-->

Sponsor Mascota

Fakta Menarik Ikan Arapaima Predator Air Tawar yang Berasal Dari Brazil

Ikan arapaima faktanya merupakan varietas ikan air tawar yang punya penampakan sangat besar di bumi yang berakar dari wilayah air negara tropis di south america. Ikan ini terbilang mampu untuk berkembang mencapai size maksimum tiga meter & untuk bobotnya 2OO kg. 

Sekarang ini benar-benar susah sekali ditemui arapaima dengan size maximumnya, karena arapaima sering diburu untuk dimakan dagingnya oleh warga asli atau dikirim ke luar negeri.

Faktanya arapaima sekarang ini telah di blacklist untuk masuk ke dalam negri , loh. Mengapa sampai di blacklist? karena ikan ini masuk kedalam genus invansif yang beringas dan rawan sekali buat ekosistem di perairan kita. 


arapaima gigas



Dibilang galak, apakah monster air tawar ini sangat mampu sekali buat mengancam keselamatan warga sekitar? Arapaima si monster yang mampu menghirup udara di darat. Arapaima gigas tergolong ikan yang berhabitat di air tawar paling besar di bumi. Di negara asal yakni Brazil, ikan ini beken dengan sebutan pirarucu.


Panggilan pirarucu berakar dari projeksi warna yang agak merah pada sisik-sisik ke bagian buntut ikan ini. Dan juga untuk di wilayah lain seperti Peru, ikan ini punya panggilan lain yaitu paiche. Ikan araipama dapat berkembang sampai menyentuh angka 3 meter dan punya bobot mencapai 200 kg seperti yang sudah kita bahas diatas. Oiya, ikan ini mampu menghirup oksigen yang ada di permukaan air, loh.

Ini disebabkan karena sistem organ pernapasannya yaitu insang hanya berfungsi waktu masih sekitar usia muda. Ikan ini mempunyai organ paru-paru sederhana yang membikinnya dapat tetap menghirup udara walau enggak sedang didalam air. Ia sangat mampu untuk tinggal dalam air selama kurang lebih 10 sampai 20 menit. Akan tetapi, arapaima lebih suka berada di permukaan perairan.

Di darat, arapaima gigas akan menghirup udara dengan mengeluarkan bunyi seperti orang batuk. Saat mencari makanan di habitat liarnya  ia juga sangat senang di darat. Buruannya enggak cuma ikan, loh. Monster air tawar ini juga dapat menyerang unggas seperti burung yang keberadaannya dekat perairan!


Namun faktanya karena ia senang sekali mencari makan di permukaan yang akhirnya malah gampang untuk diburu oleh manusia. Yaa, ikan ini malah menjadi hewan buruan di negara aslinya. Rata-rata penduduk yang menetap di sepanjang perairan Amazon senang memakan daging arapaima gigas. Warga asli disana juga senang menggambil sisik arapaima untuk dibuat sebagai aksesoris.

Ikan Arapaima Dilarang Masuk ke Indonesia

Ikan arapaima dilarang di Indonesia


Pemerintah Indonesia sudah membikin peraturan melarangnya arapaima gigas di wilayah Indonesia telah dilakukan oleh Menteri Kelautan & Perikanan pada tahun 2014. Akan tetapi, masih ada warga yang tetap memelihara ikan ini sebagai ikan hias air tawar.

Yang paling dikawatirkan adalah kalau sampai ikan monster ini lepas ke perairan negara. Karena ikan ini akan memburu hewan yang ada di air, misalnya : krustasea, kodok, & burung di ecosystem. Karenanya, arapaima dapat mengancam keselamatan bagi hewan aquatik yang otentik Indonesia. Arapaima gigas dengan tubuh yang sebesar gaban yang sangat memungkinkan  ia memakan banyak hewan.

Pada tahun 2018, tepatnya pada bulan Juni, pernah terjadi 8 ekor Arapaima gigas yang sengaja di lepaskan di perairan Brantas. Ternyata sang owner mempunyai banyak sekali ikan arapaima di selter. Pihak pemerintah kita memberi info kalau sampai warga ada yang mendapatkan atau melihat ikan arapaima di kali atau sungai, ikan ini harus ditangkap dan cepat dikeluarkan dari perairan.

Ikan Arapaima Termasuk Spesies Langka

ikan arapaima spesies langka


Enggak cuma dilarang karena dapat mencelakakan ecosystem air, arapaima gigas juga tergolong genus yang rawan menjadi musnah. Ikan ini telah tergolong dalam daftar merah yang rawan oleh IUCN dari tahun 96. Sekitar tahun 2001, pemerintah negara Brasil melarang buat menangkap si monster air tawar ini. Tapi ternyata masih sering saja ada kasus penduduk yang memburunya. sangat kasian, ya?


Biarpun dapat mengancam di wilayah lain, arapaima gigas memiliki tugas untuk membantu memelihara ecosystem di ruang lingkup aslinya. Yaitu di perairan Amazon. Berdoa saja supaya ikan ini enggak sampai punah, ya!

Fakta Menarik Tentang Ikan Arapaima

fakta menarik ikan arapaima


Ditemukan ikan dengan size tinggi manusia dewasa di perairan Brantas pada tahun 2018 membuat heboh sejumlah warga di kampung Mliriprowo, Kecamatan Tarik, Sidoarjo, Jawa Timur. Ternyata ikan monster tersebut adalah Arapaima gigas.

Para peneliti telah ikut buka suara untuk menanggapi penemuan ikan tersebut. Apa saja fakta menarik mengenai arapaima gigas berdasarkan penjelasan peneliti asal Indonesia?

1. Arapaima Pemakan daging


Arapaima gigas termasuk ikan yang lumayan rawan, apa lagi buat ikan otentik yang berada di wilayah Indonesia karena ikan tersebut faktanya merupakan carnivora atau predator yang enggak ragu buat menyerang binatang lain yang ada di air. Mereka umumnya menyantap ikan varietas lain, crustasea, kodok, unggas yang ditemui di sekitaran sungai tempat ia berada.


2. Ikan Arapaima Berasal dari Sungai Amazon


Arapaima gigas berakar dari sungaii Amazon, Brazil. Dan juga, monster air tawar ini juga dapat ditemui di wilayah lain yang di lalui oleh sungaii Amazon, yaitu Colombia, Equador, Guyanaa, & Peru.

3. Arapaima Sudah Ditemukan Dari Tahun 1822


Arapaima gigas tergolong ikan yang hidup di air tawar endemic perairan Amazon yang sudah diketahui & dielaborasikan oleh seseorang yang berprofesi sebagai scientist & naturalist berasal dari Swiss, yang bernama Prof. H. Schinz. Hasil temuannya ini sudah diterbikan pada sekitar abad ke 19.

4. Arapaima Dinamai Pirarucu


Oleh penduduk asli yang hidup dipinggiran perairan Amazon, Arapaima gigas diberi nama panggilan yang unik yaitu pirarucu, memiliki arti red fish. Pemberian nama ini didasari pada warna yang di dominasi merah pada bagian sisik di badannya ke bagian buntut & juga warna merah dipadukan dengan orange yang didapatkan waktu memotong dagingnya.



5. Panjang Arapaima Dapat Mencapai 4 Meter


Size arapaima gigas terbilang sangat panjang, yaitu bisa menyentuh hampir lima meter dengan berat badannya bisa mencapai ratusan kilo. Dalil ini pastinya membuat ikan monster ini berpotensi menjadi saingan buat para biota otentik asal perairan negara kita dalam mencari pakan ataupun tempat bergerak.


6. Arapaima Disarankan Untuk Ditangkap dan Dimakan


Peneliti asal Indo, Yaitu Bapak Haryono memberikan saran supaya ikan Arapaima gigas dengan cepat ditangkap dari sungai-sungai yang ada di wilayah Indo. Dagingnya bisa dikonsumsi oleh penduduk sekitar karena faktanya juga yang sudah kita bahas di wilayah aslinya pun tubuh dari ikan ini sudah sangat biasa dikonsumsi,” katanya.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota