-->

Sponsor Mascota

Tips Paling Mudah Pelihara Ikan Flowerhorn Cichlid atau Louhan

Ikan flowerhorn cichlid atau lebih populer di panggil dengan Louhan adalah jenis atau spesies buatan manusia yang dibudidaya secara selektif oleh para penghobi ikan predator air tawar asal China pada pergantian abad ini. Nahh fakta ini berarti, louhan enggak didapati di alam liar dan family yang paling dekat adalah ikan cichlid Afrika Selatan.


Namun lewat usaha untuk pelepasan ikan ke habitat asli, beberapa jenis flowerhorn cichlid sudah bisa menyesuaikan diri dengan habitat alami dan sekarang sudah hidup bebas di beberapa bagian sungai atau perairan dunia.


Ikan ini adalah hasil perkawinan silang selektif berbagai jenis ikan cichlid Malawi Afrika Selatan. Seperti pendahulu mereka, louhan punya badan yang kelihatan memanjang dan konstruksi kepala yang unik. Ikan flowerhorn cichlid juga mempunyai umur yang bisa dibilang sangat panjang dan dapat hidup sampai 12 tahun!


Keterkenalan mereka sudah naik pesat dari kemunculan pertama mereka di market sekitar tahun 1996. Ikan ini bisa didapati di hampir setiap toko ikan hias air tawar di mana pun kalian tinggal. Kalau buat harga memang sangat beragam. ‘Demam’ louhan pun pernah terjadi di Indonesia beberapa tahun silam. Kini setelah demam itu usai ternyata masih ada warga yang memelihara louhan atau ikan flowerhorn cichlid di rumahnya.


Karakter Khas Ikan Louhan atau Flowerhorn Cichlid

Karakter Khas Flowerhorn Cichlid


Hibrida ini mempertahankan karakter agresif yang kelihatan di banyak varietas cichlid, misalnya seperti ikan Jack Dempsey atau family mereka yang lain. Mereka bisa dibilang enggak terlalu simpatik dengan spesies lain dan sering menyerang dengan satu sama lain. Biarpun enggak termasuk jenis ikan kawanan, mereka masih senang berenang bersama-sama. Karakter atau kebiasaan ini membantu menurunkan sifat agresi dan meredam stress.


Flowerhorn Cichlid atau louhan termasuk ikan agresif, tetapi jika kalian memeliharanya dengan tepat, karakter agresifnya ini bisa diatasi dan kalian akan dapat merasa puas melihat raksasa dengan rona indah ini bersama varietas lainnya.


Karena badannya yang bongsor, ikan hias air tawar termahal ini agak lambat waktu kalian membandingkannya dengan ikan lain yang bertubuh lebih kecil. Sangat persis dengan karakter leluhur mereka di lingkungan alaminya, spesies ini lebih senang berenang naik dan turun di lajur air, alih-alih cuma tinggal di tingkatan tertentu di dalam akuarium.


Ciri Fisik dari Ikan Louhan atau Flowerhorn Cichlid

Ciri Fisik Louhan atau Flowerhorn Cichlid


sudah kita bahas sedikit di atas kalau ikan louhan atau flowerhorn cichlid mempunyai badan memanjang yang agak pipih, biarpun memang ada beberapa jenis yang punya badan terlihat lebih membulat menyerupai cakram. Sirip pada bagian punggung dan sirip duburnya menghampar sampai ke pangkal ekor. Potongan badannya sama dengan cichlid Afrika Selatan yang merupakan sumber pembiakannya atau leluhurnya.


Baca Juga: 8 Ikan Hias Air Tawar Langka yang Sering Diburu Para Penghobi


Salah satu karakter khas utama mereka adalah tonjolan kepala mereka yang besar atau penghobi biasa menyebutnya jenong, dengan mata yang terpatok dalam. Ini merupakan salah satu pemandangan paling iconic di dunia pemeliharaan ikan hias. Kalian bisa tahu dan kenal kalau louhan hanya dari siluet mereka. Seluruh varietas ikan flowerhorn cichlid pasti mempunyai jenong di atas kepala.


Baik sirip pada bagian dubur atau buat sirip bagian punggung mempunyai ujung yang panjang. Ekor mereka hampir terlihat buat dan lebih tipis daripada sirip lainnya. Sirip bagian dada mereka terlihat sangat anggun, terkadang kelihatan transparan, tetapi ukurannya memang jauh lebih pendek daripada sirip bagian lain.


Bentuk yang singularis ini bergabung dengan pilihan rona yang sangat beragam. Mereka mempunyai alterasi warna yang sangat luas, mulai dari emas, merah terang, sampai ungu muda. Banyaknya warna ini juga dibarengi dengan berbagai pattern atau marking yang berbeda. Entah kalian menginginkan ikan polos satu warna atau ikan eksotis warna-warni, louhan atau flowerhorn cichlid merupakan pilihannya.


Habitat dan Akuarium Ikan Flowerhorn Cichlid atau Louhan

Habitat Ikan Flowerhorn Cichlid


Louhan merupakan ikan yang dibudidaya di tempat pembiakan dari mereka didistribusikan kepada masyarakat luas. Alasan tersebut yang membikin kita enggak bisa mendeskripsikan dengan jelas seperti apa lingkungan liar mereka. Tetapi kemungkinan besar keadaan atau suasana yang mereka senang serupa dengan kebanyakan cichlid yang lain. Spesies ini umumnya didapati di perairan tropis yang hangat dan relatif keras.


Baca Juga: 19 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Di Pelihara Bagi Para Newbie !


Tempat yang menjadi favorit mereka merupakan cekungan yang dengan arus lambat dan dasar sungai yang tercover dengan baik, yang terdapat banyak tumbuhan hidup di bagian dasar dan berbagai macam calon mangsa. Keadaan ini bisa dengan gampang direplikasi di aquarium mana pun. Satu-satunya hal yang sulit adalah ukuran akuarium yang mereka butuhkan.


Setup akuarium Ikan Flowerhorn Cichlid atau Louhan

Setup akuarium Ikan Flowerhorn Cichlid


Ikan ini sangat senang dengan air bersih dengan arus yang moderat, makanya kalian sangat disarankan buat menambahkan filter yang kuat misalnya canister. Juga enggak kalah penting buat memelihara aquarium secara apik dengan mengganti air yang sering dan teratur dalam membersihkannya, karena ikan flowerhorn cichlid atau louhan bisa menjadi ikan yang lumayan berantakan.


Parameter air harus kalian perhatikan betul, untuk memastikan ikan enggak jadi sakit dan irama alami mereka terpelihara. Temperatur yang dianjurkan buat varietas ini adalah 25 sampai 30 °C. Tingkat keasaman air juga memberikan pengaruh buat kesehatannya, jadi kalian juga harus memperhatikannya, dan disarankan berada pada kisaran 6,5 sampai 7,8 pH, dan untuk kesadahannya bagus dalam kisaran 9 sampai 20 dGH. Selalu memperhatikan parameter ini setiap saat merupakan kunci untuk menjaga mereka tetap sehat.


Kalau buat masalah dekorasi akuarium dapat sedikit lebih rumit. Louhan sangat senang menggali substrat dan sering merusak tumbuhan hidup. Untuk substrat, bagusnya memakai kerikil berwarna mono dan banyak batu serta kayu apung buat dijadikan tutupan buatan.


Kalian juga harus pastikan semua dekorasi sudah aman, karena ikan flowerhorn cichlid atau louhan dapat menabraknya dan membaliknya dengan gampang. Pastikan juga sarana yang dipilih juga aman dan enggak berisi butiran yang tajam atau pecah.


Ikan louhan lumayan menuntut dalam kondisi volume akuarium. Kamu harus mengdistribusikan seenggaknya 70 galon atau 264 liter per satu ekor ikan dan 150 galon atau 567 liter per pasangan. Jika kamu kepingin pelihara cichlid atau varietas lain, kamu butuh seenggaknya 215 galon setara 813 liter air.


Tank-Mate Buat Flowerhorn Cichlid

Tank Mate Buat Flowerhorn Cichlid


Rata-rata cichlid populer sebagai jenis ikan yang lumayan agresif dan pilihan tank mate ikan hias seakuariumnya terbilang terbatas. Louhan enggak termasuk pengecualian. Akan tetapi jangan sedih, masih ada beberapa pilihan jenis ikan yang bisa dipelihara bersama mereka jika kamu mencarinya dengan cermat.


Baca Juga: Jenis serta Harga Ikan Hias Air Tawar Termurah buat Para Pemula


Karena ikan ini dibudidaya secara buatan dan enggak pernah benar-benar hidup diluar akuarium, kita tak bisa menyebutkan dengan pasti ikan apa yang bisa berteman baik dengan mereka di alam liar. Namun, kita bisa mendapatkan dapat dari kompatibilitas nenek moyang mereka.


Bagusnya kalian pelihara ikan ini satu saja atau berpasangan. Pertama, aquarium harus berukuran seenggaknya 150 galon atau setara 567 liter jika kamu akan menggabungkan louhan dengan ikan lain. Ini untuk menjauhi bentrokan dan menjaga kesehatan ikan. Teman aquarium buat louhan atau flowerhorn cichlid paling bagus adalah ikan dengan ukuran fisik yang sama atau sedikit lebih besar dengan perilaku yang sama, contohnya pirapitinga, sapu-sapu hias, dan jaguar cichlid.


Nah masih ada jenis ikan lain yang bisa kamu jadikan teman aquarium ikan louhan yang pas meliputi giant gourami, ikan oscar, suckermouth armored catfish, spotted hoplo, spotted raphael catfish, lowland cichlid, ikan parrot , dan bushynose catfish. Louhan enggak akan cocok hidup dengan ikan yang lebih kecil dan berenang lebih lambat. Jika teman mereka ternyata lebih lemah, louhan enggak pakai ragu buat menyerang mereka. Jangan pilih ikan kecil yang terlalu aktif karena ini sering membuat masalah dengan membikin kesal cichlid.


Ikan flowerhorn cichlid faktanya bisa dipelihara berbarengan dengan spesies yang sama, tetapi karakter agresifnya membikin ini sulit. Tetapi hal ini bukan berarti sesuatu yang mustahil, tetapi kamu perlu menyediakan ruang kosong yang pas buat setiap individu dan mereka semua memperoleh pakan yang cukup sehingga mereka enggak jadi berantem merebutkan makanan.


Makanan Ikan Louhan

Makanan Ikan Louhan


Ikan Louhan termasuk punya selera makan yang rakus yang kelihatannya cukup masuk akal jika kamu lihat dari ukuran badannya. Mereka akan merasa sangat senang dengan memakan apa pun yang dimasukan ke dalam akuarium, baik yang berupa pakan hidup atau olahan. Sebagai omnivora, mereka juga butuh sama yang namanya pakan tambahan berdaun. Mereka juga dapat menyantap semua jenis pakan, tetapi harus dicatat bahwa pakan mereka bagus yang terdapat banyak protein karena ini merupakan senyawa yang membentuk sebagian besar diet mereka.


Makanan yang beragam sama pentingnya dengan kualitas makanan. Makanya kamu bisa memberikan pakan yang sudah jadi buat cichlid besar, udang, cacing darah, cacing lain, jangkrik kering, belalang kering, filet ikan kecil, atau gammarus.


Selain pakan berdaging, kamu juga dapat memberikan beberapa pakan jenis nabati. Ini bisa dilakukan baik dengan membeli pakan olahan yang sudah dikemas di market ikan hias atau membeli tumbuhan hidup untuk akuarium. Alternatif ini lumayan lebih susah karena ikan akan sering merusak bagian batang tanaman atau menggalinya.


Baca Juga: 12 Jenis Ikan Hias Kecil Paling Cantik yang Bisa Dipelihara buat Pemula


Saat ikan sudah menjadi dewasa harus diberi makan dua atau tiga kali sehari, dilihat dari seberapa bagus sistem pencernaan mereka bekerja. Jika takaran porsinya pas, ikan umumnya akan makan dalam waktu lima menit. Di luar itu, mereka dianggap sebagai varietas yang lumayan sehat dan enggak memerlukan vitamin tambahan.


Perawatan Ikan Louhan

Perawatan Ikan Louhan


Ikan Louhan termasuk ikan yang cukup tangguh dan enggak begitu rewel dalam merawatnya. Meski kalau dilihat secara teknis ikan ini bisa dipelihara buat yang masih pemula, prasyarat akuarium yang besar membikin kebanyakan pemula mundur. Ini berarti kamu harus menyediakan lebih banyak waktu buat membersihkan aquarium dan memelihara peralatan.


Louhan enggak cuma besar, tetapi juga termasuk teritorial mirip dengan ikan cupang yang mempersulit banyak hal. Karakter agresif mereka dapat berubah jadi sedikit berlebihan pada waktu-waktu tertentu, sampai-sampai ikan ini bahkan bisa menyerang kamu yang sedang memberikan pakan. Meskipun kejadian seperti ini sangat jarang, enggak ada salahnya buat berhat-hati saat memasukan tangan kamu ke permukaan aquarium supaya ikan raksasa ini enggak terprovokasi.


Penyakit Ikan Louhan atau Flowerhorn Cichlid

Penyakit Ikan Louhan


Untungnya, mereka enggak rentan terhadap penyakit khusus apa pun, tetapi masih ada yang perlu kalian catat dan perhatikan. Contohnya, cedera merupakan masalah serius buat ikan bertubuh besar dan enerjik. Mereka bisa dengan gampang melukai diri sendiri saat menggorek substrat atau berenang berdekatan dengan batu-batu tajam. Semua ini bisa dengan gampang dihindari jika kamu menyaring media sebelumnya dan memilih enggak ada bagian tajam yang akan dimasukan ke dalam aquarium.


Masalah besar yang bisa terjadi adalah keracunan. Keracunan enggak berarti ikan menelan makanan yang beracun. Ini umumnya sebaliknya; komposisi kimiawi yang berbahaya dalam air seperti tingkat oksigen yang kurang atau terdapat muatan sulfur yang tinggi adalah penyebab keracunan ikan.


Masalah terakhir yang bisa membuat kalian kebingungan adalah infeksi yang dapat membikin sirip membusuk. Tergantung pada level keparahannya, penyakit ini bisa diobati dengan hanya menambahkan bahan kimia tertentu ke dalam aquarium, baik untuk intensi profilaksis atau untuk memperlaju pemulihan.


Pembiakan atau Cara Budidaya Ikan Louhan

Cara Budidaya Ikan Louhan


1. Siapkan Akuarium dan Peralatan Penunjangannya

Pilih akuarium dengan lebar kira-kira 40 centimeter dan panjang 70 centimeter serta tinggi 40 centimeter. Tentunya ukuran akuarium juga harus dicocokan dengan kebutuhan kalian dan kalau bisa pilih yang lebih besar lebih bagus.


2. Siapkan Air untuk Akuarium

Pertama, kamu harus periksa pH air terlebih dahulu atau dapat juga memakai metode memberikan air yang sudah diendapkan sebelumnya. pH normal untuk ikan louhan yaitu berkisar antara 6,5 sampai dengan 7,5.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Cara tepat memberikan air endapan adalah dengan memasukkan air ke dalam akuarium lalu didiamkan selama satu hari. Cara seperti ini dilakukan buat menstabilkan pH air, jika satu hari terlalu lama, kamu bisa memberikan larutan trisufat 5 ppm atau memakai garam khusus ikan hias. Kalau untuk temperatur bagusnya antara 32 sampai dengan 35℃.


3. Pilih Pakan yang Bagus buat Louhan

Sudah kita bahas diatas kalau Pemberian pakan yang baik merupakan indikator yang penting dalam budidaya ikan louhan. Sehingga jangan asal dalam memberikan makanan supaya kalian mendapatkan ikan yang berkualitas.


Pakan yang bagus juga sangat berdampak pada keberhasilan budidaya louhan apalagi waktu 2 minggu pertama sebelum dibudidayakan.


4. Pilih Indukan Louhan yang Berkualitas

Kualitas anakan ikan pastinya sangat berpengaruh dari kualitas indukannya. Cara memperoleh indukan berkualitas adalah dengan membeli ikan louhan yang punya harga tinggi (tentunya memperhatikan banyak faktor), tahapan ini juga akan sangat mengguntungkan apabila indukan dijual lagi.


5. Pemijahan Telur

Proses perkawinan berlangsung kira-kira 1 sampai 2 hari, lalu telur akan mulai kelihatan di bagian dasar akuarium. Kamu perlu ingat kalau enggak semua telur akan berhasil dibuahi, nah telur-telur yang gagal dibuahi ditandai dengan warna putih. Sedangkan telur yang sukses dibuahi punya warna kuning dengan titik hitam.


Baca Juga: 9 Jenis dan Karakter Ikan Hias Botia yang Menawan Untuk di Pelihara


Biarkan si induk tetap berada di aquarium karena keduanya akan memberikan sirkulasi pada telurnya dengan cara mengipasi memakai siripnya. Kalian juga jangan sampai kelupaan untuk memberikan makanan. Sekitar 2 hari, telur akhirnya akan menetas, nah langkah selanjutnya kalian bisa pindahkan indukannya supaya enggak mengancam anaknya.


Ikan Louhan atau beken juga dipanggil flowerhorn cichlid merupakan opsi yang luar biasa buat setup apa pun jika kamu bisa mempunyai akuarium yang sangat besar di rumah. Mereka ada dalam berbagai macam rona, meliputi biru, ungu, hijau, kemerahan dan banyak lagi. Louhan adalah ikan dengan fisik besar dan memeliharanya bisa dibilang ini membutuhkan ketelatenan serta kesabaran.


Namun, jika kamu cukup berpengalaman, jenis ini akan menjadi tambahan yang cantik dan berwarna-warni untuk aquarium apa pun. Mereka punya nafsu makan yang tinggi dan kamu enggak akan kesusahan dalam memberi makan mereka. Kamu juga enggak perlu bingung dengan masalah kesehatan louhan karena mereka termasuk ikan yang kuat dan enggak gampang terserang penyakit tertentu.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota