-->

Sponsor Mascota

9 Jenis dan Karakter Ikan Hias Botia yang Menawan Untuk di Pelihara

Ikan Hias botia di dalam negeri acap kali dipanggil dengan sebutan Ikan Badut. Ikan hias air tawar ini banyak dicari oleh penghobi akuascape karena botiai mempunyai fisik yang mungil dan bisa dibilang sangat anggun.

Spesialis iktiologi yang merangkap juga menjadi seorang dokter asal Belanda, Peter Bleeker menuturkan fakta ikan botia ini kali pertama ditemukan sekitar tahun 1852 & memasukan kegolongan kerabat ikan Loach.

Sekitar ditahun 2004, spesialis iktiologi berkewarganegaraan Swiss dengan nama Maurice Kottelat melakukan perubahan klasifikasi pada ikan hias botia badut . Ia membikin statement yaitu ikan hias ini enggak termasuk dari family loach & memberikan penyebutan dalam bahasa latin yaitu Chromobotia Macracanthus.

Ikan hias botia Badut mempunyai habitat asli didalam negeri loh lebih tepatnya di pulau Sumatra, Borneo, Kalimantann, & Malaisia. Ikan ini umumnya tinggal di sungai dengan air yang jernih, akan tetapi ketika periode penghujan dan periode kawin, ikan botia ini umumnya akan pindah ke pangkal sungai dan hidup sementara di perairan anak sungai yang enggak deras arusnya.


Ikan ini umumnya senang tinggal di aliran sungai yang kalem dan ditutupi dengan taneman air yang lebat sebagai wilayah berlindung. Size maximal dari ikan hias ini dapat menyentuh angka 30 centimeter. Akan tetapi di lingkungan hidup aslinya, ikan botia paling besar pernah didapatkan dengan ukuran panjang badan menyentuh angka 40 cm dengan usia berkisar dua puluh tahun.

Karakter Ikan Botia

karakter ikan botia


Ikan hias botia punya nama lain yang unik yaitu ikan bajubang, ikan hias yang cuma dapat dijumpai di 2 lokasi dalam negri, yaitu perairan batang hari kota Jambi & perairan dusun pulau Kalimantan.

Ikan jenis ini termasuk ikan endemic otentik Indonesia. Ikan botia sendiri termasuk genus cobtidae seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Bila kita lihat kategorisasi secara ilmiah ikan hias botia dikategorisasikan seperti ini :

  • Kingdom : Animalia
  • Fillum : Chordata
  • Kelas : Osteichthyes
  • Sub kelas : Actynopterigii
  • Ordo : Teleostei
  • Sub ordo : Cyprinoidea
  • family : Cobitidae
  • Genus : Botia
  • Spesies : Botia macrachanta

Tahukah kalian? bahwa ikan hias Botia termasuk salah satu ikan langka lohh, Jadi benar-benar harus di jaga dan di lestarikan.

Bentuk Badan dari Botia

bentuk badan dari botia


Penampakan ikan ini khas dengan badan memanjang, dengan mempunyai size 16 sampai 20 centimeter, gepeng, dengan kerangka perutnya yang lurus, & posisi sirip dibagian punggung lebih maju dari sirip perut.

Mempunyai 4 pasang sungut umumnya mempunyai warna merah untuk bagian badannya, orange dengan campuran warna gold, diselubungi pleret bewarna hitam, umumnya ada 3 buah. Sirip ekor yang tegas dengan pangkal ekor punya warna merah.

Ikan hias Botia ini mempunyai duri dibawah mata, jadi kalian harus waspada waktu mengangkat / menangkap si botia.


Botia yang berjenis kelamin betina mempunyai badan lebih ramping bila kita compare dengan jenis kelamin jantan dan untuk yang jantan mempunyai sirip ekor yang lebih jenjang jika kita compare dengan sirip betinanya.

Ikan hias ini termasuk kelompok ikan egg layer, apabila di habitat asli waktu periode hujan ikan-ikan ini akan melangsungkan pemijahan. Jika hujan turun maka otomatis kandungan ph air akan mengalami penurunan dan perubahan air secara alami kurang lebih lima belas persen selama dua puluh menit sekali.

Makanan Ikan Botia

makanan ikan botia


Botia cencerung mengiyakan semua jenis pakan. Harus kalian ingat, botia ini termasuk jenis ikan karnivora, maka dari itu pemberian makanan seharusnya dilakukan dengan pakan diet protein tinggi.

Mereka suka jenis pakan beku ataupun tidak seperti udang, ikan kecil, bhefheart ataupun kacang-kacangan yang direbus seperti kacang polong. Ikan botia yang sudah besar umumnya pemilih terhadap makanan.

Ikan ini terhitung enggak susah masalah pakan, akan tetapi karena fakta ini juga kalian harus bersiap untuk enggak sampai kesal saat tumbuhan aquarium jadi cedera. Termasuk tanaman burhead kalian, yang dapat cedera dan menimbulkan lubang di dimana-mana karena serangan botia.


Apakah ikan botia galak? biarpun botia badut enggak termasuk agresif, akan tetapi bagusnya jangan menggabungkan ia dengan ikan yang punya size lebih kecil. Entah ikan hias botia itu sendiri, atau ikan pendamping jenis lain, yang ada akan menjadi stress. Dan juga ikan yang punya sirip tertutup, yang kebiasaan renangnya enggak gesit juga bukan opsi tepat.

Tank-mate yang bagus untuk ikan ini adalah jenis ikan ekor pedang, kuhli loach, rope fish, ikan tetra besar, bichir, & cichlid africa. Pada basisnya ikan botia badut faktanya senang berbaur. Pastikan supaya jumlahnya minimal tiga ekor. Lebih bagus lagi jika kalian menyediakan lima ekor atau malah lebih ikan dalam aquarium. Namun harus dilihat, siapa tahu ada si jantan yang hobi mengintimidasi ikan yang terlihat lemah, yang akhirnya membuat ia enggak kebagian kuota pakan.

Jenis Ikan Botia


Ikan Botia sendiri terpecah kedalam beberapa jenis yang dapat kalian temukan di pasaran.

1. Botia Clown Loach

botia clown loach


Ikan hias botia yang punya nama dalam bahasa latin yaitu Chromobotia Macracanthus ini tergolong ikan Botia yang amat beken di dalam negeri. Mempunyai size badan mini & punya warna terbilang elok dengan kombinasi warna kuning keemasan & dipercantik lagi dengan tiga motif salur berwarna black.

Ikan ini juga kerap kali dipanggil dengan Botia Badut. Botia yang ini nih mempunyai empat pasang sungut pada dibagian depan & sesetel sirip yang berada di belahan dada. Akan tetapi banyak penghobi baru yang masih bingung bagaimana cara membedakan jenis Botia Badut Kalimantann dengan botia Sumatra.


Untuk bisa mengetahui ciri pembeda ikan tersebut sangat gampang, pada ikan Botia asal Kalimantan mempunyai dua sirip pada dibagian perut dengan mempunyai warna khas yaitu orange dengan sedikit tambahan warna merah & hitam. Sementara untuk Botia Badut asal Sumatra mempunyai sirip dengan diselimuti warna full red.

2. Blue Botia

blue botia


Persis seperti panggilannya, Blue Botia dengan nama ilmah Yasuhikotakia Modesta mempunyai warna dominan biru di keseluruhan badannya dengan sirip serta ekor  yang punya warna merah cerah. Fakta tersebut membikin ikan ini dipanggil juga dengan redfinned load, colored botia, & red tail botia.

Ikan Botia tipe ini umumnya bisa didapat di batang air negara Laos, cambodia, Thailand, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai shape melengkung & menjulur, warna sirip dari ikan ini enggak cuma merah saja akan tetapi beberapa juga punya warna orange terang. Waktu masih berukuran kecil, ikan ini condong memiliki warna grey dengan kombinasi warna kehijauan di tubuhnya.

3. Dwarf Botia

dwarf botia


Ikan Dwarf Botia atau Ambastaia Sidhimunki yang punya nama panggilan dalam bahasa ilmiah Ladderback Loach, ChainLoach, & Pygmy. Ikan hias botia jenis ini berakar dari wilayah Thailand, posisi tepatnya berada di perairan kaki bukit MaeKlong, batang air Khwae Noi, & perairan Uttaran.

Ikan ini punya karakter khas yaitu salur dengan motif yang berbentuk layaknya sebuah rantai dengan aksen bewarna black yang berada tepat di posisi badannya dari kepala sampai ke ujung ekor. Menurut fakta yang didapat, ikan ini jumlahnya sudah mengalami penurunan sangat jauh disebabkan karena banyak orang yang melakukan perburuan liar di alam bebas yang mengakibatkan sekarang ini dwarf botia sangat dicover oleh Negara Thailand.

4. Ikan Morleti Botia

ikan morleti botia


Ikan Morleti Botia atau Yasuhikotakia Morleti juga punya nama beken yaitu SkunkBotia, HoraeBotia, & Skunk Loachh. Ikan ini juga berakar dari negara Thailand lebih tepatnya di batang air Chao Phraya, perairan Mekong, & perairan MaeKlong.

Ikan Botia yang satu ini memilikii kerangka mulutt yang lebih tajam dan maju jika dicompare dengan ikan Botia tipe lain. Untuk bagian rahang, memilikii semacam duri yang dapat keluar masuk.

Ikan Skunk Botia inii mempunyaii warna pada badan yaitu silver grey dengan motif salur yang kontras berwarnaa black pada penggalan ujung ekor. Ikan Botia jeniss ini lumayan galak, oleh sebabnya sangat disarankan untuk enggak menggabungkan ikan ini dengan ikan lain yang punya size badan lebih kecil.

5. Ikan Yoyo Botia

ikan yoyo botia


Ikan Yoyo Botia atau Botia Almorhaee dipanggil juga dengan sebutan Botia Pakistann, Botia Indiaa, Almora Botia, & Botia Grandii Gray. Ikan ini bermula dari negara India dan Nepall. Ikan botia inii juga sudah sangat umum dipanggil  dengan nama Botia Pakistanii / PakistaniLoach. Faktanya juga ikan inii enggak berakar dari Pakistann.


Ikan ini sangat biasa ditemui di perairan Gangga dengan memiliki aliran air yang kalem. Loach yang satu ini memiliki motif yang khas yaitu berwarna putihh, black, & ditambah warna grey yang membikin karakter dengan shape nya yang enggak beraturann di sekujur badannya.

6. Ikan Zebra Botia

ikan zebra botia


Ikan Zebra Botia / Botia Striara ini memilikii size paling besar bisa menyentuh angka sembilan centimeter. Ikan ini lagi-lagi berakar dari Indiaa tepatnya daerah Ghats Barat. 

Ikan Botia Striata ini mempunyaii karakter yang sangat khas berupa motif salur dengan dibalut warna hitam & coklat di keseluruhan badannya, dan pada bagiann ekor mempunyai motif salur warna black & putih dengan aksen kecoklatan.

Ikan Botia yang satu ini juga mempunyaii karakter yang agak pemalu & lebih senang menghabiskan waktunya untuk bersembunyi di bawah bebatuan atau tumbuhan air.

7. Ikan Bengal Botia

ikan bengal botia


Ikan Bengall botia / Dario Botia gampang sekali didapatkan di Bhutan lebih tepatnya di perairan Gaylegphug, dan di Banglades yang umumnya ditemui di belahan utara & timur Banglades.

Ikan Bengall Loach / Botia Dario ini juga umum terkenal dengan panggilan lain yaitu Diacanthus Zebraa, Diachantus Flavicaudda, QueenLoach, & Botia Geto. Ikan Botia tipe yang ini tergolong omnivora / bisa makan daging maupun tumbuhan.

8. Ikan Botia Macan

ikan botia macan


Botia macan atau Syncrossus Hymenophysa dipanggil juga sebutan yang lebih beken yaitu Tiger Botia  / Tiger Loach. Ikan ini dapat berkenbang sampai 25 centimeter untuk panjangnya dan mempunyai mulut berbentuk lancip dan memiliki duri pada bagian rahang samping.

Ikan ini mempunyai karakter badan dengan motif belang vertikal dan diselimuti dengan warna keperakan. Lingkungan hidup asli ikan ini berada di Indonesia, tepatnya di pulau Sumatra dan pulau Kalimantan.

Botia Macan tergolong kedalam tipe ikan yang cinta damai. Ikan air tawar ini sangat senang menyantap cacing, plankton, dedrituss, dan binatang yang lebih kecil dari badannya yang terdapat di sungai. Ikan ini senang beraktivitas di dasar dan berburu makanan.

9. Ikan Botia Myanmar

ikan botia myanmar


Ikan Botia Myanmar atau nama lainnya Botia Kubota umum dipanggil juga Angelicuss Botia / AngelicussLoach yang lingkungan otentiknya berada di perairan Burmaa, Myanmar.

Botia yang satu ini dapat berkembang sampai 13 centimeter dengan karakter uniknya yang punya shape memanjang, bagian punggung dengan penampakan melengkung, & punya kepala menajam dengan mulutt berbentuk mancung yang disekelilingnya terdapatt duri.

Botiaa Myanmar mempunyai warna badan coklat dan gold.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota