-->

Sponsor Mascota

Ikan Red Texas Cichlid Si Merah yang Cantik dan Menawan

 Ikan Red Texas Cichlid persis dengan ikan louhan termasuk ikan hibrid. Ikan hibrid bagi yang belum tahy adalah ikan yang diperoleh dari hasil kawin silang dari dua varietas ikan yang berbeda spesies. Dan ikan Red Texas Louhan ini merupakan hasil dari dari perkawinan silang antara dua spesies ikan hias air tawar dari family ikan cichlid yang berakar dari benua Amerika (American Cichlid).


 Ikan Red Texas cichlid mempunyai ciri khas yang sangat cantik yaitu rona merah merona dengan motif seperti mutiara memenuhi dikeseluruhan badannya yang menjadikannya salah satu ikan hias air tawar termahal.


Ikan Red Texas Cichlid




Kalau dilihat sama dengan jenis ikan Louhan GB atau Golden Base, perubahan secara genetik atau fader menjadi aspek penentu dari kualitas. ikan Red Texas cichlid yang sudah bertumbuh dewasa dapat mempunyai ukuran sampai 30 centimeter panjangnya. 


Baca Juga: 14 Jenis Ikan Koi Termahal dan Paling Diburu Para Kolektor


Ikan Red Texas louhan yang bagus, menurut para penghobi harus mempunyai badan yang lebar dan tebal dengan sirip lurus yang sangat pas dengan ukuran badannya. Ikan yang mempunyai kualitas paling baik sering diberi nama Super Red Texas atau disingkat SRT.


Cara Mendapatkan Ikan Red Texas Cichlid

Cara Mendapatkan Ikan Red Texas Cichlid


Ikan Red Texas Cichlid atau Ikan Super Red Texas (SRT) ini bisa dihasilkan dengan cara mengawinkan Green Texas Cichlis (Herichthys carpinte) ataupun ikan Blue Texas Cichlid (Herichthys cyanoguttatus) jantan dan mengawinkannya dengan ikan jenis parrot yang betina, King-Kong Parrot, Mammon, Darmo, Flamingo, Red Devil, Redshock atau Redsyn.


Ikan Green Texas atau Ikan Blue Texas punya pattern mutiara yang sangat indah. Sementara ikan jenis Parrot, Kingkong Parrot, Mammon dan yang lainnya mempunyai rona merah yang sangat menawan. Maka ikan Red Texas Louhan akan mempunyai mutiara yang indah dari ayahnya dan rona merah terang dari ibunya.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Kenapa enggak jantannya saja jenis ikan Parrot? Jawabannya karena ikan parrot jantan 99% itu infertil atau istilah lainnya mandul jadi enggak bisa menghasilkan anakan tau keturunan.


Mutasi pada ikan Red Texas Louhan

ikan Red Texas Louhan


Jadi apasih yang dimaksud dengan mutasi itu? Mutasi pada ikan sangat populer terjadi pada jenis ikan cichlid dari benua Amerika yaitu pada Red Devil Cichlid (Amphilophus labiatus) dan Midas Cichlid (Amphilophus citrinelus). Dalam habitat liarnya beberapa atau sebagian dari ikan dari kedua varietas tersebut mengalami perubahan warna menjadi kuning, orange, orange kemerahan serta putih.


Baca Juga: 8 Ikan Hias Air Tawar Langka yang Sering Diburu Para Penghobi


Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada ikan Red Devil atau Midas tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah?


Secara ilmiah trasfigurasi warna itu disebut sebagai Amelanism. Amelanism adalah kelainan pigmentasi ditandai dengan kurangnya pigmen yang disebut melanins (pigmen hitam) dan umumnya bisa mempengaruhi reptil, ikan, amfibi, dan lainnya. 


Munculnya ikan amelanistic (seperti perubahan atau mutasi) sepenuhnya tergantung pada pigmen non-melanin yang masih ada di badannya. Jadi penjelasan gampangnya ikan-ikan tersebut mengalami perubahan pada pigmen rona yang ada di badan mereka.


Baca Juga: 10 Jenis dan Karakter Ikan Red Snakehead Paling Populer Para Penghobi


Ikan Red Texas Cichlid atau Louhan mengalami mutasi karena gen bawaan dari sang biang. Parrot, Kingkong Parrot, Mammon ini punya gen yang sangat kuat dari ikan Red Devil atau Midas Cichlid.


Setelah dilakukan selektif breed atau perkawinan secara selektif dengan mengalokalisir gen yang diinginkan maka setelah beberapa generasi maka akan menghasilkan keturunan dengan warna merah yang cantik serta menawan.


Level atau Tingkatan Warna dari Ikan Texas

level warna ikan texas


Biarpun induk betina Red Texas ini mempunyai rona merah terang yang cantik namun enggak semua anakannya akan mempunyai ciri khas seperti itu. Kebanyakan malah enggak bermutasi atau enggak bisa berubah warnanya. Adapun level kelas untuk warna dari ikan Red Texas ini adalah:


  • Enggak bermutasi : Level paling rendah
  • Kuning: Level Kedua terendah
  • Orange : Rata-rata Red Texas Cichlid jatuh di kategori ini
  • Coral: Condong terlihat ke merah muda
  • Merah: Level paling atas dan paling banyak di cari oleh para penghobi

Jenis Mutiara Pada Ikan Red Texas Louhan

Mutiara Pada Ikan Red Texas Louhan


Untuk varietas mutiara ikan Red Texas ini mempunyai beberapa corak yaitu mutiara pasir, mutiara rintik atau bintik, dan mutiara kasar yang ukurannya lebih kelihatan besar.


Baca Juga: Jenis dan Cara Merawat Ikan Discus yang Tepat Supaya Tetap Sehat


Ikan Red texas punya pattern mutiara yang berbeda satu sama lain, ini yang membuat Red Texas Cichlid sangat beken dan banyak dicari orang.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota