-->

Sponsor Mascota

15 Jenis dan Cara Budidaya Ikan Komet Dengan Mudah Untuk Pemula

Jenis ikan komet punya nama keren dalam penyebutan bahasa latin yaitu Carassius auratus, tergolong ikan hias air tawar yang menurut saya pribadi lumayan terkenal buat masyarakat awam, enggak cuma buat penghobiest lama saja, tapi juga buat kalayak umum. Akan tetapi, faktanya yang mulanya cuma karena hobby malah di tekuni menjadi bisnis yang menguntungkan.

Komet faktanya punya rona yang beragam dan sangat anggun, contohnya : white, yellow, red, atau kombinasi lain dari rona-rona tersebut, serta penampakan & manuvernya yang mempesona.


comet goldfish



Mudah kok buat masalah mengurusnya, kalian bisa mulai meliharanya dalam sebuah Kolam diluar ruangan dengan model minimalist atau aquarium. 

Yang harus jadi perhatian ekstra yaitu masalah oksigen dalam kolam tersebut harus di perhatikan baik. Ikan ini mempunyai fisik yang cukup strong. Jadi kalian enggak perlu cemas dalam memeliharanya.


Selain kandungan oxigen yang memenuhi dalam kolam, ia butuh juga yang namanya tumbuhan air hidup untuk mensupport si komet agar dapat berkembang biak. Ikan komet akan melekatkan telurnya di bagian akar tumbuhan air yang ia temui.

Umumnya para breeder menaruh di kolam beberapa tumbuhan, misalnya jenis enceng gondok yang gampang buat didapat & juga bisa memakai kayambangg atau Silviniaa molesta dan uniknya si komet sangat menyukainya. 

Ia bisa dibilang sangat happy berenang di antara tanaman enceng gondok cuma buat berburu serpihan-serpihan pakan, bermain kejar-kejaran, atau mungkin malah arisan. hahaha

Jenis Ikan Komet


Terdapat beberapa varietas ikan komet yang ada di Indonesia yang perlu kalian tahu, yuk kita bahas selengkapnya supaya kalian enggak bingung ingin memelihara yang mana :

1. Jenis Ikan Komet Slayer

jenis ikan komet slayer


Ikan komet Slayer adalah ikan mas komet yang sangat disukai dan sudah sangat umum di pelihara oleh para penghobiest ikan hias. Komet varietas ini pun paling populer bila kita compare dengan yang lain.

Komet jenis ini rona merah yang cerah sampai ke penggalan buntut dan siripnya. Dan buat harga yang enggak menguras kantong, ikan jenis ini pun bisa didapatkan dengan gampang di market. Harganya biasa dibandrol 5 ribu Rupiah sampai 30 ribu Rupiah.

2. Ikan Komet Sara

ikan komet sara


Ikan komet Sara mempunyai perpaduan warna yang sangat indah yaitu pada bagian badan punya warna white dengan perpaduan red di penggalan bawah badannya, selain itu warna di bagian kepala dihiasi dengan rona merah.


Ini yang telah menjadi karakter dari varietas ikan ini. Karakteristik yang bisa ditemukan juga adalah adanya ekor dengan model bercabang. Harga di market umumnya kisaran 5 ribu Rupiah sampai 15 ribu Rupiah.

3. Ikan Komet Sarasa

ikan komet sarasa


Nahh varietas komet yang ini lumayan terkenal bagi orang awam dan sangat banyak yang mencari di toko ikan. Komet ini bisa berkembang fisiknya menjadi lumayan gede dengan size buntut yang terlihat jenjang serta menjuntai indah. Diberi harga sekitar 3 ribu rupiah sampai 25 ribu Rupiah.

4. Komet Rain Garden

komet rain garden


Ikan komet yang ini punya warna dark white disekujur badannya. Biarpun Biarpun dihiasi dengan warna dark white akan tetapi rain garden sangat kelihatan cantik dan anggun. Harga di market ikan hias beragam, mulai dari 25 ribu Rupiah sampai dengan 30 ribu Rupiah.


5. Jenis Ikan Komet Harimau

jenis ikan komet harimau


Mengapa dipanggil ikan komet harimau? Karena ikan komet tipe ini punyai motif rona yang belang layaknya seekor harimau, yaitu warna pada badannya didominasi dengan warna white dan yellow. 

Dengan karakter warna tersebut maka ikan mas komet varietas ini ramai ramai diburu penghobi ikan hias. Harga ikan ini di jual antara 20 ribu Rupiah sampai dengan 70 ribu Rupiah.


Akan tetapi ikan komet harimau sekarang ini sudah sulit buat didapati di market, sehingga membuat nilai ikan komet varietas ini menjadi melambung benar-benar tinggi. 

Untuk memilikinya kalian bisa langsung membelinya lewat pembudidaya ikan hias atau mendapatkannya lewat sesama penghobi ikan hias. Umumnya para penghobiest ikan hias punya ikan mas komet varietas ini.

6. Ikan Komet Shubunkin

Ikan Komet Shubunkin


Ikan komet cantik ini nihh tergolong pada kategorisasi goldfish bertipe doubletail atau biasa dipanggil dengan model buntut terbelah jadi dua atau orang-orang menyebutnya bercabang.


Rona pada badannya lumayan berkarakter yaitu adanya kombinasi rona red, jingga, serta white dengan totol black di keseluruhan badannya. Ikan ini memliliki organ sirip yang jenjang serta menjuntai dengan indah di penggalan bawah perut. Harga ikan ini biasa dijual kisaran 10 ribu Rupiah sampai 40 ribu Rupiah.

7. Ikan Komet Tanch

Ikan Komet Tanch


Ikan komet tanch bila dilihat sekilas akan mengingatkan kitan dengan ikan koi. lebih tepatnya dengan koi tanco bila kita membandingkannya sekilas. Karena kedua varietas ini punya penampakan yang percis & dipenggalan kepala punya warna red.

Cuma aja ikan koi tancoo punya tipe ekor tunggal lain halnya dengan varietas ikan komet ini yang punya ekor tipe becabang. Harga yang ditawarkan biasa 10 ribu Rupiah sampai dengan 40 Ribu Rupiah.

8. Komet Pancawarna

Komet Pancawarna


Ikan komet yang ini nihh tergolong varietas yang istimewa, jika varietas yang lain cuma mempunyai satu warna sampai dua paduan warna aja, sangat beda dengan varietas komet yang cantik ini.

Cocok dengan panggilannya, Panca warna, yang berarti ikan ini punya perpaduan lima warna, karena karakteristik inilah yang membikin banyak penghobi memburu varietas ikan ini. Harga yang di tawarkan tidak terlalu mahal sekitar 5 ribu Rupiah sampai 30 ribu Rupiah.

9. Ikan Komet Hitam Putih

Ikan Komet Hitam Putih


Persis dengan panggilannya, ikan komet hitam putih ini mempunyai perpaduan rona dari black dan white dengan penggalan ekor yang bertipe doublee tail atau buntut cabang dua.

Jika kalian melihatnya dari permukaan kolam atau aquarium maka ikan ini akan kelihatan sangat menawan dan sangat anggun. Harga dijual dari sepuluh ribu Rupiah sampai empat puluh ribu Rupiah.

10. Jenis Ikan Komet Hitam

Jenis Ikan Komet Hitam


Percis dengan panggilannya, ikan komet hitam punya rona full black yang sangat pekat di badannya. Begitu juga dengan penggalan sirip & buntutnya yang memanjang terurai pun juga warna hitam. Harga ikan ini sangat umum dijual antara sepuluh ribu Rupiah sampai 40 ribu Rupiah.

11. Ikan Komet Merah

Ikan Komet Merah


Ikan komet merah ini punya rona merah di badannya dengan penampakan badannya yang benar-benar terlihat proposional dari pangkal mulut sampai dengan buntutnya.

Biarpun dipanggil dengan panggilan ikan komet merah tetapi pada penggalan sirip dan buntutnya punya broken white. Ikan ini termasuk ke dalam tipe doubletail atau buntut dengan model ber cabang. Harga yang ditawarkan berkisar 3 ribu Rupiah sampai 20 ribu Rupiah.

12. Ikan Komet Merah Hitam

Ikan Komet Merah Hitam


Kombinasi rona pada badan ikan bertipe double tail ini adalah warna red dan warna black persis dengan panggilannya. Umumnya di jual dengan harga sekitar 3 ribu Rupiah sampai 20 ribu Rupiah.

13. Ikan Komet Yellow

Ikan Komet Yellow


Ikan komet yellow mempunyai kombinasi rona kuning dan putih pada bagian badannya dihiasi dengan rona kuning. Ikan ini benar-benar pas buat kalian yang suka dengan warna kuning. Dijual dari harga 3 ribu Rupiah sampai 20 ribu Rupiah.

14. Jenis Komet Marigold

Jenis Komet Marigold


Komet bertipe ini juga mempunyai buntut bertipe cabang dua atau doubletail dengan rona kuning sedikit campuran keemasan yang menutupi keseluruhan badannya. Harga yang ditawarkan pun tidak sampai menguras kantong, bekisar 10 ribu Rupiah sampai 40 ribu Rupiah saja.

15. Ikan Komet Common

Ikan Komet Common


Ikan komet common adalah ikan yang cuma punya buntut tunggal atau singletail dengan rona kuning sedikit tambahan putih di keseluruhan badannya. Warna tersebut bisa menyala bila tersorot sinar lampu seperti sebongkah perak. Harganya di jual dari 5 ribu Rupiah sampai 30 ribu Rupiah.

Cara Budidaya Ikan Komet

Cara Budidaya Ikan Komet


Jika kalian sekarang sudah mengaku sebagai penghobiest ikan hias, dan kepingin juga punya penghasilan tambahan dari hobi yang sedang digeluti. Kalian sangat bisa mencoba membudidaya ikan hias yang sudah kalian miliki dirumah.


Usaha ikan hias ini dapat jadi bisnis yang menggiurkan buat kalian para penghobiest lama atau baru. Fakta yang beredar juga di market permintaan terhadap ikan komet ini sangat besar dan banyak di cari buat dijadikan peliharaan.

Nahh bagusnya lagi ternyata Ikan komet bisa kalian kembangbiakan cuma dalam sebuah aquarium. Yuk saatnya kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana cara sederhananya budidaya ikan komet di sebuah aquarium rumahan.

1. Pemilihan Indukan Komet


Supaya bisa menghasilkan anakan yang berkwalitas maka kalian harus bisa mensortir indukan yang berkwalitas pula untuk tahap awalnya. Baik jantan ataupun betina harus sudah cukup umur gonadnya.

Berikut adalah beberapa bukti yang harus kalian paham supaya mendapatkan kwalitas indukan yang bagus :

  • Indukan jantan yang tepat akan mempunyai ciri berikut ini : bagian siripnya terdapat bintik–bintik bulat yang cukup menonjol, mempunyai texture yang kasar saat dipegang, dan akan mengeluarkan cairan putih apabila bagian perut diurut hingga bagian genitalnya.
  • Indukan betina yang tepat akan mempunyai ciri berikut ini : bagian siripnya hanya terdapat bintik–bintik saja, mempunyai texture yang halus saat dipegang, perutnya terasa lembut, lubang genital berwarna kemerahan, dan akan memproduksi cairan bewarna kuning bening apabila bagian perut di pijit hingga bagian genitalnya.
  • Kedua indukan harus berusia paling enggak 8 bulan, sehat, mempunyai gerakan yang gesit dan lincah, enggak mengalami cacat, dan enggak terserang penyakit.

2. Persiapan Tempat Pemijahan Komet


Setelah ternyata si ikan komet jantan dan betina dirasa sudah siap, maka langkah yang tepat selanjutnya kalian bisa langsung mempersiapkan wadah buat pemijahan. 

Bila ada dari kalian yang belum tahu peminjahan, pemijahan adalah proses perkawinan antara si ikan jantan dan betina.

Aquarium bisa kalian pakai yang merupakan wadah pemijahan yang simpel, gampang dibeli, & bisa dipakai sebagai wadah membudidaya ikan komet. 

Saatnya mascota akan menginfokan beberapa langkah tepat yang bisa kalian kerjakan buat melakukan pemijahan :
  • Size aquarium paling tidak sebesar enam puluh centimeter x empat puluh centimeter
  • Aquarium harus higienis dari debu atau kotoran yang melekat
  • Cuci dahulu aquarium menggunakan air mengalir dan bisa menggunakan sabun
  • Basuh aquarium memakai alkohol dengan kandungan 70% sebagai cairan yang membantu membunuh kuman,virus atau jamur dan juga membantu mensterilkan aquarium
  • Gunakan air yang terlebih dahulu diendapkan minimal 1 hari ke dalam aquarium dengan tinggi air kurang lebih 30 cm
  • Kasih tanaman air yang menggambang, biasanya para penghobi senang menggunakan eceng gondok yang di letakan di permukaan air aquarium
  • Setelah aquarium sudah siap, maka bagian yang penting adalah pemijahannya

3. Proses Pemijahan Komet


Setelah tempat pemijahan sudah ready, saatnya kalian memasuki taham selanjutnya yaitu bagian pemijahan atau perkawinan antara komet jantan dengan betina.

Pada bagian ini kalian harus mengerjakannya dalam waktu yang tepat dan harus berhati-hati. Karena pada langkah ini berlangsung lumayan cepat. Dengan begini maka kalian harus perhatikan pergerakan dari indukan ikan tersebut, yang kelamin jantan atau kelamin betina.

Terdapat beberapa trik yang harus kalian coba ikuti supaya proses pemijahan berjalan dengan mulus. Berikut ini langkah-langkah tepat yang harus dikerjakan :

  • Masukan ikan yang sudah siap ke aquarium
  • bisa satu ekor jantan dan satu ekor betina saja atau jika kepingin memakai lebih dari satu indukan maka perbandingan yang tepat adalah satu ekor indukan jantan berbanding dengan dua ekor indukan betina. Dengan begini maka kalian bisa dapat telur atau anak ikan dengan kuantitas lebih banyak
  • Cara ini juga termasuk yang sangat ampuh dan praktis dalam mengawinkan ikan komet ini
  • Perkawinan akan berjalan dari malam sampai dengan dini hari. Jadi perhatikan banhea pada kedua induk telah matang gonad.
  • Jika gonadnya telah cukup umur, maka umumnya kedua induk ini akan memperlihatkan kebiasaan saling kejar-kejaran.
  • Setelah prosedur perkawinan selesai, maka hari besoknya kalian akan menemukan adanya telur yang melekat pada daun eceng
  • Dengan ditemukannya telur yang melekat pada eceng gondokk itu membuktikan bahwa proses mengawinkan ikan ini sudah berhasil dengan baik

4. Pemeliharaan Larva Komet


Larva dipanggil juga dengan sebutan bibit yang merupakan hasil dari perkawinan antara kedua induk seperti yang sudah dijelaskan di langkah sebelumnya. Supaya bibit tersebut berkembang dengan bagus, maka kalian harus melakukan beberapa langkah dibawah ini.

Berikut step by step yang harus kalian kerjakan supaya bibit tersebut bisa berkembang dengan bagus dan punya kwalitas yang matang :

  • Supaya menetasnya telurr bisa bagis, maka kalian harus pisahkan indukan dari dalam aquarium. Faktanya pada ikan hias ditemukan punya sifat kanibal atau makan telurnya sendiri. Oleh sebab itu, makanya kalian harus memisahkan induk dari wadah atau aquarium.
  • Setelah 2 sampai tiga hari telur ikan akan bisa menetas.
  • Mereka awal akan senang menyantap makanan alami yang terdapat di aquarium sampai dengan umur kisaran 15 hari.
  • Saat hal ini berlangsung, kalian cuma harus mengganti air dengan teratur. Air yang dipakai adalah air yang terlebih dahulu di endapkan paling tidak satu hari.
  • Setelah 2 minggu maka kalian harus kasih makanan tambahan yang dicocokan dengan size badan ikan tersebut.
  • Selain itu setelah menyentuh umur di 2 minggu, aquarium harus dibikinkan saluran masuk buat air. Dengan begini kalian enggak perlu repot mengerjakan pergantian air secara manuall.
  • Setelah menginjak umur 30 hari maka ikan sudah bisa diberi pakan berupa pelett, remmahan roti atau menirann.
  • Kasih dengan takaran yang di anjurkan jangan sampai berlebih karena akan terbuang percuma dan membikin pakan ikan cepat habis.
  • Perhatikan pertumbuhan ikan mas komet setiap waktu. Jika ada yang memperlihatkan gejala enggak sehat bagusnya langsung keluarkan dan dipisah dari aquarium supaya enggak menularkan penyakit ke ikan yang lain.
  • Langkah tersebut harus kalian kerjakan. Karena memelihara bibit adalah pemasti dari berhasilnya budidaya ikan komet atau enggak.

5. Panen Anakan Komet


Setelah semua langkah-langkah dikerjakan dan sudah sukses, maka sekarang saatnya ikan hias komet di panen dan kalian akan mendapatkan hasil dari jerih payah yang kalian telah kerjakan selama ini. Sebelum memanen paling penting pisahkan anakan dilihat dari motif warna. Karena makin istimewa rona pada badannya maka harganya akan makin tinggi.

Kalian bisa kerjakan panen dengan cara menyeluruh atau cuma sebagian dahulu. Pasalnya kalian bisa saja menjual dalam size yang masih kecil, sedang, besar, dan juga waktu ia sudah menjadi induk.

Harus dilihat juga kondisi ikan pada saat di panen, karena ikan ini gampang banget buat stres. Sehingga menyimpan & mengirim harus dilakukan dengan cara terbuka dan penuh kehati-hatian.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota