-->

Sponsor Mascota

4 Jenis Ikan Blue Ram yang Menawan dan Cara Merawatnya di Aquarium

Ikan blue ram / ikan ramirezi adalah termasuk tipe ikan cichlid dengan ukuran kecil dengan warna pada sisiknya beraneka ragam yang pas buat akuarium komune yang kalem. Ikan ini benar-benar pas kalian rawat & sangat kepingin menyematkan sedikit warna mencolok tetapi menawan ke aquarium kalian.

Mereka bisa kita bilang enggak teergolong ikan hias air tawar yang sangat gampang buat merawatnya karena ia butuh keadaan air yang harus benar-benar kita diperhatikan, Akan tetapi mereka amat cantik & akan membikin kalian jatuh cinta enggak pakai lama.

Ikan yang masuk kategori cichlid atau siklid sangat sering dibilang tergolong ikan galak, akan tetapi ikan Blue Ram bukan lah ikan yang galak. Saatnya kita pelajari lebih mendalam berkenaan bagaimana memeliharaa ikan blue ram paling tepat, dari masalah memilih kwalitas air yang bagus & juga kebiasaan melahap makanannya.

Perawatan Ikan Blue Ram di Aquarium

Perawatan Ikan Blue Ram Aquarium


Ikan ramirezi sangat bagus ditaruh pada aquarium yg pas. Contohnya dalam sebuah aquarium, ikan ini sangat enggak disarankan untuk menggabungkan bersama dengan tipe ikan dengan tabiat yang lebih garang / jenis perenang yang lebih gesit & energikk yang akan sangat gesit menyikat hampir semua pakan yang kalian sediakan. Itu makanya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan :

1. Waktu kalian memutuskan untuk merawat ramirezi jantan, bagusnya enggak menggabungkan dengan varietas lain yang galak / gesit. Karena blue ram jantan lebih mementingkan rasa nyaman & kedamaian didalam aquarium. Akan tetapi, jika ia dipelihara berbarengan dengan varietas ikan perenang lambat & kalem, blue ram jantan akan jadi lebih merasa bahagia & tentram saat waktunya makan.


2. Jika blue ram yang kalian pelihara menunjukan tanda-tanda karakter yang galak, boleh kalian coba untuk membikin wilayah buat perlindungan, atau sudut-sudut aquarium yang dapatt dijadikan mereka buat wilayah bersembunyi. Karena bila enggak terdapat wilayah untuk si biru buat ngumpet, makin 'galak' saja karakter mereka. Kalian bisa juga nih memahami bagaimana Cara Budidaya Ikan Cupang.

3. Sangat disarankan jika membuat aqurium dengan tambahan sekat, yang dapat benar-benar menolong ikan ini jadi lebih terasa damai & tentram. Selain itu, saat fase pemijahan sifat dari si biru kian makin agressif. Karena akan membikin mereka lebih merasa kawatir di periode itu. Alasan sebenernya adalah mereka mau sangat memastikan agar keturunan mereka tetapp terasa damai & selamat.

Pengaturan Suhu dan Lingkungan Untuk Ikan Ramirezi

Lingkungan Untuk Ikan Ramirezi


Saat kalian memutuskan buat memeliharanya, ikan ini jangan sampai ditaruh pada aquarium yang baru saja kalian bentuk, dan dengan kualitas sampah organik yang masih tergolong sedikit. Alasannya karena mereka benar-benar butuh dengan lingkungan yang stabill supaya dapat hidup dengan baik. Yang sangat penting kalian perhatikan beberapa diantarnya:

  1. Pembagian yang berhasil juga berarti filtrasi mekanis & biologis serta perubahan air biasa. aliran air yang terlalu bertenaga juga enggak disarankan, karena ikan ramirezi lebih menghargai aliran air yang sangat pelan, sehingga mengakomodasi mereka supaya merasa lebih nyaman.
  2. Perkiraan suhu yang cocok untuk chichlid ram liar adalah 78 derajat sampai 85 derajat Farenheit. Dan air yang dapat membuat mereka hidup lama adalah konservatif dan asam. Kisaran kandungan PH air dalam 5 sampai 6 yang sangat ideal untuk memelihara ikan blue ram ini. Meskipun umumnya PH dalam aquarium itu kisaran di bawah PH 7.1

Pakan Ikan Ramirezi

Pakan Ikan Ramirezi


Dalam masalah pemberian pakan, blue elektrik ini termasuk omnivora yang sangat perlu mengatur pola makannya. Dalam pemberian pakan pun ikan ini enggak bisa dibilang gampang.

  1. Contohnya, saat kalian ingin memindahkan ke akuarium baru, ia akan sangat bisa menjadi stres. Bahkan gampang menjadi hilang napsu makannya. Itu makanya kaliah harus sesekali memberikan encu atau jentik supaya memancing mereka untuk mau makan. Tapi enggak perlu risau! apabila sehabis ikan blue ram dapat makanan yang dengan takaran yang pas, napsu ia buat makan dapat membaik & kalian pun dapat memberikan makanan jenis lain yang mereka senangi. Buat kalian yang juga tertarik dengan  Cara Budidaya Ikan bala shark.
  2. Pakan paling favorit si biru yang cantik ini adalah serpihan & pelet. Ikan blue elektrik yang telah terpelihara dengan baiik, ia umumnya akan sangat suka dengan beragam tipe pakan.
  3. Ikan ini juga harus diperhatikan waktu sedang makan. Karena ikan blue ram berkelamin jantan terlahir sangat lelet dalam bermanuver, jadi kemungkinan besar ia enggak kedapatan pakan dan menjadi kelaparan karena tinggal berbarengan dengan jenis ikan lain yang lebih lincah. Itu makanya, ia harus lebih diberi perhatian khusus waktu memberikan pakan. Kalau enggak, ia malah mati karena lapar.

Cara Mengawinkan Ikan Ramirezi

Cara Mengawinkan Ikan Ramirezi


Dalam masalah mengawinkan, ikan ini sangat susah. Dan pasangan yang benar-benar pas pun suka diberi harga yang benar-benar menguras kantong. Jadi, jika enggak ingin membeli dengan harga tinggi, kalian dapat mencoba dengan berbagai cara, seperti dibawah ini:

  1. Dengan membeli beberapa ikan yang masih berumur kira-kira remaja dan coba merawat mereka buat tinggal berbarengan. Dan saat ikan-ikan kecil ini sudah berkembang jadi dewasa, dengan otomatis ia otomatis langsung mencari sandingan dengan sendiri. Tapi, grup itu seenggaknya punya 1 anggota dari setiap jenis kelamin. Dan bila kalian mempunyai ikan dengan organ sirip dongsal yang kelihatan lebih menjuntai, kemungkinan besar itu berjenis kelamin jantan. Kalian bisa juga belajar memahami Cara Budidaya Ikan lemon.
  2. Blue elektrik termasuk ikan yang setia, faktanya si ikan hias yang ini cuma punya pasangan saja, Nahh tetapi bila ada masalah dalam kesuburan dan bila kalian merawat induknya kurang baik, itu dapat berubah jadi problem yang kemungkinan besar biasa terjadi. jadi saat kalian memutuskan pelihara blue ram jantan, kalian disarankan buat memasukan beberapa jenis batu dengan permukaan datar atau coba jangan sampai lupa buat mencatat proses update proses yang terjadi di aquarium.
Enggak kalah penting buat kalian jangan sampai terlewat buat menyetting timer yang digunakan buat setting nyala dan matinya lampu, karena pola sinar yang enggak teratur bisa membuat bingung ikan ini.


Akan tetapi enggak perlu kawatir, jika si biru di pelihara dengan cara yang tepat, ikan blue elektrik akan hidup dengan lama dan nyaman. Dan malah bisa menjadi obat penghilang stress saat merawatnya.

Jenis Ikan Blue Ram atau Ramirezi

Ikan blue ram ini memiliki panggilan ilmiah yaitu Ram Cichlid atau biasa juga di panggil Mikrogeophagus Ramirezi. Penyebutan Ramirezi sendiri bermula dari pengkolesi & juga seorang pembisnis ekspor impor yang dengan nama Manuell Ramirez. Ikan ini beken pada tahun 1948 oleh R.R Harry & George Myer.

Ikan blue ram memiliki ruang lingkup asli di perairan Orinocco negara Venezuela dan juga diketahui ada di wilayah lain yaitu di colombia. Banyak yang berpendapat bahwa ikan ramirezi garang akan tetapi fakta yang paling benar ikan ini enggak begitu garang atau umum disebut semi-agresif. Ikan ini berkembang biak dengan metode bertelur mirip dengan ikan pada umumnya.

1. Ikan Ramirezi Blue Ram Electric

Ikan Ramirezi Blue Ram Electric


Ikan ramirezi yang ini nihh lebih didominasi rona biru pada keseluruhan badannya dan buat organ sirip dibagian punggung atas ikan ini terliat agak melebar & ada aksen lancip-lancip, ikan ini memiliki dua organ sirip pada bagian bawah insang dibawah insang, dan untuk dibagian bawah perut ikan ini juga memiliki organ sirip, buat penggalan buntutnya ikan ini memiliki shape layaknya sebuah kipas dengan rona biru.


Buat masalah harga varietas blue ram ini enggak terlalu menguras kantong kok, cuma dikisaran lima ribu Rupiah sampai yang paling mahalnya di angka dua puluh ribu Rupiah. Info harga ini mungkin agak berbeda di tempat kalian tinggal, jadi jangan ragu buat hunting terus.

2. Ikan Blue Ram Balon

Ikan Blue Ram Balon


Ikan ramirezi varietas balon ini benar-benar disukai para penghobbist ikan hias karena mempunyai motif warna yang terdapat pada sisiknya yang benar-benar elegan dan apa bila jsedang bermanuver di akuarium. Ikan ini bersumber dari rawah di hutan hujan Amazon. Ikan ini umumnya punya size badan kisaran 3 centimeter sampai lima centimeter.


Harga ikan blue ram balon ini biasa dibandrol antara 4 ribu Rupiah sampai 10 ribu Rupiah & kalian dapat mencari di market ikan di kota kalian.

3. Ikan Blue Ram Slayer

Ikan Blue Ram Slayer


Varietas ikan berikut ini yang akan kita bahas adalah ikan ramirezi slayer yang juga terlihat sangat elegan apabila berenang di akuarium kalian. Dengan kombinasi rona yang anggun & terlahir punya organ sirip panjang serta menjuntai membikin ia kelihatan sangatt anggun. Buat kalian yang mengaku penghobiest ikan hias air tawar harus jg nihh menambah koleksi dengan memiliki si slayer ini.


Kalau buat masalah harga enggak begitu menguras kantong karena di dalam negri sudah terbilang sangat umum yang membudidayanya. Kalian dapat langsung membawa pulang dengan membayar antara 10 ribu Rupiah sampai dengan empat puluh lima ribu Rupiah.

4. Ikan Blue Ram German

Ikan Blue Ram German


Ikan ramirezi yang satu ini juga benar-benar anggun dengan kombinasi warna yang memukau mata dan adanya totol biru yang mencolok membikin ramirezi yang satu ini terlihat bagaikan sebuah mustika. Harga ikan ramirezi german ini sangat pas dikantong kisaran tujuh ribu Rupiah sampai lima belas ribu Rupiah.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota