-->

Sponsor Mascota

Sebelum Pelihara Ikan Electric Blue Jack Dempsey Perhatikan Hal ini!

 Ikan Electric Blue Jack Dempsey atau penggemar ikan hias air tawar menyingkatnya jadi EBJD ini merupakan varietas dari Jack Dempsey Cichlid, Nandopsis octofasciatum atau sekarang lebih beken dengan nama Rocio Octofasciatum. Ukuran yang pas untuk ikan asal Amerika Tengah ini adalah 189 liter air dengan substrat pasir halus dengan dilengkapi dengan tempat bersembunyi berupa batu atau tumbuhan air.


Ikan predator air tawar ini memang tergolong agresif dan teritorial seperti ikan cupang, walaupun enggak segalak jack dempsey biasa. Bila kalian ingin memulai memelihara ikan jack dempsey cukup pelihara satu jangan langsung dua ekor.


Ikan Electric Blue Jack Dempsey



Karena bila kalian langsung memelihara 2 sekaligus, salah satu ikan akan dirudung. Kalian juga bagusnya menyediakan gua kecil atau tanaman air. Dan mereka senang makan ikan-ikan kecil.


Baca Juga: 13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer di Indonesia dan Cara Merawatnya


Kalau kita sandingkan dengan sodaranya, ikan Jack Dempsey, EBJD pertumbuhannya terkesan lebih lambat. Jika pada ikan Jack Dempsey Cichlid dapat mencapai size maksimal 25 centimeter maka size maksimal Electric blue Jack Dempsey Cichlid ini cuma sampai 20 centimeter kurang.


Ikan Electric Blue Jack Dempsey ini bukan ikan yang dari hasil perkawinan silang, akan tetapi berasal dari penyimpangan gen. Di habitat aslinya EBJD ini jarang sekali ditemui, karena EBJD punya fisik yang lebih lemah dan menyebabkan kalah bersaing dengan Ikan Jack Dempsey biasa.


Baca Juga: 15 Jenis Ikan Manfish yang Cantik dan Setia Kepada Pasangan


Bagusnya lagi jika kalian ingin membeli EBJD bagusnya pilih ukuran yang diatas 7 centimeter. Karena kalau kurang dari 7 centimeter ikan ini akan gampang terserang penyakit dan malah bisa mati. Tetapi memang kalau dari segi harga yang ukuran 7 centimeter ini dihargai lebih mahal yaitu sekitar 700 ribu Rupiah.

Cara Mengawinkan Ikan Electric Blue Jack Dempsey

Cara Mengawinkan Ikan Electric Blue Jack Dempsey


Cara pertama: kalian harus mengkawinkan Electric Blue Jack Demsey dengan Blue Gen Jack Dempsey. Blue Gen Jack Dempsey merupakan jenis ikan yang dari haris perkawinan EBJD dengan Jack Dempsey biasa.


Baca Juga: 4 Jenis Ikan Blue Ram yang Menawan dan Cara Merawatnya di Aquarium


Blue Gen Jack Dempsey ini penampakan luarnya sangat mirip dengan Jack Dempsey biasa akan tetapi punya gen resesif dari EBJD. Yang menjadi masalah adalah Blue Gen Jack Dempsey penampakannya persis dengan Jack Dempsey biasa jadi sangat susah buat kita membedakan Blue Gen Jack Dempsey atau Jack Dempsey biasa.


Cara yang kedua dengan Mengawinkan Blue Gen Jack Dempsey dengan Blue Gen Jack Dempsey juga. Pasti kalian ada berfikir kenapa tidak langsung saja mengkawinkan EBJD dengan EBJD. Faktanya bisa saja, akan tetapi anakannya yang berhasil lahir pasti tidak akan berumur lebih dari 2 minggu karena gennya yang sangat lemah.


Baca Juga: 14 Jenis dan Cara Merawat Ikan Oscar yang Garang Tetapi Menawan


Jadi Mengawinkan EBJD Teorinya Seperti ini:

membudidaya EBJD


  • Pertama: Mengawinkan EBJD dengan Jack Dempsey biasa akan menghasilkan anak 100 persen Blue Gen Jack Dempsey. Tidak akan muncul EBJD.
  • Kedua: Mengawinkan blue gen dengan blue gen akan menghasilkan 25 persen EBJD, 50 persen BG dan 25 persen Jack Dempsey biasa. Dengan cara kedua ini kita bisa menghasilkan 25 persen anakan Electric Blue Jack Dempsey.
  • Ketiga: Mengawinkan EBJD dengan BG yang akan menghasilkan 50 persen EBDJ dan 50 persen BG. Inilah cara budidaya paling bagus untuk mendapatkan EBJD.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota