-->

Sponsor Mascota

9 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias yang Beken Untuk Menghiasi Aquarium

Bila kita ngomongin tentang ikan sapu-sapu biasanya enggak terlepas dari fakta yang kurang bagus yang katanya ikan ini adalah ikan hias air tawar yang enggak membawa keberuntungan. Apa benar seperti itu? Ikan yang awalnya berasal dari batang air wilayah south america ini belum lama banyak yang menganggap hama bagi masyarakat yang berfrofesi sebagai nelayan.


Tetapi memang berkembangnya populasi dari sapu-sapu sangat besar jadi memberikan impact pada hilangnya varietas dari ikan lain di sungai. Akan tetapi yang harus kalian ketahui adalah ikan ini enggak cuma memiliki sesuatu yang negatif saja akan tetapi juga punya segudang manfaat buat manusia.

Bahaya Ikan Sapu Sapu

bahaya ikan sapu sapu


Faktanya risiko dari sapu-sapu dapat dikurangi jika kalian paham betul mengelolahnya dengan baik. Banyak info yang beredar di masyarakat yang ternyata ikan sapu-sapu sering di jadikan makanan yaitu siomay.

Saya sendiri tidak tahu apa itu benar atau tidak. Akan tetapi bila kita mengingat bahwa sungai yang ada di negeri kita ini rata-rata memang sudah terkontaminasi dari kandungan zat yang bisa dibilang berbahaya, jadinya untuk mengolah ikan ini akan makin sulit.

Sapu-sapu yang sering sekali dibilang dengan ikan yang enggak memberikan keberuntungan ini sebernarnya sangat membantu untuk membersihkan segala macam kotoran yang ada di sungai atau bila kita pelihara di aquarium kedalam badannya. Jadi, tubuh dari ikan ini menyimpan banyak sekali elemen dan zat yang amat berbahaya yang telah tercampur dari air sungai.


Nahh, kandungan itu yang dibilang sebagai asal mula penyakit dan bahaya. Berikut kita jelaskan fakta-fakta seberapa berbahayanya sapu-sapu yang perlu kita ketahui.


1. Ikan Sapu-Sapu Memuat Logam Tinggi


Para peneliti sudah banyak yang memberikan info, sapu-sapu dapat bertahan pada perairan dengan level racun yang parah, contoh gampangnya seperti kali yang bewarna hitam pekat layaknya oli kendaraan yang enggak pernah diganti. 

Makanya, badan ikan ini akhirnya banyak menyimpan kandungan besi atau logam yang terbilang sangat bahaya kalau sampai masuk ke badan manusia. Contoh kandungan bahayanya adalah mercury, timbel, dan heavy metals lainnya.


2. Sapu-Sapu Membuat Kulit Gatal-gatal


sapu-sapu yang bertempat tinggal di sungaii atau perairan dangkal sudah sangat dapat terinfeksi unsur atau materi yang kotor dan terbilang bahaya bila di konsumsi badan manusia, seperti yang sudah kita bahas diatas. 

Nahh, kalau sampai dikonsumsi tanpa di olah dengan cara yang benar, maka bisa membuat reaksi terhadap kulit kita, misalnya muncul gatal. Apalagi jika kulit kalian yang sensitif.

3. Mengkonsumsi Sapu-Sapu Dapat Menyebabkan Kerusakan Fungsi Hati


Kerusakan peranan organ hati adalah termasuk bahaya yang menakutkan dari mengkonsumsi tubuh sapu-sapu yang enggak diolah dengan cara yang tepat. Ini menyebabkan dari besarnya muatan copper & cadmium yang terdapat pada tubuh ikan ini yang bisa mengiris organ dinding hati.

4. Memakan Sapu-Sapu Bisa Menimbulkan Gangguan Ginjal


Dan fakta selanjunya, muatan cadmium juga bisa menyebabkan rusaknya organ ginjal dengan membuat gangguan secara perlahan dalam jangka waktu yang lama.

5. Ikan Sapu-Sapu Membuat Kerusakan Otak


Ancaman bila kita mengkonsumsi daging sapu-sapu yang terakhir dan yang paling menakutkan adalah membikin kinerja sistem otak menjadi rusak. Bahaya bisa terus berlanjut dan bertambah bila kalian terus menerus mengkonsumsi daging sapu-sapu ini.


Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias


Nahh untuk kalian penyuka ikan hias, keberadaan sapu-sapu di dalam aquarium dapat sangat membantu karena jenis ikan satu ini berguna untuk memberantas ganggang yang tumbuh di dalam aquarium. Ikan nokturnal yang tinggal di alur sungai ini secara umum ikan sapu sapu punya panggilan lain yaitu plescostomus / plesco.


Meskipun mempunyai manfaat untuk aquarium dan berbahaya bila kita konsumsi seperti yang sudah kita bahas di atas, ikan sapu sapu biasa di identikan dengan penampakannya yang enggak atraktif. tetapi faktanya, di perairan seluruh dunia terdapat banyak sekali varietas dari ikan sapu-sapu dengan kecantikannya tersendiri.

Jika kalian kepingin percantik aquarium sekaligus menjaganya terhindar dari pertumbuhan ganggang yang menganggu, berikut rekomendasi ikan sapu-sapu hias paling beken yang bisa kalian pelihara.

1. Sapu-Sapu Leopard Frog pleco

sapu-sapu leopard frog pleco


jenis sapu-sapu yang akan kita bahas ini bernama leoapard frog plecostomus yang berakar dari perairan negara brazil. Karakter dari ikan hias satu ini adalah motif bentuk pada tubuhnya yang terbentuk dari garis-haris berwarna putih kekuningan dan hitam. 

Sapu-sapu hias satu ini termasuk mempunyai size yang bisa kita bilang kecil kecil. akan tetapi, bila kalian bisa merawatnya dengan tepat, ukuran badannya dapat menyentuh angka di sepuluh centimeter sampai sebelas centimeter.

2. Ikan Sapu-Sapu Synodontis

Ikan Sapu-Sapu Synodontis


Nahh untuk karakter ikan sapu-sapu hias yang akan kita bahas selanjutnya ini mempunyai sirip bagian atas yang sangat panjang serta badan dengan motif totol-totol hitam. Mempunyai sirip yang menjuntai dan bisa dibilang cukup lebar pada bagian atas sering terbuka lebar yang membikin sapu-sapu jenis ini kelihatan lebih cantik bila kita compare dengan varietas yang lain.


3. Ikan Sapu-Sapu Xingu Baryancistrus

Ikan Sapu-Sapu Xingu Baryancistrus



Ikan sapu-sapu ini juga berakar dari negara brazil, lebih tepatnya di wilayah rio xingu. Karakter paling utama dari jenis sapu-sapu hias ini adalah memiliki warna full black dengan tambahan motif bewarna kuning di bagian pangkal ekor & sirip serta pattern bintik-bintik kontras yang terdapat pada badannya.

Ikan yang dikenal dengan nama Gold Nugget pleco dan dapat berkembang hingga ukuran lima belas sampai dua puluh centimeter.

4. Sapu-Sapu Hypancitrus Zebra

Sapu-Sapu Hypancitrus Zebra


Sangat cocok dengan namanya, jenis ikan hias sapu-sapu ini memiliki pattern bewarna hitam diselingi warna putih dengan motif menyerupai  kuda zebra. Badannya yang eksentrik ini membuatnya benar-benar disukai kolektor ikan hias sehingga jangan kaget jika ikan hias sapu-sapu jenis Hypancitrus Zebra ini dapat diberi dengan harga yang cukup menguras kantong.

5. Sapu-Sapu Golden Royal Line

Sapu-Sapu Golden Royal Line


Banyak ditemui di South America, lebih tepatnya di wilayah venezuela, sapu-sapu hias ini memiliki karakter pada fisiknya berupa badan yang kehitaman dengan motif garis horizontal dengan kombinasi warna gold pada badannya. Kombinasi 2 warna ini membikin penampakan ia terlihat menonjol bila kita compare dengan jenis sapu-sapu yang lainnya.

6. Jenis Sapu-Sapu Hias Blue Phantom Pleco

Sapu-Sapu Blue Phantom Pleco


Nahh yang selanjutnya ini varietas ikan sapu-sapu ini enggak kalah unik juga. Bersumber dari south america. badannya ada ornamen dengan rona dark blue dengan tambahan sedikit motif totol yang otomatis membikin penampilannya tambah anggun. 

Setelah ia tumbuh menjadi dewasa, jenis ikan sapu-sapu hias ini dapat berkembang hingga sepanjang lima belas sampai dengan tujuh belas centimeter.

7. Sapu-Sapu Snowball Pleco

Sapu-Sapu Snowball Pleco


Snowball Pleco atau Hypancistrus Inspector adalah varietas ikan sapu-sapu hias yang lain, berakar dari perairan south america. 

Untuk dapat mengetahui varietas ikan sapu-sapu hias satu ini cukup gampang, yakni mempunyai totol-totol putih dengan size yang bisa dibilang cukup besar daripada bintik-bintik yang biasanya ada pada badan sapu-sapu jenis lain.


Namun, jenis ikan sapu-sapu hias ini terbilang lumayan agresif dan termasuk predator di habitat aslinya sehingga enggak cocok untuk digabungkan dengan jenis ikan hias lainnya, khususnya ikan yang mempunyai size kecil dan bersifat submisif.

8. Sapu-Sapu Hias Green phantom pleco

Sapu-Sapu Green phantom pleco


Nahh ini nih yang menarik, ikan sapu-sapu ini terlihat sangat nyentrik dengan yang sudah kita bahas tadi, Sapu-sapu yang ini dilengkapi dengan badan yang lebih banyak terlihat dengan rona dark & hitam, Green Phantom pleco malah punya rona badan yang dominan hijau dengan motif polkadot disetiap sudut badannya jadi membikin penampakannya cukup mencolok.

9. Sapu-Sapu Tiger Plecostomus

Sapu-Sapu Tiger Plecostomus


Dengan penampilan yang terlihat elok dengan motif yellow dengan tambahan gold serta black yang membuat pattern layaknya seekor harimau, varietas sapu-sapu Tiger Peckoltia adalah sapu-sapu hias yang bisa kalian jadikan alternatif buat memperindah akuarium yang ada dirumah. 

Varietas ikan hias yang terbilang mudah buat memaintainnya ini juga terbilang mudah buat bergabung dengan ikan-ikan hias air tawar lainnya karna karakternya yang cukup kalem. Setelah mencapai umur dewasa, size si Tiger Peckoltia bisa menyentuh angka dua belas centimeter ! luar biasa.


Fakta unik lainnya nih enggak cuma berguna buat bersihin akuarium, macam jenis ikan sapu-sapu hias yang sudah kita bahas mendalam diatas sangat bagus untuk kalian pelihara dan akan memperindah akuarium berbarengan dengan ikan-ikan hias kesayangan kalian lainnya.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota