-->

Sponsor Mascota

Jenis Puffer Fish Paling Langka dan Unik Incaran Para Kolektor

 Puffer fish atau biasa orang indonesia memanggilnya ikan buntal adalah ikan hias air tawar langka yang ukurannya bisa berubah menjadi seperti balon yang membulat. Hal ini akan terjadi jika ia merasa dirinya dalam keadaan yang berbahaya, misalnya akan di serang predator.


Nah ternyata Ikan Puffer fish atau ikan buntal punya beragam varietas atau jenis loh, dari ukuran paling kecil, sampai yang paling langka, dan ada yang harganya sangat mahal.


jenis puffer fish langka



Pasti kalian sudah tahu kalau ikan buntal ini merupakan ikan yang beracun. Ternyata faktanya memang benar kalau pada bagian ovarium dari ikan puffer fish ini sangat beracun. Malah 200 kali lebih berbahaya kalau kita bandingkan dengan racun sianida.


Di negara matahari terbit atau jepang ikan puffer fish memang dijadikan panganan. Tetapi enggak sembarang orang bisa mengolahnya jadi makanan. Cuma chef yang ahli yang dapat mengolah ikan buntal supaya bisa dimakan dan diolah jadi panganan yang lezat.


Baca Juga: Jenis dan Cara Merawat Ikan Discus yang Tepat Supaya Tetap Sehat


Ikan buntal atau puffer fish yang umum dijadikan makan biasanya berasal dari muara dan laut. Tetapi kita akan membahas lebih dalam ikan buntal atau puffer fish yang berasal dari air tawar yang bisa dipelihara dijadikan ikan hias air tawar yang cantik dalam akuarium atau kolam rumah.


Lingkungan asli ikan buntal berada di berbagai jenis air dan banyak terdapat di berbagai benua. Puffer fish ternyata ada 100 species. Tetapi yang akan dibahas mascota kali ini adalah ikan buntal yang sudah umum dipelihara para penghobis ikan hias saja. Yuk saatnya kita ketahui lebih dalam.


1. Mini Puffer Green Spotted

Mini Puffer Green Spotted


Puffer fish atau ikan buntal mini yang ini sangat terlihat mungil dan cantik bila kalian pelihara dalam sebuah akuarium. Ikan pufferfish varietas yang ini sangat pas di pelihara dalam akuarium dalam ukuran yang kecil, mengingat ikannya juga kecil.


Ikan buntal jenis ini beken dengan panggilan dwarf puffer karena sizenya dibilang mirip dengan bangsa dwarf atau kurcaci. Ikan buntal mini ini ukurannya maksimal cuma sampai 15 centimeter saja.


Makanan yang paling disukai oleh ikan buntal mini ini adalah cacing beku atau siput dengan cangkang kecil. Harga ikan mini puffer atau ikan buntal mini biasa di market mulai dari 20 ribu Rupiah.

2. Congo Puffer atau Tetraodon Miurus: Puffer Fish Langka

puffer fish langka congo


Congo puffer fish ini termasuk ikan buntal air tawar yang faktanya lumayan langka alias susah ditemui di market ikan Indonesia. Ikan congo puffer ini bisa mengubah warnanya jadi terlihat merah, coklat dan kadang terlihat lebih pucat.


Baca Juga: 15 Jenis Ikan Manfish yang Cantik dan Setia Kepada Pasangan


Karena ikan puffer yang satu ini punya cara makan yang menyergap dan mengagetkan mangsanya, saat memeliharanya kalian harus menambahkan substrat yang lumayan tebal untuk tempat dia sembunyi dan mengagetkan mangsanya.


pakan congo puffer ini persis dengan ikan buntal yang lain seperti cacing darah, ikan kecil asal muat ke dalam mulutnya serta jenis siput-siputan atau keong ukuran kecil.


Karena memang ikan ini sangat susah di dapati dan terbilang langka maka harga congo puffer terbilang sangat tinggi, yaitu start dari 1 juta Rupiah untuk satu ekornya.


3. Fahaka Puffer Fish atau Tetraodon Lineatus

Fahaka Puffer Fish


Selain varietas mini puffer fish atau ikan buntal yang biasa dipelihara lainnya adalah jenis ikan fahaka puffer. Ikan buntal air tawar yang ini nih lumayan gampang didapati dan sudah sangat banyak yang menjualnya untuk jenis yang satu ini.


Fahaka puffer fish ini saat dewasa bisa sampai 45 centimeter loh, jadi kalau kalian yang tertarik dengan ikan buntal yang ini, kalian juga harus menyediakan akuarium yang ukurannya pas ya.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Karena ikan buntal fahaka ini ukurannya bisa sampai 45 centimeter maka pakannya pun bisa lebih bervariasi. Kalian bisa mencoba memberikan keong dengan ukuran lebih besar. Kalau ngomongin Harga, fahaka puffer  dijual start dari 50 ribu Rupiah perekornya.


4. Ikan Mbu Puffer atau Tetraodon Mbu: Puffer Fish Termahal

Ikan Mbu Puffer fish



Mbu puffer fish termasuk ikan eksentrik dari family ikan buntal. Bagaiamana enggak terlihat unik karena harga dari ikan mbu puffer bisa menyentuh angka puluhan juta rupiah. Ikan buntal yang ini umum dipelihara yang memang sudah jadi kolektor ikan hias.


Baca Juga: 9 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias yang Beken Untuk Menghiasi Aquarium


Mbu puffer kalau kita melihatnya sekilas memang persis dengan sodaranya yaitu fahaka puffer, cuma yang jadi pembeda adalah ikan mbu puffer bisa berkembang lebih besar, yaitu sampai 80 centimeter. Yang berarti ukurannya 2 kali lebih besar dibanding fahaka puffer. Enggak kaget kalau jenis mbu puffer fish ini sudah jadi dambaan buat para kolektor ikan hias air tawar karena size-nya sangat besar.


Mini Puffer Tank Mates

Di lingkungan aslinya, ikan puffer bisa hidup berbarengan dengan ikan spesies lain misalnya Filament Barb, Long-Finned Barb, Paral Fish, Malabar Leaf Fish, serta Orange Chromide.


jadi, beberapa jenis ikan di atas dapat kalian pilih untuk jadi teman akuarium dari ikan puffer kalian, namun mascota lebih menyarankan untuk pelihara 1 jenis saja karena karakternya memang agresif dan teritorial terhadap jenis ikan lain.


Nahh jika kalian memang ingin menambahkan tank mate untuk si Puffer fish, harus dipastikan teman satu akuariumnya harus yang bisa berenang dengan cepat, misalnya:

memelihara ikan imut ini dengan udang hias juga enggak disarankan, ikan ini termasuk ikan predator air tawar yang aktif yang akan menyantap udang-udang kecil di depannya.


segala siput dengan ukuran kecil misalnya Bladder Snail atau Malaysian Trumpet Snail juga kemungkinan besar akan di makan.


Baca Juga: 13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer di Indonesia dan Cara Merawatnya


Juga jangan satukan ikan buntal dengan ikan predator lain yang ukurannya besar seperti red tail cat fish dan ikan lain yang berenang lambat, sirip mereka akan gampang diserang.



Sekian jenis, daftar harga dan tank mate dari ikan buntal air tawar atau puffer fish yang bisa kalian pilih menjadi teman di rumah. Mana ikan buntal favorit kalian nih? kalau saya pribadi lebih suka dengan mbu puffer.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota