-->

Sponsor Mascota

Ikan Hias Air Tawar Merupakan Peliharaan yang Dapat Mengurangi Stress

Memelihara hewan peliharaan seperti kucing atau anjing memang sangat mengasyikan. Akan tetapi buat kalian yang lebih senang dengan ketenangan, lingkungan tempat tinggal yang bersih namun ingin memelihara hewan, memiara ikan hias air tawar di dalam aquarium dapat menjadi pilihan yang tepat.


Selain enggak berisik dan bikin rumah berantakan, memelihara ikan hias air tawar juga relatif lebih gampang dalam masalah perawatan. Jika kalian membandingkan dengan memelihara anjing atau kucing. Kalian pun juga dapat memilih berbagai macam jenis ikan hias yang indah untuk mempercantik akuarium milik kalian.


Memelihara ikan hias di akuarium menjadi opsi untuk hobi hingga menghilangkan stress. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli ikan hias, ada baiknya mencari info jenis ikan hias populer. Jenis ikan hias yang akan dipelihara harus yang gampang. Apalagi saat ini tipe akuarium sudah semakin canggih sehingga untuk membersihkan air enggak perlu pakai ribet.


Beberapa Jenis Ikan Hias Air Tawar

beberapa jenis ikan hias air tawar


Di Indonesia punya banyak jenis ikan hias air tawar. Menurut data dari KKP, terdapat lebih dari 1.100 spesies ikan air tawar yang di jual belikan secara global. Dari besaran itu, Indonesia punya 400 spesies. Namun hanya sekitar 90 jenis ikan yang dibudidayakan masyarakat.


Ikan hias ini lebih gampang diternakan dibanding ikan hias air laut. Teknologinya yang simpel dan biayanya murah. Sehingga banyak dilakukan dalam skala usaha mikro. Sangat beda dengan ikan hias air laut yang memerlukan fasilitas modal yang besar.


Baca Juga: Jenis Ikan Datnoid yang Sangat Seksi buat Dipelihara di Rumah


Ikan hias asli Indonesia yang menjadi diva adalah ikan arwana dan cupang. Sedangkan ikan hias asal negara lain yang bisa didomestikasi dan cukup populer dikembangbiakan di Indonesia antara lain maskoki, ikan koi, discus dan guppy.


Ikan Hias Botia

ikan hias air tawar botia


Kesenangan memelihara ikan hias oleh beberapa orang merupakan suatu hobi yang bisa mengurangi stres. Memelihara ikan disebut juga sebagai hobi yang lumayan mahal karena beberapa jenis ikan hias tertentu punya harga fantastis. Kisaran harga jutaan bahkan puluhan juta rupiah.


Hobi memelihara ikan hias enggak cuma digandrungi oleh masyarakat di domestik saja tetapi juga di luar negeri. Salah satu jenis ikan hias air tawar adalah ikan botia.


Ikan menawan ini punya beberapa karakteristik yang harus diketahui supaya saat pemeliharaan dan perkembang biakannya lebih gampang dilakukan. Apalagi untuk yang kepingin menjadikan ikan ini sebagai usaha yang menghasilkan atau peluang bisnis.


Ikan Hias Arwana Asia

ikan hias air tawar arwana asia


Populasi dan pedaran ikan hias arwana terdapat di berbagai seantero belahan dunia, dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, bahkan Australia. Ikan arwana yang banyak terdapat di dalam negeri termasuk dalam kategori arwana Asia yang punya karakter tersendiri. Karakter ikan arwana Asia antara lain shape badannya yang panjang, posisi sirip dubur yang jauh di belakang tubuh ikan, dan biasanya punya perak.


Baca Juga: Hatchetfish Ikan hias Air Tawar Langka yang Dapat Terbang!


Ikan arwana Asia, sering sekali dihubungkan dengan mitologi naga dalam tradisi masyarakat china sehingga sering disebut juga sebagai dragon fish. Akan tetapi, ada beberapa jenis dari ikan arwana ini yang terbilang langka dan dilindungi.



Ikan Predator Air Tawar

ikan predator air tawar


Ikan predator air tawar merupakan ikan yang agresif yang dapat menghadirkan dinamika akuarium yang istimewa, sesuatu yang enggak bisa ikuti oleh interaksi antar ikan yang enggak agresif. Cara mereka berperilaku dengan lain memikat banyak penghobi pemelihara ikan hias, dan karakter mereka adalah salah satu alasan utama orang untuk memeliharanya. Ikan predator juga biasanya sangat cerdas dan sebagian besar bisa membangun kedekatan dengan pemiliknya, hal yang enggak bisa dilakukan oleh kebanyakan ikan yang damai.


Ikan predator air tawar merupakan ikan yang makan ikan lain sebagai mangsanya, biasanya memakan ikan lain yang punya ukuran lebih kecil daripada ikan predator tersebut. Tetapi ada juga ikan predator yang suka makan krustasea atau udang, moluska (siput), cacing, ulat, atau serangga.


Ikan Hias Air Tawar yang Langka

Ikan Hias Air Tawar yang Langka


Ikan hias selalu punya daya tarik tersendiri bagi penghobinya, apa lagi untuk ikan hias yang terbilang langka dan sulit dicari. Umumnya ikan hias dikelompokan menjadi 2 jenis, yakni: ikan hias air laut dan juga ikan hias air tawar. Kedua jenis ikan hias ini pastinya akan punya ciri khas dan juga cara merawatnya yang berbeda, termasuk jenis makanan yang bisa diberikan.


Baca Juga: Sebelum Pelihara Ikan Electric Blue Jack Dempsey Perhatikan Hal ini!


Akan tetapi bila di lihat sekilas, memelihara ikan hias air laut memang lebih susah, jika kita compare dengan memelihara ikan hias. Dari berbagai situasi menarik terkait ikan hias ini, harganya yang enggak bisa dibilang murah juga tentu menjadi sesuatu yang enggak bisa dilupakan, bukan?


Ada beragam jenis ikan hias yang populer dan dicari di pasaran, beberapa di antaranya bahkan bisa punya harga sangat tinggi. Enggak tanggung-tanggung, beberapa jenis ikan hias bisa dibandrol dengan harga milyaran.


Jika melihat fakta ini, menjadikan ikan hias sebagai hobi yang mendatangkan uang tentu sangat layak untuk dipertimbangkan. Selain memperoleh kebahagian, keuntungan yang besar juga dapat diharapkan dari kegiatan memelihara ikan hias air tawar yang langka.


Jenis Ikan Hias dengan Tubuh Kecil

Jenis Ikan Hias dengan Tubuh Kecil


Sebelum memutuskan untuk pelihara ikan hias di akuarium, ada beberapa hal yang perlu kalian pahami tentang kelaziman ikan, apalagi jika kalian masih pemula. Kalian pasti akan memilih beberapa jenis ikan air tawar kecil karena indahnya warna dan bentuknya, tetapi apakah kalian sudah tahu betul beberapa jenis ikan enggak cocok bila digabung dalam satu aquarium.


Pastinya kalian membutuhkan ikan yang harmoni, ramah antara ikan yang satu dengan ikan yang lain. Ada beberapa ikan yang disebut dengan ikan komunitas, memiliki beragam warna yang menawan dan indah. Mereka enggak masalah jika digabungkan dalam satu aquarium dengan jenis ikan lainnya yang buka ikan predator, mereka akan hidup rukun dan akur.


Harga Ikan Hias Air Tawar

Harga Ikan Hias Air Tawar


Ikan hias air tawar yang cantik tapi murah saat ini memang sudah berlimpah, berbeda dengan waktu dulu yang harganya sangat mahal menyentuh harga jutaan rupiah. Kalian mungkin punya pengalaman mempunyai salah satu jenis ikan hias di masa lalu. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang absurd karena di waktu dulu memelihara ikan hias menjadi hobi yang digandrungi banyak orang.


Baca Juga: Tips dan Cara Merawat Ikan Zebra yang Sudah Jadi Primadona


Itulah kenapa waktu itu harga ikan hias yang cantik dengan ukuran badan yang kecil saja bisa sangat mahal hingga jutaan rupiah. Untungnya sekarang ini, banyak jenis ikan hias yang bagus yang dulunya dihargai sangat mahal tapi kini murah.


Ikan Hias Air Tawar Termahal

Ikan Hias Air Tawar Termahal


Banyak argumen kenapa seseorang begitu bersemangat merawat ikan hias. Ada yang bertujuan untuk memperindah ruangan pada rumah, menjadikannya sebagai sahabat, memanfaatkannya sebagai motif rileksasi, sampai ada yang percaya memelihara ikan hias bisa membawa rezeki. Enggak heran kalau ikan hias menjadi salah satu komoditi yang banyak disukai.


Baca Juga: Mengenal Ikan Corydoras Si Mungil nan Cantik yang Menawan


Untuk mendapatkan ikan jenis tertentu, bahkan yang rela mengeluarkan banyak uang. Harga ikan, khususnya untuk ikan hias air tawar, memang bermacam-macam. Ada yang cuma ribuan rupiah, belasan ribu rupiah, puluhan ribu rupiah, ratusan ribu rupiah, jutaan rupiah, bahkan sampai miliaran rupiah.


LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota