-->

Sponsor Mascota

Jenis dan Cara Merawat Ikan Discus yang Tepat Supaya Tetap Sehat

 Ikan discus punya daya tarik tersendiri buat para penghobi ikan hias air tawar karena kecantikan corak bandannya yang bisa menyaingi ikan hias air laut. Akan tetapi buat memelihara ikan hias air tawar langka ini tidak segampang seperti yang dibayangkan. Namun, disanalah keseruannya.


”Untuk yang masih baru atau pemula, bagusnya pelihara ikan discus yang ukuran berapa?’’ tanya seorang yang masih baru yang ingin pelihara discus. Menurut yang sudah berpengalaman minimal 2 inci. Tetapi ada juga yang menyarankan untuk pelihara yang sudah berukuran 3 inci karena ikan dengan umur yang lebih dewasa akan lebih kuat fisiknya buat bertahan.


Ada juga yang memberi saran, sebelum akhirnya memutuskan memelihara ikan diskus, harusnya pikirkan airnya. Ikan bernama Latin Symphysodon discus cuma bisa bertahan hidup dengan air yang sangat bersih. Umumnya, penghobi ikan yang berpengalaman akan memakai air isi ulang atau air minum galonan, atau paling enggak memakai air endapan.


Cara Memelihara Ikan Discus

cara memelihara ikan discus


Memelihara discus di akuarium butuh perlakuan spesial seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, karena jenis ikan ini sangat sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika kalian merawatnya sembarangan, pastinya hidup ikan hias ini enggak dapat hidup sehat. Makanya, yuk kita bahas cara merawat ikan discus yang benar berikut ini:


Baca Juga: 15 Jenis Ikan Manfish yang Cantik dan Setia Kepada Pasangan


1. Pelihara Ikan Discus Perlu Sediakan Perlengkapan yang Diperlukan

Cara merawat discus yang pertama adalah mempersiapkan dahulu peralatan yang dibutuhkan. Adanya perlengkapan dan peralatan yang diperlukan sangatlah penting. Perlengkapan yang harus kalian sediakan adalah aquarium dengan ukuran cukup, filter yang baik dan juga heater.


Heater ini memiliki fungsi menyediakan kondisi panas di dalam air aquarium. Karena kesehatan discus ini dipengaruhi oleh keadaan di dalam aquarium, maka suhu air perlu diatur sesuai kebutuhan ikan peliharaan. Tahapan ini menjadi sangat penting karena merupakan tahap paling awal sebelum memulai pemeliharaan ikan.


2. Perhatikan Temperatur dan PH Aquarium untuk Si Discus Hias

Cara merawat discus yang kedua adalah selalu perhatikan temperatur serta pH akuarium. Dalam pemeliharaan discus hias ini ada beberapa hal yang harus selalu diperhatikan termasuk suhu, pH dan keadaan air di dalam aquarium. 


Temperatur maksimal aquarium ikan discus berada di 82-88F atau 28-31°C. Keadaan temperatur air yang lebih panas bisa menyebabkan penurunan oksigen di dalam aquarium. Dan untuk kandungan pH ideal air berada pada 6,5.


Saat pH air berada di level 7 atau kurang dari 6, maka bisa menyebabkan discus jadi stres. Keadaan stress ini, membikin discus gampang terserang penyakit. Penyakit yang umum menyerang adalah bercak putih atau white spot.


Dan juga, keadaan air harus di 1 dh sampai dengan 8 dh. Hal ini dicocokan dengan keadaan relatif yang persis dengan perairan amazon dimana ikan discus ini berasal. Ukuran discus hias untuk yang jenis jantan maupun betina bisa berkembang menjadi sekitar 6,5″ atau 16.5 centimeter dalam kurun waktu dua tahun.


3. Rutin Mengganti Air Aquarium

Air yang terjaga kebersihannya menjadi kunci penting yang mempengaruhi kondisi kesehatan dari discus. Karena air kotor mengandung berbagai macam bakteri atau virus yang dapat membikin si discus terserang penyakit. Mengganti air umumnya dua kali seminggu dengan dilakukan secara bertahap.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Dalam cara merawat discus hias diharuskan mengganti air akuarium paling tidak setengahnya untuk menghilangkan atau mengurangi kandungan nitrat dan juga menambahkan kandungan mineral. Selain itu, mengganti air secara rutin juga dilakukan untuk melindungi ikan dari amonia.


Karena ikan discus ini sangat sensitif terhadap kandungan amonia, hal ini terlihat dengan adanya penurunan dari rona badannya dan nafas yang berat. Aquarium untuk ikan hias ini umumnya juga dilengkapi dengan tangki injeksi CO2.


4. Beri Dekorasi di Aquarium buat Si Ikan Discus

Untuk memberikan kesan tambahan buat si ikan jadi seperti di habitat aslinya, yaitu dari amazon, maka boleh diletakan kayu apung. Selain berguna untuk mempercantik aquarium, kayu apung ini berguna juga untuk melembutkan air dan menurunkan kadar pH supaya lingkungannya pas dengan kebutuhan ikan.


Ini juga bisa jadi salah satu cara merawat discus yang tepat karena adanya dekorasi bisa memberikan vibes yang lebih bagus untuk ikan discus hidup.


5. Jaga Penerangan pada Aquarium

Selanjutnya, cara merawat discus juga jangan sampai terlewat untuk memberikan lampu atau penerangan yang cukup di akuarium. Dalam pemeliharaan ikan discus hias ini, harusa ada penerangan yang cukup pada aquarium. 


Baca Juga: 9 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias yang Beken Untuk Menghiasi Aquarium


Penerangan yang pas, beguna untuk kesehatan si discus dan juga membikin ikan kelihatan lebih cantik. Akan tetapi, karena lampu aquarium bisa menaikan temperatur air, maka penerangan aquarium harus selalu diperhatikan.


6. Pakan untuk Ikan Discus Hias

Dari proses cara merawat discus, makanan juga enggak kalah penting. Pemberian pakan yang tepat untuk ikan discus, akan menghasilkan ikan discus hias yang sehat dan berkembang dengan baik.Discus ini tergolong ikan pemakan segala.


Pakan yang umum disenangi discus di habitat aslinya berupa larva serangga, cacing (baik Cacing Tubifex, Cacing Darah, atau Blood Worm), kutu air, telur udang, artemia, Infusoria, dan rotifera, bahkan buah buahan.


Dengan beragamnya pakan yang dapat kita berikan untuk ikan discus ini, maka harus adanya variasi olahan pakan dengan pakan buatan yang dapat kita beli di market. Discus enggak terlalu suka dengan pakan yang mengapung di permukaan air.


7. Hindarkan dari Lalat

Cara lain yang bisa dilakukan dalam merawat discus adalah dengan menghindari hinggapnya hewan blackworms hidup atau lalat kamar mandi. Hal ini disebabkan karena serangga lalat sering membawa parasit yang membikin terganggunya kesehatan buat si ikan discus.



Jenis Ikan Discus yang Cocok Dipelihara di Rumah

1. Discus Red Ribbon

Ikan Discus Red Ribbon


Discus ini punya rona dasar putih kekuningan. Pattern polanya terlihat membulat abstrak yang tak beraturan. Untuk siripnya dilengkapi warna bening kemerahan.


Baca Juga: 13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer Di Indonesia Dan Cara Merawatnya


Jika kalian melihatnya lebih dekat, corak hias pada ikan ini akan kelihatan makin cantik, untuk harga discus red ribbon berkisar 80 ribu sampai dengan 250 ribu Rupiah.



2. Discus Pearl Pigeon

Ikan Discus Pearl Pigeon


Discus pearl pigeon termasuk ikan yang punya rona dasar putih. Coraknya terlihat membentuk pola berbintik warna putih dengan didasari warna merah serta kepala ada warna perpaduan warna orange.


Sekilas, ikan ini mirip dengan ikan red ribbon yang kita bahas diatas. Namun jika diperhatikan lebih mendalam, ikan ini punya skala yang lebih kecil dibanding red ribbon, untuk harga pearl pigeon berkisar diantara 75 ribu sampai dengan 200 ribu Rupiah.


3. Checkerboard Pigeon 

Checkerboard Pigeon Discus


Persis dengan pearl pigeon, checker board pigeon termasuk jenis discus yang punya rona dasar putih yang kelihatan khas.


Badannya dipenuhi dengan pattern yang berbentuk garis-garis dengan rona merah, dan kepalanya lebih ke warna kuning. Selain itu, untuk matanya ikan ini mempunyai warna yang kelihatan seragam dengan garis-garis badannya.


Dengan kecantikannya ini, akuarium yang ada ikan hias ini pastinya akan sangat cantik bila ditaruh di sudut rumah. Kalau ngomongin harganya discus Checkerboard Pigeon berkisar diantara 75 ribu sampai dengan 200 ribu Rupiah.


4. Blue Diamond

Blue Diamond Discus Fish


Nah kalau discus yang satu ini punya karakter yang sangat berbeda dari yang sebelumnya, yaitu terletak pada rona badannya yang didominasi warna biru persis dengan namanya blue diamond.


Untuk organ siripnya, ada sedikit tambahan warna putih dan di bagian badannya punya nuansa biru tua.


Saat tersorot cahaya, bagian siripnya akan menyala dan rona merah terang pun akan kelihatan di matanya. Untuk harganya berkisar diantara 50 ribu sampai 140 ribu rupiah.


5. Ikan Discus Red Melon

Ikan Discus Red Melon


Discus Red melon dominan warna merah yang pekat pada dikeseluruhan badannya. Terlihat sangat beda dari discus lainnya, red melon tidak dilengkapi dengan corak pada tubuhnya.


Baca Juga: 15 Jenis dan Cara Budidaya Ikan Komet Dengan Mudah Untuk Pemula


Namun, mempunyai corak kuning kemerahan dibagian kepalanya, membuat looksnya kelihatan sangat anggun dan seksi. Harganya berkisar antara 60 ribu sampai dengan 180 ribu Rupiah.



6. Ikan Discus Marlboro

Ikan Discus Marlboro


Ikan marlboro sebenarnya punya rona yang persis dengan red melon. Akan tetapi, ikan ini punya warna yang terlihat lebih cerah, dan dikepalanya ada rona putih kekuningan.


Selain itu, ikan ini punya mata dengan warna merah yang kontras. Untuk harganya kisaran 60 ribu sampai dengan 180 ribu Rupiah.


7. Ikan Discus Green

Ikan Discus Green


Persis dengan namanya, ikan ini punya rona hijau dengan campuran biru di keseluruhan badannya. Pattern badannya membentuk garis-garis dengan rona cokelat kemerahan.


Walau kelihatan sangat nyentrik, ternyata ikan ini harganya enggak terlalu mahal di banding discus yang lain, yaitu berkisar antara 40 ribu sampai 120 ribu Rupiah.


8. Golden Yellow Diamond Ikan Discus Termahal

Golden Yellow Diamond Ikan Discus Termahal


Golden yellow diamond punya warna yang didominasi kuning keemasan di keseluruhan badannya. Persis layaknya ikan marlboro dan red melon, ikan ini tidak dilengkapi dengan corak apapun pada badannya. Untuk harganya terbilang mahal yaitu 285 ribu Rupiah.


9. Snake Skin

Snake Skin Discus


Persis dengan panggilannya, ikan ini memiliki pattern berupa garis vertikal tipis dengan perpaduan rona merah dan biru layaknya kulit ular.


Ikan jenis ini pun umum dipakai untuk kawin silang, karena penampakannya yang sangat unik serta menarik.


Hasil perkawinan silangnya banyak menghasilkan discus jenis baru, misalnya:

  • Ikan discus leopard snakeskin
  • red spotted golden leopard snake skin
  • blue diamond snake skin
  • pigeon snake skin


Nah, sudah kita bahas lebih mendalam tentang bagaimana acara merawat dan jenis dari ikan hias air tawar unik ikan discus. Kondisi akuarium yang baik dan pemberian makan yang benar, akan sangat membantu dalam merawat discus hias. Jadi, jangan sampai ada yang terlewat dalam merawat discus kesayangan kalian ya!

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota