-->

Sponsor Mascota

Karakter dan Cara Merawat Si Yellow Watchman Gobies untuk Pemula

Ikan hias sekarang ini merupakan komoditas perikanan yang punya nilai ekonomis tinggi sebagai komoditi yang dikirim ke luar negeri, sehingga membantu menaikan devisa negara. Dalam bisnis ikan hias dunia, produk Indonesia populer memiliki banyak spesies, baik ikan hias air tawar atau ikan hias air laut. Dari ribuan spesies ikan hias air tawar yang ada di dunia, sekitar 400 spesies ternyata berasal dari Indonesia. Indonesia juga menyumbang kira-kira 600 spesies ikan air laut, termasuk yang akan kita bahas yaitu Yellow Watchman Gobies.


Yellow Watchman Gobies atau dalam bahasa latinnya Cryptocentrus cinctus, populer dengan panggilan yellow prawn-goby. Ikan Yellow Watchman Gobies. Dikutip dari jurnal Romero (2002), Cryptocentrus berakar dari bahasa Yunani yaitu "kryptos" yang punya arti tersembunyi dan "kentron" yang berarti menyengat. Hal ini diambil dari kebiasaan yellow watchman gobies dalam mencari mangsanya.


Yellow Watchman Gobies berbeda dengan firefish goby dan termasuk ikan hias air laut yang sudah menjadi primadona buat penghobi karena warnanya dan bentuk wajahnya yang unik seperti sedang senderut. Nah kali ini mascota akan memberikan informasi tentang ikan Yellow Watchman Gobies yang sangat menarik buat diketahui.


Klasifikasi Yellow Watchman Gobies

Klasifikasi Yellow Watchman Gobies


Nah berikut ini Klasifikasi dari Yellow Watchman Gobies sebagai berikut:

Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Gobiidae
Genus: Cryptocentrus
Species: Cryptocentrus cinctus


Ciri-ciri dari Ikan Watchman Gobies

Ciri-ciri dari Ikan Watchman Gobies


Yellow Watchman Gobies punya bentuk badan yang mirip torpedo dengan panjang maksimal 10 centimeter. Cryptocentrus cinctus punya 2 sirip di bagian punggung yang berbeda dengan 7 dirip keras dan 10 sirip lunak, Sirip dubur dengan 1 duri keras dan 9 duri lunak.


Baca Juga: Cara Budidaya dan Klasifikasi Ikan Blue Devil Primadona Air Laut


Di habitat aslinya ada dua warna berbeda, satu kuning dengan tambahan warna biru dan yang lainnya dengan rona coklat dengan tambahan putih pucat. Terdapat pattern berupa Garis coklat gelap di atas rahang. Ikan watchman gobies punya mulut bewarna coklat dengan tambahan motif garis coklat tipis di bagian bagian rahang atas.


Sirip perut si watchman gobies nempel dengan sirip dada dan berguna sebagai alat penghisap yang disebut frenum sehingga si watchman gobies bisa melekat pada bebatuan. Sirip ekor Yellow Watchman Gobies berbentuk bulat.


Kebiasaan Ikan Goby Kuning

Kebiasaan Ikan Goby Kuning


Tidak seperti ikan jenis lain yang senang bergerak menjelajah tempat, Yellow Watchman Gobies lebih senang setiap waktunya untuk bersantai di pasir sambil menyergap mangsa yang datang. Bila kamu sedang melihatnya di akuarium, kamu pasti akan sering melihatnya sedang menenggelamkan setengah badannya ke dalam pasir dan cuma kelihatan kepalanya saja berada di permukaan pasir, dengan raut muka yang sedang cemberut.


Namun dibalik kecantikan dan karakter ikan gobi yang nyentrik, ada segelintir orang yang enggak begitu suka memelihara ikan ini. Ikan gobi punya kebiasaan mengorek pasir untuk memasukan badannya atau cuma untuk bersantai. Karena kebiasaannya ini akhirnya beberapa orang tidak mau karena beranggapan si kuning ini bisa merusak keindahan di akaurium.


Baca Juga: Si Cantik Yellow Tang Fish yang Menjadi Buruan Para Kolektor


Walaupun karakter ikan ini terbilang aneh dan tidak disukai oleh beberapa pencinta akuarium laut, tetap saja tidak sedikit orang yang senang dengan ikan ini karena rona dan karakternya yang terbilang unik. Memelihara ikan goby juga memberikan manfaat buat ekosistem di akuarium loh. Ikan gobi akan memakan sisa-sisa pakan yang jatuh ke dasar akuarium sehingga kebersihan air akan lebih terjaga.


Nah ternyata si ikan gobi ini termasuk salah satu varietas ikan yang punya ketahanan fisik yang terbilang lumayan kuat. Walaupun ikan ini tangguh, ada yang perlu kamu catat sebelum memelihara si kuning. Mascota sudah merangkumnya dari beberapa sumber:


Cara Merawat Ikan Watchman Gobies

Cara Merawat Ikan Watchman Gobies



Memperhatikan kualitas air

Dalam memelihara ikan hias air laut, kualitas air sudah jadi salah satu hal dasar yang menjadi penunjang kehidupan di dalam akuarium. Kalau kualitas air jelek, maka bisa dipastikan semua hewan yang berada disana tidak akan bertahan.


Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish


Jadi kamu harus dengan teratur mengecek kualitas air di dalam akuarium, seperti takaran salinitas, ph air, temperatur, dan yang lainnya. Kalau kamu memelihara akuarium koral, aspek pencahayaan juga menjadi salah satu aspek penting selanjutnya yang perlu diperhatikan karena koral-koral yang ada di akuarium membutuhkan penerangan yang cukup untuk membantu pertumbuhan mereka.


Sistem Penyaringan air

Akuarium air laut juga harus dilengkapi sistem penyaringan air yang terbilang lumayan rumit. Untuk menjaga kerjernihan air, kamu perlu memiliki alat yang bernama skmimmer. Alat ini berguna untuk memisahkan kotoran yang larut ke dalam air. Skimmer merupakan alat yang pasti dipakai dalam sistem filtrasi akuarium air laut.



Pembersihan Lumut

Pada akuarium air laut, lumut akan berkembang dengan cepat pada bagian kaca akuarium, sehingga penampilan akuarium akan sangat jelek bila lumut-lumut ini cuma dibiarkan saja. Jadi kamu harus rajin membersihkan kaca akuarium dari lumut. Banyak alat yang bisa membantu membersihkan kaca akurarium, tapi bila kamu punya budget lebih, kamu bisa memakai magnet pembersih kaca akuarium yang sekarang ini sudah tersedia di toko ikan hias.


Memeriksa Pasir

Ikan watchman gobies sudah kita bahas tadi merupakan ikan yang senang bermain di pasir. Ikan ini senang menggali pasir dan membuat lubang di pasir, yang ada di dasar akuarium. Jadi setiap beberapa hari, kamu bisa menyusun dan merapihkan lagi pasir-pasir yang berantakan karena ulah dari kuning pencemberut ini. 


Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang


Apabila kamu menambahkan koral, memeriksa pasir harus dikerjakan lebih sering lagi karena ditakutkan koral kesayangan akan tertimbun pasir karena si ikan goby. Jika koral tertimbun pasir, lama-kelamaan koral bisa mati.



Makanan Ikan Gobi

Kalian bisa memberi pakan berupa pelet dan udang beku. Ikan gobi umumnya akan memakan sisa-sisa pakan dari ikan lain yang jatuh ke dasar akuarium. Ikan ini juga senang menyaring pasir di dalam mulutnya dengan tujuan buat mencari pakan yang tedapat di dalam pasir. Jadi sebenarnya ikan gobi kuning ini enggak rewel dalam hal makanan.


Budidaya Yellow Watchman Gobies

Budidaya Yellow Watchman Gobies


1. Tempat pemijahan

Pemijahan ikan yellow watchman godies bisa memakai aquarium dengan ukuran air lebih dari 40 liter. Masukan air sebanyak 37 liter dan tambahkan pipa paralon sebagai wadah peletakan telur oleh indukan jantan dan betina. Temperatur air bagusnya berada di 26,7 drajat celcius dan tambahkan lampu sebagai pencahayaan dengan durasi 12 jam.


2. Pilih indukan yang tepat

Pilih indukan yang unggul. Indukan jantan terlihat lebih terang warnanya jika dibandingkan dengan ikan betina. Ukuran yang betina lebih besar di banding yang jantan, dengan ukuran panjang sekitar 7 centimeter lebih sementara si jantan jantan 5 centimeter. Selama pemijahan, indukan bisa di peri pakan berupa udang rucah atau pellet dengan bahan hewani sebanyak 1 sampai 2 kali sehari.


3. Perawatan Telur

Setelah pemijahan terjadi, indukan betina akan pergi dari sarang. Sementara si jantan akan tetap di sarang buat menjaga telur. Jangan lupa keluarkan indukan, untuk mencegah supaya telur tidak dimakan oleh indukan.


Hal ini di karenakan yellow watchman gobies termasuk ikan karnivora. Telur umumnya berwarna kecoklatan dengan ukuran 1 milimeter. Telur akhirnya akan menetas, kurang lebih 4 hari setelah pemijahan.


4. Larva Yellow Watchman Gobies

Tempat pemeliharaan larva berupa aquarium dengan ukuran lebih dari 38 liter. Masukan air sebanyak 37 liter dan boleh tambahkan beberapa batu sebagai tempat bermain dan berlindung larva yellow watchman gobies. Jangan lupa tambahkan pemanas dan jaga temperatur pada kisaran 27,8 drajat celcius.


Tambahkan lampu dengan ukuran 100 watt. Perhatikan juga aerasi sebagai sumber oksigen untuk larva. Larva yellow watchman gobies mulai dari 1 sampai 2 mm, warna transparan, dan kantung kuning telur yang besar.


Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah


Larva akan memakan kuning telurnya waktu baru menetas. Setelah kuning telurnya habis, kamu bisa memberikan Brachionus rotundiformis atau rotifer. Sementara itu, rotifer bisa kamu beri makanan berupa nannochloropsis.


Harga Ikan Yellow Watchman Gobies

Harga Ikan Yellow Watchman Gobies


Yellow Watchman Gobies termasuk ikan hias mahal, ukuran 1 sampai 2,5 inci dihargai $ 18 sampai dengan $ 20 di market luar negeri. Sementara harga yellow watchman gobies di market dalam negeri di hargai dari 15 ribu Rupiah sampai dengan 60 ribu Rupiah. Melihat harganya, membudidaya ikan hias yellow watchman gobies bisa jadi sangat menguntungkan.



Nah kita sudah membahas mendalam tentang si Yellow Watchman Gobies, dari karakternya yang unik, habitat, dan cara merawat ikan ini. Apakah kamu jadi makin tertarik buat memelihara ikan ini di akuarium di rumah??

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota