus, ukuran badan ikan wakin yang kecil, menandakan kondisi badan yang enggak sehat. Dan pasti nya mereka juga enggak bahagia.

Akan lebih bagus, kalian memeihara ikan wakin dalam kolam dengan sistem penyaringan yang bagus dan berkapasitas besar. Apalagi karakter mereka yang aktif, kuat, dan berpotensi bisa tumbuh dan berkembang besar.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota