-->

Sponsor Mascota

8 Ikan Hias Air Tawar Termahal yang Dicari Penghobi Indonesia

Sekarang ini di era pandemi, Memelihara ikan hias sudah jadi hobi banyak orang. Selain karena dari rona dan pattern yang menawan, banyak juga yang mendapatkan penghasilan tambahan lewat budidaya jenis ikan hias termahal lalu menjualnya di market.


ikan hias termahal



Nahh ternyata beberapa jenis ikan hias termahal ini harga nya memang sangat luar biasa karena dapat menyentuh harga miliaran! Semakin langka serta indah corak dari ikan, maka semakin melambung tinggi harganya. Kalian sangat penasaran ikan mana saja nih yang punya harga sangat mahal? Yuk kita membahasnya lebih mendalam.


1. Ikan Air Tawar Unik: Koi

ikan air tawar termahal koi


Semua orang di penjuru dunia sangat tertarik dengan karakter si ikan koi yang “kalem” serta “ramah”. Efek terapeutik dari melihat secara mendalam dan berinteraksi dengan ikan sangat orang nikmati, melihat mereka berlengak lenggok dalam air adalah sesuatu yang melodius dan memberi rasa tenang. Karena koi termasuk ikan air tawar, kalian bisa membikin kolam ikan koi yang menenangkan dibagian rumah mana saja.


Baca Juga: 13 Jenis Ikan Palmas Paling Populer di Indonesia dan Cara Merawatnya


Koi termasuk varietas dari ikan mas, ikan yang bisa didapatkan di seluruh dunia, tetapi yang membikin Koi sangat spesial adalah rona serta garis keturunannya. Menurut info dari sumber lain, ikan koi paling mahal yang pernah terjual bernilai 1,8 juta USD atau kalau kalau kira Rupiahkan lebih dari 26 miliar rupiah! Ikan koi ini bernama S Legend dan punya panjang badan mencapai 101 centimeter dan memenangkan kontes All Japan Koi Show selama 2 tahun berturut-turut.


2. Ikan Hias Termahal: Arwana Platinum

ikan arwana platinum


Arwana platinum merupakan ikan predator air tawar dan bisa ditemui dari perairan dan danau wilayah Asia, Amerika Selatan, dan Australia.


Beberapa arwana faktanya juga termasuk ikan peliharaan yang sangat mahal. Beberapa jenis ada yang menyentuh angka 1,4 miliar rupiah per ikan bahkan lebih.


Baca Juga: Fakta Menarik Ikan Arapaima Predator Air Tawar yang Berasal Dari Brazil


Dan ternyata ada yang pernah berani memboyong ikan ini dengan harga 4,2 miliar rupiah! Menjadikan Arwana Platinum Asia termasuk salah satu ikan akuarium paling mahal dan berkelas di planet ini.


3. Ikan Hias Air Tawar Terlangka: Polka Dot Stingray

ikan polkadot stingray


Ikan pari polkadot punya badan yang diselimuti rona hitam sampai coklat tua, halus, punya penampakan oval dengan motif titik yang bulat sampai oval yang meng-cover bagian atas badannya.


 Bagian bawah punya rona abu-abu muda sampai putih tanpa di tambah motif bintik. Ekor yang kuat dilengkapi tulang belakang yang beracun di bagian pucuknya yang bisa memberikan efek rasa sakit.


Saat sudah menjadi dewasa, ikan pari ini bisa berukuran lebih dari 46 centimeter. Kalau untuk betina umumnya akan lebih besar dari si jantan.


Ia punya mutasi genetik yang berkarakter di bagian depan kepalanya yang membikin terlihat berbentuk u, bukan bulat.


Dari sumber lain, kalau faktanya si polkadot stingray termasuk ikan pari air tawar termahal yang pernah dijual. Harganya pernah menyentuh 100.000 USD atau setara dengan 1,4 miliar rupiah. Badannya yang kelihatan gelap gelap dan hitam pekat serta ada tambahan pattern polkadot putihnya adalah pertimbangan utama mengapa harganya sangat melambung tinggi.


4. Ikan Snakehead Channa Barca

ikan hias termahal channa barca


Channa, biasa beken dipanggil sebagai Snakehead atau ikan Gabus, termasuk ikan predator primitif dan masuk kedalam family Channidae. Ikan ini berakar dari perairan Brahmaputra, dekat dengan Goyalpara, Assam di India.


Baca Juga: 9 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias yang Beken Untuk Menghiasi Aquarium


Waktu berumur tergolong muda, maka kalian bisa memberikan pakan berupa larva chironomid (bloodworm), cacing tanah kecil, udang cincang dan sejenisnya. Tetapi saat ia sudah tumbuh menjadi dewasa, kalian dapat memberikan pakan berupa potongan daging ikan, udang, kerang, udang sungai hidup, cacing tanah.


Termasuk ikan yang sangat jarang, menjadikan channa barca punya harga yang tinggi. Harga ikan ini dijual dari harga 20 hingga 50 juta rupiah.


5. Discus Fish

discus fish


Memelihara ikan discus tidak bisa dibilang gampang. Kalian harus selalu mengecek keadaan air, dan akuarium harus dilengkapi dengan tanaman air, size yang cukup luas buat kebutuhan mereka. 


Selalu memberikan pakan yang tepat apalagi jika umurnya ternyata masih muda. Kalian bisa memberikan pakan yang bervariasi, termasuk bloodworm beku, udang air asin, dll.


Baca Juga: 9 Jenis dan Karakter Ikan Hias Botia yang Menawan Untuk di Pelihara


Ikan ini gampang terserang penyakit jika keadaan lingkungan mereka enggak sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, ikan ini tergolong jenis ikan hias yang mahal. Harga ikan ini mulai dari 7 juta rupiah sampai 14 juta rupiah.


6. Ikan Hias Termahal dan Unik: Flowerhorn Cichlid

Ikan Flowerhorn Cichlid


Flowerhorn termasuk cichlid Amerika Tengah hibrida, nah ikan ini lebih beken dengan panggilan Louhan di Asia. Mereka termasuk ikan air tawar tropis yang berakar dari peternakan ikan di Asia Tenggara, dan di Asia mereka paling terkenal.


Baca Juga: Jenis serta Harga Ikan Hias Air Tawar Termurah buat Para Pemula


Panggilannya ini muncul dari tanda “bunga” dan “tanduk” atau punuk dibagian kepala atas. Ikan ini punya banyak sekali jenis termasuk Kamfa, King Kamfa, Thai Silk, Monkey, Fader dan yang lainnya, dengan banyaknya jenis, penampakan badannya, serta kualitas yang berbeda. 


Ikan dengan pattern serta tanda terbaik dan bentuk punuk kepala terbesar sangat bernilai tinggi dan banyak yang jual dalam angka yang fantastis.


Buat ikan louhan yang masih berukuran kecil, harga dipasaran dijual dari 200 ribu Rupiah. Akan tetapi ikan louhan dengan kualitas juara dapat dijual dari 9 juta rupiah!


7. Ikan Hias Red Texas Cichlid

Ikan Hias Red Texas Cichlid


Red Texas Cichlid merupakan hasil kawin silang antara cichlid Texas jantan (Herichthys cyanoguttatus) serta Red Parrot betina. 


Nah penampakan dari ikan ini sangat beragam di antara masing-masing spesimen, yang berarti cuma sedikit dari spesimen yang tumbuh untuk berhasil mengeluarkan rona merah serta hitam cerah yang sangat diburu oleh penghobi.


Baca Juga: 12 Jenis Ikan Hias Kecil Paling Cantik yang Bisa Dipelihara buat Pemula


Varietas yang sangat langka dengan warna merah cerah dan ketersediaannya tergolong sangat sedikit menjadikan harganya cukup mahal dan bisa sangat berbeda dari satu toko dengan toko ikan yang lain. Harganya umumnya dijual dari 1,2 juta rupiah sampai dengan 5,6 juta rupiah.


8. Ikan Hias Malawi African Cichlid

Ikan Hias Malawi African Cichlid


Cichlid adalah termasuk salah satu varietas ikan yang paling beragam dan banyak varietas yang bisa didapati di Afrika. Selain Afrika, Amerika Selatan juga termasuk habitat asli dari banyak spesies cichlid; nah ternyata ada beberapa yang hidup di wilayah Asia.


Mereka juga harganya relatif lebih tinggi dibanding kebanyakan ikan tropis lainnya. Harga akan semakin naik buat jenis yang lebih berwarna atau punya ukuran lebih besar.


Untuk spesies yang lebih terjangkau, berkisar dari harga 70 ribu sampai dengan 210 ribu rupiah. Sementara beberapa varietas lain dapat mencapai harga 1,4 juta rupiah. Dan yang pasti ikan yang sudah tumbuh dewasa serta sehat akan dihargai lebih tinggi dibanding yang masih kecil. Dan biasanya juga Cichlid Afrika hidup bisa sampai 8 tahun dalam akuarium.


Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar termahal di Indonesia. Agar ikan hias mahal kalian bisa sehat dan hidup lama, kalian juga harus merawatnya dengan benar dan tepat.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota