-->

Sponsor Mascota

8 Jenis Bala Shark Terpopuler Paling di Cari Penghobi Ikan Hias

Ikan bala dipanggil juga dengan nama ikan bala shark, hiu perakk atau bila kita translate ke inggris menjadi silver sharkk. Dan untuk penyebutan nama dalam bahasa latin adalah Balantiocheilos melanopterus. 

Persis sekali dengan panggilannya, ikan ini terlihat sangat percis dengan hiu beneran dan punya warna silver yang cantik. Sehingga ia sangat terkenal dan banyak sekali yang kepingin memeliharanya.

Padahal ikan hias air tawar ini tergolong kedalam family common carp, malah enggak dari family hiu. Ia juga sangat beda bila kita lihat dari berbagai sudut. Ikan bala ini merebak di wilayah perairan air tawar dalam wilayah Asia Tenggara. Sangat sekali disayangkan komunitas mereka sekarang rawan punah.


Ikan yang persis dengan predator hiu ini berakar dari wilayah Asia Tenggara seperti yang sudah kita bahas diatas. Mereka hidup di habitat liar gugusan pulau Kalimantan, Sumatra, kaki bukit sungai Chao Phrataa & Mekongg, dan ada juga di negara tetangga yaitu tepatnya di semenanjung Malaisia. 

Ikan ini lebih nyaman hidup di sungai dengan airnya yang masih bersih dengan arus yang cepat. Sangat disayangkan, jumlah mereka terus berkurang di lingkungan hidup aslinya.

Jenis Ikan Hias Bala


Ada berbagai model dan varietas ikan bala sharkk yang faktanya ternyata terhitung ke dalam genus ikan dari family Cyprinidaee, Yuk kita bahas selengkapnya :

1. Albino Rainbow Bala Shark

albino rainbow bala shark


Ikan yang dalam penyebutan bahasa latin Epalzeorhynchoss ini merupakan tipe ikan bala sharkk albino yang mempunyai badan dengan keseluruhan warna putih dengan tambahan sedikit aksen warna jingga. 

Ikan ini juga punya organ sirip yang menjuntai dengan jenjang dan juga lumayan bidang dengan dihasi warna jingga. Sirip pada bagian belakang juga lumayan jenjang serta tinggi persis dengan ikan hiu otentik. Albino Rainbow Sharkk di market makin lama sudah makin susah buat dicari.

2. Ikan Bala Shark Rainbow

ikan bala shark rainbow


Ikan bala shark Rainbow punya penyebutan dalam bahasa latin yaitu Epalzeorhynchos Frenatus. Enggak persis dengan panggilannya, ikan ini malah punya warna black dibadannya dengan organ sirip dan buntut berwarna jingga.


Ikan hias ini punya sirip dipunggung yang jenjang persis dengan predator hiu. Untuk bagian moncongnya ikan ini dilengkapi dengan 2 sungut dengan ukuran kecil buat membantu saat berburu dan memakan mangsanya.

3. Red Tail Black Bala Hiu

red tail black bala hiu


Dalam bahasa latin ikan ini dipanggil dengan Epalzeorhynchos Bicolor. Ikan hias ini lumayan percis dengan rainbow shark, akan tetapi cuma buntutnya saja yang berwarna oranye.

Untuk bagian sirip bawah dan bagian belakang yang jenjang layaknya hiu beneran dengan warna black. Ikan hias satu ini juga dilengkapi dengan sepasang sungut dengan ukuran kecil di mulutnya yang bisa dipakai untuk menyerang buruannya. Ikan hias bala tipe ini benar-benar jarang & sangat susah didapati di market sekarang ini.

4. Hi fin Loach Bala Shark

hi fin loach bala shark


Punya panggilan latin Myxocprinus Asiaticusinii atau umum dipanggil dengan panggilan haifin berakar dari batang air Yang Tse di Tiongkok. Ikan ini tergolong genus yang sangat kuno dari keluarga Cyprinideaee.

Badannya mempunyai perpaduan warna, yaitu warna black, white, green, dan red. Kondisinya ini yang membikin ikan bala shark tipe ini benar-benar disukai oleh penghobiest ikan hias air tawar yang masih baru maupun yang sudah lama.

Sekarang ini ikan haifin sudah benar-benar susah buat didapati di market. Bahkan info yang didapat bahwa di market kisaran pada tahun 2004 akhir sampai dengan 2007.

5. Ikan Apollo Bala Hiu

ikan apollo bala hiu


Ikan yang mempunyai beken dalam bahasa latin yaitu Luciosoma Setigerum ini tergolong ke dalam ikan dengan kemampuan renang yang tangkas. Ikan ini mempunyai karakter yang hampir percis dengan ikan arwana. Apollo Shark mempunyai badan yang memanjang dan sedikit tipis ke arah samping dengan bagian belakang yang lurus dan dengan organ sirip di bagian belakang dan anus sedikit ke belakang.


Warna ikan ini adalah perak dan punya motif berupa garis berwarna black di bagian tengah tubuhnya yang membentang dari kepala sampai pangkal ekornya. Ikan ini lebih suka menyantap makanan hidup atau pakan alami layaknya ikan–ikan kecil lain atau sejenis dengan insekta atau serangga. Saat ini ikan apollo bala shark juga sudah langka ditemukan di pasar ikan hias.

6. Ikan Bala Black Shark

ikan bala black shark


Ikan yang punya penyebutan dalam bahas latin Labeo Chrysophekadion ini didominasi dengan warna black di seluruh badannya. Untuk bagian sirip yang lebar & memanjang. Ikan ini diberi nama shark atau hiu karena bagian sirip belakangnya yang terlihat jenjang persis seperti sirip ikan hiu. Mempunyai 2 kumis yang imut pada bagian mulut.

Jika di compare dengan varietas lain, red fin shark yang lebih terkenal, ikan ini enggak begitu di kenal oleh kebanyakan orang terkecuali oleh beberapa para penghobi ikan hias. Ikan ini juga terbilang sangat jarang di jual di market ikan hias. Ikan ini bisa berkembang sampai size kisaran 80 centimeter dengan ciri khas yang sangat teritorial serta garang.

Mereka juga bisa galak terhadap rumpunnya sendiri, jadi buat kalian yang tertarik untuk memelihara si hiu satu ini hanya boleh memelihara 1 ekor saja dalam 1 aquarium, seperti ikan cupang.

7. Golden Bala Hiu

golden bala hiu


Ikan dengan peyebutan dalam bahasa latin yaitu Leptobarbus Hoeueni mempunyai badan dengan rona perak keemasan. Dan untuk penggalan sirip bagian bawah serta pangkal buntutnya dihiasi dengan warna oranye.

8. Silver Bala Hiu

silver bala hiu


Balantiocheilos Melanopterus adalah penyebutan dalam bahasa latin dari ikan silver bala shark. Ikan ini dihiasi dengan warna yang menonjol seperti panggilannya yaitu warna perak atau silver.

Akan tetapi bukan berarti keseluruhan badannya berwarna silver, tetapi dikombinasikan dengan warna black di setiap pangkal sirip dan buntutnya. Hal inilah yang memperindah ikan silver bala shark ini.

Makanan Ikan Bala Shark

makanan ikan bala shark


Ikan ini dapat memakan apa pun, baik itu pakan buatan atau pun hidup. Mereka juga disarankan memakan tanaman. Ikan ini sendiri akan menyergap makanannya di lapisan air atas. Mereka kelihatan kurang bersemangat jika memakan makanan yang ada di dasar aquarium.

Meski suka dengan aneka makanan hidup, namun bagusnya kalian menghindari pemberian cacing darah. Bagaimana pun, perut ikan ini berpotensi tidak dapat mencerna cangkang chitinousnya. Bagian pencernaannya pun terancam cepat rusak.


Kunci lain supaya ikan Bala kalian tetap sehat, yaitu dengan mengendalikan pakannya. Jangan sampai mereka kekurangan atau justru kelebihan makanan. Mesti kalian ketahui, kalau ikan ini relatif besar perut. Mereka akan terus-menerus memakan apa pun yang kalian berikan. Sebaiknya kalian cermat dan sesekali terapkan momen kelaparan bagi ikan.

Tips Memelihara Ikan Bala Shark

tips memelihara ikan bala shark


Buat kalian yang memutuskan untuk merawat ikan bala shark enggak bisa dianggap remeh, kalian juga harus teliti & telaten saat memutuskan memeliharanya. Nahh saatnya mascota akan memberikan beberapa trik dan tips yang cukup mudah untuk pelihara bala shark supaya ia sehat:

  • Memilih size aquarium yang cukup lapang untuk hiu bala. Size yang tepat jangan memilih dibawah ukuran 15O centimeter. Karena jika kalian memilih yang lebih kecil takutnya perkembangan fisiknya akan enggak maksimal.
  • Siapkan juga didalam akuarium wilayah untuk berlindung supaya ia bisa menyesuaikan dengan gampang. Karena umum sekali hiu air tawar ini akan terkejut dan gampat stress dengan suasana baru.
  • Sediakan juga tumbuhan hidup dan pernak pernik dalam aquarium, dan jangan bikin terlalu sesak. Karena si hiu air tawar ini lebih membutuhkan space buat berenang bebas.
  • Selalu jaga dan perhatikan kandungan air diantara 5.9 pH sampai 7.9 pH, untuk tingkat kekerasan air bagus di 4.9 dgh sampai dengan 11.9 dgh, untuk suhu kisaran 22 drajat sampai 27.9 drajat celcius.
  • Selalu bersihkan aquarium dan mengganti air sebanyak 30 sampai 40 persen, paling enggak seminggu sekali.
  • Kalian bisa menaikan suhu aquarium 2 sampai 3 drajat celsius supaya napsu makan ikan bala shark meningkat.
  • Jangan sampai terlewat untuk menutup bagian atas aquarium karena ia tergolong ikan yang bisa meloncat dan sangat aktiff.
  • Kasih pakan yang mengambang di permukaann karena ikan ini akan senang meyergap pakannya di permukaan dan akan menurunkan bergairah jika memakan pakan yang terdapat di bawah.
  • Jangan sesekali kasih makanan berupa cacing bertipe darah, karena ikan ini pasti kesulitan dalam mencernanya. Bila ini terjadi akan rusak sistim percernaannya
  • Kalian jangan sampai kelupaan memberikan pakan atau malah kelebihan memberikan. Karena enggak bagus juga untuk kesehatan ikan bala shark.
  • Bila kalian kepingin kasih tank-mate pastikan lagi buat sizenya, jangan yang kebesaran atau kekecilan. Ikan hias yang bagus buat jadi tank-mate ikan hiu bala adalah ikan guppy, ikan neon tetra, ikan harlequinn rasbora, & ikan hias dengan size kecil lainnya.
Demikian yang dapat kami infokan perihal ikan bala shark. Mulai dari jenis, makanan yang tepat, dan beberapa tips memeliharanya.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota